Dapatkan Informasi Terbaru dan Terhangat dari Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi >> Menembus Pengetahuan Tanpa Batas Bersama Kami >> [ www.eyuana.com ]

Skema Lampu TL tanpa Trafo Ballast

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara menghidupkan lampu Fluorescent atau yang sering disebut dengan lampu TL. Kita sering menyebutnya TL, mungkin diantara kalian bertanya - tanya apa sebenarnya kepanjangan dari TL tersebut.  Ehmm.. coba pikir sejenak....!!

Lampu TL merupakan kepanjangan dari " Tube Luminescent ", ada juga yang menyebutnya dengan " Tube Lamp " sering disebut juga dengan lampu tabung ataupun lampu neon. Sedikit kita mengulang sejenak pelajaran SMP bahwa lampu TL merupakan sebuah lampu berbentuk tabung hampa yang pada setiap ujungnya terdapat 2 pasang kawat pijar ( coil ) yang prinsip kerjanya seperti lampu pijar biasa, yang menjadi perbedaan pada lampu ini adalah di dalam tabung tersebut disuntikkan dengan mercury dan gas argon dengan tekanan rendah, ketika arus listrik mengalir elektron-elektron akan berpindah tempat dari ujung yang satu ke ujung tabung yang lain. Energi listrik ini juga merubah mercury dari cairan menjadi gas sehingga pada saat bersamaan atom mercury yang berupa gas ini akan tertabrak oleh elektron. Tabrakan ini menyebabkan energi elektron meningkat. Ketika energi elektron kembali normal saat itulah elektron-elektron itu melepaskan energi menjadi cahaya ringan. Untuk menghidupkan sebuah lampu TL wajib dibutuhkan ballast dan strarter. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berkreasi bagaimana cara menghidupkan lampu TL tanpa menggunakan ballast dan starter. Mungkin anda bertanya - tanya dan pasti berfikir lama dan menggerutu >> Tidaklah Mungkin !!!  dan saya akan berkata >> Sangatlah Mungkin :-).

Sebelumnya kita ber-eksperiment mari kita lihat skema dasar menghidupkan sebuah lampu TL yang digunakan oleh orang pada umumnya.

Rangkaian Lampu TL
" SKEMA DASAR LAMPU TL "
Dari skema diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa trafo ballast hanya membatasi besar arus yang mengalir dan menyesuaikan dengan karakteristik lampu tersebut. Sedangkan starter berfungsi sebagai penyulut saat awal starting karena sebuah lampu TL pada awal startingnya memerlukan tegangan yang cukup tinggi kurang lebih 400 Volt untuk memanaskan elektroda agar gas pada tabung tersebut dapat berpindar.

Untuk membuktikan kesimpulan saya di atas anda dapat membuat sebuah rangkaian pengganti yang dapat mudah di dapatkan di pasaran dan toko elektronika yang dekat dengan tempat tinggal anda. 

Bahan yang perlu anda siapkan adalah : 

1. Kapasitor 330 nF / 400 Volt
2. Resistor 680K ukuran 1 Watt  ( biru, abu-abu, kuning )
3. Resistor 100K ukuran 1 Watt  ( coklat, hitam, kuning )
4. Resistor   56K ukuran 1 Watt  ( hijau, biru, kuning )
5. Resistor 100 ohm   ukuran  5 Watt  ( Resistor Model Kapur )

Setelah anda siapkan komponen diatas, kemudian buat rangkaian seperti gambar di bawah ini :


Lampu TL tanpa Trafo Ballast

Jika rangkaian sesuai gambar di atas pastikan untuk berhati-hati saat menyalakanya, jauhkan dari grounding / pertanahan, sebab jika rangkaian yang anda buat tidak rapi akan mengakibatkan  konsleiting. 


Selamat Mencoba.... Dan jangan lupa tinggalkan komentar ........ !!! 

Salam sukses dari Pusat Pengetahuan dan Teknolgi  >>  http://www.eyuana.com/


Artikel yang berkaitan dengan posting di atas :

1. Tips Memperbaiki Lampu Efisiensi 

2. Skema Inverter Lampu TL 12 Volt 

3. Inverter Lampu TL dengan Transistor 2N 3055 

 

37 komentar:

Anonim mengatakan...

saya sudah mencoba. tapi kok gak bekerja...??

apa ada yang salah

Didi Supriadi mengatakan...

@Anonim:

kurang sajen kali gan

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Coba di cek lagi mas rangkaian anda

Erwindonesia mengatakan...

tested belum gan, soale biasanya rangkaijnnya cukup rumit.

Erwindonesia mengatakan...

tested belum gan, soale biasanya rangkaijnnya cukup rumit.

Erwindonesia mengatakan...

tested belum gan, soale biasanya rangkaijnnya cukup rumit.

irfan zulfan mengatakan...

Bos, bagaimana kalau lampu TL nya 38 watt

irfan zulfan mengatakan...

Bos, bagaimana kalau lampu TL nya 38 watt

Sarjono Msc mengatakan...

Kalo lampu TL-nya makin besar watt-nya apa yg perlu di rubah gan....?????

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Saya sudah mencoba namun belum jika menggunakan tl yang lebih besar.Mungkin anda coba menambah nilai kapasitor dengan yang lebih besar.

tri wahyudi skamfour mengatakan...

tidak bekerja gan
wahyudit16 @gmail. Com

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@tri wahyudi skamfour:coba nanti saya check lagi rangkaiannya...

Agung Cucu mengatakan...

itu kabel AC 220v nya kemana gan ? ko muterin rangkain doang yah ? (mohon pencerahan)

Anonim mengatakan...

saya tertarik & mau coba

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

kabel ac yang ada lambang gambar gelombang sinusnya

Anonim mengatakan...

kalau pakai kawat nikelin apa bisa ?

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Kawat nikelin itu bukanya yg sering digunakan untuk elemen pemanas ya

Ardi mengatakan...

saya sieh punya cara bagaimana supaya rangkaian itu rapi, buat aja skemanya di papan pcb, bukan manual tapi setting lewat pcb wizard terus print out dikertas transparan. secara garis besar seperti pembuatan mikrokontroller....:)

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Terimakasih untuk sarannya :-)
Sangat membantu

athaa kudanil mengatakan...

Pekalongan hadir, jual tabung lampu
http://tabunglampu.blogspot.com

Anonim mengatakan...

@athaa kudanil:

firman susilo mengatakan...

Mas bro..! itu kan rangkaian buat TL 10 watt, klo buat TL 20/18 atw TL 36/40 watt... rangkaiannya tetep kaya gitu..? atw ada komponen2 yg nilainya dirubah..? Cepet BALAS ya Mas Bro..! soalnya di rmh ane bnyaknya pk TL 18/20 watt. Thanx B4..! :-)

firman susilo mengatakan...

@Ardi:Waahh... lbih canggih lg nih...! klo memang bs bekerja dgn baik, bisa diproduksi masal... trus dijual deh...! :-)

amang mansur mengatakan...

saya akan mencobanya,,,,,,

foto.bloger mengatakan...

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi:hati hati kesetrum

Anonim mengatakan...

Saya malah konslet gan...sya buat soket kebakar gan

Muhammad nafir adly mengatakan...

awas mbledos

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

:-)

Anonim mengatakan...

...

Anonim mengatakan...

Maaf ikutan gabung ni,,itu 56kilo apa 560kilo gan,,?

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

56k mas...

Anonim mengatakan...

la wong ini cuma jiplak og jd klo ditanya g bsa jawab...

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@Anonim:Maaf maksudnya njiplak dari mana ya mas.

Anonim mengatakan...

eksperimen yg bikin penasaran nich..

Anonim mengatakan...

@Muhammad nafir adly:Ini bukan mercon mas..koq mbledos!!

Anonim mengatakan...

kabel pin lampu tl yg bawah digambar ketukar tuh gan.

Anonim mengatakan...

naaaah... iki baru swangarr rekk...!!! :))

Poskan Komentar

via facebook :

Anda dapat mengirimkan kritik dan saran melalui link Kontak Admin yang telah disediakan

Eyuana.Com

Situs Indonesia yang Menyajikan Informasi Terlengkap dan Terbaru untuk Anda.