Membuat Alat Pendeteksi Orang Berbohong

Selamat datang kembali di Pusat Pengetahuan dan Teknologi, Kejujuran merupakan hal yang sangat di butuhkan oleh orang yang percaya bahwa dosa itu ada, sebab dengan kejujuran hidup kita akan merasa damai dan tidak mempunyai beban pikiran dalam hidup.  Kejujuran merupakan suatu perilaku yang mahal harganya, sehingga uang pun tak bisa untuk membelinya. Mencari orang jujur tak semudah kita membalikkan telapak tangan, dan itu sudah menjadi fenomena misteri dalam kehidupan. Dan saya yakin anda yang membaca artikel ini pun  juga pernah melakukan perbuatan dosa tersebut, yaitu : " berbohong ". Benar atau tidak pendapat saya tergantung pada hati nurani anda masing-masing.

Dalam posting saya kali ini akan mencoba membuat sebuah alat yang mungkin sangat membantu anda dalam memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari kita. Alat yang akan kita buat kali adalah " Alat Pendeteksi Orang Berbohong ". Alat yang saya buat kali ini sangat membantu anda yang membutuhkan bantuan jika memang posisi kita sudah terdesak dan ingin tahu keadaan yang sebenarnya. Rangkaian ini sangat sederhana dan komponen pendukung mudah didapatkan di pasaran. Atau jika anda mempunyai barang barang elektronik bekas misalnya : radio, walkman, tape compo, lampu efisiensi yang sudah rusak dan tak terpakai lagi silahkan anda memanfaatkannya untuk mencoba membuat sebuah rangkaian alat pendeteksi kejujuran bila anda merasa teman anda, rekan kerja , maupun pacar anda mempunyai gerak gerik yang mencurigakan bahkan mungkin bermain main di belakang tanpa sepengetahuan kita. 

Komponen yang dibutuhkan adalah :

1. Transistor Tipe NPN >> dalam proyek percobaan menggunakan seri TR BC547
2. 2 buah resistor 1 M ohm
3. Resistor 10 K ohm
4. Resistor 47K ohm
5. Resistor 470 ohm
6. Capasitor keramik 100 nF
7. Trimpot / Potensiometer VR 50 K

*Note : Jika anda belum bisa membaca nilai resistor anda bisa lihat kodenya disini

Inti pada rangkaian alat pendeteksi orang berbohong ini adalah tiga buah Transistor Tipe NPN dan rangkaian R,C ( resistor dan capasitor ) sebagai  komponen pasifnya untuk resistensi yang terjadi pada probe ujung jari. Skema rangkaian alat pendeteksi kebohongan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Rangkaian Pendeteksi Orang Berbohong

Prinsip kerjanya sangat sederhana yaitu jari merupakan daerah yang paling berpori dalam tubuh dan sangat sensitif untuk dilakukan pengukuran pada nilai resistansi yang terjadi akibat tekanan yang dialami oleh seorang yang akan kita deteksi dengan perubahan nilai resistansi yang di akibatkan oleh keringat. Semakin orang yang kita deteksi berkeringat dan takut akan kesalahannya indicator led 2 akan menyala merah dan itu merupakan suatu kejanggalan dan orang tersebut dapat dikatakan bersalah.

alat pendeteksi orang berbohong
Gambar bentuk rangkaian dalam rakitan PCB ( Printed Circuit Board )


Alat ini tidak sepenuhnya memberikan respon 100 % keakuratan dalam penilaian kebenaran sebenarnya namun paling tidak bisa membantu kita dalam memecahkan masalah dan layak untuk di coba untuk menambah ilmu dalam dunia elektronika dan kehidupan sehari hari. Sebagai tips agar alat ini bekerja dengan baik berikan pertanyaan - pertanyaan yang dapat menimbulkan efek calon terdakwa dapat tertekan dan berkeringat, gunakan nada keras saat melakukan interogasi. Untuk menyetel tingkat kepekaan alat ini putar trimpot atau potensiometer VR 50 K sesuai kebutuhan anda.

Artikel Tentang : Membuat Alat Pendeteksi Orang Berbohong - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

28 comments

.. widichhhhh,, canggih banget. he..86x ..

Balas

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: Silahkan mencoba, rangkaian ini lumayan untuk isengin orang di sekitar kita.

Balas

Itu yg di jari pke apa mas?

Balas

Apa bener alat ini bisa begitu?

Balas

@Anonim:itu bahan yang sering digunakan pada topi maupun tas namun didalamnya terdapat konduktornya. Bisa anda ganti dengan cincin atau bahan lain yang penting bisa mendeteksi keringat

Balas

@Hendi Berkelana: Tidak sepenuhnya benar mas. Namun alat ini layak dicoba jika anda penasaran untuk membuatnya.

Balas

ok sip..... maju terus elektronik i indonesia trs berkaraya gan!!!

Balas

mas saya sudah bkn...trs led ijo ea stembay trs ea....

Balas

Iya led yg hijau standby... Led merah menyala jika ada kontak keringat.

Balas

mas rangkaian ini ga harus bikin programnyakan? tipe trasnsistor sama resistornya harus persisi sama ga? mohon jawabannya.

Balas

bro.
apa nama alat yang untuk pembalut dijari itu?
untuk alat pendeteksi orang berbohong

Balas

@Nasrul halomoan:itu bahan yang sering digunakan pada topi maupun tas namun didalamnya terdapat konduktornya. Dapat anda rubah dengan cincin atau menurut selera anda.

Balas

@billi rifa: Tidak memerlukan program mas. Kmponen bisa anda rubah namun toleransinya usahakan jangan terlalu jauh dengan komponen diatas.

Balas

ini prinsip kerjanya mirip kaya alat pendeteksi kelembaban tanah yah gan ?

Balas

betul mas... yang digunakan adalah keringat pada jari tangan

Balas

enak ada alat secanggih itu moga dgn adanya alat itu berguna untuk seluruh dunia

Balas

@Amin cell: Iya mas mudah2an ada pengembangan yang lebih bagus. Sehingga dapat menjerat pejabat negara yang terduga korupsi. Karena sangat merugikan negara

Balas

wah, kalo orangnya suka brkeringt disebabkan kelemah jantung, malah bisa cpt mati bro. soalnya tmbh kaget dituduh bohong. bahaya????!

Balas

@Arif Mulyono:Wah kalo itu beda sebab pak.... :-)

Balas

itu sensor yang di jari namanya apa?

Balas

@Randie Endik:itu hanya tambahan aja mas... biasanya dipakai untuk topi/tas anak2. Dicari ditukang jahit banyak kok. Terserah anda mau di model apa. Diganti cincin2an juga bagus.

Balas

trimpot nya bisa diganti alat lain nggak? enggak ketemu. mohon bantuannya ^o^

Balas

mas yang di pasang di jari itu,, bagaimana caranya mas kabelnya di apainn???

Balas

Caranya buat gimana sich agak rumit peralatan nya

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :