logoblog

Home Theater 5.1 dan Gainclone LM1875 ( Di Kawinkan )

Sebelumnya saya minta maaf belum sempat membalas komentar dari teman-teman semua di karenakan beberapa minggu ini saya mempunyai kesibukan membuat rancangan sebuah sistem audio untuk ruangan kontrakan saya. Untuk memiliki sebuah perangkat audio surround yang hidup diperlukan sebuah amplifier yang memiliki distorsi rendah dan bebas dari hum dan hiss

Sebenarnya proyek membuat home theater ini didasarkan pada rasa penasaran saya terhadap sebuah IC gainclone yang sangat terkenal yaitu LM 1875 buatan " National Semiconductor ". Si unyil ini mempunyai distorsi THD yang sangat rendah yaitu 0,015 sehingga akan menghasilkan amplifier dengan suara yang sangat jernih, bening dengan daya sekitar 20 sampai 30 watt sehingga cocok untuk diaplikasikan pada speaker satelit dan centre. Serasa mendengarkan suara penyanyi asli di ruangan kontrakan saya. Belum lama ini saya mendapatkan skema home theater dari rekan saya dan hasilnya langsung saya praktekan. Skemanya bisa anda lihat disini.

Untuk membuat home theater di butuhkan :
1. 4 buah speaker satelit  ( 4 buah amplifier LM 1875 )
2. 1 buah speaker centre  ( 1 buah amplifier LM 1875 )
3. 1 buah speaker subwoofer ( 1 buah amplifier LM 3875 )

Pada skema tersebut IC op ampnya saya gunakan TL 084. Karena tidak sempat untuk membuat layout PCB akhirnya saya putuskan menggunakan PCB lubang. Di daerah kontrakan saya ( cikarang ) sangatlah susah untuk mencari komponen audio philer sehingga saya cukup menggunakan komponen biasa saja. Di tambah lagi dsini mendapatkan IC LM 1875 juga sangatlah susah tau itu yang saya pakai asli atau palsu, sehingga untuk rearnya terpaksa saya menggunakan TDA 2050 sebagai penggantinya. Jika ada teman yang tau dimana ada tempat yang menjual komponen tersebut di daerah cikarang  bisa share ke sini.

Komponen Amplifier

 Sesuai dengan skema rangkaian yang saya dapatkan, hasilnya saya rakit sebagai berikut (kecuali untuk efek rear saya tidak menggunakan MN 3005/MN 3008 karena mahal) :

Gainclone LM 1875


  Untuk bagian subwoofernya saya gunakan LM 3875 beserta rangkaian low pass filternya seperti gambar di bawah ini :

Gainclone LM 3875 T

 Karena susah mendapatkan box amplifier yang tepat, terpaksa saya menggunakan box amplifier stereo buatan BELL HK-201. Pertama test suara saya kagum dan puas dengan chips amp ini, sebab rakitanku OCL 150 Watts disingkirkan oleh si mungil ini. Sebab kualitas vokal dan instrumen sangat detail dan jernih semisal bass betot, kick drum, dan terompet.



Di dalam box Bell HK-201 ini hanya mempunyai sepasang lubang speaker ( 2 speaker L+R ), sehingga saya harus repot membuat lubang lagi sebanyak 4 pasang lubang lagi dengan diameter 12mm. Akhirnya terpaksa pinjam bor kepada teman untuk membuat lubang tersebut. Hampir 1 bulan amplifier ini jadi dikarenakan keterbatasan alat dan komponen.

Jadi maaf apabila beberapa bulan kemarin sempat vaccum dan apabila ada komentar yang belum sempat di balas saya minta maaf karena belum sempat online.

Proyek ini masih dalam percobaan, untuk hasil maksimalnya nanti saya share lagi.... OK !!

Bersambung >>

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Next (15 Juni 2013 ) >>

Home Theater 5.1

Akhinya rakitanku jadi juga...., maaf kepada pembaca sudah menunggu lama karena belum sempat me-ekspost rakitanku si unyil. Untuk speak speakernya saya pake punya LG, kebetulan kemarin ada tawaran dari teman yang menjual speaker LG sehingga saya tertarik untuk membelinya. Spesifikasinya adalah sebagai berikut :

1. Speaker Chanel untuk Centre ( Vokal )

Speaker Vokal
Suara yang dihasilkan mirip suara vokal asli dengan frekuensi sangat jernih dan menghasilkan suara tengah yang layak untuk anda coba. Pengujian pertama saya gunakan musik dari ''Iwan Falls'' dengan judul ''Sore Tugu Pancoran''.

Pengen Nangis deh pokoknya..... !!!

Ayo buruan coba sob, gag bakalan nyesel punya home theatre pribadi kamar anda.



2. Speaker Front L & R ( Speaker Depan )

speaker home theatre
Jika anda coba dengan musik stereo atau yang berstandart dolby stereo sound suaranya akan saling bersautan. Jernih dan mengiringi suara vokal iwan fals yang sedang bernyanyi di speaker chanel centre ( speaker tengah).









3. Rear Chanel (Speaker Belakang)

speaker rear
Gambar di samping merupakan gambar speaker untuk rear chanel. Karena mendapatkan unyil LM 1875 sangat susah akhirnya saya menggunakan TDA 2050. Untuk dayanya memang besar seperti yang ada di datasheet mampu mengeluarkan daya 25 Watts. Namun kualitas suaranya tidak sebagus dengan LM 1875.
Speaker ini menghasilkan suara surround cukup bagus karena merupakan pengurangan antara sinyal input audio L dan R ( L-R).



4. Speaker Subwoofer

speaker subwoofer
 Hasilnya Bagus banget tidak ada kebocoran suara vokal sama sekali. Dum... Dum... Dum... Jeduk.... Jeduk. Saya menggunakan dua buah speaker subwoofer agar menghasilkan suara bass yang nendang.







Skema home theater ini layak untuk dicoba, idak perlu kecewa karena saya sudah mencoba dan hasilnya sangat memuaskan.

 >>   Download Skema Home Theater    <<  



ARTIKEL PALING HOT TENTANG AMPLIFIER LAINYA :
Artikel Tentang : Home Theater 5.1 dan Gainclone LM1875 ( Di Kawinkan ) - Eyuana.Com

216 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 216   Newer›   Newest»

wah bagus tuh bos, kira2 tanpa Trafo Habis berapa duit ?

Balas

@Anonim:Murah kok bos cuma nyari komponennyayang agak susah. Saya di daerah cikarang cukup kuwalahan untuk mendapatkan IC 1875 Original.

Balas

bos bisa minta alamatnya ga??

Balas

gan skema rangkaianya gmn gan

Balas

SKEMANYA ADA DIATAS MAS KLIK AJA LINKNYA.

Balas

Skemanya jelas kok mas. coba di download dulu terus diperbesar.

Balas

om ada skema rangkainnya??

Balas

Ada silahkan di coba

Balas

pengen coba nih.
Mas, bisa minta kirimkan daftar komponennya?

Balas

ic mn3008 untuk delay diganti apa mas bro?

Balas

ic lm3875t dapat dmn bro?

Balas

mas,mo tnya,klw pake rngkaian echo yg lgsung jadi di psran(utk suround nya),mesti robah lagi ga?ada denging ga?thanks

Balas

@Anonim:daftar komponennya ada di skema rangkaian. Silahkan download skema rangkaiannya

Balas

@lordbdjoz:kebetulan di daerah cikarang masih ada stok. Lumayan kok kalau gag salah dulu harganya 65rb

Balas

@Anonim:bisa langsung diganti dengan echo tapi untuk hasilnya saya tidak bisa jamin. Kalau saya sarankan gunakan echo repeater +_lebih bagus lagi semua elco yang ada pada rangkaian ganti dengan kapasitor milar agar suaranya lebih nyaring, untuk ukurannya sesuaikan dengan telinga anda. Biasanya ukuan 1nf s.d. 100nf.

Balas

bro...berapa biaya keseluruhannya? berapa watt out put nya? tq

Balas

utuk IC MN3101 dan 3005nya diganti pake apa ya??

Balas

percuma sekemanya gk ada emmmmmmmmmmm?

Balas

Habis berapa duit itu mas,bs mnta nmr hpnya mas

Balas

habis berapa duit mas, bisa mnta nmr hpnya

Balas

mas daftar komponen apa aja

Balas

tolong mas di jawab total semua abis brapa. trus total brapa rms. saya minat untuk rakit... klo bisa kirim kan daftar komponen apa aja ke email saya kusumadinatha@gma.com
maaf saya masih pemula blom bisa baca skema nya

Balas

itu skema lumayan kelihatan sama nama komponennya kok, asalkan download dulu skemanya lalu diperbesar

Balas

Kalo misalkan ane beli, mau di jual brapa mas amflinya doank?

Balas

IC LM1875 BANYAK BRO........

Balas

topik tentang rangkaian elektro kan harusnya ada daftar komponennya brother.. itu akan digunakan sebagai acuan untuk belanja komponen bagi yang berminat.. lha kalo cuman skema dan suruh ngitung sendiri berapa kebutuhan komponennya kan yo bikin puyeng (he2 jangan bilang males ya..).. untuk kedepannya kalo bikin topik mohon yang lengkap ya mas bro.. kita banyak waktu kok untuk baca2..

Balas

ic mn3008/3101 dimana belinya?

Balas

Bro, saya udah cari lm3875 muter-muter gak nemu. Dicikarang dapat dimana ya? saya cikarang juga neh....

Balas

home theater ini joz, mantep, mirip bioskop.. Buat nonton film dgn speaker subwofer 6 in.. Ane udah buat, kagak nahan empuknya.. tanpa equaliser/standar, wah mantap bener.. Daripada beli mahal2 2jutaan.

Balas

@Haris_NC= Saya menggunakan IC PT2399 untuk pengganti mn30xx, hasilnya lumayan juga mas.

@Anonim = maaf gag di jual mas cuma untuk koleksi pribadi. Untuk output wattnya saya gag tahu.Oke thanks untuk semua saranya :-)

@Anonim mengatakan...home theater ini joz, mantep, mirip bioskop.. Buat nonton film dgn speaker subwofer 6 in.. Ane udah buat, kagak nahan empuknya.. tanpa equaliser/standar, wah mantap bener..
Daripada beli mahal2 2jutaan.

>> Iya mas pokoknya jangan dijual biar pada ngiler.hehehe....

@Bordir Komputer = sekarang harganya mahal mas + langka kecuali anda ke glodok, saya saranin ganti aja pake IC PT2399 harganya cuma 25rb.

@Agus = Daerah SGC mas depan toko komputer GIGANTIC sebelum perumahan BCL kiri jalan , saya dapat disitu.

Balas

mas bro kalau boleh saya minta di kirimin skema nya dong...soalnya skema yang di atas gmbar nya kurang jelas,,,kalau bisa di kirim ke email saya ari3f83@gmail.com
thank's be4

Balas

@ari3f83: SKEMANYA DIATAS MAS.... tinggal download dan diperbesar. kalo pengen jelas print pake kertas ukuran A4. Okey ??

Balas

maaf apakah bisa saya dikirimi ke e-mail untuk step by step langkahnya, maklum ingin buat tetapi bertahap karena dana minim (maklum anak kos)

Balas

maaf apakah bisa saya dikirimi ke e-mail untuk step by step langkahnya, maklum ingin buat tetapi bertahap karena dana minim (maklum anak kos)
Email saya : ynnrny@yahoo.com
Jika bisa beserta komponen asli dan jika susah perbandingannya (penggantinya) terima kasih banyak

Balas

terima kasih kepada admin yang memberikan saya file gambar/skemanya. sementara saya coba membuat nya dulu. (nurany)

Balas

mas,,ane udah rakit skemanya,,bagian front(OK), center(OK),subwofer(OK).Nah di bagian surroundnya kok dengung n noise,ane tambah DNR noise berkurang tp dengung malah nambah kalo tdk pakai ic delay dengungungnya ilang.ane pake ic op amp tl084 n ic delay mn3005 n mn3010. nah gmn cara ngilangin dengungnya,,,????

Balas

oya kalo punya skema bagian back surroundnya di upload ya,,ane rakit home teaternya dengan amp OCL 150watt perchanelnya dngn trafo 2X10amp merk bell murni dngn speker 8" (acr)di front n rearnya,speker 6"(acr) di center n 10" (accustic a-1082)di subwofernya,,,suara surround terdengar lantang apapun jenis music/film nya,,tp cuma suara dengungnya yg sangat mengganggu,,,lg sekali apa solusi buat ngilangin dengung n noise di bagian surroundnya,,

Balas

@Anonim:Nah di bagian surroundnya kok dengung n noise??
Saya menggunakan IC seri IC PT2399. Untuk tipe MN 3008 memang sering mendenging untuk saran gunakan seri MN 3005.... Tapi harganya agak mahal. Jika IC 3005 masih denging sudah atur trimpot?? klo sudah coba anda buat catu daya sendiri untuk IC delaynya jangan lupa CT trafo di grounding dengan body ampli.

Tapi gimana efek suaranya ?? Maknyus gag.... apalagi pake OCL bisa pecah tuh rumah ente.

Sebagai saran untuk vocal dan surround agar suaranya bersih / mendekati asli gunakan LM 1875 yang asli. Bentuk yang asli tidak ada coakan pinggir. Saya cuma dapat 2 yg asli tak pakai buat centre dan Rear kanan. Sekarang banyak sablonan TDA 2030.

Balas

msh dengung mas kalo pake mn3005(80rb),,,td sempat ane beli mn3008(58rb) n ane pake eh malah dengungnya dikit tp msh ganggu seh,,,ane pake pt2399(15rb) efek 3Dnya kurang mantap mkanya ane pake tipe MN,,Kalo catu daya ane pake bks catu daya DVD,,,berapa max catu daya buat rangkaian decodernya,,,???

Balas

kalo efek suara surroundnya terdengar jelas n suara subwofernya jngn tanya dah,,,ane tiap nyetel cm max di jam 9 mas,,,kalo di jam 11 tetangga pd mrh krn bkn kepala pusing katanya n kacanya pd bunyi berr,,,berr,,,,prnh skli nyetel di jam 3 eh malah rmh ane bergetar smua n pecahin bola lampu kmr satu nah mulai dr itu ane cuma bs nyetel max di jam 9 aja ga lbh,,,???

Balas

oya mw nanya lg mas chip lm1875 kuat ngangkat speker 8" 200watt gak,,,,n sama gak bsr keluaran suara yg di hasilkan lm 1875 ama ocl 150w(modif plus sanken 5DY),,???

Balas

@Anonim:
Ya silahkan di modif-modif sendiri, berarti yang masih kurang beres di bagian surroundnya.

Untuk Ic TL084 maksimal 18 volt, diatas itu mati mas. Kalau amannya di kasih makan 12-15 volt saja.

Untuk IC Lm 1875 bisa di app khan ke 8", tapi dia cocoknya untuk speaker satelit. karakteristik suaranya halus dan ringan. Jadi cocok untuk dijadikan suara vocal & Instrumen. Bisa anda baca di forum / blog lain mengenai "IC GAINCLONE" (LM1875,LM3875,LM3886 ) mantap dah pokoknya.. kualitas ampli tabung yg harganya ber-jeti2.

Home theater yg bagus suara vocal & efek instrumen yang jernih dan didukung dgn subwoofer yang maknyus.hehe....

semoga bisa membantu

Balas

mas,,,punya diagram skema buat back surroundnya,,,???ic op amp yg dual/quad yg paling bgs tipe berapa ya soalnya tl084,072,4558,471,353,074,064,agak noise,,,???menurut mas dr begitu bnyk tipe ic op amp yg paling baik n jernih kualitasnya tipe brp???

Balas

mas,,,gmn cara menghilangkan suara dak duk saat hdp/matikan power amp,,,keknya berasal dr mesin decodernya.soalnya kalo gak pakai decoder suara dak duk hampir ga ada(sepi),,,pemasangan decodernya stlh potensio krn ane pake 1 potensio buat semua chanelnya,,jd output decodernya lngs. msk ke input power amp tnpa potensio.

Balas

@Anonim: klo bunyi duk itu biasa kok mas... Untuk menghilangkannya caranya anda belikan aja speaker protector. Banyak kok dijual di pasaran.

Hasilnya gmn mas?? Anda pake unyil apa ocl.

Balas

@Anonim: back surrond saya pake PT2399. Tapi terserah sampeyan diganti yg lain jg bisa kok. Klo skema aslinya pake mn3005.

Op amp yg bagus seri SUPER :

OPA2134 (dual) : bagus untuk kedalaman music bass tp kurang detail

AD823 (dual) : sangat detail dan natural, bas dan trebel yang sangat jelas.

atau pake seri lain OPA637, OP27, LM4562, dsb tp harga selangit mas.

Balas

mantap mas,,,ane pake chip lm1875 buat. center n surroud nya,,,suaranya kinclong mas,,,tp kalo di besarin volume masternya kok besaran suara yg front(pake ocl),,,!!!!apa mungkin beda watt kali ya ,,,???yg lm1875=25watt vs ocl=150watt sanken,,,???oya kalo mw effect surround lbh jelas kedengerannya ganti R 100k dngn 1k atau di bwhnya pake elco jg bs pake 0,47 aja suara 3Dnya lbh jelas keluarnya,

Balas

walah speker protektor yg udh jd hrg nya 35rb jd ane hrs beli 6 donk,,,35x6=,,,,itu sendiri dah

Balas

@Anonim:ya mas lha wong beda amplifier. Oke sukses bwt agan yg sudah bikin

Balas

@Anonim: pake satu protector aja tp relaynya pakai yg 14pin kang.. Okey?

Balas

mas,,,kalo rangkaian buat back surroundnya ada gak skemanya,,,???penasaran pengen denger output yg di product ama back surroudnya 3D nya kek apa ya,,,??

Balas

@Anonim:khan di skema udah ada tho mas

Balas

pengalaman pribadi ya mas-mas.. untuk mengatasi dengung input L R saya kasih resistor 100ohm disolder ke ground. .

Balas

@Abiel ShekOskii:oke thanks... Semua rekan silahkan dicoba tips dari mas abil

Balas

mas admin klau bisa di bikin donk pcbny, biar gampang ngrakitny... matur suwun

Balas

@harjuno kenshin:haha... Wah saya aja juga gag sempet mas soalnya rangkaianya terlalu ruwet untuk di bikin PCB. Makanya saya gunakan pcb bolong...
Kalo ada yg mau bikin gpp nanti saya pesan satu :D :D hahaha...

Balas

mas mau nax untuk ic LM 3875 buat subwofer itu diskema dibagian mana ea mas? :)

Balas

@vauzy iskandar:itu modifan dik... klo pake skema aslinya bassnya kurang nendang karena saya pake 2 speaker untuk sub. Kalo untuk driver LPFnya sama kok ;-)

Balas

mksh mas tp sek bngung hehe kalau pengn buat 1 speaker ja buat subwferx ja pake skema itu terus pake ic lm 3875 mas?

Balas

@vauzy iskandar:Yang penting dicoba dulu dik vauzy... skema tersebut hanya sebagai dasar. Inti dari rangkaian tersebut adalah bagian LPFnya. Kalo untuk penguatnya silahkan di uprek sendiri sesuai keinginan dik vauzy.

Balas

ea mas berarti keluaran dari subwofer output masuk ke ampli yg pke ic LM 3875 gitu ta mas? maaf ea mas tax terus hehe

Balas

@vauzy iskandar:iya benar dik vauzy.... OUTPUT LM3875 langsung ke speaker, tapi kalo bisa skema LPFnya dibikin persis dengan gambar untuk hasil yang maksimal.

Balas

Mas apa perlu ditambahin rangkaian tone control mas home theaternya

Balas

@endi tricahyo Subagyo:ditambah boleh mas... tapi kalau kebanyakan pengatur nada malah merusak suara asli. Sehingga suara tidak sejernih aslinya (tidak murni), sebab di masing2 bagian sebenarnya sudah menggunakan lpf sehingga tanpa menggunakan tone control pun suaranya sudah bagus dan di set sesuai frekuensi masing2 nada.

Balas

Kemarin ak udah bikin pcb mas,tp surroundnya pk pt2399,cm waktu R delay nya saya buka suara speaker delaynya kok tertinggal sama speaker chanel l&r apa mang begtu,oh ya sebelumnya trimakasih bnyak atas share rangkaian nya

Balas

Iya mas suara Rearnya tertinggal mas itu efek surroundnya klo jeda delainya diatur aja. Klo boleh saran untuk potensionya pake yg mono aja. Jadi total 6 potensio nanti kelihatan banget efeknya mas. kalo front L &R dijadiin satu suaranya terlalu polos banget.

Balas

Ok mas,trims sarannya mas,punya mas speaker woofernya pake apa ya

Balas

@endi tricahyo Subagyo:Kebetulan saya pakai product LG, sebab ada bekas dari temen yang gag terpakai.

Balas

pagi mas .....bikin 5.1 kira" biayany hbs brp...terima kasih

Balas

Murah mas... cuma pembuatanya yang agak memerlukan waktu

Balas

Alamat lengkap dong mas.. saya jg dicikarang Bcl.

Balas

@aruf : saya sekarang di daerah pasar serang

Balas

pesen yg ginian bisa gak mas? pengen banget deh.. hehehhe

Balas

Hehe... bikin sendiri aja mas :-)

Balas

habisnya kisaran berapa ya mas?
oh iya mas mau nanya.. saya ada power subwoofer mono 200watt.. cocoknya pake speaker merk apa ya yg bagus tapi trrjangkau harganya..
10 atau 12 inch lah ukuranya. soalnya saya kasi legacy 10 inch kurang nendang rasanya bass nya, setengah volume dah sember suaranya..
makasih ya mas

Balas

murah mas cuma komponennya yang agak susah didapat.... coba pakai rangkaian LPF diatas yg untuk subwoofernya.

Balas

mas kalo 3005/3008 diganti 3007 bisa gak...muter" diglodok gak ad mas....saya pakai pcb saturn buat acoustic.....D IN82 bisa gak diganti D 1A

Balas

Saya mau tanya jk home theater saya dobelin subwofernya bs gk?

Balas

Mau tanya jk home. Theater subwofernya di dobel bs g?

Balas

Mau tanya jk home. Theater subwofernya di dobel bs g?

Balas

jujur saya salut sama buatan kang mas.rakitan serumit ini cuma pake pcb lobang,kang mas klo berbaik hati saya minta gambar pcb nya sama daftar componennya donk,soalnya ilmu saya lom sampe disana.sblomnya tq berat

Balas

Cikarangnya mana mas ...saya juga di cikarang

Balas

Cikarangnya mana mas ...saya juga di cikarang

Balas

Cikarang nya di mana mas saya juga di cikarang barang kali bisa berguru

Balas

Cikarang nya di mana mas saya juga di cikarang barang kali bisa berguru

Balas

Menarik nihh. Tp omg2 fungsi adanya S1, S2, dan seterusnya itu sbg apa boss, koq gak lgsg aja ato misale pakai rsistor. Bypass switch ato gmn. Krn kalo di perhatikan skema semua masukan ambil sumbernya dr S1? Thankz

Balas

Bisa ngak di email ke saya daftar komponennya??
tx

boimsili@gmail.com

Balas

Minta daftar komponen lengkap gan?

denmaspurnomo@gmail.com

Balas

Tinggal di cikarang mana bos ? Minta almt lengkap dong, mau berguru saya...

Balas

Bisa om... Itu punya saya juga tak dobel kok.hehe...

Balas

Waduh saya aja malah blm sempat gambar pcbnya om..:D makanya itu yg tak pakai cuma pcb lubang. Susah bgt nih ngelawan rasa males, krn msh bny kesibukan ni om. Maaf bls komennya pd telat

Balas

Dulu saya ngontrak depan ctc kampung pagaulan. Tp skrng udah pulkam :D

Balas

itu saklar untuk pemilihan tipe nada yang dikehendaki.... Pengaturannya melalui op amp TL 084... Klo mau di bikin paten jg gpp tp bagusnya di switch untuk pemilahan beberapa tipe nada surround yg di kehendaki.

Balas

Posisi udah mudik saya mas... Dulu di cikarang cm ngontrak aja kok.

Balas

Download skemanya aja mas... Saya cm nyontek dari situ aja

Balas

Tinggal lihat skema aja... Itu driver op amnya sama persis pny saya. Cuma untuk Op amp pake tl084,bagian subwoofer saya ganti powernya pake LM3878 sama rearnya gag pake IC MN3008/05.
Gitu doank kok... Selamat berkarya yah !!

Balas

Sory slh ketik 78nya >> LM3875

Balas

kira hbs brp gan bugdet nya smua tuh?

Balas

Wah lupa mas... Dulu belinya parsial. Nyari komponen khusus audiophliernya yg susah.

Balas

Monggo silahkan dicoba :D

Balas

Trafoy pkai brpa amper brow??n elcoy paki brp vol?

Balas

Trafoy pkai brpa amper brow??n elcoy paki brp vol?

Balas

Saya cuma menggunakan trafo kecil mas 5A elconya hanya 2 buah 10.000uF/80V. Kebetulan tidak dengung... Lumayan untuk digunakan di ruangan

Balas

Maf om mau tanya penghitungan capasitor yang awalnya titik seperti .047 atau .1 itu berapa ya ?? Soalnya yang jualan nya jga ga ngerti..

Balas

setau ane sih ukuran capacitornya mikro farad, jadi klo .047 mikro = 47 nano (47nF), klo .1 mikro = 100 nano (100nF). CMIIW...

Balas

Iya mas ukurannya mikro Farad (uF). Klo mau dijadikan nano tinggal di kali 10 pangkat -3. Atau cara gampangnya seperti di jelaskan Mas HENDRAWAN dibawah ini :-)

Balas

Terimakasih mas hendrawan sudah dibantu.. :love :love

Caranya seperti ini mas Guntur. Tinggal geser titik koma ke depan sebanyak 3 kali. Misal 0,47 uF menjadi 47nF,dst

Balas

maaf mas.. bisa ngopy pcbnya kah... terima kasih

Balas

Kebetulan untuk pcbnya belum bikin mas... Hanya memakai pcb lubang saja. Karena awalnya cuma percobaan tp ternyata hasilnya memang bagus...

Balas

Kebetulan untuk pcbnya belum bikin mas... Hanya memakai pcb lubang saja. Karena awalnya cuma percobaan tp ternyata hasilnya memang bagus...

Balas

Jadi kepingin buat mas......

Balas

Oke mas silahkan mencoba

Balas

mas, itu yang di foto , untuk speaker panjang yang di tempel di tembok, beli nya dimana ya? dan harga speaker nya?

Balas

Malam boss.. kalo minta dibikinin power amplinya.. dan aku ada wofer aktif politron. Kira kira brapa sekalian kirim ke bogor ya bos..? Makasih. Slamet. 085794081002 matur nuwun.

Balas

Bisa mas 3007, out rear hanya untuk delay saja kok. Tp perlu di sesuaikan dulu pengaturan delaynya nanti. Jgn lupa share klo pake 3007 hasilnya bagaimana

Balas

Itu speaker home theater LG... Kebetulan ada sohib yg jual harga murah waktu itu. Tp sayang g sepaket sama dvdnya/powernya. Jadinya saya jd pengen nyoba ngrakit home theater sendiri dengan IC gainclone yg sangat terkenal jaman dulu (LM1875). Tak disangka hasilnya malah memuaskan banget.... apalagi klo pake speaker yg gede (8"/10") sampai power OCL saja saya anggurin kala itu.

Balas

Maaf mas kebetulan blm ada waktu buat merakit lg dikarenakan kesibukan yg padat.hehe.... Rakit sendiri aja mas dijamin g nyesel, suaranya jernih banget lho...Klo penasaran dicoba dulu bikin LPF untuk subwofernya dulu tinggal nyontek aja skema di atas. Pasti nanti ujung2nya ngiler pengen ngrakit semuanya.haha :D

Balas

Hihii.. makasih bnyak responnya.. hihi lagi.. saya gak bisa elektronik mas e.. jadi gak ngerti banget. Kalo ada sempet bisa dibuatkan.? Boleh bagi nomer kontak.?

Balas

mas, mau nanya donk, saya blm ngerti bagian FIG 3,4,5,6 itu rangkaian yg mana aja? (tertarik mau ngerakit, tp ilmu elektro nya pas2an, hehehe, mohon bantuannya ya :P )

Balas

Fig 2 >> skema gmbr B (centre)
Fig3 >> skema gmbr C (subwofer)
Fig 4 >> gambar paling bawah (surround) / delay section
Fig 5 >> skema gmbr E (LPF 7khz)

Tinggal di lihat gambar skema yg disamping aja mas. Kemudian semua output masuk ke gambar F. Khusus centre dan subwoofer pake 1 IC LM1875. Jadi butuh IC Lm1875 sebanyak 6 buah. Klo bisa untuk subnya pake power gede.Misalnya saya pake LM3875 atau bs juga dengan ICLM1875 tp dibuat sistem BTL/bridge.

Balas

mas, mau ngerakit tp pengetahuan masih newbie, mohon bantuan nya ya :D, nanya kompone nya, untuk jenis trafo yg di pakai berapa volt ampere?
untuk C1 , kapasitor 2200 uF brp volt?
untuk c5, c6 , kapasitor 10 uF brp volt?
c19 itu kapasitor brp UF dan brp volt?
makasih

Balas

untuk kapasitor c19, c9, c17, c12, c18, c10, c7 , c30, itu besaran kapastor nya berapa ya mas?

Balas

Trafo 5A aja sudah cukup kok mas.... Untuk supply bagusnya 6 buah 10.000uf dibikin CT. Untuk komponen di rangkaian itu kalau bisa pakainya non polar (kapasitor audiophiler)

Balas

Dilihat di skema aja mas... itu dalam satuan mikro Farad kalau dijadikan nF tinggal geser 3 koma ke belakang.

Balas

Bener si om ini bikin ngiler yan baca,

Balas

om bro saya blm bisa ngerakit nya... oh ya mau tanya untuk speaker satelit nya pake yg brp inc ya, trs untuk sub nya kira" pakai yang 10" kuat ga..?

Balas

Mantapp..pengen nyoba... buat nya perkanal kali ya biar g ribet trus dana g bgtu WOW..HEHE..untuk masalah skema insyalloh no problem tapi...masalah utama nya si speakernya..kalo speaker diatas 6" jadi makan tempat....pengen juga speker2 itu mas..bisa tempel dinding rapii...hehe

Balas

Buat rangkaian surroundnya beli aja kit echo repeater yg udah jadi

Balas

Buat rangkaian surroundnya beli aja kit echo repeater yg udah jadi

Balas

Manttap kang. Wah dti fulu saya ngikutin blok ente gk tau'a d pegaulan jg. Ane jg di KOBE. Syang gk tau dri dlu klo tau dri dlu bisa silaturohmi. Salam kenal mas

Balas

Buat yg ga mau ribet utk pcb buffer, lpf n pcb lm1875 n lm 3875 silahkan order di diyaudio.blogspot.com. saya udah order disana. Trus kalo lebih gampangnya lagi boleh juga order kit prosessor prologic 5.1 di web audiooke.com. sekian dan terima kasih hehe

Balas

Buat yg ga mau ribet utk pcb buffer, lpf n pcb lm1875 n lm 3875 silahkan order di diyaudio.blogspot.com. saya udah order disana. Trus kalo lebih gampangnya lagi boleh juga order kit prosessor prologic 5.1 di web audiooke.com. sekian dan terima kasih hehe

Balas

Pak Endi Yuana ,kira2 total habis berapa ya buat nya ?

Balas

cara menambahkan volume master giman ?

Balas

Silahkan mencoba mas ;-)

Balas

Bisa lewat email aja ke eyuana@eyuana.com atau komen di blog ini pasti insyaalah saya balas.

Balas

Sesuai dgn budget dan kebutuhan aja mas. Tp kalo ingin suara vokal nyaring pake speaker yg impedansinya 4ohm

Balas

Cari speaker mobil aja mas untuk front dan rearnya. Subwoofernya pake 8" udah enak untuk ruang kontrakan aja

Balas

Pake echo kit juga bisa tinggal atur delaynya saja :-)

Balas

Sama2 mas salam kenal juga... Saya dulu di gang masuk city home (depan ctc). belakang warteg mbak santy

Balas

Wah boleh tuh... Pengen nyobain surround prosesornya

Balas

Tinggal di tambahkan depannya saja mas... Klo ditanya habis berapa saya lupa krn bny komponen bekas yg saya pakai

Balas

Maaf ya admin ane mo Tanya di depan nya tambahin tone control lg ya..maklum ane masih newbie tp hobi..thank

Balas

Mastah admin itu rangkaianya tone control nya di tambahkan LD di input ya ...masih belajar neh...

Thank admin

Balas

Di tambahkan lagi tone control ya

Balas

Kebetulan saya g pake tambahan tone control.... Karena pengaturan nada sudah di proses di tiap LPF memakai op amp seri TLxx. Sengaja tidak menambah tone agar suaranya natural krn menggunakan op amp sudah cukup baik.

Balas

Mastah
Untuk speaker power nya rekomandasi berapa inci..watt ..Dan merk yang bagus

Thank

Balas

Untuk vokal dan instrument cukup menggunakan speaker satelit 4" s.d. 8" dan subwoofernya 8" s.d. 12". Tergantung budget dan kemantapan bapak.

Balas

sya pengen tpi sya g bsa :-D ngrakitny,, in put / outputny jga g th ♓ é ² ♓ é ² ♓ é ² ♓ é ²,²,, usul mas posting video ngrakitny 【✖ï½»ⅰ..ï½»ⅰ..ï½»ⅰ..✖】

Balas

sya bsa ngrakit tp klo soketan mas :-D 【✖ï½»ⅰ..ï½»ⅰ..ï½»ⅰ..✖】, nek reti omahmu tak parani kursus elektronika ♓ é ² ♓ é ² ♓ é ² ♓ é ²

Balas

Bagi teman teman yang pingin IC LM 1875 original saya punya 9 biji

Balas

skema yang pcb ada gak mas?

Balas

pengen coba rakit, tp masih bingung baca gambar rangkaian, terutama penggabungan input output masing2 blok, dan Apakah msing2 blok rangkaian masih butuh amplifier? Suwun..

Balas

Klo resistor 9.53k itu beli nha di mn ya?
Bentuk nya kaya gmn?
Soalnya yg di pasaran yg sering ane liat paling angka di belakang koma itu cuma 1... msal nya 9.5k brrti kan 9500 ohm nah klo 9.53k brrti kan 9530 ohm... gelang warna nya kaya gmn tu...
Maaf mas ane masih newbi masalah elektonika

Balas

kalo saya mas pake crossover aja udah cukup...
tapi...
thanks untuk skemanya...
karena next time ada rezeki saya akan buat juga...
namun khusus untuk prosesornya ato jantungnya aja...
soalnya ane udah punya ampli banyak...

Balas

Untuk rangkaian F nya kita buat 2 ya mas?

Balas

mas, untuk bikin potensio mono nya d ambil dari jalur mana aj? mf sy msh bingung cara baca skema

Balas

mas, untuk bikin potensio mono nya d ambil dari jalur mana aj? mf sy msh bingung cara baca skema

Balas

mas, untuk bikin potensio mono nya d ambil dari jalur mana aj? mf sy msh bingung cara baca skema

Balas

oke mas kapan kapan ya.hehe soalnya belum sempet kalo upload ke youtube

Balas

posisi dimana ni mas boleh tuh

Balas

amplifiernya pake LM1875

Balas

kalau susah ganti aja pakai nilai 10K beda dikit gak papa kok

Balas

oke boleh di coba... suwun udah mampir

Balas

Mau tanya mas... Saya buat ini kok bagia. Sub woofer bunyi dug dug dug dug dug terus menerus... Tapi di stage lain... Normal2 saja...

Balas

Gara gara mas endi ini saya ngiler pngn ngrakit. Masih proses gambar di eagle. Mudah2an jadi.wkwkwk

Balas

akhirnya jadi juga rangkaian PCB home theater ane with PCB 5 chanel power amp LM1875 plus subwofer LM3886,Thanks skemanya masta

Balas

Wiih jooos mas poetra.gmn mas suaranya..mantaap gak

Balas

Bagi dong mas poetra pcb layout nya....

Balas

Mas mau tanya supplay ic mn3101 dan mn3008 itu -12v ya

Balas

ya kalo mw pake layout PCB buatan ane boleh minta di FB ane p_azy@yahoo.com insya allah kalo msh layoutnya tak kirimin gan

Balas

PCB udh di coba n hasilnya josss di tambah dengan double bass [bass bawaan sama bass bazooka] dan sedikit modif bagian front bypass stereo n prologic,ditambah lagi linkwitc buffer.bagian rear cuma tambah DNR plus buffer split dan bagian center normal.beda komponen beda rasa silahkan di coba met berkreasi.

Balas

Mas itu supply mn3008 +12v atau -12v ya? Kurang jelas soalnya.

Balas

boss .kalo ama polytron dipasaran kira2 top mana? compolah pake woofer..suwun boss.ini link ic.boos .https://www.bukalapak.com/p/elektronik/komponen-elektronik/dced7-jual-ic-lm1875t-ic-lm1875

Balas

Iya mas. Ternyata sdh benar. Hehe..tengkyu2...memang mantaap ini skema...lumayan puas buat ini

Balas

Top skema ini mas. G nyesel buat ini.

Balas

wis tak jajal gawe ..lagi desain egle ..

Balas

Pgen buat tp lht skema malah pusing hehe

Balas

Rangkaian delay nya yg mn ya ,,,

Balas

Rangkaian delay nya yg mn ya ,,,

Balas

Rangkaian delay nya yg mn ya ,,,

Balas

Rangkaian delay nya yg mn ya ,,,

Balas

Rangkaian delay nya yg mn ya ,,,

Balas

gan..saya mau rakit. bs konsultasi kah? thx gan

Balas

Makasih ..bos atas infonya ..sip udah jadi lm 1875 4x + lm 3875/lm3876 1x untuk surround ..Bass double ..lm 3886 2x ..tinggal masukin speaker nya di box...wis muantap ..buat nonton film ala bioskop ...

Balas

kalo tambah galaxxxx 3d+loudness ..Ada yang pernah nyoba ?

Balas

malem gan dng hasil kreatif, inofatif anda sy kok ngiler, tp sy gak punya daya. klo bisa pesen kitx
atau pcbx gan, bgmn... ada ya n berapa hargax? ttg

Balas
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 216   Newer›   Newest»

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :