Rangkaian Saklar Otomatis Lampu Darurat

Masih dalam topik pertanyaan pembaca yang sebelumnya pada artikel Pertanyaan Seputar Tegangan dari Pembaca   kali ini saya akan membahas dan berbagi mengenai rangkaian otomatis lampu darurat. Sebenarnya mengenai pembahasan lampu darurat saya sudah banyak mengulasnya di beberapa tulisan yang sudah saya terbitkan sebelumnya. Seperti pada :
Beberapa hari ini ada pertanyaan untuk saya melalui surat email mengenai pembuatan rangkaian saklar otomatis pada saat listrik sedang padam (mati) dan pada saat listrik mati ini dengan sendirinya lampu emergency sederhana akan menyala otomatis. Sehingga anda tidak perlu menggunakan lilin sebagai penerangannya. 

Pertanyaan pembaca tersebut kurang lebih isinya seperti ini :
Karena sifat dari pertanyaannya tidak komersial alias digunakan untuk kepentingan bersama, yaitu untuk kegiatan belajar mengaji dan beribadah di mushola. Saya tersentak untuk mencoba membantu rancangan lampu emergency sederhana ini untuk anda. Rangkaian yang saya buat ini saya bikin sangat simpel banget tanpa mengurangi kualitas kerjanya nanti. Maaf sebagian isi saya sensor karena sifatnya pribadi dan untuk pertanyaan lain sudah saya kirimkan balasan melalui email saya. Seperti perakitan amplifier,dsb.
Sebenarnya untuk pengisian accu itu menggunakan rangkaian khusus pembatas arus dan tegangan saat mencapai nilai 12V (biasanya memakai IC saat level penuh). Karena ini pertanyaannya terdesak dan sifatnya urgent sehingga saya ganti menggunakan timer saja. Kedepannya bisa anda modif tambahkan sendiri.
Praktis gambarnya kurang lebih sebagai berikut :
rangkaian emergency saklar otomatis

Cara Kerja Rangkaian :

  • Saat listrik normal adaptor charge akan mengisi accumulator sesuai waktu yang ditentukan (semisal 5 jam). Setting timer waktu yang anda perlukan untuk melakukan pengechasan sesuai kebutuhan anda, saat sudah lima jam timer akan memutuskan aliran pengisiannya sehingga pengisian tidak dilakukan secara terus-menerus, untuk mencaga keawetan accumulator.
  • Apabila kondisi listrik padam, posisi relay dengan sendirinya akan berpindah ke NC (Normally Close) mengakibatkan lampu led akan menyala dan akan mati sendiri jika nanti listrik keadaan hidup atau posisi normal.
  •  Untuk kecerahan ruangan gunakan jenis LED superbright, cree, atau luxeon disesuaikan dengan kemampuan anda untuk membeli lampu led ini. Daya led minimal 1 Watt atau jika kurang cerah bisa diganti dengan daya led yang lebih besar. Semakin besar tentunya harganya juga berbeda. Untuk nilai R bisa diganti sendiri tidak harus 1K jangan lupa pakai kapasitas 2-10 W (resistor kapur).
  • Jika digunakan untuk azan, atau untuk kegiatan ceramah,dsb bisa anda tambahkan rangkaian inverter pada kabel yang sudah saya beri warna hijau. Kalau bisa untuk inverter ini digunakan seperlunya saja, sehingga akan mengirit penggunaan accu. Maka lebih baik tambahkan saklar manual sebelum masuk ke rangkaian inverter.
Untuk timer bisa dicari di toko panel listrik dan sejenisnya disana jenis dan ukurannya berbeda-beda. Sesuaikan dengan waktu yang diperlukan saja. Atau kalau yang lebih irit gunakan timmer bekas mesin cuci atau kipas angin. Biasanya menggunakan model spiral (manual).

INVERTER

Untuk rangkaian inverternya bisa beli jadi ataupun membuatnya sendiri. Jika anda berminat membuat rangkaian inverter sendiri bisa lihat pada tulisan saya di Skema Rangkaian Inverter 500 Watts atau jika ingin yang sederhana bisa di baca pada tulisan Skema Inverter Lampu TL 12 Volt untuk pilihan segi kualitasnya bagus yang skema inverter 500 Watt.

Semoga bisa membantu, Terimakasih !!!! 
Dan semoga apa yang saya tulis bermanfaat dan berguna untuk para pembaca.
Artikel Tentang : Rangkaian Saklar Otomatis Lampu Darurat - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

91 comments

Sistem otomatis nya jadi memudahkan kita yg suka lupa...
Saya ada lampu automatis menyala kalo listrik sedang padam, mungkin rangkaian listriknya sama dengan tutor diatas ya...

Balas

wah mas bingung mas aku hehehe,,, kalau di kantor pas mati lampu biasanya pakai ups 3100c tahan buat 30 menit untuk 15 pc dan lcd mas ditmbah 2 bolam lampu

Balas

nambah wawasan seputar lampu :)

Balas

kalau mengenai elektro saya tidak mengerti mas,, baca artikelnya jadi bingung sendiri.. salam kenal saja ya.. :)

Balas

Yang pertanyaan pembacanya sekalian di tuliskan saja teks nya di blognya, jadi gak harus liatin gambarnya. Modelnya dikutip gitu. hehehe

Balas

Iya memang UPS sangat bagus mas, tapi mungkin untuk harganya saat ini masih sangat mahal. Kebetulan saya cuma di mintai membuatkan rangkaian alakadarnya sebagai keadaan darurat saat lampu padam. Sehingga saya mencoba membuatkan rangkaian ini. Daya tahan UPS biasanya juga kurang lama mas, kalau misal dayanya cukup mungkin alternatif genset lebih bagus. hehe... Thanks

Balas

Teriakasih sebelumnya :)

Balas

iya mas . Thanks :-)

Balas

Terimakasih sudah berkunjung, iya ni kebetulan saya juga lagi kehabisan ide untuk menulis. Sehingga pertanyaan pembaca juga saya posting di sini :D

Balas

Biar sekalian buka gambarnya mas ridho.hehe.... Jadi agak lama nongkrongnya :D

Balas

praktis ya, gak ribet cari lilin saat mati listrik :)

Balas

Betul pak sucipto....hehe rangkaian sederhana untuk pengganti penerangan darurat disaat mati lampu

Balas

jujur selama saya blogwalking, sangat jarang menemukan post kayak gini, ini benar-benar bermanfa'at mas, pasti akan banyak yg mencarinya ....

Balas

@Admin, @Endi Yuana,
Sebelumnya terima kasih atas jawabannya. untuk saat ini saya sudah buat seperti diatas tetapi belum buat inverter (maaf masih mepet dananya) karena kelihatannya inverter membutuhkan biaya yang lumayan besar. perakitan seperti yang dijelaskan belum final karena sudah ngantuk dan saya pagi ini harus bekerja (maklum masih ikut orang). untuk perkiraan inverter tersebut biaya apabila merakit habis berapa pak ? untuk box mungkin akan cari bekas triplek/lainnya yang bisa digunakan sebagai tempat/boxnya.
insyaAllah besok sudah bisa saya praktekkan di TKP :) untuk timer yang dimaksud itu yang ada bulatnya kalau di tancap listrik bunyi tik tik tik dan berputar itukah ?

Balas

saya bookmark dulu kebetulan dikampung sering mati lampu.. :)

Balas

Oya mas, maaf ni ya mau tanya, kalau lampu sudah kedap kedip dan jika dibiarkan, maka apakah akan terjadi konsleting ndak ya :D

Balas

kira-kira untuk pembuatan rangkaian saklar itu menghabiskan berapa duit yamas?
kepengen juga nih membuat.bisa digunakan ketika pemadaman.apalagi musim hujan kayak gini sering terjadi pemadaman

Balas

saya gak paham mas. Kayaknya sekarang sudah ada yang jual langsung jadi, bentuknya steker lampu, tapi di sampingnya ada lampu lednya yang banyak, ketika kita nyalakan pakai listrik PLN, lampu utama menyalan, tapi ketika lampu utama dimatikan, lampu led otomatis menyala, trus dimatikan pakai remot. Bapak saya beberapa waktu lalu beli dan dipasang di ruang utama, lumayan bisa buat cadangan kalau listrik pln padam.

Balas

jika nanti sudah saya buat, akan saya infokan estimasi biayanya. karena belum buat dana mefet sekali.

Balas

harga berapa ?
maaf memang sekarang sudah banyak bermunculan untuk beberapa produks " lampu led, inverter dc to ac dan lainnya " apabila kita mampu (bisa langsung membelinya, tetapi apabila kita bersifat non komersial dan bisa berhemat dengan membuat (bisa juga memperbaiki) jadi tidak sedikit-sedikit beli. mungkin bisa bermanfaat bagi semuanya termasuk saya yang ekonomi tidak kaya ini.
mungkin kepada Yth. @Ilmu Des bisa memperlihatkan sejumlah rangkaian yang sudah terbeli tadi supaya ilmu yang terdapat di dalam alat tersebut bisa dipelajari dan digunakan bagi yang membutuhkan
terima kasih dan salam kenal
Nurany

Balas

Kalau model dikutip, jadi pertanyaanya ke indeks sama google juga kan lumayan. Hitung-hitung meringankan halman juga. hehehe

Balas

Wah kalau dikutip sekalian dapet bonus SEO ya bang :D

Balas

Hehe... semoga saja bermanfaat mas. Thanks

Balas

pakai timer itu juga bisa, cuma kalau yang bagus timer khusus untuk listrik bisa didapatkan pada toko listrik (perakitan panel)

Balas

gak papa mas malah bisa ajep2 tuh lampunya.hehe

Balas

@mas yanto : Murah kok mas, soalnya ini rangkaian paling sederhana. Nanti kita tunggu hasilnya dari mas nurany

Balas

Kebetulan ada teman kmrn habis beli lampu ini (sudah pakai LED juga). Bentuknya kaya fitting lampu gitu, untuk cadangan emergency pakai LED cukup terang sudah ada bateray litium didalamnya otomatis ngecharge. Kalau gag salah yang pakai remote itu harganya sekitar 150rb (made in china). Sebenarnya itu juga lebih praktis bisa dan tahan lama juga.

Balas

wah ribet banget ni mas bagi saya memahaminya, tapi kalau seandainya praktek langsung, mungkin sedikit pemahaman itu muncul heehee

Balas

ok deh mas,saya tunggu hasil pembuatannya

Balas

Lihat skemanya jadi ingin praktek lagi Kebetulan saya juga hobi elektronika kapan kapan dicoba ah kalau ada waktu luang

Balas

siiip, salam sukses gan :)

Balas

Iya betul mas ibrahim...soalnya kalo bidang spt ini harusnya praktek langsung.

Balas

Ya cuma buat iseng2 aja mas... Silahkan dicoba :-)

Balas

ada ya ternyata saklar otomatis, baru nge nih hehehe

Balas

Ada mbak duwik.hehe :p

Balas

Assalamu alaikum wr.wb Maaf baru bisa ngenet karena sibuk (maklum kuli).
Untuk Estimasi biaya secara tanya ke toko elektronik daerah tempat saya. Relay 220V (15.000), Trafo 5A kecil (45.000), komponen adaptor/charger (10.000), Timer Analog (17.500)/digital (35.000), untuk accu motor (85.000), LED 8mm Menyebar putih (eceran 1000-1500) Quantity 250biji (sekitar 600).
untuk yang saya pasang mohon maaf hanya menghabiskan biaya sekitar 12.500 saja dikarenakan :
1. Pak HRS : memberikan Relay 220V dan Timer Digital sumbangan.
2. Pak HPW : memberikan accu mobil 12V 35A (alhamdulillah masih bisa digunakan)
3. Pak HR : memberikan trafo 5A kecil, beberapa komponen dan kabel, serta stavolt yang tidak bisa/terbakar (saya ambil casingnya sebagai tempat)
jadi pembelian yang saya lakukan adalah beberapa komponen dan beberapa LED percobaan.
untuk inverter belum tahu dikarenakan tidak berani tanya ke tokonya karena dananya belum ada (maklum).
demikian yang bisa saya infokan.
@Admin : semoga bisa membuatkan rangkaian Charger Automatis untuk 12V dan 6V yang ada di dalam rangkaian dengan memakai saklar (3 kaki).
wassalamu alaikum wr.wb

Balas

artikelnya sangat membantu, terutama bagi yang membutuhkannya,sebuah karya yang pasti bermanfaat..

Balas

ini kalau benar-benar dipraktekin untuk mushola dan temat ibadah..Insya Allah menjadi amal ibadah yang bergunung-gunung,,, :)

Balas

Terimakasih infonya... Untuk hasilnya bagaimana?? Ada kendala tidak mas

Balas

terimakasih mbak ;-)

Balas

iya mbak yuni terimakasih. Amin

Balas

sementara belum ada, sebenarnya ingin konsultasi by lainnya. karena ada beberapa yang mungkin bisa untuk pengetahuan semuanya.

Balas

@admin, ijin sambung komen untuk @Yuni Andriyani. Alhamdulillah apabila panjenengan ada di satu kota dengan saya dan ingin beribadah monggo. bisa dilihat Ilmu pemberian @Admin (bisa saya panggil Mas Endi, jika berkenan) yang telah dipraktekkan. dan Amalan yang tau hanya Maaf (Allah SWT saja).

Balas

pertanyaan apa ya mas... kalau bisa saya jawab insyaalah saya bantu semampu saya

Balas

wah kalo masalah ginian, pastinya dh sobat jagonya :)

Balas

berapa ya harganya? maaf saya gak tahu, soalnya di rumah bapak dan bapak yang beli, kalau gak salah sekitar 100 ribuan, ada remote nya, ada baterainya juga.

Balas

itu mbk Nurany, sudah dijawab sama admin langsung.hehe

Balas

bingung kalau lihat spfesifik gambarnya mas, tapi kalau praktek mungkin bingungnya sedikit hilang tu heehee

Balas

mas @Edi yuana ikut belajar yah..?

Balas

gan kayaknya udah lama gk update artikel?? kenapa mas.
teman BW nunggu nih artike mas!!!

Balas

loh bisa toh :) salam kenal ya mbak .. sangat bermanfat nih pengetahuannya

Balas

nyimak aja mas, salam kenal sahabat bloger

Balas

boleh diperjelas lagi bahan atau komponen dan cara pembuatannya, terimakasih

Balas

Maaf minta ijin jawab @Admin : kepada Mas Makun jika boleh tahu yang kurang jelas yang mana ? mungkin saya bisa bantu sambil menunggu masternya (@Admin)

Balas

Mas endi eyuana rangkaian sensor gerak ada ga mas. klo ada sy minta skemanya dong mau dipasang dikamar mandi

Balas

@Edi Purnama : wah asik nie kamar mandi diberikan sensor gerak :) kalau boleh tahu maksud dan tujuan bagaimana ya pak ?

Balas

artikel barunya mana mas? lumayan alexanya sudah kecil.

Balas

wah ini sih sudah ahlinya, yang membuat menarik itu seolah ada robot otomatis, sehingga dengan sendirinya lamapu emergency dapat menyala saat listrik padam, dan itu terjadi secara otomatis, ilmu yang sangat MAHAL.

hebat

Balas

ikutan nyimak om,sangat bermanfaat nih...

Balas

Bagaimana mambuat input UPS tetap hidup (siap backup) namun output nya mati...dan setelah input PLN mati output nya otomatis hidup...??? Ada yang bisa bantu???

Balas

om... saya perlu buat saklar ON jika ada cahaya tidak ada cahaya OFF, mohon bantuannya dengan gambar, ini untuk di aplikasikan penyiraman tanaman hidroponik saya... kalo mlm tanaman tidak memerlukan air, terima kasih om

Balas

Silahkan...saya juga masih belajar kok :-)

Balas

maaf banget mas.. Blm bisa update & membalas komen dr rekan2. Kebetulan untuk pc br trouble dan skrng posisi sdng tidak dirumah. Sibuk mengurus pekerjaan jd blm bs update. Mohon maaf sebelumnya klo terlalu lama vaccum di dunia perbloggeran :-)

Balas

Mohon maaf saya terlambat membalas komentar dari rekan2... Dikarenakan peralatan pc utk blog lg trouble jd harus ke warnet untuk update artikel. Dan kebetulan saat ini baru fokus ke karir dulu. Mudah2an kpn2 bisa update lagi. Sementara hanya mampu utk menjawab pertanyaan dulu :)
Terimakasih jg utk mas nurany yg setia utk membantu menjawab... Dan setia sbg pembaca disini.
Salam buat rekan2 yg lain

Balas

Balasan saya kirim lewat email

Balas

Berarti anda btuh input lagi mas selain dr catu pln, bisa dr inverter maupun generator tambahan sebelum masuk ke ups utama.

Balas

https://ullandari09.wordpress.com/

Balas

Wahh sang at bermanfaat, Ini yg Saya Cari Cari Dari dulu....
Tapi untuk komponennya apa saja yg dibutuhkan????

Balas

Ini rangkaian paling sederhana mas.... Bisa dibilang semi otomatis krn udah sekalian buat ngecash walau msh pakai timer. Komponen yg dibutuhkan hanya relay,timer,accumulator dan adaptor

Balas

wahhhh terima kasih banyak om
saya memang lg butuh sekali rangkaian ini untuk dirumah
oh iya om, untuk rangkaian inverter komponennya apa saja?
soalnyanya dikamar sebelah cuma skemanya aja

Balas

Om maaf mau tanya lagi. Itu kaki lampu yang satunya di sambung kemana yah????
Thanks om

Balas

Kaki lampu yg satunya lambang ground dpt negatif accu

Balas

Saya ngikutin terus tiap artikel ...mantap semoga menjadi berkah untuk semua, sebagai pembaca setia boleh dong request bagaimana cara kerja pembaca sinyal putaran mesin pada speedometer motor yang digitall terutama injeksi. Terimakasih banyak semoga sukses buat admin

Balas

Sebenarnya pembacaan spedometer analog & digital hampir sama mas.... Bedanya klo digital hanya merubah data analog sesuai kecepatan actual yg diperoleh kemudian di konversikan ke bilangan digital.

Balas

untuk timernya menggunakan apa mas?

Balas

maaf pak, untuk timernya , timer listrik yang gimana ya ?
maklum pak, saya masih awak banget,

Balas

alangkah bagusnya bila praktekya pakai vidio + audio
lalu unggah di youtube ,.. hee

Balas

Untuk timernya bebas... Bisa pakai yg analog maupun digital

Balas

iya sih kang prabu hehe :p lagi ngirit kuota nih soalnya :D

Balas

Sangat manfaat.
terimakasih um

Balas

itu relay nya 220v yg brapa kaki mas ??
8 atau 14 ?
thanks

Balas

SAYA PERNAH BUAT YANG KAYA GITU GAN,,, TAPI KNAPA KO RELAYNYA BISA HANGUS?

Balas

SAYA PERNAH BUAT YANG KAYA GITU GAN,,, TAPI KNAPA KO RELAYNYA BISA HANGUS?

Balas

Trima kasih tp alangkah membantu bila dikasih gambar secara bwgai contoh bagi orang yg g paham elektro seperti saya

Balas

Trima kasih tp alangkah membantu bila dikasih gambar secara bwgai contoh bagi orang yg g paham elektro seperti saya

Balas

kaki 8 aja mas cukup

Balas

mungkin kualitas relaynya jelek mas... Coba pake merk omron atau pake kontraktor juga boleh

Balas

Ya itu gambar paling mudah mas..

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :