Membuat Antena Wajan Penguat Sinyal Internet

Alasan saya Membuat Antena Penguat Sinyal Internet

Maaf jika akhir-akhir ini saya jarang update posting dan menanggapi komentar dari rekan-rekan pembaca semua di Eyuana.Com . Hal itu bukan disebabkan faktor kesengajaan atau bagaimana dari saya namun beberapa hari ini sebenarnya saya merasa jengkel karena koneksi modem sinyal Internet di tempat saya sangat lemah bahkan sinyal kadang naik turun hingga blank tidak ada sinyal sama sekali. Keluhan ini sudah saya laporkan ke salah satu provider penyedia internet di Indonesia yang katanya keluhan saya "laporan bapak sudah dibuatkan laporan dan saya disuruh menunggu dalam waktu 3x24 jam". Namun apa akhirnya??? Toh satu keluhan saya mungkin juga tidak berarti buat mereka dan saat ini koneksinya masih sama saja. Memang sih mereka menanggapi keluhan saya dengan ramah namun belum ada perbaikan hingga sekarang. Kejadian ini saya alami saat penggantian paket data dari volume base ke paket unlimited sekitar tanggal 6  - 11 desember 2014 kemarin. Mungkin kalo ada 100 orang yang lapor mungkin baru dilakukan action perbaikannya. Huuuh sebel.... !!!!!

Yang saya herankan adalah kalau saya menggunakan akses internet diatas jam 02.00 ke atas bisa dibilang lancar jaya. Tapi apakah mungkin kita harus beraktifitas di tengah malam seperti itu ?? Bukankah itu adalah aktivitas jam pocong yang tidak biasa dilakukan oleh orang-orang normal. Berikut ini saya berikan mengenai screenshot laporan saya :

keluhan sinyal

Dan Jawaban Customer Servisnya :

1. Pertama, saya diminta membuat data nama jalan, gang, RT/RW, Blok, dan sebagainya
jawaban keluhan internet

2. Kedua, ini adalah jawaban terakhir yang meminta saya untuk menunggu 3x24 jam
keluhan sinyal

Saya akhirnya menunggu sampai batas waktu yang disarankan, namun sampai saat ini masih belum ada perbedaan yang saya rasakan. Sinyal masih naik turun dan koneksinya sangat lambat sekali. Saat sinyal normalpun koneksi internet saya pun tidak dapat di pakai. Sempat mau pindah ke provider lain namun masih sayang karena paket data saya masih banyak untuk saat ini. Mungkin untuk bulan depan baru pindah ke operator lain yang berkualitas akses koneksi internetnya tidak lemot seperti ini.

Sepintas berfikir untuk menambah kabel extended untuk modem, terlintas di pikiran saya untuk membuat antena penguat sinyal Internet. Karena saya teringat teman saya pernah membuat sebuah alat yang digunakan untuk menembak sinyal hotspot >> "Wajan Bolic"

PERAKITAN ANTENA PENGUAT (WAJAN BOLIC)
Sudah beberapa cara saya praktekkan untuk menaikkan sinyal dengan browsing google kesana kemari dari menaruh keping CD di bawah modem sampai melilitkan kawat pada modem, namun hasilnya belum ada yang maksimal. Dan sambil berfikir panjang sambil main ke dapur untuk membuat mie rebus. Saya temukan ada sebuah tutup panci yang nganggur sudah tidak ada gagangnya, ide gila pun muncul dengan sekejab.

Sebenarnya untuk membuat wajan bolic sungguhan diperlukan wajan yang berukuran besar minimal diameternya 32 cm dengan kedalaman 14 cm, tapi dengan peralatan seadanya saya menggunakan tutup panci bekas, keping CD, bekas potongan pipa saluran air, dan bekas selongsong besi.

Saya tidak akan menjelaskan proses pembuatannya secara rinci karena ini cuma sekedar ide gila saja saat saya sedang frustasi karena koneksi internet ditempat saya yang loyo. Tapi tak sengaja saat antena ini saya uji cobakan efeknya sangat terasa sekali dan sinyal bisa naik 2 bar dari sebelumnya, sinyalpun menjadi lebih stabil. Namun efek sampingnya modem menjadi agak sedikit panas. Mungkin panas ini terjadi karena efek penguatan antena. Tapi tak apalah yang penting bisa buka - buka situs eyuana.com lagi.

Berikut ini adalah hasil karya saya:

gambar wajan bolic

Untuk penjelasannya penempatan modem dapat  melihat gambar dibawah ini :
 Modem diletakkan pada selongsong besi jaraknya sekitar 4 cm dari ujung selongsong, sediakan kabel engkel sekitar panjangnya 2 meter, kupas kabel engkel tersebut sekitar 2cm kemudian tempelkan ke modem dan beri solasi agar bisa menempel. Setelah itu buat lilitan penuh dari sambungan pipa T menuju selongsong terakhir ujungnya di tempel ke selongsong besi dan beri solasi lagi. Begitulah proses saya membuat antena ini dan saya sebenarnya agak geli kalau menceritakannya kepada anda. Tapi jangan tanyakan bentuknya, coba dulu dan lihatlah hasilnya. Okey bro??
bahan antena wajan bolic
Gambar antena penguat sinyal Internet jika dilihat dari depan, terlihat peletakan modemnya di dalam selongsong besi.
antena wajan tampak depan
Kendala internet yang loyo mungkin tidak hanya dialami oleh saya saja, banyak rekan-rekan diluar sana yang mempunyai kendala yang sama seperti saya, atau malah kemungkinan lebih parah dari yang saya alami. Nah, kreasi saya ini bisa menjadi alternatif bahkan solusi buat anda, setelah membaca artikel ini semoga bisa membantu permasalahan kita. Walaupun antena ini tak sesempurna seperti yang di harapkan namun sangat membantu saya untuk berinteraksi dengan internet karena sinyal menjadi stabil, saat saya membuat tulisan ini, saya pun menggunakan antena wajan ini.
antena wajan percobaan

Mungkin ada pertanyaan dari rekan yang lebih ahli dalam soal antena akan bertanya begini : Itu Penguatan Berapa dB bang?? terus bilang Ukuranya bagaimana bang?? dan mungkin saya akan pusing menjawabnya.hehe... Khan sudah saya jelaskan di atas, bahwa antena ini hanya untuk saya pribadi dan tidak akan saya share mengapa begitu ?? Antena wajan yang saya buat ini tidak memakai pathokan ukuran dan alat yang saya gunakan aja cuma ngawur alias barang bekas. Jika anda berniat di coba dulu aja dan lihat hasilnya pasti tuh sinyalnya akan stabil dan koneksinya bertambah. Kalau anda banyak tanya berarti anda kurang waras. betul begitu khan bro?? Yap betul.


Jika anda ingin membuat yang benar itu ada perhitungannya, saya serius. Diameter wajan dan kedalamanya menentukan fokus dan panjangnya pipa. Semakin besar diameter wajan penguatan yang ditimbulkan oleh antena ini semakin bagus. Coba anda googling atau cari - cari aja mengenai perhitungan wajan bolic. Biasanya alat ini di gunakan untuk menembak hotspot / WI - FI disekitar rumah anda. Dulu teman satu kelas saya waktu di semarang pernah membuatnya, dia sering nembak hotspot dari kostnya jangkauannya bisa sampai 1-2 km. Itulah sebabnya sempat terpikirkan oleh saya untuk membuat alat ini dengan peralatan seadanya, namun untuk wajan bolic ini saya inovasi dengan tambahan kepingan CD dan lilitan agar sinyalnya lebih bagus (menurut saya) . Tapi terbukti sob.... Lumayan banget hasilnya !!!!
Berikut ini saya lampirkan foto keadaan sinyal sebelum dan sesudah di pasang antena penguat sinyal internet :
sinyal internet dengan antena wajan
Terserah anda masih percaya atau tidak tapi ini nyata kok saya tidak ada rekayasa.... bikin dulu sob baru rasakan kasiatnya. Okey ??

Terimakasih sudah membaca tulisan saya.... Semoga ada manfaatnya.

Baca Juga Artikel yang Lainnya :

1. Membuat Sendiri Home Theater 5.1
2. Rangkaian Power Bank Handphone Darurat
3. Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energi 
4. Membuat Alat Setrum Ikan
5. Rangkaian Sensor Sentuh Sederhana
6. Rangkaian Pengusir Hama Tikus
7. Membuat Alat Pendeteksi Orang Berbohong



Artikel Tentang : Membuat Antena Wajan Penguat Sinyal Internet - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

22 comments

Lilitannya itu lilitan apa, kawat tembaga?

Balas

Kawat engkel mas sepanjang kurang lebih 2 meter di lilit full. Ini awalnya cuma uji coba. tapi ternyata hasilnya lumayan bagus.

Balas

@Ridha Harwan:kawat NYA 1,5mm biasa buat instalasi listrik. Engkel itu artinya yang bukan serabut den

Balas

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi:
oo gitu, nyarinya di mana yah?
Saya pernah baca, kalau pakai kawat tembaga juga bisa.

Balas

kawat tembaga lebih bagus mas, lha wong itu cuma ujicoba doank awalnya. Tapi gag tahu hasilnya malah bagus.hehe tapi efeknya modem jadi panas

Balas

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi: Iya sih, mangkanya saya pernah lihat juga kalau ada yang modemnya dioprek sampai di kasih kipas angin segala.

Balas

@ mas ridho : betul mas ridho mungkin panas di akibatkan oleh ada penguatan, karena kerja modem terlalu dipaksakan sehingga terjadi panas berlebih. di kipas juga bagus menurut saya karena akan membuang hawa panas tersebut

Balas

sebelum evdo nya gak dapet, sesudah evdo nya hampir full mantap gan :D

Balas

maaf mz maksudnya menenpelkan kabel engkel ke modem itu hanya menempel pada cover plastiknya saja atau gmn ya??mohon bimbingannya

Balas

oh ya mz hampir lupa,kalok buat modem hp yg wifi kira2 bisa diterapkan seperti di atas g?mohon bimbingannya

Balas

@samied:
Gini mas ini sebenarnya saya meniru prinsip kerja wajan bolic yang mungkin sudah banyak di ketahui oleh orang banyak termasuk di bidang IT. Ada rumusnya mas... tapi kalo yang saya buat ini awalnya cuma uji coba eh ternyata manjur juga untuk diterapkan dimodem. Tapi saya tambahi sedikit modifikasi dengan keping CD dan induktor.
Fungsi induktor hanya sebagai induksi saja mas ditempel dibagian belakang modem dikupas tembaganya kemudian tinggal di solasi saja. Wi-fi bisa mas. Tapi klo anda pakai antena ini keluhannya modem cepat panas mas.

Balas

terima kasih atas informasinya mas...semoga bermanfaat bagi saya

Balas

mau tanya mas kalo kabel kepanjangan berpengaruh tidak sama modemnya, saoalnya saya punya sering lama banget bahkan tidak terbaca sama sekali modemnya, sampai aku cabut dari usb n di colokan kembali baru bisa jadi tp kadang juga tidak jadi sama sekali.

Balas

Pengaruh mas, sebaiknya pakai kualitas kabel yang bagus. Kalau bisa malah racik sendiri pakai kabel yang biasa buat telephone rumah (maaf saya lupa namanya).

Balas

mas @ Endi yuana salam kenal sebelumnya, mas mau tanya bagaimana cara membuat antena buat menangkap sinyal wifi agar lbh kuat dan stabil tak tunggu jawabanya saya berharap penjelasannya lebih detail tentang cara pembuatanya dan Bahan yang di perlukan>matur suwun

Balas

Coba sampeyan cari aja referensi tentang pembuatan wajan bolic untuk wifi :-) banyak kok yg sudah mengulasnya.thanks

Balas

Udah di jawab mas.. Sama mas eko ismarwanto dibawah. Iya cari referensi ttng pembuatan wajan bolic bny kok yg sudah ada rumusnya.

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :