Modifikasi Speaker Aktif model OCL

Speaker Aktif Model OCL (Output Capacitor Less)

Setelah sukses membuat proyek Home Theatre 5.1 kembali lagi saya akan berbagi pengalaman saya untuk modifikasi sebuah speaker aktif agar suara lebih garang dan enak untuk didengarkan. Bagi rekan-rekan yang penasaran dengan rangkaian home theatre bikinan saya bisa dilihat pada  Home theatre 5.1 Gainclone LM 1875 
Kembali ke topik pembahasan, perlu ditekankan lagi yang akan saya bahas di sini bukanlah speaker aktif model IC, melainkan model OCL (transistor). kebanyakan untuk speaker aktif keluaran sekarang sudah banyak yang memakai IC seperti TDA2030 maupun TDA2050 karena mungkin karena segi efisiensi dari empu si pembuatnya. Namun sebenarnya untuk kualitas suaranya lebih bagus yang model OCL karena dentuman bassnya lebih nendang menurut saya. Mengapa saya berpendapat demikian ?? coba saja anda bandingkan sendiri dengan menaikkan volumenya pasti lebih terasa yang model OCL. Cuma kekurangan model ocl ini biasanya masalah hiss dan humm karena distorsinya lebih banyak di bandingkan dengan model IC. Kekurangan lain dari speaker aktif model OCL ini adalah dengan speaker yang kecil sekitar 6 inchi menyebabkan daun speakernya selalu banyak bergetar jika main pada volume tinggi. Sehingga jika kita dengarkan akan terasa kurang powerfull.

Kebetulan kemarin sore ada sohib yang sempat bermain ke tempat saya, ketika saya memutar sebuah lagu favorit saya, tidak menyangka sohib tertarik dengan home theatre racikan saya. Dan perbincangan pun berlanjut ke topik amplifier. Kebetulan sohib saya punya speaker aktif merk JDL tapi kurang puas dengan speaker aktifnya di karenakan bass terlalu over dan treblenya kurang, kalau bahasa kerennya njebebeg..... atau kalo diterjemahkan dalam bahasa indonesia suaranya itu kurang loss atau terlalu dalem banget. Sohib minta untuk di bantu di oprek / di modifikasi agar suaranya lebih enak dan lebih garang.

Tahap 1 : Modif Bagian Power Amplifier

Dan akhirnya saya menyetujui permintaan sohib saya, langsung seketika diambil itu speaker aktif ke meja kerja saya. Sebelum membongkar saya sempatkan terlebh dahulu untuk mendengarkan suaranya, dan ternyata benar suaranya dalem banget, jika dinaikan bassnya daun speaker serasa mau lepas. Apabila didengarkan juga kurang sreg ditelinga. Yang didengar bukan lagu melainkan suara bass yang ubuk-ubuk-ubuk begitu bunyinya. Akhirnya saya bongkar dan pelajari rangkaian speaker aktifnya. Setelah saya pelajari skemanya hampir mirip dengan OCL 150 Watt. Penjelasan singkatnya seperti ini : 
Untuk rangkaiannya model OCL (mono) buffernya pakai 3xA733 dan C945,  kemudian TR drivernya A733 dan C945 untuk transistor finalnya 2SD1266 (NPN) dan untuk seri PNP-nya saya LUPA), rangkaian lainya sama cuma ukuran R dan C sedikit beda dengan skema OCL. Tone control mono model TR mirip di pasaran cuma ada tambahan potensio untuk subwofernya (double bass).

Sebagai ilustrasi skema powernya seperti berikut ini, tapi maaf ini sebelumnya sebenarnya skema dibawah ini adalah skema OCL 150 W asli. Karena saya tidak sempat membuat skemanya, tapi jangan kawatir skema dibawah ini sudah saya check dan skema speaker aktif yang saya garap sama persis dengan OCL 150 W cuma beberapa perbedaan di nilai Rnya. Yang saya beri tanda merah itu nilai yang ada di speaker aktif JDL yang saya garap.
modif amplifier model OCL
Modifikasi yang saya lakukan tidak terlalu banyak, hanya merombak sedikit dari komponen yang sudah ada, saya lebih banyak merubah di bagian tone controlnya agar suaranya bisa agak open dan lebih garang. Untuk perubahan di bagian amplifier OCL-nya pertama saya merubah ukuran R3k3 input bias ground menjadi R10k pararel dengan C 1nF, untuk R adjustnya saya tidak menggunakan trimpot melainkan hanya merubah ukuran 560ohm ke 250ohm dan mengganti R 3k3 ke 33k (mirip skema diatas). untuk capasitor input coupling dari milar 100nF saya ganti 0,1uF non polar. Untuk perubahan transistor saya rubah untuk bagian buffer drivernya menggunakan BD139, untuk drivernya A715 (PNP) dan C1162 (NPN). Dan 2 x R 330 saya lepas semua dan saya ganti dengan 1 buah R 330 / 2 watt menghubungkan emitor driver A715 dan emmitor C 1162. Untuk lebih jelasnya lihat skema dibawah ini.
modifikasi amplifier OCL
Modifikasi yang saya lakukan sebenarnya tidak terlalu ekstrim, karena hanya sedikit merubah nilai komponen saja untuk mendapatkan suara yang saya inginkan. Sebenarnya intinya ada di R GAIN yang saya beri lingkaran warna ungu, saya sudah mencoba berkali-kali merubah nilai dari 20K ke 100K. Nilai yang menurut saya pass jatuh di angka 47kohm. Sebenarnya 22k juga bagus tapi cenderung ke vokal untuk nada bassnya kurang sensitif menurut saya. Silahkan anda coba-coba racik sendiri menurut selera anda masing-masing. Di tambah dengan mengganti R 560 ke 250ohm dan mengganti 3k3 ke 33k suara lebih open. Untuk maksimalnya yaitu merubah kapasitor coupling dan bias groundnya ke 10k terasa detail dan empuknya. Untuk penggantian elco 33uf itu menurut selera masing-masing saja. anda bisa merubah dari 22uF s.d. 100uF. Saya hanya ambil nilai tengahnya saja karena untuk mengurangi getaran daun speaker. Intinya jika anda menggunakan nilai 22uF akan terasa dentuman kendangnya (terasa di dada), namun jika nilai kapasitas dinaikan (33uF-100uF) akan terasa bassnya atau gitar bass (terasa di badan serasa merinding). Untuk perubahan nilai elco sesuai selera masing2 individu, saya lebih suka yang sedang-sedang saja.hehe....

Tahap 2 : Modif Bagian Tone Control

Tone Control yang digunakan pada speaker aktif yang saya garap ini menggunakan tone control mono model transistor C945, untuk skemanya mirip yang beredar di pasaran cuma untuk knop potensio pengatur bassnya di buat 2 buah, sehingga ini yang membuat speaker ini suaranya over bass. Untuk mengakali hal ini saya hanya merubah nilai kapasitor yang ada di bassnya yang aslinya berukuran 47uF saya ganti dengan ukuran 33nF untuk treablenya saya ganti pakai 3n7 aslinya ukuran 47nF. Begitu juga ukuran Rnya saya modifikasi sedemikian rupa dan saya sesuaikan dengan telinga pendengaran saya. Untuk perubahan nilai R-nya sebenarnya tidak terlalu jauh dengan nilai aslinya hanya berbeda beberapa kilo saja . misal 22K saya ganti 10K, 4K7 ke 6k8 dan seterusnya. Tidak lupa terakhir adalah transistor C945 saya ubah ke C1815 untuk mendapatkan suara yang lebih open tapi perubahan yang saya lakukan tidak menghilangkan suara bassnya.
Setelah perubahan dirasa sudah pass, saya coba dengan mencoba memutar beberapa lagu berbeda untuk mencobanya dan hasinya sebenarnya sudah bagus, tapi menurut pribadi saya suaranya agak kalem kurang garang sedikit. Sehingga tahap berikutnya saya tambahkan boster untuk tone controlnya. Next........

Tahap 3 : Penambahan Boster Tone Control

Rangkaian ini adalah rangkaian penguat nada agar menghasilkan suara yang bagus dan lebih terasa garang. Sebenarnya rangkaian ini adalah warisan dari sesepuh saya, beliau berkecimpung di dunia audio sudah lama sekitar era tahun 90-an. Rangkaian ini jarang digunakan oleh banyak orang, mungkin hanya beberapa gelintir orang yang memakai rangkaian ini. Nama sesepuh saya adalah "Mr. Genjo" tak lain adalah kakak pertama saya yang lebih dulu main di dunia audio terutama untuk racikan power amplifier OCL sebelum saya mengenal dunia amplifier seperti sekarang ini.
Untuk skemanya belum bisa saya share, mungkin lain waktu insyaalah bisa saya bagikan kepada rekan-rekan semua khusus pembaca setia eyuana.com.
Bukan saya pelit, namun belum ada waktu untuk menggambar skemanya di mode digital karena kesibukan saya.
Agar pembaca bisa meraba-raba skema rahasia ini  bisa dilihat foto jadinya dulu ya?? Mohon agar sedikit bersabar.hehe
penguat nada tone boster
Rangkaian tone boster yang saya buat ini tidak rapi, karena faktor waktu dan saya sendiri malas pergi ke toko elektronik untuk membeli PCB polos akhirnya bekas bungkus rokok pun jadi untuk saya buat sebagai alas pelindung rangkaian tone boster ini.
Pemasangan rangkaian ini adalah pada input audio atau sebelum sinyal audio masuk ke rangkaian tone control. Walaupun rangkaian ini sangat kecil dan imut namun jangan sepelekan rangkaian ini. Karena efek suara yang di hasilkan dari rangkaian penguat nada ini sangat terasa sekali. Daripada anda menggunakan penguat nada yang di jual di pasaran seperti galaxy, gigabass, turbobass maupun sejenisnya.

Pemasangan Tone Boster

Tahap terakhir adalah pemasangan tone boster ke dalam rangkaian speaker aktif dan uji coba suara setelah dilakukan modifikasi rangkaian.
pemasangan penguat nada
Sangat simple khan?? sederhana dan tidak terlalu memakan tempat sob, cocok untuk digunakan para penggila audio seperti saya. Jika anda juga penggila audio pasti akan penasaran memiliki penguat nada rahasia ini. Tapi....ssstttss nanti dulu sob, kalau anda sabar nanti akan saya bagikan skemanya kepada anda. Setuju ?? paling tidak anda sedikit meninggalkan komentar disini.hehe...
Pengetesan suarapun sudah di mulai :
modifikasi power amplifier

 Uji coba saya lakukan pada malam hari sekitar jam 19.30 sampai dengan 23.00, terasa banget dentuman bass yang menggelegar dan disertai dengan suara treble yang menawan. Sehingga terasa saling melengkapi. Namun sayangnya untuk catu danyanya hanya menggunakan AC matic sehingga kurang sedikit lagi mendekati sempurna. Keluaran output AC Matic hanya sebesar 18 Volt sehingga saya tidak merubah TR finalnya. Jadi hanya menggunakan penguat standart saja. Kemarin sudah saya coba ganti dengan tipe TR final sanken suaranya bagus tapi kalo volume kecil suara kaya sedikit ngedrop karena kurangnya tegangan masuk ke amplifier. Sebab TR final besar juga harus membutuhkan supply yang besar dan gain yang besar pula untuk mensuplaynya. Oleh sebab itu TR final saya masih menggunakan bawaan asli speaker aktif ini. Tapi suara sudah lumayanlah dibanding dengan kemarin, dan sohib juga sudah puas sehingga tidak perlu dilakukan penggantian catu daya. Hanya saja untuk elconya saya perbanyak agar masalah dengung bisa teratasi. Dan alhasil dari modifikasi speaker aktif ini suaranya menggelegar dan dentuman bass yang kempel jangkauan jauh serasa orang baru hajatan. 

Sekian, Terimakasih .......... 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Update Skema Rahasia >>     Skema Penguat Nada Tone Booster   

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel Tentang : Modifikasi Speaker Aktif model OCL - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

122 comments

Kalau diuji malam-malam itu apa gak ganggu tetangga, cuma menguji basnya saja yah, bukan volumenya.

Balas

@Mas Ridho:
Kebetulan saat di uji cobakan saya uji semua mas dari bass, treble maupun volumenya. Karena di tempat saya malah kebanyakan jam-jam nanggung seperti itu pada adu suara musik. Walaupun begitu paling maksimal saya naikin volumenya sekitar setengah putaran saja tidak lebih. Sehingga tidak terlalu bissing namun terdengan nada bass yang kempel dan menggelegar. Jadi kalau soundnya kurang mantap malah sedikit malu untuk di play.hehehe Apalagi kalau di malam minggu pos kamling malah nonstop 24 jam dangdutan.

Balas

untuk menentukan model speaker aktif IC/OCL harus dibongkar speakernya atau ada tulisannya?

Balas

@ pak sucipto:
Harus dibongkar dulu pak.... setelah dibongkar baru kelihatan speaker aktif yang bapak punya menggunakan IC atau transistor. Kalau untuk model IC tidak bisa di modif penuh, paling hanya bisa ditambahkan rangkaian penguat nadanya saja. Thanks

Balas

wuih pusing juga mas kalau tidak didasari ilmu yang cukup ... hehehe
salam kenal ...

Balas

@Info Menarik:
Salam kenal kembali, dasar elektronika memang penting tapi yang paling penting niat untuk mencobanya mas. Cuma tinggal dirubah nilainya aja kok. Rata rata skema untuk speaker aktif yang model OCL hampir2 mirip seperti yang saya tuliskan di atas.

Balas

Kadang saja bertanya-tanya loh...benda-benda seperti itu kalau dirangkai kok bisa jadi sebuah tekonologi ya...Subhanallah...

Balas

@Jeng Yuni :
Ya seperti itulah jeng, saya juga heran kenapa bisa bunyi ya??. Saya tinggal memakai saja kok jeng dan merangkainya sesuai dengan dasar yang saya miliki karena benda2 seperti ini dijual bebas dipasaran, siapa saja bisa membuatnya. Sebenarnya yang wajib kita salut adalah orang pertama penemu dasar ilmu dan benda2 seperti ini.

Balas

Wah, ini kesukaan saya waktu jaman smp dulu, asyik buat memasang transistor, resistor, kapasitor, dll. Tp sekarang sudah lupa krn kegiatan sehari2 sudah di bidang yang lain. Meskipun sudah jarang, tapi saya tetap masih suka dengan elektronika, kalau bisa bikin alat2 sendiri (mimpi mode on).hehe
Semoga sukses selalu. Amin

Balas

Ya saya sebenarnya juga bosan mas untuk mengulas elektronika, tapi hal ini hanya untuk mengisi kesibukan saya di waktu senggang aja + kalau ada sahabat yang minta bantuan untuk dlm hal perbaikan alat elektronik. Dan saya curahkan melalui tulisan ini

Balas

mantep mas brow..maturnuwun sampun purun share..ijin copy

Balas

Injih pak... Monggo dipun cobi.hehe :-)

Balas

hasile mantep tenan mas brow,wl saya blm modif di tone controlnya yg pakai 2 transistor( yg bisa di jual di toko spt type RX 07)...he..he..he..blh minta skema rubahan tone control nya mas..?kmrn di box tk tulisi desain by eyuana.com

Balas

mas mau tny..apa tujuan dan fungsi menghilangkan resistor 0,47 ohm yg dpt emitor 2n3055 dan mj2955..?apa msh bisa di aplikasiakn di teg 32Vct dan 45Vct..?

Balas

@Trisno:
hehe... Ya berarti udah nonjok ya pak??
R 0,47 sebenarnya buat pengaman TR dengan speaker. Dilepas agar keluaran maksimum.
Kalo untuk di app ke teg besar sebaiknya dipakai aja agar TR & Speaker tdk cpt rusak. Tp klo tetep mau dilepas ya gpp, tp pemasangan speaker diseri agar impendansi tidak kurang dari 8ohm

Balas

betul mas brow..pancen nonjok tenan saya tambahi rangkaian tone bosster..matur nuwun sampun di ijini copy paste.matur nuwun infone mas.tambah ilmu 1 maneh..nk modif tone control apa aja yg prl di rubah mas..?

Balas

Hehe :D
Yang dirubah nilai kapasitor & rnya pak. Soalnya klo nada biasanya selera masing2.

Balas

maaf mas mau tanya..utk menghasilkan suara low yg di rubah elko resonansi dari 22uf - 100uf..utk midle kl tdk salah di rubah dari 1uf - 4,7uf(mhn di koreksi kl salah).utk menghasilkan suara high hrs di ganti ke nilai brp mas..?rencana mau bikin amplifier 3 buah tp dgn hsl suara yg berbeda y suara low,midle dan high.
matur nuwun.

Balas

Coba pakai ukuran 10uF agar suaranya lebih menghentak ke dada.... namun bassnya agak sedikit menghilang. Kalau gag rubah dibagian input capasitor couplingnya.

Balas

untuk suara medium R Gainnya coba ganti ke ukuran 22K mas.... kerasa banget mediumnya

Balas

siap 86 mas eyuana..maturnuwun ilmu ne..semoga bs jd berkah dan barokah..dan utk mas eyuana semoga sehat dan sukses sll

Balas

maaf mas nanya lagi..kl ingin ngukur teg bias itu carane gmn..?apa kabel hitam multitester ke ground trs kabel merah dpt basis tr driver ato basis tr D438..?maklum mas belajar secara otodidak jd bnyk tny..maklum jg ijazah hny S2 ( maksut nya hny lulusan SD-SMP) tp krn saya pengen bs ya bljr mas..

Balas

mas nk R gain di ganti ke r22k apa elko c2 resonansi prl di ganti apa nggk?ato msh tetap nilaine..?

Balas

jika diubah ke 22k elco gag usah diganti gak papa mas... penggantian elco tergantung selera music masing2. kalo saya biasanya pakai 33uF. Untuk mendapatkan super mediumnya kapasitor input 100nF diubah ke 22nF atau sekitar 47nF (menurut selera saja).

Balas

Pengukuran tegangan di basis bisa juga mas intinya tegangan driver kanan dan kiri harus sama (misal tegangan basis 1volt dan -1volt) begitupun dengan TR finalnya tegangannya harus imbang. Tapi sebenarnya hal itu tak perlu dilakukan karena OCL 150W sudah standart pabrikan.

Yang perlu dilakukan adalah mengukur DC offset voltage. dengan cara shortkan input ampli dgn ground posisikan multimeter pd skala DC 2.5V kemudian ukur tegangan pada output speaker. Tegangan yang bagus adalah dibawah 20mV. Semakin rendah semakin bagus (syukur2 bisa 0 volt). Atau bisa di akali dengan menambah trimpot adjust dc offset voltage dengan cara membuang TR A564/A733 dan diganti dengan R10K seri dengan trimpot 5K pada emitor dan colektor . Atau kalau TR tidak dilepas cukup pararel aja R560 dengan trimpot. Putar sampai mendapatkan tegangan serendah mungkin.

Balas

udud dulu mas :smoke

Balas

ocre mas yuana matur nuwun..lha nk R 100k di ganti ke R 10k apa krn suara biar open?loss y masss?

Balas

Diganti 10k untuk membuang nada treble yang berlebihan (sbg filter saja)

Balas

Mas saya mau tanya saya pke power sanken 400 mono knpa waktu d nyalain volume blum di buka speaker ya bergetar tolong pencerahan ya

Balas

Maksudnya saat starting awal berbunyi jedukk.... atau over bass. Saat awal biasanya bunyi jeduk adalah hal lumrah apalagi jika menggunakan power besar, karena saat power dinyalakan power supply sedang mengisi kapasitor yang kosong.Untuk mengakalinya coba tambahkan speaker protektor untuk menunda suara jeduk saat awal power dihidupkan.

Balas

sdh tk cb mas ngukur teg offset dgn trimpot 10k di R560 ohm yg dpt ground.teg klr -00,00mV sblm nya 01,87mV.tp suara tdk bs loss keras..apa ada yg salah?yg btl itu TR564 yg mana yg di lepas?

Balas

TR yang dapat R560 mas diskema yg posisi paling atas

Balas

maturnuwun ilmune mass..sampun tk cb n hsle josss tenan..apa lg di tmbh tone bosster..mantap abiss..

Balas

mas mau nanya ni, sblumnya slam kenal ya... Dri saya
Ini kan pnya OCL 150w dan tr final tak pararel kok bass jdi kurang loss ya..
Apa hrus set bias atau dc offset .. Mkasih :Dditggu pncerahanya!!

Balas

maaf mas yuana mau tny nih..utk yg modif tone control yg bgmn..?apa r yg uk 4k7 hrs di ganti semua ato yg tertntu aja?di tc yg mas modif asli nya kan r uk 47k..4k7..5k6..1k..8k2..330k,..

Balas

bagus dan hemat daya ini, klw saya dulu mainnya aku pasang semua dari tone control equaliser , galaxy dan gigabas. jadi makan tempat dan daya. kadang2 di power dan speaker aku gedein. tp standar semua

Balas

Mas eyuana mohon bantuannya sy punya speaker 12'' merek blak speder tipe 12x30 450 watt kira" power yg cocok apa ya mas sy dah sering gonta-ganti power tp hasil'ya kurang mantap/ga bisa jeduk. Skrng sy pakai power tr finalnya pakai tosiba 4set per kanal trafo 5amper tetap kurang mantap. Minta solusinya mas.....

Balas

mas..nk r gain di ganti lbh rendah 22k apa nggak pelan suarane mas..?ato itu sdh fix utk suara super midle menurut mas yuana..

Balas

Maksudnya 2 r330 dilepas dan diganti 1 itu untuk apa?

Balas

mf gan mo tanya nih... bagus mana power ocl atau power stk.. soalnya lagi bingung mo cari power.

Balas

mas, maaf mau nanya, sangat mohon bantuannya, ada 2 pertanyaan yang masih bikin saya penasaran dari speaker :
1. saya punya speaker aktif okaya( speaker2 ank kos lah), dan speaker kecil pake baterai (yang ada mp3, radio, bisa mmc, flashdisk, yang bisa dibawa2 itu lo), nah saya mo gabungin, keduanya, jadi 1 bagian, nantinya speaker nya bisa mmc, bisa flashdisk, bisa fm, dan kalo dihubungin ke hp atau laptop tetep bisa gtu mas. apa bisa dimodif seperti itu ?
2. saya juga punya speaker simbada cst270n, punye temen katanya rusak, dikasih ke ane, trus ya terima aja, nah itu speaker dinyalain terdengar suara bass nya, trus langsung terdengar suara berisik dari speaker kecil nya(bukan bass nya), dan suaranya itu udh berisik keras lagi mas, saya udh buka ada komponen didalamnya yang hangus, resistornya. setelah saya ganti masih tetep seperti itu mas, ada solusi ? waktu beli resistornya, kaya yang punya toko, ga mungkin cuma resistornya aja. itu speaker pasti nyala trus, sehingga komponennya kepanasan terus gosong, nah saya bingung bagian mananya lagi yang perlu saya ganti, gtu. mohon pencerahannya mas. ````salam newbie````

Balas

tambahan no.1 : jadi hasil dari modofokasi speaker yang saya maksd itu, speaker nya bisa bersuara mengeluarkan bunya yang sama dari speaker aktif dan speaker kecil, dan apa bila di hubungin ke hp atau laptop juga bisa dengan bersuara sama. mohon jawabnya ya mas

Balas

Mantab gan, sy suka bc2 artikelnya,, maulah sy blajar sma agan..

Balas

Artikel yang bagus mas, kebetulan saya juga punya spker aktif jadul merk JDL cm TR finalnya pakai seri yg TIP41c dan 42c, tr driver pakai seri BD139 dan 140, semua msh ori dan msh bunyi, biar bass dan treble mantap di rombak apanya ya mas?klau tr final diganti pasangan tip3055 kmudian trafo dinaikin ke 5A bs gak ya mas?mkasih mas sbelumnya.

Balas

Harusnya lebih bagus mas ditambah... Coba kabelnya digedein terus R catunya dikurangin nilai ohmnya.

Balas

Itu juga bisa.. Menurut selera aja kok. Standart sbnrnya jg udah bagus... Tp biasanya pd ngejar bass yg menghentak ke dada.hehe

Balas

Dibuat spt punya saya jg boleh... Nanti tr finalnya di gedein biar tambah power full. Tp jgn lupa lihat kondisi speker dulu klo msh mampu lanjutkan

Balas

Wah saya jg br tahap belajar kok mas. Cm berusaha membagikan pengalaman yg saya tahu.he...

Balas

Agar powerfull mas... Coba dipraktekkan di dengar suaranya. Beda khan??

Balas

Itu menurut selera aja mas... Kalau untuk ruangan bagus semua kok. Stk lebih bermaain di treble yg halus bgt tapi sayangnya cari icnya yg asli udah langka.

Balas

Power menurut selera aja mas... Tp yg terpenting adalah membuat driver power yg bagus dulu. Itu harus diutamakan mas :D

Balas

1.Bisa mas, ditambah mixer aja klo mau di gabungin. Input tiap chanel pake penguat mic+nada (spt bikin mixer biasa). Jd agar dr dr tiap input bs diatur volumenya. Tp apa suaranya g bikin bingung klo bunyi semuanya?? Hehe...
Atau kalo mau gantian tinggal di pasang saklar putar.

2. Kerusakan gag semuanya sama mas... Harus di check dulu tiap komponennya. Mungkin ada nilai komponen yg berubah,mati,putus, dsb. Yang penting sabar manasin solder sambil berdoa y mas. Mudah2an speakernya bs bunyi lagi.

Balas

Wah,...mantap tuh ilmunya,...

Balas

Sama2 saya cm berbagi pengalaman aja kok

Balas

Oke.. Mksh jg buat kunjungannya :)

Balas

malam mas endi, keren nih tutornya kebetulan saya juga lagi rakit speaker aktif pake ocl, travo 3a 18v tapi output suara di speaker kok kecil penyebab biasanya apa ya?..
Thanks before

Balas

Ocl yang berapa ya mas?? Coba jangan pake tone control dulu agar suara asli powernya kelihatan.. Jika power aja kecil berarti permasalahannya pada tiap tingktan penguatannya. Atau mungkin perkabelan ada yg blm tersambung :-)

Balas

Maaf kelewatan blm terbalas.. Disesuaikan nilai Cnya dulu mas. Klo udah baru merubah Rnya. Saya merubah nilai komponen pd tone tdk pake patokan kok.

Balas

Gag mas justru suaranya jadi lebih lantang.. Cocok dipake untuk mid

Balas

Maaf ms mau tanya.. bila spiker aktif dsambung ko malah mati ap penyebabny mas. Mohon ptunjukny mas. Terimakasis.

Balas

Disambung bagaimana ya maksudnya mas...

Balas

Saya mah awam soal ginian tapi sebenarnya hobi juga walau kadang asal ngrakitnya hee.. Maklum wong ndeso..

Balas

Sama kok mas saya jg orng desa kok.he...
Justru mlh orng desa kebanyakan mau diajak untuk saling berbagi mas.

Balas

Salam kenal mas.sya punya sepker aktip .nah deoda legulator nya panas banget cuma di kasih tegngn sebentar juga.transistor output pake TIP 41 42.BD 139.140.zener.sya udah ganti msih ajah tetap panas deoda nya'kira"apa nya yah.mksih

Balas

Aslamu alaiqum mas.salam kenal.sya punya speker aktip.pnyakit nya,deoda legulator panas banget.kaya konlset gituh.terus TR output nya.pake TIP 41 42.BD 139.140.zener udh sya ganti.tpi panas.kira"apanya yah,apakah R nya.maap mas sya kepo.sya masih belajar.pengen bisa elektronik..

Balas

nuwun sewu mas, saya punya home theater system 5.1 merk LG type 4230S (yang speakernya kecil2) . setelah di coba saya merasa bass dan trebelnya kurang joss, kira2 di tambahin apa ya mas biar mantap suaranya... mohon pencerahannya.. matur suwun...

Balas

Coba dioda diganti brigde yang ukuran diatas 30A mas, sekalian 5 zener 4148nya diganti pakai IN4007... kalo masih tetap panas mungkin ada jalur yg konslet antara positif dengan groundnya... Coba test dulu tanpa beban speaker dan lepas TR finalnya hasilnya bagaimana.

Balas

Saya belum pernah buka home theater LG.... tapi kalo speakernya malah ada. Mungkin untuk modifikasi rangkaiannya cukup sulit karena biasanya home theater model sekarang memakai modul prosesor untuk memproses suaranya. Alternatifnya dengan mengganti speaker subwoofernya dengan dobel coil ukuran 4ohm.

Balas

Mas mau tanya,kalo rangkaian tone booster ini bisa diaplikasikan ke speaker aktif simbadda g?rangkaiannya pake TDA 2030,trma kasih jawabannya mas.

Balas

Bisa mas... dicoba aja nanti hasilnya share dimari ;)

Balas

Ngapunten mas.. Saya punya simbadda cst 9800 (ic 4558) keluaran pertama; kondisi saat ini suara bass nya (woofer) menurun drastis. Mungkin njenengan punya analisa, bagian mana yang terindikasi rusak..?
nuwun..

Balas

Di amankan dulu nih om

Balas

Mas klo ngilangin suara led 3 warna di speaker gmna ya? Saya ngambil daya dr amplifr. Ga enak suaranya.....-_-!

Balas

salam kenal gan, infonya sangat menarik untuk saya pelajari..Boleh saya minta no pin BBM nya gan..

Balas

Aduh kang jadi ingin ikut nimbrung nih, saya punya speaker aktif double woofer 15" plus tweeter dengan RMS masing2 200 watt, apakah bisa bagus dan kuat untuk digunakan di lapangan / panggung? dan bagaimana apabila diparalelkan lagi dengan satu pasang yang sama, apakah akan menambah bagus dan tidak akan ada masalah?

Balas

bingung cara nya min pdahal pingin nyoba :D
ada yg lebih detail cara pemasangannya hehe

Balas

maaf maz. minta skema tone bosternya. skalian daftar komponennya.

Balas

Transistor pinal dikasih sanken gtu bsa gak bos

Balas

Suara bass menurun drastis bisa diakibatkan dr beberapa faktor mas. Bisa dari komponen dan Biasanya untuk pemakaian lama yang paling umum adalah box speaker yang mulai bocor krn pemkaian yg lama atau disebabkan dr speakernya sendiri

Balas

Klo bisa catu tegangannya di pisah mas

Balas

Bisa mas tambah mantap tapi biasanya tenaganya akan berkurang klo saat volume tinggi krn beban speaker yg terlalu banyak.

Balas

Haha... Ini menurut saya sudah paling mudah kok mas. Ikuti petunjuknya saja. Tinggal baca skema rangkaiannya. Oke ?? Thanks ;-)

Balas

Skema tone boster sudah saya terbitkan mas... Tinggal klik saja bagian bawah

Balas

Sangat bisa maz hasilnya lebih bagus. Tp sebelumnya periksa dulu kekuatan speakernya yah

Balas

Lewat email aja mas. Soalnya saya jarang pake bbm

Balas

Sumonggo mas...jgn lupa share hasilnya

Balas

Nuwun sewu mas.berapa idealnya arus d tr A 564 /A 733....apa itu utk set dc ofset.
R 560 pd tr suplay...emitor

Balas

Klo ideal arus pre amp buffer saya kurang paham. Intinya semakin besar arus semakin baik, namun sebisanya set dc ofset harus mendekati 0. Minimal 20mv dengan skala 2,5

Balas

Coba diodanya diganti yg lebih besar yg ada pendinginnya.

Balas

mohon pencerahannya ,saya baru saja bili kit sepiker aktif di pasaran tapu kuk suara bass tidak empuk kurang bulet mohon bantuanya cara modifnya agar bass empuk dan bulet

Balas

wah mantap mas...tlng skemanya dong...kirim ke parakesatriaku@gmail.com

Balas

Mikum mas..
Maaf mas sya mau tanya ni.
Kenapa yah..spker aktiv sya..klo pas di nyalain suka keluar suara mendengung keras padahal volumenya di matiin. Penyebab'y knpa yah mas..???

Balas

Mikum mas..
Maaf mas sya mau tanya ni.
Kenapa yah..spker aktiv sya..klo pas di nyalain suka keluar suara mendengung keras padahal volumenya di matiin. Penyebab'y knpa yah mas..???

Balas

Saya dah coba buat ampli 150 w di modifikasi.untuk speaker 6" daun speakernya tak terkendali. Kalau 12" biasa aja.kenapa ya??

Balas

mas mau nanya saya punya speaker aktif suaranya kurang besar walaupun potensio sudah full kira kira dimna ya?

Balas

gan lo travo 1 amp bisa ga buat spiker 21 inc 4 buah

Balas

Min mohon penjelasannya kalow aku punya salon aktip jadul di dalamnya memakai transistor jengkolan sebanyak 4 biji terus mau di tukar sama transistor persegi terus harus yang model apa ya dan apa ga ada efeksampingnya jika aku ganti tu

Balas

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d

Balas

aku mau nanya kang ..speker aktif ku trafonya 2 amper kalau diganti yang trafo 5 amper ada perubahan ga ke suaranya?....lebih bagus apa ga kang

Balas

Tergantung sih mas... Bisa sanken bisa toshiba. Biasanya karekteristik nadanya agak berbeda klo menurut telinga saya. Transistor sanken bassnya pulen tapi klo buat outdor tendangannya kurang jauh/hanya cocok utk ruangan. Tp klo jengkolan bassnya agak kasar namun klo buat outdoor masih bisa jauh jarak tendangan bassnya.

Balas

Iya mas semakin gede ampernya juga mempengaruhi wattnya. Diganti aja yg gede

Balas

Gan mau tanya nih kalau ic bisa d ganti pske transistor ga...kko gak bisa biar suara nya mantap jernih bas empuk walau volume full...kira kira ic tda nya d ganti pake ic type berapa ya gan tolong info nya...

Balas

Tapi untuk yg luar ruangan ic nya...gan

Balas

Tapi untuk yg luar ruangan ic nya...gan

Balas

Gan mau tanya nih kalau ic bisa d ganti pske transistor ga...kko gak bisa biar suara nya mantap jernih bas empuk walau volume full...kira kira ic tda nya d ganti pake ic type berapa ya gan tolong info nya...

Balas

Sampeyan pake tda2030 apa tda2050

Balas

Klo yang jernih pake lm 1875 mas tapi yang asli bodynya tanpa coakan. Agak susah sih tapi di jamin jernih karena distorsinya rendah.

Balas

ic ganti transistor harus rubah rangkaian juga mas

Balas

wah speakernya gede banget mas....

Balas

ya karena powernya kurang besar juga mas... karena beban speakernya yang gede

Balas

Ya karena speaker 6" biasanya untuk power2 kecil aja

Balas

kalo mendengung biasanya ada transistor yang short mas di bagian finalnya

Balas

bisa juga karena pengaruh speakernya mas

Balas

Minta skema tone booster,

adhylektra@gmail.com

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :