Dapatkan Informasi Terbaru dan Terhangat dari Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi >> Menembus Pengetahuan Tanpa Batas Bersama Kami >> [ www.eyuana.com ]

Membuat Antena Wajan Penguat Sinyal Internet

Alasan saya Membuat Antena Penguat Sinyal Internet

Maaf jika akhir-akhir ini saya jarang update posting dan menanggapi komentar dari rekan-rekan pembaca semua di Eyuana.Com . Hal itu bukan disebabkan faktor kesengajaan atau bagaimana dari saya namun beberapa hari ini sebenarnya saya merasa jengkel karena koneksi modem sinyal Internet di tempat saya sangat lemah bahkan sinyal kadang naik turun hingga blank tidak ada sinyal sama sekali. Keluhan ini sudah saya laporkan ke salah satu provider penyedia internet di Indonesia yang katanya keluhan saya "laporan bapak sudah dibuatkan laporan dan saya disuruh menunggu dalam waktu 3x24 jam". Namun apa akhirnya??? Toh satu keluhan saya mungkin juga tidak berarti buat mereka dan saat ini koneksinya masih sama saja. Memang sih mereka menanggapi keluhan saya dengan ramah namun belum ada perbaikan hingga sekarang. Kejadian ini saya alami saat penggantian paket data dari volume base ke paket unlimited sekitar tanggal 6  - 11 desember 2014 kemarin. Mungkin kalo ada 100 orang yang lapor mungkin baru dilakukan action perbaikannya. Huuuh sebel.... !!!!!

Yang saya herankan adalah kalau saya menggunakan akses internet diatas jam 02.00 ke atas bisa dibilang lancar jaya. Tapi apakah mungkin kita harus beraktifitas di tengah malam seperti itu ?? Bukankah itu adalah aktivitas jam pocong yang tidak biasa dilakukan oleh orang-orang normal. Berikut ini saya berikan mengenai screenshot laporan saya :
keluhan sinyal
GAMBAR : Screenshot Keluhan Saya

Dan Jawaban Customer Servisnya :

1. Pertama, saya diminta membuat data nama jalan, gang, RT/RW, Blok, dan sebagainya
jawaban keluhan internet

2. Kedua, ini adalah jawaban terakhir yang meminta saya untuk menunggu 3x24 jam
keluhan sinyal

Saya akhirnya menunggu sampai batas waktu yang disarankan, namun sampai saat ini masih belum ada perbedaan yang saya rasakan. Sinyal masih naik turun dan koneksinya sangat lambat sekali. Saat sinyal normalpun koneksi internet saya pun tidak dapat di pakai. Sempat mau pindah ke provider lain namun masih sayang karena paket data saya masih banyak untuk saat ini. Mungkin untuk bulan depan baru pindah ke operator lain yang berkualitas akses koneksi internetnya tidak lemot seperti ini.

Sepintas berfikir untuk menambah kabel extended untuk modem, terlintas di pikiran saya untuk membuat antena penguat sinyal Internet. Karena saya teringat teman saya pernah membuat sebuah alat yang digunakan untuk menembak sinyal hotspot >> "Wajan Bolic"

PERAKITAN ANTENA PENGUAT (WAJAN BOLIC)
Sudah beberapa cara saya praktekkan untuk menaikkan sinyal dengan browsing google kesana kemari dari menaruh keping CD di bawah modem sampai melilitkan kawat pada modem, namun hasilnya belum ada yang maksimal. Dan sambil berfikir panjang sambil main ke dapur untuk membuat mie rebus. Saya temukan ada sebuah tutup panci yang nganggur sudah tidak ada gagangnya, ide gila pun muncul dengan sekejab.

Sebenarnya untuk membuat wajan bolic sungguhan diperlukan wajan yang berukuran besar minimal diameternya 32 cm dengan kedalaman 14 cm, tapi dengan peralatan seadanya saya menggunakan tutup panci bekas, keping CD, bekas potongan pipa saluran air, dan bekas selongsong besi.

Saya tidak akan menjelaskan proses pembuatannya secara rinci karena ini cuma sekedar ide gila saja saat saya sedang frustasi karena koneksi internet ditempat saya yang loyo. Tapi tak sengaja saat antena ini saya uji cobakan efeknya sangat terasa sekali dan sinyal bisa naik 2 bar dari sebelumnya, sinyalpun menjadi lebih stabil. Namun efek sampingnya modem menjadi agak sedikit panas. Mungkin panas ini terjadi karena efek penguatan antena. Tapi tak apalah yang penting bisa buka - buka situs eyuana.com lagi.

Berikut ini adalah hasil karya saya:
gambar wajan bolic
GAMBAR : Penampakan Antena Penguat Sinyal Internet
Untuk penjelasannya penempatan modem dapat  melihat gambar dibawah ini :
 Modem diletakkan pada selongsong besi jaraknya sekitar 4 cm dari ujung selongsong, sediakan kabel engkel sekitar panjangnya 2 meter, kupas kabel engkel tersebut sekitar 2cm kemudian tempelkan ke modem dan beri solasi agar bisa menempel. Setelah itu buat lilitan penuh dari sambungan pipa T menuju selongsong terakhir ujungnya di tempel ke selongsong besi dan beri solasi lagi. Begitulah proses saya membuat antena ini dan saya sebenarnya agak geli kalau menceritakannya kepada anda. Tapi jangan tanyakan bentuknya, coba dulu dan lihatlah hasilnya. Okey bro??
bahan antena wajan bolic
Gambar antena penguat sinyal Internet jika dilihat dari depan, terlihat peletakan modemnya di dalam selongsong besi.
antena wajan tampak depan
Kendala internet yang loyo mungkin tidak hanya dialami oleh saya saja, banyak rekan-rekan diluar sana yang mempunyai kendala yang sama seperti saya, atau malah kemungkinan lebih parah dari yang saya alami. Nah, kreasi saya ini bisa menjadi alternatif bahkan solusi buat anda, setelah membaca artikel ini semoga bisa membantu permasalahan kita. Walaupun antena ini tak sesempurna seperti yang di harapkan namun sangat membantu saya untuk berinteraksi dengan internet karena sinyal menjadi stabil, saat saya membuat tulisan ini, saya pun menggunakan antena wajan ini.
antena wajan percobaan

Mungkin ada pertanyaan dari rekan yang lebih ahli dalam soal antena akan bertanya begini : Itu Penguatan Berapa dB bang?? terus bilang Ukuranya bagaimana bang?? dan mungkin saya akan pusing menjawabnya.hehe... Khan sudah saya jelaskan di atas, bahwa antena ini hanya untuk saya pribadi dan tidak akan saya share mengapa begitu ?? Antena wajan yang saya buat ini tidak memakai pathokan ukuran dan alat yang saya gunakan aja cuma ngawur alias barang bekas. Jika anda berniat di coba dulu aja dan lihat hasilnya pasti tuh sinyalnya akan stabil dan koneksinya bertambah. Kalau anda banyak tanya berarti anda kurang waras. betul begitu khan bro?? Yap betul.


Jika anda ingin membuat yang benar itu ada perhitungannya, saya serius. Diameter wajan dan kedalamanya menentukan fokus dan panjangnya pipa. Semakin besar diameter wajan penguatan yang ditimbulkan oleh antena ini semakin bagus. Coba anda googling atau cari - cari aja mengenai perhitungan wajan bolic. Biasanya alat ini di gunakan untuk menembak hotspot / WI - FI disekitar rumah anda. Dulu teman satu kelas saya waktu di semarang pernah membuatnya, dia sering nembak hotspot dari kostnya jangkauannya bisa sampai 1-2 km. Itulah sebabnya sempat terpikirkan oleh saya untuk membuat alat ini dengan peralatan seadanya, namun untuk wajan bolic ini saya inovasi dengan tambahan kepingan CD dan lilitan agar sinyalnya lebih bagus (menurut saya) . Tapi terbukti sob.... Lumayan banget hasilnya !!!!
Berikut ini saya lampirkan foto keadaan sinyal sebelum dan sesudah di pasang antena penguat sinyal internet :
sinyal internet dengan antena wajan
Terserah anda masih percaya atau tidak tapi ini nyata kok saya tidak ada rekayasa.... bikin dulu sob baru rasakan kasiatnya. Okey ??

Terimakasih sudah membaca tulisan saya.... Semoga ada manfaatnya.

Baca Juga Artikel yang Lainnya :

1. Membuat Sendiri Home Theater 5.1
2. Rangkaian Power Bank Handphone Darurat
3. Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energi 
4. Membuat Alat Setrum Ikan
5. Rangkaian Sensor Sentuh Sederhana
6. Rangkaian Pengusir Hama Tikus
7. Membuat Alat Pendeteksi Orang Berbohong



Lanjutken Baca >>

DOKUMENTASI PERNIKAHAN ADMIN EYUANA.COM ~ CIKARANG


Admin Pusat Pengetahuan dan Teknologi
Selamat berbahagia saya ucapkan kepada salah satu penulis artikel kita Pusat pengetahuan dan Teknologi. Mungkin dengan adanya pernikahan ini semoga situs kita ini semakin bagus untuk kedepannya, baik di mata pengunjung maupun di mata search engine. Dan kami mewakili segenap tim kreatif Eyuana.Com mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasinya selama ini telah memberikan ide-ide baru untuk kemajuan situs ini.

Sebagai tanda terimakasih saya hanya bisa mengucapkan :

----- Congratulations -----
Happy Wedding to A Wonderful Couple...!!!
"May Love Always All Around You Forever"
Ucapan Selamat Eyuana
Selamat menempuh hidup baru semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrohmah. Dan untuk kedua mempelai semoga diberikan rejeki yang berlimpah serta selalu dalam lindungan Allah S.W.T.

Dibawah ini beberapa foto yang saya ambil dari beberapa TKP
 (Tempat Kejadian Perkara).

Dokumentasi pernikahan admin eyuana.com
Dokumentasi pernikahan admin pusat pengetahuan
Arsip Eyuana.Com
Dokumen Pusat Pengetahuan dan Teknologi
Foto kebahagiaan eyuana

Oke selamat berbahagia atas lancarnya pernikahan, semoga saya bisa lekas menyusul untuk berbagi kebahagiaan selanjutnya. hehe....
Segenap Admin Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengucapkan terimakasih, Dan semoga saja apa yang diharapkan bisa selalu di beri kelancaran. Amin

Cukup sekian dulu mungkin di lain waktu bisa berjumpa lagi dengan rekan-rekan pembaca semua dengan artikel yang lebih bermanfaat dan berbobot. Adapun salah dan kekurangan kami mohon maaf. Wassalam

Ikut Berbahagia dan Salam Sejahtera dari kami :
1. Endi Yuana Suharmawan        
2. Tita Dian Puspitasari               


Lanjutken Baca >>

Cara Cepat dan Praktis Menghafal UUD 1945

MENGHAFAL UUD 1945

Teknik Cara Cepat menghafal UUD 1945
Teknik Cepat Menghafal UUD 1945
Berikut ini adalah langkah cara cepat dan praktis untuk menghafal Undang-Undang Dasar 1945. Metode ini sebenarnya berawal dari saya yang kesulitan untuk menghafalkan sebuah buku kecil UUD1945 untuk mengikuti test seleksi di sebuah instansi lembaga negara di Indonesia "tidak perlu saya sebutkan". Mungkin tidak sengaja dari teman-teman akan ada pertanyaan terlontar seperti ini :
Ahh...Memang Bisa Bro menghafalkan UUD 1945 secara instan ?? 
Memang sih kalau dipikir banyak banget isinya dan tidak mungkinlah kita menghafalkannya secara instant begitu saja. Namun yang dipentingkan terlebih dahulu adalah tekad dan kemauan dari Mas Bro maupun Mbak ataupun Sista sekalian untuk berusaha belajar  menghafalkanya. Karena segala sesuatu yang tidak dilakukan dengan tekad dan kemauan yang kuat pasti hasilnya hanya akan berbuah "NOL BESAR".

Dah tidak usah banyak tanya lagi ya.... ?? , kalo anda sudah mempunyai tekat dan kemauan yang kuat mari akan saya lanjutkan. Setubuh ?? Eh... Setuju khan ??? Oke kalau setuju berarti saya lanjutken.

LANJUTKEN MEMBACA >>

Sebelum Menghafal Pasal tiap-tiap Bab UUD1945 sebaiknya ingat ini dulu :
  •  UUD 1945 terdiri atas : 20 BAB, 73 PASAL, 194 AYAT, 3 PASAL ATURAN PERALIHAN DAN 2 PASAL ATURAN TAMBAHAN
  • UUD 1945 di amandement sebanyak 4 kali
Syarat untuk menghafal sebaiknya ambil inti dari setiap pasal dan jangan secara keseluruhan ataupun menghafalkannya sama persis apa yang ditulis pada buku, namun buatlah seasyk mungkin atau sesuaikan dengan kebiasaan kamu yang kamu sukai semisal sambil merokok apa gimana.

 

Jadi begini >>




 BAB I BENTUK NEGARA DAN KEDAULATAN 
(Bab 1 hanya ada satu pasal saja) 
Pasal 1 
ayat 1 => Indonesia itu negara Kesatuan bentuknya Republik
ayat 2 => Kedaulatan ditangan rakyat diatur Undang2
ayat 3 => Indonesia adalah negara hukum 

BAB II MPR (Pasal 2,3)
(Bab 2 isinya tentang MPR (pasal 2 & 3))
Pasal 2 
ayat 1 => MPR itu terdiri dari DPR & DPD dipilih melalui pemilu
ayat 2 => MPR bersidang minimal 1 kali dalam 5 tahun
ayat 3 => keputusan MPR ditetapkan dengan suara terbanya
Pasal 3 
ayat 1 => MPR berwenang merubah dan mengatur Undang2
ayat 2 => MPR melantik presiden & Wapres
ayat 3 => MPR dapat memberhentikan Presiden & Wapres 

BAB III KEKUASAAN PEMERINTAH NEGARA
(PRESIDEN)
(terdiri pasal 4, 5, 6A,7A-B-C,8,9,10,11,12,13,14,15,16 )
Pasal 4
ayat 1 => Presiden memegang kekuasaan pemerintah di atur UUD
ayat 2 => Presiden dibantu oleh Wapres
Pasal 5
 ayat 1 => Presiden berhak mengajukan RUU kepada DPR
ayat 2 => Presiden menetapkan peraturan pemerintah untuk menjalankan UU
Pasal 6
ayat 1 => Persyaratan presiden (WNI,sehat, dsb)
ayat 2 => next diatur Undang2
Pasal 6A
ayat 1 => Presiden & Wapres dipilih langsung oleh rakyat
ayat 2 => Di usung oleh parpol/gabungan parpol 
ayat 3 => Meraih suara >50% dgn minimal 20% ditiap provinsi 
ayat 4 => Jika tidak ada pasangan calon
ayat 5 => Ketentuan lebih lanjut
Pasal 7

=> Masa jabatan presiden 5 tahun
Pasal 7A

=> MPR dapat memberhentikan Presiden atas usul DPR
Pasal 7B

 ayat 1 => Cara Memberhentikan presiden
 DPR mengajukan ke MPR terlebih dulu meminta MK untuk memeriksa
ayat 2  => Pengawasan Presiden adalah fungsi DPR
ayat 3 => Syarat pengajuan ke MK 
sekurangnya 2/3 jumlah hadir dari 2/3 dari 2/3 jumlah anggota DPR 
ayat 4 => Jangka Pemeriksaan MK maximal 90 hari 
ayat 5 => Jika terbukti, DPR meneruskan usul ke MPR
ayat 6 => MPR wajib sidang maksimal 30 setelah menerima permintaan
ayat 7 => Keputusan MPR harus dihadiri 3/4 jumlah anggota dan disetujui min 2/3 jumlah hadir
Pasal 7C => Presiden tidak bisa membubarkan DPR
Pasal 8 => Setelah Presiden berhenti
Pasal 9 => Sumpah dan janji Presiden
Pasal 10

=> Presiden memegang kekusaaan tertinggi AD,AL,AU
Pasal 11

ayat 1=> Presiden menyatakan perang, perdamaian, dan perjanjian dengan persetujuan DPR
ayat 2 => Presiden membuat perjanjian internasional dengan persetujuan DPR
ayat 3 => lebih lanjut diatur UU
Pasal 12

=> Presiden menyatakan keadaan bahaya
Pasal 13 (Duta & Konsul)

 ayat 1 => Presiden mengangkat DUTA & KONSUL
 ayat2 => dengan pertimbangan DPR
ayat 3 => menerima duta negara lain
Pasal 14

 ayat 1 => Presiden memberikan grasi dan rehabilitasi dgn pertimbangan MA
ayat 2 => Presiden memberikan amnesti & abolisi dgn pertimbangan DPR
Pasal 15

=> Presiden memberikan gelar, tanda jasa dll
Pasal 16

=> Presiden membentuk Dewan Pertimbangan

BAB IV DEWAN PERTIMBANGAN AGUNG

**sudah dihapus bro** 

Untuk sementara kita pending dulu ya ??
dan akan saya lanjutkan nanti Bersambung......
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Oke kita LANJUTKEN

BAB V KEMENTERIAN NEGARA
Pasal 17 

ayat 1 => Presiden dibantu menteri
ayat 2 => Menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden
ayat 3 => menteri membidangi urusan tertentu
ayat 4=> lebih lanjut diatur UU

BAB VI PEMDA (Pasal 18, 18 A,B)
Pasal 18

ayat 1 => NKRI dibagi atas kabupaten & kota
ayat 2 => asas otonomi & tugas pembantuan
ayat 3 => DPRD dipilih melalui pemilu
ayat 4 => Kepala daerah dipilih secara demokratis
ayat 5 => otonomi seluas-luasnya kecuali urusan pemerintahan
ayat 6 => menetapkan peraturan daerah
ayat 7 => lebih lanjut diatur UU
Pasal 18A => Hubungan pemerintah pusat & daerah
Pasal 18B => Negara mengakui daerah khusus/istimewa (1), hukum (2)


BAB VII DPR (Pasal 19-22B)
Pasal 19 

ayat 1 => DPR dipiluh melalui pemilu
ayat 2 => susunan DPR
ayat 3 => Bersidang min 1x setahun
Pasal 20

ayat 1 => kekuasaan membuat Undang2
ayat 2 => RUU dibahas antara Presiden dan DPR
ayat 3 => Jika ditolak, tidak bisa diajukan lagi pada masa itu
ayat 4 => Presiden mengesahkan RUU yang disetujui
ayat 5 => Jika Presiden tidak mengesahkan, dalam 30 hari RUU sah menjadi UU
Pasal 20A

ayat 1 => DPR memiliki fungsi anggaran, legislasi, dan pengawasan
ayat 2 => Hak DPR Interpelasi, angket, menanyakan pendapat
ayat 3 => Hak anggota DPR mengajukan pertanyaan, pendapat, hak imunitas
ayat 4 => lebih lanjut diatur UU
Pasal 21 => Anggota DPR berhak mengajukan RUU
Pasal 22 

ayat 1 => Ihwal memaksa Perpu
ayat 2 => Perpu persetujuan DPR
ayat 3 => tidak disetujui Perpu dicabut
Pasal 22A => lebih lanjut
Pasal 22B =>Anggota DPR dapat diberhentikan, syarat diatur UU


BAB VIIA DPD ( Pasal 22C-22D)
Pasal 22C

ayat 1 => DPD dipilih melalui Pemilu
ayat 2 => jumlah tiap daerah sama, jumlah seluruh tidak lebih dari 1/3 jumlah anggota DPR
ayat 3 => Bersidang min 1X setahun
ayat 4 => next UU
Pasal 22D

ayat 1 => Mengajukan RUU tentang daerah
ayat 2 => DPD ikut membahas RUU
ayat 3 => DPD mengawasi pelaksanaan uu daerah
ayat 4 => DPD dapat diberhentikan

BAB VIIB PEMILU
Pasal 22E

ayat 1 =>Asas Pemilu Luber & Jurdil
ayat 2 => Pemilu untuk untuk pilih siapa??
ayat 3 => DPR & DPD dilakukan oleh parpol
ayat 4 => Peserta anggota DPD = perseorangan
ayat 5 => Pemilu diselenggarakan KPU
ayat 6 => next UU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB VIII HAL KEUANGAN( Pasal 23, A, B, C, D)
Pasal 23

ayat 1 => APBN ditetapkan tiap tahun untuk rakyat
ayat 2 => RAPBN diajukan Presiden, dibahas DPR dengan pertimbangan DPD
ayat 3 => Jika RAPBN tidak disetujui DPR, menggunakan RAPBN tahun lalu
Pasal 23A => Pajak & pungutan diatur Undang2
Pasal 23B => Mata uang & harga ditetapkan UU
Pasal 23C => Hal lain diatur UU
Pasal 23D => Negara punya bank sentral diatur UU


BAB VIII A BPK (Pasal 23 E, F, G)
Pasal 23 E

ayat 1 => BPK pengelola keuangan
ayat 2 => hasil pemeriksaan keuangan diserahkan DPR,DPD
ayat 3 => hasil ditinjak lanjuti badan/lembaga negara
Pasal 23F

ayat 1 => Anggota BPK dipilih DPR
ayat 2 => Pimpinan BPK dipilih anggota
Pasal 23G 

ayat 1 => Berkedudukan di Ibukota, memiliki perwakilan setiap provinsi
ayat 2 => next diatur UU

BAB IX KEKUASAAN KEHAKIMAN (Pasal 24-25)
Pasal 24

ayat 1 => Kekuasaan kehakiman untuk menegakkan hukum
ayat 2 => Kekuasaan dilakukan oleh MA & badan dibawahnya
ayat 3 => Badan lain di atur UU
Pasal 24A

ayat 1 =>MA  mengadili pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang.
ayat 2 => Hakim Agung harus memiliki integritas dan kepribadian baik & pengalaman
ayat 3 => Calon Hakim Agung diusulkan Komisi Yudisial kepada DPRD
ayat 4 => Ketua dan wakil ketua MA dipilih dari/oleh hakim agung
ayat 5 => Susunan, kedudukan, keanggotaan, dan hukum diatur UU
Pasal 24 B 

ayat 1 => Komisi Yudisial bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan hakim agung 
ayat 2 => Anggota Komisi Yudisial harus mempunyai pengetahuan & tdk tercela
ayat 3 => Anggota Yudisial diangkat dan diberhentikan oleh Presiden disetujui DPRD
ayat 4 => Susunan & keanggotaan Komisi Yudisial diatur UU

***Pasal 24C***
ayat 1 => MK berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat
final untuk menguji UU terhadap Undang-Undang Dasar

ayat 2 => MK wajib memutuskan pendapat DPR mengenai dugaan pelanggaran oleh Presiden. 
ayat 3 => MK mempunyai 9 orng hakim konstitusi diajukan 3 orang oleh MA, 3 orang oleh DPR dan 3 orang oleh Presiden.
ayat 4 => Ketua & wakil MK dipilih dari/oleh hakim konstitusi.
ayat 5 => Hakim konstitusi harus pengalaman
ayat 6 => Pengangkatan dan berhenti hakim konstitusi di atur UU

Pasal 25 =>Syarat2 hakim ditetapkan UU

BAB IXA**) WILAYAH NEGARA
Pasal 25****) =>NKRI adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara (batas & wilayah)


BAB X WARGA NEGARA DAN PENDUDUK
Pasal 26
ayat 1 => Warga Indonesia adalah penduduk asli yang sah
ayat 2 => Penduduk WNI dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.

ayat 3 => hal lain diatur UU
Pasal 27
ayat 1 => Semua warga negara kedudukannya sama di dalam hukum
ayat 2 => Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
ayat 3 => Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Pasal 28
Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan diatur UU


BAB XA**) HAM
Pasal 28A
Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.** )
Pasal 28 B
ayat 1 => Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah.** )
ayat 2 => Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.** )
Pasal 28C
ayat 1 => Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.** )

ayat 2 => Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untukmembangun masyarakat, bangsa dan negaranya.**)
Pasal 28D
ayat 1 => Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.**)
ayat 2 => Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.**)
ayat 3 => Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.**)
(1) Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.** ) 

Pasal 28E 
ayat 1 => Setiap orang berhak memeluk agama dan beribadat pendidikan & pengajaran
ayat 2 => Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya.**)
ayat 3 => (3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.**)
Pasal 28F
Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.** )
Pasal 28G
ayat 1 => Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman

ayat 2 => Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain.** )
Pasal 28H
ayat 1 => Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.**)
ayat 2 => Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.** )
(1) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh
sebagai manusia yang bermartabat.**)
(4) Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak milik tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenang-wenang oleh siapapun.** )

Pasal 28I
ayat 1 => Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak untuk kemerdekaan pikiran dan hati nurani, hakberagama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun.** )
ayat 2 => Setiap orang bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak
mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu.**)
ayat 3 => Identitas budaya dan hak masyarakat tradisional dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban.**)
ayat 4 => Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan HAM adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah.** )
ayat 5 => Untuk menegakkan dan melindungi hak asasi manusia sesuai dengan prinsip negara hukum yang demokratis, maka pelaksanaan HAM dijamin, diatur, dan dituangkan dalam UU
Pasal 28J
ayat 1 =>  Setiap orang wajib menghormati HAM dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.** )
ayat 2 => Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan UU dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai
dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu
masyarakat demokratis.** )


BAB XI A G A M A
Pasal 29

ayat 1 => Negara berdasar atas Ketuhanan YME
ayat 2 => Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

BAB XII PERTAHANAN DAN KEAMANAN NEGARA**)
Pasal 30
ayat 1 => Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha HANKAM
ayat 2 => HANKAM dilaksanakan TNI dan Polisiayat 3 => TNI terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan laut dan Angkatan Udara ayat 4 => Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.**)ayat 5 => Susunan TNI & Polisi, keikutsertaan rakyat diatur UU

BAB XIII PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Pasal 31
ayat 1 => Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan****)
ayat 2 => Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.****)
ayat 3 => Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang
meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, yang diatur dengan undang-undang.****)
ayat 4 => Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.****)
ayat 5 => Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.****)
Pasal 32
ayat 1 =>

Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.**** )
ayat 2 => 

Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.**** )
BAB XIV
PEREKONOMIAN NASIONAL DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL****)

Pasal 33
(1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak
dikuasai oleh negara.
(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
(4) Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip
kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.****)
(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.****)
Pasal 34
(1) Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.**** )
(2) Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.**** )
(3) Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan
umum yang layak.****)
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.****)


BAB XV
BENDERA, BAHASA, DAN LAMBANG NEGARA, SERTA LAGU KEBANGSAAN **)

Pasal 35
Bendera Negara Indonesia ialah sang merah Putih.
Pasal 36
Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.
Pasal 36A
Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.**
Pasal 36B
Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya.**)
Pasal 36C
Ketentuan lebih lanjut mengenai Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan diatur dengan undang-undang.**)


BAB XVI PERUBAHAN UUD
Pasal 37
(1) Usul perubahan pasal-pasal Undang-Undang Dasar dapat diagendakan dalam sidang Majelis
Permusyawaratan Rakyat apabila diajukan oleh sekurang-kurangnya 1/3 dari jumlah anggota Majelis
Permusyawaratan Rakyat.****)
(2) Setiap usul perubahan pasal-pasal Undang-Undang Dasar diajukan secara tertulis dan ditunjukkan
dengan jelas bagian yang diusulkan untuk diubah beserta alasannya.****)
(3) Untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar, sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat dihadiri
oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat.**** )
(4) Putusan untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar dilakukan dengan persetujuan sekurangkurangnya
lima puluh persen ditambah satu anggota dari seluruh anggota Majelis Permusyawaratan
Rakyat.****)
(5) Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan.**** )


ATURAN PERALIHAN
Pasal I
Segala peraturan perundang-undangan yang ada masih tetap berlaku selama belum diadakan yang baru
menurut Undang-Undang Dasar ini.****)
Pasal II
Semua lembaga negara yang ada masih tetap berfungsi sepanjang untuk melaksanakan ketentuan
Undang-Undang Dasar dan belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini.**** )
Pasal III
Mahkamah Konstitusi dibentuk selambat-lambatnya pada 17 Agustus 2003 dan sebelum dibentuk segala kewenangannya dilakukan oleh Mahkamah Agung.**** )
 

ATURAN TAMBAHAN
Pasal I
Majelis Permusyawaratan Rakyat ditugasi untuk melakukan peninjauan terhadap materi dan status hukum
Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
untuk diambil putusan pada sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat tahun 2003.**** )
Pasal II
Dengan ditetapkannya perubahan Undang-Undang Dasar ini, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 terdiri atas Pembukaan dan pasal-pasal****)


Mungkin beberapa pasal tidak saya singkat karena mungkin keterbatasan saya untuk meringkas semua isi dari UUD45. Untuk selanjutnya bisa dipelajari sendiri. Semoga Bermanfaat

Sumber Materi : http://www.dpr.go.id/id/uu-dan-ruu/uud45

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN >>

Lanjutken Baca >>

Peninggalan Budaya Era Prasejarah

Setelah kita mengetahui jenis-jenis manusia purba di Indonesia, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui alat yang digunakan manusia purba saat itu dan apa peninggalannya. Apa Memang Mereka itu Ada, Apa Buktinya?? tahan sebentar emosi kalian jangan terlalu  ngotot dengan pertanyaan memaksa seperti itu. Mereka memang ada, peninggalan budaya dan alatnya ditemukan di Indonesia. Mereka itu memang ada dan bukan sekedar omong kosong atau hanya sekedar teori dari orang gila.

Lucu BangetBagaimana dia mencari makan dan seperti apa mereka mencari makanan pada jaman dulu ?? Itu sudah pasti menjadi sebuah pertanyaan besar bagi para pembaca setia  Eyuana.Com.

Bagi yang belum membaca jenis manusia purba di Indonesia, sebaiknya baca dulu artikel kami sebelumnya di >>  Penemuan Manusia Purba di Indonesia.  Karena artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya. 

Manusia Purba Era Prasejarah dibagi menjadi :
1. Zaman Batu Tua ( Paleolithikum )
2. Zaman Batu Pertengahan ( Mesolithikum )
3. Zaman Batu Muda ( Neolithikum )
4. Zaman Batu Besar ( Megalithikum )
5. Zaman Logam ( terbagi menjadi : zaman perunggu, tembaga, besi )

A. Zaman Batu Tua ( Paleolithikum )

Zaman Batu Tua diperkirakan sekitar 600.000 tahun yang lalu. Kehidupan yang sangat sederhana, hidup berpindah-pindah (nomaden) bergantung pada alam. mereka mencari makanan dengan cara berburu, mengumpulkan buah, umbi-umbian, serta menangkap ikan. Cara hidup seperti ini dinamakan Food Gathering.

zaman batu tua purba
Gambar Ilustrasi Zaman Batu Tua Paleolithikum
Pada zaman ini alat  yang  terbuat dari  batu  dengan cara  pembuatan yang  masih sangat sederhana dan hasilnya pun masih sangat kasar.
Paleolithikum
Peninggalan Zaman Palaeolithikum antara lain :

a. Kapak Genggam / Perimbas / Penetak / Chopper
Kapak Genggam dan Perimbas Alat ini di pakai oleh manusia purba jenis Pithecanthropus. Ditemukan pertama di Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur oleh Ralph von Koenigswald (1935). Kemudian juga menyusul ditemukan di Gombong (Jawa Tengah), Sukabumi (Jawa Barat), dan Lahat (Sumatera Selatan).
Alat digunakan untuk membelah kayu, menggali umbi-umbian, memotong / menguliti hewan buruan,dsb.



b. Alat  Serpih  / Flakes
Alat  Serpih  batu dan tulang Terbuat  dari  tulang  dan tanduk, ada juga dari jenis batuan chalcedon. Jenis tulang banyak ditemukan di daerah Ngandong ( Lembah Bengawan Solo ), dan bentuk batu banyak ditemukan di wilayah Pacitan, Jawa Timur, Gombong ( Jawa Tengah ) dan Mangeruda ( Flores NTT ). Alat digunakan untuk berburu, menangkap ikan, mengorek umbi-umbian yang dalam, alat penusuk dsb.



B. Zaman Batu Pertengahan ( Mesolithikum)

Pada zaman batu ini diperkirakan sekitar 20.000 tahun yang lalu. Pada zaman tengah (madya) ini, manusia purba mulai hidup menetap seperti di dalam gua, tepi sungai / pantai. Hidup seperti ini di sebut Semi Sedenter. Dikarenakan keadaan  alam yang lebih stabil, sehingga memungkinkan manusia untuk hidup lebih tenang dan dapat mengembangkan kebudayaannya. Manusia  purba pada zaman ini  adalah  Homo  Sapiens,  karena lebih  cerdas  dari pendahulunya.
Zaman Batu Pertengahan
Gambar Ilustrasi Zaman Batu Madya Mesolithikum
Bersambung..... ( maaf agak capek mau istirahat sebentar ). Okey ???
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LANJUTKEN >> 

Pada zaman pertengahan (Mesolithikum), piranti yang digunakan lebih bagus daripada masa sebelumnya. Pada era masa ini alatnya pun sudah bervariasi, mereka sudah mengenal bahkan mampu membuat mata anak panah yang terbuat dari batu ataupun dari tulang. Paling tidak ditemukan tiga macam hasil kebudayaan pada masa zaman mesolithikum ini.
http://www.eyuana.com/2014/10/peninggalan-budaya-era-prasejarah.html

Adapun pembuktian lainya, ditemukan beberapa contoh lukisan tangan yang telah membatu yang terdapat di dalam goa maupun tebing goa yang kebanyakan letaknya berdekatan dengan pantai atau sungai. Beberapa contoh lukisan tangan manusia purba yang ditemukan di beberapa lokasi di Indonesia dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Lukisan manusia purba
Ternyata, di masa ini juga ditemukan GERABAH, bukti perkembangan kehidupan yang lebih maju dari era sebelumnya. Gerabah ini ditemukan dibeberapa dapur goa tempat tinggal mereka. itu.
gerabah manusia purba
Hasil dari kebudayaan dari Mesolithikum ini mengawali kehidupan manusia yang lebih modern menuju era berikutnya. Penemuan kebudayaan ini  merupakan suatu bukti bahwa manusia purba itu memang, dan bukan hanya sekedar '' Teori Orang Gila ''.

C. Zaman Batu Muda ( Neolithikum )

Zaman ini terjadi sekitar tahun 2000 SM. Pada zaman ini manusia sudah tidak hidup di dalam goa. Mereka sudah hidup menetap  walaupun masih dalam kondisi rumah tempat tinggal yang sangat sederhana. Pola kehidupan ini disebut Sedenter. Manusia purba pada masa ini sudah mengenal cara bercocok tanam dan berternak dengan baik, seperti menanam padi, ketela pohon, sayuran, memelihara ternak, dsb. Diperkirakan manusia yang hidup pada masa ini adalah berasal dari ras Proto Melayu yang datang ke Indonesia . Mereka bertempat tinggal di Indonesia bagian timur.

Zaman Batu Muda
Gambar Ilustrasi Zaman Batu Muda Neolithikum
Alat piranti yang digunakan sudah sangat halus, terdiri dari kapak lonjong dan kapak persegi yang ditemukan di beberapa wilayah Indonesia.
kapak lonjong dan persegi
Peralatan yang digunakan sudah sangat halus begitu juga dengan penemuan gerabah. Gerabah yang sebelumnya digunakan khusus untuk menyimpan mayat, pada masa batu muda neolithikum ini kebanyakan digunakan untuk menyimpan alat keperluan rumah tangga. Mereka sudah mengenal cara berhias / bersolek bagi kaum wanitanya, karena di temukan beberapa perhiasan dan alat pembuat pakaian berupa pemukul kulit.
peninggalan zaman batu

D. Zaman Batu Besar ( Megalithikum )

Zaman batu besar terjadi pada Tahun 1000 SM. Populasi manusia purba pada zaman ini cukup berkembang, mereka sudah hidup bersosial seperti masyarakat pada umumnya. dan telah mengenal kepercayaan seperti hal-hal gaib terhadap kepercayaan kepada roh nenek moyang ( Animisme ) dan kepercayaan terhadap benda-benda tertentu ( Dinamisme ) yang dianggap sakral seperti pohon besar, batu, dll. Sehingga pada zaman Megalithikum ini banyak ditemukan peninggalan budaya berbentuk  arca maupun bangunan besar berupa batu besar sebagai tempat mereka memberikan sesaji dan tempat pemujaan.
zaman batu besar Megalithikum
Gambar Ilustrasi Zaman Batu Besar Megalithikum
Bukti peninggalan budaya pada masa ini, antara lain :
1. Punden Berundak 
Adalah tempat pemujaan. Bangunan ini dibuat dengan menyusun batu secara bertingkat mirip seperti candi / seperti tangga raksasa.namun memotong lereng bukit.
punden berundak Indonesia
2. Menhir
Tiang atau tugu batu yang terbuat dari batu tunggal dan di tempatkan pada suatu untuk upacara penghormatan roh nenek moyang. Menhir ditemukan di Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan.
3. Dolmen
 Meja tempat menaruh sesaji ketika sedang diadakan upacara. Tapi ada juga yang menggunakannya sebagai kubur batu. Tempat : Bondowoso, Jawa Timur.
Gambar Dolmen Indonesia
4. Waruga
Peti jenazah kecil yang berbentuk kubus dan ditutup batu lain yang mempunyai bentuk seperti  atap  rumah.  Waruga banyak ditemukan di daerah Minahasa, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.
5. Arca
Banyak ditemukan di Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Arca ini banyak mengambarkan bentuk-bentuk manusia dan binatang seperti gajah, harimau, babi, rusa. Diteliti oleh Von Heine Geldern.
6. Sarkofagus
merupakan  keranda adalah peti jenazah yang berbentuk palung atau lesung, tetapi mempunyai tutup. Sarkopagus banyak ditemukan di Bali dan Sumatera Barat.
sarkofagus megalithikum
7. Peti kubur
Terbuat dari batu-batu besar. Kubur batu dibuat dari papan batu yang disusun persegi empat berbentuk peti mayat yang dilengkapi dengan alas dan bidang atasnya juga berasal dari papan batu.
Banyak di temukan di daerah Kuningan, Jawa Barat.
peti kubur manusia purba

E. Zaman LOGAM

Zaman Logam terbagi menjadi 3 tahap, yakni zaman perunggu, tembaga, besi. Namun pada intinya, pada zaman ini pola pikir mereka sudah maju dan mampu dikatakan paling cerdas dari pada di era sebelumnya. Pola pikir manusia zaman logam hampir mendekati manusia modern. Namun perbedaanya hanya mereka belum bisa mengenal aksara (huruf) abzad. (Jadi jangan merasa tersaingi ya??). Masa logam terjadi pada sekitar tahun 500 SM. Masa ini sering disebut dengan masa Perundagian.Karena cara mencari makanan dan bercococok tanam sudah modern, walaupun belum mengenal mesin traktor mereka pandai dalam mengurus ladang maupun menggarap sawah mereka. Rumah tempat tinggal mereka juga sudah permanen dan sudah bisa membuat peralatan dari besi,perunggu maupun dari tembaga.
zaman logam manusia purba
Gambar Ilustrasi Manusia Zaman Logam
Beberapa contoh gambar hasil kebudayaan zaman logam, antara lain :
kapak nekara dan moko zaman logamgerabah logam dan bejana perunggu

Mungkin sekian dulu penjelasan dan pembuktian manusia purba berdasarkan pembagian zamannya. Kepercayaan adanya manusia purba tergantung pada masing - masing pihak. Apabila pembaca tidak menyakini adanya manusia purba, simpan saja pernyataan kalian jangan pernah anda sangkut pautkan dengan agama tentang ( kelahiran Adam & Hawa ) karena hanya akan menimbulkan sara. Anggap saja ini hanya sebagai pengetahuan dan Jangan lupa untuk terus membaca artikel menariknya hanya di chanel situs Eyuana.Com.      ( Pusat Pengetahuan dan Teknologi. )

Penulis : Tita Dian Puspitasari  
Sumber : Dari Buku Sejarah & Penunjangnya

Artikel yang berkaitan dengan Zaman Prasejarah :

>> Penemuan Manusia Purba di Indonesia <<


Lanjutken Baca >>

Penemuan Manusia Purba di Indonesia

Manusia Purba (Prehistoric People) merupakan jenis manusia yang hidup berjuta tahun lalu yang belum mengenal tulisan. Memiliki alat pendukung untuk berburu / mencari makanan terbuat dari batu. Manusia purba diperkirakan hidup di bumi sekitar 4 tahun lalu.

Gambar Manusia Purba

Terungkapnya manusia purba ini berawal dari penemuan FOSIL dan ARTEFAK :

1. FOSIL adalah tulang belulang manusia maupun hewan dan tumbuhan yang telah membatu.

2.ARTEFAK adalah peralatan dan perlengkapan kehidupan manusia sebagai hasil dari kebudayaannya.

Sehingga dari fosil dan artefak ini para peneliti atau ahli arkeolog dapat mengetahui usia dan peradaban di alam kehidupanya pada masa lampau.

Manusia Purba yang ditemukan di Indonesia antara lain :


1. Meganthropus Paleojavanicus

Disebut juga sebagai Manusia Raksasa Jawa, ditemukan oleh seorang peneliti dari belanda bernama Von Koniegswald di Sangiran, Lembah Bengawan Solo antara  Tahun 1936 - 1941. Fosil ini berasal dari lapisan Pleistosen bawah, diperkirakan dia memiliki badan tegap dan rahang besar dan kuat. Manusia jenis ini diperkirakan hidup pada Zaman Batu Tua (Paleolithikum) sekitar  1 juta sampai dengan 2 juta tahun lalu.

Gambar Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus

2. Pithecanthropus
Manusia purba jenis ini merupakan manusia purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Manusia ini juga disebut Manusia Kera yang Berjalan Tegak. Memiliki umur yang bervariasi diperkirakan hidup antara 30.000 sampai dengan 2 juta tahun lalu. Manusia purba jenis ini mempunyai ciri-ciri badan tegap tapi tidak setegap meganthropus, muka menonjol ke depan dahi miring kebelakang, bentuk kepala lonjong seperti berkonde dan hidungnya besar.

Ada beberapa spesies manusia purba jenis ini yang ditemukan di Indonesia, antara lain :

a. Pithecanthropus Erectus
Fosil ini ditemukan oleh Eugene Dubois pada Tahun 1891 di Trinil Jawa Tengah. Berasal dari lapisan Pleistosen lapisan bawah dan tengah. Femur atau tulang pahanya, bentuk  dan  ukurannya jelas  seperti milik  manusia dan  menunjukkan bahwa mahluk itu berjalan diatas kedua kakinya. Volume otaknya mencapai 900cc sedangkan kera hanya 600cc.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Erectus

b. Pithecanthropus Mojokertensis
Ditemukan oleh Von Koeningswald pada Tahun 1936 di Mojokerto, Jawa Timur. Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak anak-anak.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Mojokertensis

c. Pithecanthropus Robotus
Ditemukan oleh Weidenreich dan Von Koenigswald pada Tahun 1939 di Trinil, Von Koenigswald menganggap fosil ini sejenis dengan Pithecanthropus Mojokertensis.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Robotus

d. Pithecanthropus Soloensis
Ditemukan di dua tempat terpisah oleh Von Koeningswald dan Oppernoorth di Ngandong dan Sangiran.berupa tengkorak dan tulang kering. Tahun 1931-1933.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Soloensis

3. Homo
Manusia purba jenis merupakan jenis manusia purba yang berumur paling muda, diperkirakan hidup pada jaman 15.000-40.000 SM. Volume otaknya yang sudah menyerupai manusia modern dan bukan lagi manusia kera (Pithecanthrupus).

Beberapa manusia purba jenis homo yang ditemukan di Indonesia, antara lain :

a. Homo Soloensis
ditemukan oleh Von Koeningswald dan Weidenrich antara tahun 1931-1934 disekitar sungai Bengawan Solo. Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak. Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh manusia purba jenis ini antara lain, volume otak antara 1000 – 1300 cc; tinggi badan antara 130 – 210 cm; muka tidak menonjol ke depan; serta berjalan tegap secara bipedal (dua kaki). Homo soloensis diperkirakan pernah hidup antara 900.000 sampai 300.000 tahun yang lalu.

Gambar Manusia Purba Homo Soloensis

b. Homo Wajakensis
 yang ditemukan oleh Van Rèestchoten pada Tahun 1990 di Desa Wajak, Tulungagung yang kemudian di teliti oleh Eugene Dubois. Hidup antara 40.000 –  25.000 tahun yang  lalu,  pada lapisan Pleistosen Atas. Tengkoraknya mempunyai banyak persamaan dengan orang Aborigin penduduk asli Australia. Yaitu : memiliki muka lebar dan datar; hidungnya lebar dan bagian mulutnya menonjol; tulang tengkorak sudah membulat; serta memiliki tonjolan yang agak mencolok di dahi

Gambar Manusia Purba Homo Wajakensis

c. Homo Floresiensis
dibanding jenis lainnya, homo ini memiliki keistimewaan karena tubuhnya yang kerdil. Ditemukan oleh seorang pastur bernama Verhoeven pada tahun 1958 di goa Liang Bua Manggarai, Flores, dan baru di umumkan sebagai temuan yang menghebohkan pada tahun 2004. Diperkirakan hidup sekitar 30.000 –18.000 tahun yang lalu, telah mampu membuat peralatan dari batu, pemburu handal dan memasak dengan api, tetapi ukuran tangannya masih panjang. Manusia kerdil ini memiliki tinggi tubuh sekitar 1m, dan ukuran tengkorak seperti anak kecil. Dari cerita  rakyat  setempat, masyarakat Flores menyebut manusia kerdil ini  dengan nama Ebu Gogo.

Gambar Manusia Purba Homo Floresiensis

Foto Kunjungan Admin Eyuana.Com ke Museum Kars di Gunungkidul :

Pada tahun 2012 tim penulis kreatif dari Pusat Pengetahuan dan Teknologi juga mengunjungi sebuah museum kars yang berada di kabupaten Gunungkidul paling selatan perbatasan dengan wonogiri. Berikut ini kami sajikan memory foto kami saat berada di museum tersebut. Mungkin ada pembaca yang berniat untuk berkunjung... Untuk sekedar pemberitahuan pada saat kami melakukan pengunjungan masuk tidak dipungut biaya alias GRATIS. Mungkin hanya dikenakan biaya retribusi untuk parkir saja.

Kunjungan Manusia Purba

Kunjungan Pusat Pengetahuan dan Teknologi

Banyak hal yang ada di museum ini tidak hanya manusia purba, tetapi juga ada koleksi batu-batuan kars, miniatur kota, gua dan candi buatan. Semoga anda terkesan jika berkunjung. Thanks.


Artikel Selanjutnya Pembuktian Kebenaran adanya Manusia Purba :

>> Peninggalan Budaya Era Prasejarah <<


Lanjutken Baca >>

via facebook :

Anda dapat mengirimkan kritik dan saran melalui link Kontak Admin yang telah disediakan

Eyuana.Com

Situs Indonesia yang Menyajikan Informasi Terlengkap dan Terbaru untuk Anda.