Rangkaian Pengusir Hama Tikus

Rangkaian Pengusir Hama Tikus

Pada pertemuan kali ini Pusat pengetahuan dan Teknologi akan membagikan sebuah rangkaian pengusir hama tikus. Tikus termasuk dalam kategori binatang pengerat yang suka melakukan aktivitasnya di malam hari. Tikus menyukai tempat-tempat yang kotor. Perlu diketahui bahwa tikus sangat mengganggu sekali apabila mereka berada di lingkungan sekitar kita. Habitat tikus ini dalam proses reproduksinya sangat cepat sekali.  Dan mereka sering mencari makan ataupun berkembang biak di area tempat tinggal kita. Adapun banyak jenis tikus, ada tikus got, tikus rumah, maupun tikus yang mengganggu para petani kita. Hasil panen yang selalu habis karena dimakan tikus.
tikus binatang pengganggu

Sebenarnya ada cara lain yang lebih alami untuk mengusir tikus, yaitu memelihara kucing di rumah (bukan kucing anggora lho... !!! )  maupun memelihara ular untuk para petani di sawah. Karena secara rantai makanan musuh bebuyutan tikus adalah kucing dan ular.

Tapi dunia semakin modern bro dan sista....,

Beberapa ilmuan meneliti bahwa tikus menggunakan frekuensi penderannya sekitar 20 s.d 40 KHz. Jika pada frekuensi ini kita injectkan suatu bunyi-bunyian yang aneh maka tikus insyaalah dapat pergi meninggalkan kita. Mereka tidak akan lagi membuat gaduh, bersarang atau mengganggu kehidupan dan kenyamanan kita lagi di rumah.

Rangkaian pengusir tikus ini adalah sebuah rangkaian oscilator astabil multivibrator yang akan mengeluarkan bunyi gelombang ultrasonik dengan range frekuensi 20 – 40 KHz. Pada frekuensi ini kita tidak akan mendengar (tidak terlalu bising), namun bagi sang tikus suara yang dihasilkan oleh rangkaian ini akan sangat mengganggu sekali. Sehingga ucapkanlah "Good Bye Tikus....!!!", karena tikus adalah salah satu binatang yang sangat mengganggu dan menjengkelkan, kadangkala mereka sering merusak barang-barang berharga kita, termasuk koleksi buku kita, baju-pakaian, majalah,ataupun peralatan elektronika lainya.

SKEMA RANGKAIAN PENGUSIR TIKUS

Penasaran untuk membuatnya ??? Silahkan beli komponen dan buatlah rangkaian pengusir hama tikus seperti dibawah ini :
rangkaian pengusir tikus

Daftar Komponen :

  1. TR : SC 1162
  2. IC : 555
  3. R1 : 1K8
  4. R2 : 1K
  5. R3 : 5K6
  6. R4 : 480R
  7. C1 : 2,2nF
  8. C2 : 0,022uF/6Volt
  9. Speaker 4 ohm
    Ujilah rangkaian ini  terlebih dahulu disekitar tempat-tempat dirumah anda yang sering disukai oleh tikus, misalnya di dapur. Jika rangkaian sudah di anggap beres barulah buatkan box untuk alat ini agar aman tidak di sabotase oleh tikus atau agar kabel tidak dimakan tikus Anda bisa menggunakan baterai maupun sumber DC lainya agar rangkaian ini dapat bekerja normal dengan diberi catu tegangan sebesar 5 Volt. 

    Tikus memang binatang pengganggu yang susah untuk diatur, mereka sering mengganggu, mulai dari bunyi berisik di atas plafon  rumah, bau yang tidak sedap, sampai kadang yang membuat kita jengkel adalah sisa makanan yang selalu dia tinggalkan. Tapi ternyata juga disegi kesehatan banyak penelitian / dokter mengatakan bahwa binatang pengerat ini juga berbahaya. Kok berbahaya bang?? Iya berbahaya sob, karena kotoran tikus ini banyak menimbulkan sumber penyakit terutama pada pernafasan. Sehingga rangkaian ini kita buat agar kita selalu terlindung dari segala penyakit dan dengan biaya yang sangat terjangkau.Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat..... !!!


    Artikel Tentang : Rangkaian Pengusir Hama Tikus - Eyuana.Com
    Jika suka kasih jempolnya ya

    8 comments

    bang bisa d buat buat pengusir kelelawar g ini?

    Balas

    BEnar banget tuh, kotoran tikus itu bahaya. Baunya juga gak enak banget.

    Balas

    Eh si den ridha ketemu lagi :-) iya bau tikus memang kurang sedap dan menimbulkan penyakit

    Balas

    Sekedar mengingatkan sobat bloger, rangkaian pengusir tikus diatas adalah rangkaian ultrasonik dengan panjang gelombang frekwensi yang tinggi, berhati-hatilah menggunakan frekwensi ini karena dapat mengganggu system saraf manusia jika terpapar dalam jarak dekat dan waktu yang lama.

    Selain itu alat ini hanya berfungsi sementara saja, karena jika tikus sudah terbiasa dengan gelombang suara ini maka tikus akan kebal dan pasti akan balik lagi untuk mengganggu anda...

    Balas

    @Cerita dan Ilmu : oke terimakasih untuk masukannya.

    Balas

    artikelnya keren gan , sangat bermanfaat semoga sukses selalu

    Jual Perangkap Tikus Surabaya

    Balas

    untuk tahananya masing2 brp wat gan

    Balas

    SUGENG RAWUH (WELCOME)
    Tuliskan komentar anda di bawah ini :