logoblog

Teknik Memperbaiki Lampu Efisiensi (Jilid 2)

Postingan ini sebenarnya sudah di bahas pada artikel sebelumnya pada "Tips Memperbaiki Lampu Efisiensi" (edisi lama), pembahasan teknik memperbaiki lampu efisiensi jilid 2 ini hanya mengulang saja tapi jangan kawatir karena pada artikel ini akan kita bongkar semua rahasia tentang cara memperbaiki lampu hemat energi secara tuntas. Postingan ini saya keluarkan lagi karena banyak yang memberikan kritik dan saran kepada penulis pada semua posting agar mencantumkan sebuah gambar dan langkah yang jelas agar bisa dipraktekan nantinya oleh para pembaca dan semua rekan teknisi.

Perbaikan lampu efisiensi ini pada awalnya hanya teknik coba-coba untuk mengurangi limbah sampah yang diakibatkan oleh limbah lampu yang semakin hari semakin banyak karena tidak ter-urus. Namun tak mengherankan baik di kota besar maupun pedesaan, seiringnya banyaknya pengguna lampu hemat energi ini, bisnis lampu ini semakin banyak di gandrungi oleh pelaku bisnis karena keuntungan yang di perolehnya. Dan bagi konsumen masyarakat golongan menengah kebawah khususnya juga lebih memilih untuk membeli / memperbaikinya karena harganya lebih murah dan terjangkau. 

Jika anda berminat untuk mencoba memperbaiki maupun mencoba bisnis yang menggiurkan ini, silahkan baca tips teknik memperbaiki lampu efisiensi jilid 2 ini. Dan jika anda berhasil anda akan mendapatkan julukan gelar profesi "Sang Dokter Lampu".

Langkah perbaikan Lampu Efisiensi:

1. Bongkar casing lampu dengan openg minus, namun perlu diperhatikan anda harus berhati-hati dalam proses ini. Jangan membongkar casing lampu pada tulisan merk bagian depan, biasanya untuk pengunci lampu terletak disisi belakang tulisan merk (semisal philips) diantara sela tabung CFL.

2. Check tabung lampu CFL, Setelah terbongkar langkah awal yang perlu diperhatikan adalah check dulu keempat pin kawat tabung CFL anda dengan menggunakan multimeter (posisi ohm x1 atau x10 ). jika masih connect (nyambung) berarti lampu anda masih ada harapan untuk hidup kembali.
Keterangan : 
A1 dan A2, B1 dan B2: harus terkoneksi. Pengecekan ini mirip seperti jika anda mengecheck tabung lampu TL biasa. {dalam PCB tertulis P1 (A1), P2 (A2), P3(B1), P4(B2) }. Inisial A dan B ini saya berikan agar lebih mudah untuk dipahami sebab jalur A (1,2) tidak mungkin akan terkoneksi dengan tabung B (1,2).

Lampu Jari Philips Hemat Energi

Tapi jika anda masih ragu, langkah yang harus ditempuh adalah test dengan rangkaian yang masih hidup. Tapi langkah ini jarang ditempuh oleh para teknisi yang sudah mahir di bidangnya. Tapi jika anda masih pemula sebaiknya test dulu dengan menggunakan tambahan kabel pada setiap pin tabung CFL seperti gambar berikut ini.

Lampu Hemat Energi

3. Jika tabung masih OK, kemudian check elco paling besar  biasanya ukuran 3,3 - 10 uf / 400V untuk china 3,3 - 4,7uF/250V. Biasanya kerusakan ditandai dengan melembungnya elco dan jika di check dengan multimeter jarum tidak akan kembali normal (elco sudah tidak menyimpan muatan).

4. Kapasitor tantalum starter short atau putus
Biasanya untuk kapasitor ini ukuran 2n2/1200V - 4n7/1200V letaknya pada bagian yang menyambungkan antar filamen ( filamen A dan B tabung CFL ). Jangan mengganti kapasitor ini dengan tegangan dibawah 450 V, karena fungsi kapasitor ini sangat riskan terhadap tegangan tinggi yang sudah dikuatkan oleh transistor.

Seperti kasus yang dialami penulis saat memperbaiki lampu merk EKONOMAT ternyata kapasitor starter berukuran 2n2/1200 Volt short dan terbukti saat penulis mengukurnya dengan multimeter. Setelah diganti hasilnya TOP CERR !!!.

Lampu Essensial

5. DIODA IN4007 short, hal ini jarang terjadi namun alangkah baiknya anda check terlebih dahulu apabila mendapati transistor anda pecah/retak. karena jika anda langsung mengganti transistornya anda tidak akan mengatasi masalah.

6. Transistor, ini adalah masalah utama yang biasanya banyak terjadi pada segala jenis lampu hemat energi.Transistor mati bisa diakibatkan karena umur maupun komponen lain. Apabila anda mendapati transistor mati biasanya akan diiringi juga resistor fusenya juga akan ikut mati. hal ini dilakukan oleh produsen untuk mengamankan tabung lampu CFL. Resistor fuse input basis transistor berukuran 20ohm - 30ohm dan resistor fuse output emitor 1,5 ohm - 2,2 ohm (ada juga tipe lain yang menggunakan 10ohm).

Transistor lampu hemat energi 
Berikut ini saya berikan contoh penggunaan tipe transistor pada jenis ukuran lampu:
a. TR MJE 13001 = untuk daya 5 Watt dan 8 Watt ( merk china 20 W )
b. TR MJE 13002 = untuk daya 10 Watt  sampai dengan 20 Watt
c. TR MJE 13003 = untuk daya 23 Watt sampai dengan 25 Watt
d. TR MJE 13005 = untuk daya 28 Watt sampai dengan 45 Watt
e. TR MJE 13007 = untuk daya 75 Watt

**Note = Untuk transistor tipe lain tidak disebutkan karena sulit didapatkan di pasaran (DK5xx, DD5xx, 2482S, dsb ).

7. proses pengecekan, Proses ini adalah proses terakhir pengecheckan rangkaian lampu hemat energi yang telah diperbaiki. Jika anda takut menggunakan tabung CFL anda, bisa gunakan tabung lampu TL biasa ( fluorescent ) untuk melakukan pengetesan pada tahap ini.

Untuk lebih jelasnya pada saat melakukan perbaikan saya sarankan untuk melihat contoh skema berikut ini, didalam skema tersebut sudah saya berikan tanda kerusakan yang paling sering terjadi pada lampu efisiensi ( lampu hemat energi).

skema lampu jari hemat energi

Atasi masalah anda tanpa ada masalah........... !!!!

TIPS MODIFIKASI LAMPU EFISIENSI BUATAN CHINA :
Untuk tambahan bagi pembaca setia Eyuana.Com berikut ini saya tambahkan beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi untuk lampu china ukuran 20 watt ( EKONOMAT, KOBE, FUJILIGHT,dsb ) dan cara modifikasi agar lampu tetap awet walaupun harganya yang murah. 
Lampu model china merupakan lampu yang di produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau, namun jangan salah jika seringkali saat anda membelinya tidak lebih dalam jangka waktu 2 bulan lampu tersebut  mengalami gejala kerusakan. Kerusakan ditandai dengan lampu berkedip dan paling parah mcb pada meteran ikut anjlok karena tidak adanya rangkaian pengaman pada rangkaian bawaannya. Untuk menanggulanginya silahkan baca tips berikut ini :

1. Kerusakan Lampu Berkedip, jika anda mengalami hal ini coba bongkar lampu anda sesuai cara yang telah dijelaskan diatas. Ganti 2 buah elco yang paling besar (biasanya ukuranya 3,3uF/250volt atau 4,7uF/250volt). Ganti dengan 2 buah elco ukuran 4,7uF/400Volt. Cara ini akan memperpanjang umur pemakaian lampu anda sebab elco dengan voltase besar akan lebih awet dan tahan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil.
2. Lampu Mati tapi saat dipegang Nyala Redup. Kondisi ini paling sering terjadi adalah kapasitor sarter yang nilainya 2n2/1200V putus. Tapi penulis pernah mengalami hal ini semua komponen sudah diganti namun tidak ada tanda kehidupan, ternyata setelah di check milar ukuran 1nF putus dan setelah diganti OK.
3. Transistor Jebol Terus, Biasanya juga di ikuti dengan jebolnya resistor fuse ukuran 30ohm pada input basis transistor. Jika anda mengalami hal ini jangan putus asa dulu, saya pernah mengalami hal ini sampai akhirnya saya putuskan ganti transistor MJE 13001 dengan tipe diatasnya MJE 13002. Dan alhamdulilah sampai sekarang masih awet.
4. Listrik Anjlok (konsleiting), Jika hal ini terjadi segera ganti 4 buah dioda IN4007. Apabila dioda ada yang short maka otomatis akan diikuti pula jebolnya transisitor MJE 13001 dan resistor fusenya. Untuk menjadikan lebih aman sebaiknya tambahkan resistor ukuran 2,2ohm pada jalur input 220 volt yang masuk ke dioda ( sedikit meniru skema diatas ).
5. Tabung CFL Rusak, Dah tahap ini paling ngenes.... !!! di lem biru aja ( lempar terus beli baru ). Tapi jika anda sayang ya belilah tabung lampu yang baru harganya gag diatas 10rb. Banyak di forum forum yang menjual tabung lampu CFL ini.

Sekian dulu, silahkan mencoba bagi teman-teman yang ingin mencoba memperbaiki maupun yang ingin serius menekuni bisnis lampu hemat energi ini. Jika ada tambahan informasi atau bertanya mengenai postingan ini, anda bisa berkomentar pada link komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan salam hangat selalu dari kami (tim kreatif : Pusat Pengetahuan dan Teknologi).
Artikel Tentang : Teknik Memperbaiki Lampu Efisiensi (Jilid 2) - Eyuana.Com

128 komentar

trims sangat berguna nih artikelnya

Balas

@Eka Soepadmo:Sama-sama pak eka semoga bisa membantu :-)

Balas

makasih bro atas share ilmunya

Balas

makasih bro teah sharing ilmunya

Balas

@all : oke sama - sama !!! :-)

Balas

mantep gan tipsnya Ijin Save Gan :)

Balas

sangat bermanfaat, semoga dapat berkah yg posting

Balas

@Basuki Widodo: Iya pak basuki, makasih doanya

Balas

Wah bagus 👍. Artikelnya pak...
Oh iya saya mau tanya.... R (coklat,hitam,hitam) di dekat TR 13005 sering putus apa ya penyebabnya??? Dan R(Coklat,Hitam,emas) juga sering putus....

Kemudian saya mau tanya juga berapa volt ukuran output lampu 45w merk hanok....

Terimakasih pak sebelumnya...

Balas

@Zlamets Zarmini: Resistor yang menghubungkan basis maupun emmitor TR di gunakan untuk pengaman (Fuse), sehingga lampu CFL anda akan aman apabila terjadi lonjakan arus lebih dari transistor. Semua tegangan listrik yang digunakan untuk mencatu lampu di Indonesia adalah 220 dalam satuan volt. Adapun di jepang adalah 110 Volt.Terimakasih

Balas

tanya gan kalau lampu philip kadang mati terus nyala lagi itu apanya yang rusak

Balas

@Roni Jledek:
Coba ganti elco yang paling besar mas ukurannya biasanya 4,7uF/400volt. Tapi sebaiknya check dulu kabel dan solderanya terlebih dahulu bisa juga diakibatkan ada titik yang kendor.

Balas

Salam kenal mas.....
Artikel keren nih. Baru ini saya baca artikel yg sangat jelas. Izin praktek mas eyuana

Balas

Salam kenal mas.....
Artikel keren nih. Baru ini saya baca artikel yg sangat jelas. Izin praktek mas eyuana

Balas

Salam kenal juga... Silahkan mas. Saya cm hanya berbagi tentang apa yg saya tahu saja kok :-)

Balas

mas saya mau nyak ni
kalok tabung lampu nya yang putus cuma satu
apa yang harus dirubah agar masih bisa hidop satu tabung??
saya sudah mencobah mengkoneksi antara p1 dan p2 saya sambung dengan kabel dan p3 ama p4 saya koneksi ke tabung lampu yang masih bisa namun malah meledak salah satu komponennya ni :(

Balas

Numpang tanya gan. Saya ingin menyalakan lmpu tl fluorscent dengan mesin tl 25 watt. Memeng nyala, cuman redup? Apa yang mesti dirubah seandainya saya gnti mje 13002 atau di atasnya. Terima kasih sbelumnya....

Balas

Iya coba ganti TRnya mas pake 13003

Balas

kalau tabung putus harus diganti mas

Balas

Untuk beli alat lampu jari secara grosir dimana ya gan..??trima kasih..

Balas

lampu hemat energi philips yg rusak saya ambil bolamnya saja yg bentuknya ulir
kemudian saya rangkai lampu tsb dengan menggunakan ballat dan starter yg bentuknya bulat
tetapi setelah saya coba menyalakan kenapa lampunya selalu berkedip kedip terus menerus ?
yg ingin saya tanyakan apakah lampu hemat energi yg rusak jika diambil bolamnya yg bentuknya ulir jika dirangkai kembali dgn menggunakan ballast dan starter bulat tidak bisa ?
mohon petunjuknya
terima kasih

Balas

Sangat bermanfaat,
Sukses selalu.

Balas

Agan, mohon info,dimana bisa saya beli rangakaianmesin lampu turnado 65watt,dan tabungnya...?

Balas

makasih teman infonya banyak manfaatnya

Balas

grosir kaca/part lampu murah
desa kaligunting,.caruban,kab.madiun, jatim
rahmat 082141571948

Balas

Mf saya mau tanya? Nilai resistor yang di pakai lampu 75 watt yang dari jalur ac nilainya berapa? Soalnya resistornya terbakar.....mohon di jawab.

Balas

kalau daerah malang /pasuruan dimana tempat grosirnya gan mohon infonya no telp :082142191975/54e51ba3

Balas

pirang watt lik?????????

Balas

Ready stock Resistor
0.25 watt
1 ohm
1.5 ohm
2.2 ohm
10 ohm
15 ohm
22 ohm
0.5 watt
1 ohm
15 ohm
2 ohm
22 ohm
1 watt
0.1 ohm
0.22 ohm
0.5 ohm
dan yang lainnya
PM
087887882009
085201352009
atau facebook
Istana Lampu

Balas

Terimakasih atas infonya gan.
kami juga berbisnis home electric seperti lampu dan sebagainya.
silahkan kunjungi website kami !!!
http://www.rajalistrik.com

Balas

kalau mau modif agar wattnya lebih tinggi apanya yang perlu diganti?

Balas

terus bisa nggak kalau lampunya dimodif jadi lampu otomatis?

Balas

Coba tanya yg komen di bawah itu mas... Kayaknya jualan juga tuh.

Balas

Coba pake ballast yg elektrik aja. Tp disesuaikan dgn wattnya.

Balas

Klo pake ballast & stater rangkaiannya kurang kompleks mas. Coba diganti aja pake ballast yg model elektrik... Sesuaikan juga wattnya.

Balas

Coba colek komen yg di bawah mas.. Tu kayaknya jualan

Balas

Itu cuma R fuse aja kok. Biasanya nilainya 1 - 2,2 ohm. Pake yg wattnya gede agar g gampang putus. Biasanya kepanasen tuh Rnya.

Balas

Ganti bohlamnya & ganti ukuran TRnya. Lampu otomatis tinggal pake ldr. Atau beliin aja photocell

Balas

mantap... makin semangat nih belajar!!!

Balas

saya hanya doa tuhan pasti sayang pada yang share pengetahuan ini trims banyak yang bisa hidup dari ini

Balas

Mau tanya mas waktu dicek lampu ndak bisa nyala tp waktu dicabut ekco masih nyetrum

Balas

Ya elco fungsinya memang utk nyimpen listrik mas, semakin gede ukuran mikronya semakin lama tampungan listriknya. Yang penting dicek dulu lampunya... Kalo masih hidup berarti rangkaiannya ada yg tdk beres...

Balas

baca artikel ini langsung bisa praktek dan berhasil...
, trima kasih infonya gan..

Balas

untuk daftar nilai kapasitornya yng ijo biasanya berapa gan,,kapasitor dah gosong hitam gak ada serinya untuk tl 23 watt

Balas

Coba ganti aja pakai ukuran 4n7 / 2kv mas....

Balas

Oke postingannya. Makasih gan. Ane do'ain moga sukaen gan.

Balas

Oke postingnya bagus buanget.
Makasih gan.
Ane do'ain moga sukses gan.

Balas

Alhamdulillah, mksih postinganya mas, sy lg nyari2 tips dan ini yg pling jlas. Mg2 sy punya puluhan lampu hemat bs hemat bnran dg diperbaiki

Balas

Untuk kaca lampu baru bisa lngsung menghubungi mas aam 089667222023
Jl.welahan mayong ds.timenur rt 01/03 59464
Untuk daerah jepara kudus maupun demak bisa lngsung saya antarkan lngsung kerumah anda
Harga tentunya murahhhhh
2u tb 3700
3u tb 6300
Sp tornado 7300 dll....

Balas

Untuk kaca lampu baru bisa lngsung menghubungi mas aam 089667222023
Jl.welahan mayong ds.timenur rt 01/03 59464
Untuk daerah jepara kudus maupun demak bisa lngsung saya antarkan lngsung kerumah anda
Harga tentunya murahhhhh
2u tb 3700
3u tb 6300
Sp tornado 7300 dll....

Balas

Mas bisa bantu baca skema philips tornado 20 w ga,,saya udah ganti semua termasuk resistor smd nya tp blm hidup juga yah...klo merk cina pada nyala tp tornado sulit bagi saya mas...

Balas

R skring biasanya letak nya dimana ya mas, soalnya saya byk lihat R yg di Input AC tahannya tinggi, kemudian cara mudah menentukan letak R basis pada PCB gimana ya mas, tksh

Balas

R skring biasanya letak nya dimana ya mas, soalnya saya byk lihat R yg di Input AC tahannya tinggi, kemudian cara mudah menentukan letak R basis pada PCB gimana ya mas, tksh

Balas

R skring biasanya letak nya dimana ya mas, soalnya saya byk lihat R yg di Input AC tahannya tinggi, kemudian cara mudah menentukan letak R basis pada PCB gimana ya mas, tksh

Balas

Terimakasih mas agus santosa

Balas

Oke sama2... terimakasih juga infonya untuk daerah jatengnya :)

Balas

Biasanya tornado kelemahanya pada TRnya dan capasitor tantalumnya... Check juga tabung lampunya..

Balas

R fuse / sekering biasanya nilainya ohmnya kecil (lihat diskema diatas) mas. Letaknya didekat transistor

Balas

makasih kak info nya. jadi bisa belajar benerin lampu skaligus buat nambah ilmu jika di ada praktek bikin lampu di sekolah

Balas

makasih kak info nya. jadi bisa belajar benerin lampu skaligus buat nambah ilmu jika di ada praktek bikin lampu di sekolah

Balas

blog yg ini msih aktif... jozzz
masss,
sy ada pcb lampu tl philip 5 watt (tabung cfl putus) mau pake tabung cfl yg 8 watt,aman ngga y???

Balas

salam sukse...
dan semogq blog ini selalu berkah dan exis, amin..
mas minta rangkuman komponen beserta ukurannya yang sering rusak pada LHE dari 5 wat sd 75 wat,..

trimakasih

contoh ;
Berikut ini saya berikan contoh penggunaan tipe transistor pada jenis ukuran lampu:
a. TR MJE 13001 = untuk daya 5 Watt dan 8 Watt ( merk china 20 W )
b. TR MJE 13002 = untuk daya 10 Watt sampai dengan 20 Watt
c. TR MJE 13003 = untuk daya 23 Watt sampai dengan 25 Watt
d. TR MJE 13005 = untuk daya 28 Watt sampai dengan 45 Watt
e. TR MJE 13007 = untuk daya 75 Watt

resistor? kondensator? dioda dan lainnya suwun

Balas

Bagi yang membutuhkan kaca lampu Untuk wilayah banyumas,cilacap,purwokerto dan sekitarnya bisa hub 085743407356

Balas

makasih gan sangt membantu banget dehh...

Balas

yang mau sharing bisa kumpul bareng untuk area majenang bumiayu ciamis tasik pangandaran 085759513588

Balas

Pak maaf boleh tanya sebentar gak mengenai tentang kerusakan mesin lampu led efisien

Balas

Tapi kalau tabung led yang terputus masih bisa di betulin gak

Balas

Beri daftar harganya dong agan
085 727 727 848

Balas

lampu saya setelah diservis nyalanya gk terang seperti dulu lagi,setelah saya ganti milarnya masih sama padahal semua dah di cek normal.lampu saya 25 w tornado.....-

Balas

Makasih ya mas atas ilmune

Balas

Kang alif fadol..coba ganti elco nya kang..maaf ya kang kalau menurut akang saya lancang..sallam

Balas

blh tnya g mas? klw lampu stlah di perbaiki nyalanya redup pa nya yg rusak? thank' s

Balas

Sblum y aq ucpkn trimaksh ats ilmu y,
Stlh aq bca artikel ini aq trus kumpulin lmpu2 yg rusak,stlh aq cek aq bgi 2,pertma yg rusak lmpu y yg kdua mesin y,
Yg jdi mslh,mesin yg rusak aq prbaiki tp bgt aq coba pke lampu lsg yala tp stlh itu mati,tryta resistor y ad yg kbkran,
Kira2 ap pybb y boss??
Trims

Balas

kalo beli komponen dg yg baru , apakah tidak lebih mahal dibanding dg beli lampu baru boss?
karena beli komponen eceran jatuhnya mahal.....
tks

Balas

matursuwun sanget jih. sangat betguna sekali. mungkin bisa tambah benerin lampu cas dan led. suwun

Balas

Mas kalau lampunya gk bisa hidup semua,cuma pangkalnya saja yg hidup.,perlu diganti komponen apa ya?terima kasih

Balas

lampu otomatis tuh seperti apa bos contohnya? trims pencerahannya...

Balas

TERIMA KASIH....NAMBAH ILMU SAYA YANG MASIH HIDUP INI...SEMOGA BISA BERGUNA BUAT SEKITAR....SEPERTI YANG PUNYA BLOG INI...MATUR SUWUN...

Balas

Tks mas eyuana atas ilmunya.

Balas

wah sangat berguna infonya,kira2 klw transistor bekas lampu apa bisa digunakan untuk power ampli gan?

Balas

trims y bos ini sangat membantu saya

Balas

saya perbaiki lampu philip sepiral 11 wat, udah tak cek transistor nya kok belum juga hidup yang lain masih bagus gimana lagi caranya p.dr. lampu?

Balas

mantab..oiya kawan klo lampuntabung putus harus ganti yang baru...dan klo led yang rusak juga harus ganti yang baru...

Balas

Kalau menyala tapi redup gimana ya mas eyuana.??

Balas

Pak..tegangan outputnya kurang..kira2 komponen apa yg perlu diganti

Balas

terima kasih ,sangat membantu

Balas

Sipp
Sangat membantu..jd pingi nyoba.

Balas

nice info gan.

Lampu LED murah Rp 22rb, cek lampuutama.com

Balas

gan, ada yg jual transistor mje 13001 yg ada tulisan mje di body transistorx info yah. ancasivit@gmail.com

Balas

Mas endi,saya pny lampu fujiligt 40watt,klo nyalany redup dan tdk seperti biasany apanya yg hrs dganti?sdh saya bongkar tp blm ketemu masalahny...trims

Balas

Mas endi,saya pny lampu fujiligt 40watt,klo nyalany redup dan tdk seperti biasany apanya yg hrs dganti?sdh saya bongkar tp blm ketemu masalahny...trims

Balas

Mas Endi Yuana, tanda linkaran pada skema di atas terlalu tebal sehingga menutupi informasi data pada skema, misalnya lingkaran merah pada Vin2, dan masih banyak lagi, saran saya kiranya gambar lingkarannya ditipiskan aja, jangan terlalu bolt, trims

Balas

Terimaksih atas pencerahannya, semoga bisa bermanfa'at buat kita semua kalangan menengah ke bawah,sekalian yg punya info tempat jual tabung lampu sama komponen nya untul wilayah cirebon tolong ya,,,info in ke noerr72@gmail.com, terimakasih buat semua'a

Balas

Alamat di mana ada nmr wa GX

Balas

Gan,artikelnya sangat bermanfaat. Tapi kalau mau mencoba untuk memperbaiki, apakah ada onderdilnya di toko electronik?

Balas

Terimakasih atas masukannya

Balas

Terimakasih juga sudah berkunjung :love

Balas

Lampu philips q 50watt, resistor dekat tegangan ac terbakar, meletek,,apa langsung di ganti takutnya komponen laen jgn rusak

Balas

Temukan pengetahuan terbaru anda disini : https://janwararifin94.blogspot.co.id/?m=1

Balas

Terimakasih ilmu nya,sangat bermanfaat,smoga slalu sukses

Balas

Terimakasih kembali dan terimakasih buat doanya

Balas

Kalau ada resistor terbakar biasanya transistornya ikut terbakar mas. Silahkan diganti tapi chek juga kondisi transistornya masih baik atau tidak.

Balas

Bang penyebab transistor rusak terus apa? Dan resistor fuse itu yg mana

Balas

wah bagus2 artikel nya, Selamat pagi mas Endi Yuana, boleh saya minta alamat email mas Endi? terimakasih

Balas

@ Rai Han = Penyebab kerusakan TR bisa di sebabkan beban lebih/panas dan usia TR itu sendiri. Biasanya jika TR rusak resistor bernilai 1-2 ohm yg terletak di emmiternya juga ikut rusak.

Balas

@ Liu Chis Birianto = Email saya eyuana@eyuana.com

Balas

Lampu 45watt saya pertamanya mati,setelah kaki tengah transistornya saya kasih resistor 10 ohm saya arahkan ke AC bisa nya tapi cuma separo terus kemudian bisa full tapi kok Ndak terang ya??mohon bantuannya ��makasih

Balas

Mau tanya gan penyebab mati karena over volltase sama kah dg point4 trobolshootingnya atau ngga kalo ngga mohon pencerahannya gan,thank's

Balas

Hatur suwun kang,izin nyatet
Sukses selalu

Balas

Mantab mas..jadi menambah wawasan saya tentang memperbaiki lampu..semoga mas sukses selalu..

Balas

Maaf master mau nanya lampu philip 18 watt saya tadinya mati giliran saya coba nyala.trs saya coba lagi mati lagi apanya yg rusak y master.tlg ilmu master

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :