logoblog

Perlengkapan Elektronik Untuk Membangun Sebuah Studio Karaoke


gambar karaoke
Perkembangan bisnis hiburan memang tidak ada matinya. Salah satunya adalah bisnis karaoke yang akhir-akhir ini digandrungi para pengusaha. Bahkan dari kalangan selebritis pun memilih bisnis jenis ini untuk dikembangkan. Tidak heran jika produksi alat-alat karaoke pun tinggi, dan penjualannya sudah melingkupi wilayah konvensional sampai media online. Bagi Anda yang juga ingin mencoba peruntungan di bisnis karaoke, sebaiknya ketahui dulu alat-alat apa saja yang sebaiknya dibeli.

Alat-Alat Elektronik yang Wajib Dimiliki untuk Membangun Studio Karaoke

Sebagai tempat hiburan yang mengkhususkan pada musik, studio karaoke memerlukan peralatan elektronik yang memang berhubungan dengan hal-hal berbau audio. Perlengkapan untuk bernyanyi ini adalah hal paling penting dari sebuah tempat karaoke. Untuk membangun sebuah studio karaoke dibutuhkan peralatan elektronik yang wajib ada di studio karaoke. Oleh sebab itu, sebelum mendekor studio anda dengan berbagai gaya, sebaiknya perhatikan terlebih dulu perlengkapan yang dapat disesuaikan dengan bugdet dan kebutuhan anda. Perlengkapan tersebut meliputi :

1. Player

Player Karaoke
Player merupakan peralatan elektronik pemutar musik paling utama yang harus dimiliki. Anda dapat menggunakan DVD Player maupun PC. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelebihan yang harus Anda pahami. Jika menggunakan DVD Player maka lagu yang bisa diputar berasal dari kaset VCD/DVD/MP3. Pengontrolannya mudah karena ada remote yang dapat digunakan mengatur tinggi-rendah nada, tempo, dan lain sebagainya. Kekurangannya, kadang tidak bisa diinput lagu baru dari perangkat Anda seperti ponsel maupun USB. Sebaiknya dalam memilih player karaoke cari yang sudah mempunyai port HDMI agar output visual dari tampilan player nantinya berkualitas tinggi (HD). Sedangkan jika Anda memilih menggunakan PC, maka anda harus bisa mengoperasikannya menggunakan mouse atau keyboard. Tidak ada remote. Kelebihannya, lagu bisa ditambahkan sesuka hati sehingga koleksi lagu lebih banyak. Saat ini juga sudah tersedia player karaoke yang sudah support dengan hardisk, sehingga memudahkan kita untuk menambah maupun menghapus lagu sesuai dengan kapasitas ruang penyimpanan hardisk yang kita miliki.

2. Microphone

microphone
Microphone juga menjadi alat elektronik yang tidak bisa ditinggal jika ingin membuat studio karaoke. Benda satu ini sangat disukai pelanggan karena fungsinya sebagai alat bantu bernyanyi. Anda bisa membeli microphone kabel maupun wireless, jika ada dua-duanya malah lebih bagus, supaya pelanggan yang datang dapat memilih ingin memakai microphone mana ketika bernyanyi. Namun, jika tidak ingin repot-repot mengganti baterai, microphone kabel memang lebih disarankan.

3. Display Player

display player

Display player sebagai penunjang karaoke. Benda elektronik yang satu ini fungsinya untuk menampilkan gambar video dari DVD/CD yang diputar. Biasanya, menampilkan lirik lagu untuk membantu Anda menyanyikan sebuah lagu. Sekarang ini, display player bisa menggunakan tv berukuran besar maupun proyektor.

4. Power Mixer Amplifier

power mixer amplifier

Power mixer amplifier ini biasanya digunakan jika anda memakai speaker pasif. Fungsinya adalah untuk menguatkan sinyal output audio yang berasal dari perangkat player karaoke anda. Dalam amplifier ini sudah terdapat beberapa kanal mixer untuk mengolah dan mencampur suara (mixing), yang dapat diatur melalui knop potensio yang disediakan. Baik pengaturan nada suara bass, treeble, middle maupun menambahkan efek echo, sehingga menghasilkan output suara yang enak didengar.

5. Speaker

speaker karaoke

Speaker ada dua jenis, yaitu speaker aktif dan pasif. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan kedua-duanya. Akan tetapi, speaker aktif lebih disarankan supaya dapat digunakan bersama power mixer amplifier. Dengan begitu, Anda dapat mengeluarkan suara sesuai dengan yang diingkan. Pastinya akan lebih enak didengar.

6. Subwoofer

subwoofer
Subwoofer digunakan untuk mereproduksi nada suara rendah (bass), dalam subwoofer ini terdapat rangkaian low pass filter berfungsi untuk menyaring nada suara rendah yang bekerja pada frekuensi antara 20 Hz ~ 100 Hz. Mungkin Anda bisa mengabaikannya, namun jika menambahkan subwoofer pada perangkat studio karaoke yang anda miliki, suara bass yang dihasilkan akan bisa diatur sedemikian rupa sehingga lebih enak. Apalagi jika lagu yang diputar penuh hentakan, suara musik pun jadi lebih bulat dan mantap.

 

Hanya di Bukalapak Jual Alat Elektronik Paling Lengkap

 

Untuk menghasilkan studio karaoke yang berkualitas, maka alat karaoke yang Anda beli juga sebaiknya tidak sembarangan. Mahal tidaknya harga perlengkapan elektronik yang dibeli memang tergantung pada toko yang bersangkutan. Namun, daripada Anda bingung mencari toko mana yang baik dan menawarkan harga terjangkau, lebih baik segera cari semua peralatan karaoke di Bukalapak. Ada banyak pelapak terpercaya yang menjual barang kualitas tinggi dengan harga lebih terjangkau daripada toko konvensional. Tunggu apalagi, Bukalapak dulu, karaoke kemudian.



Artikel Tentang : Perlengkapan Elektronik Untuk Membangun Sebuah Studio Karaoke - Eyuana.Com

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :