Skema Penguat Nada Tone Booster

" TONE BOOSTER"
Rangkaian penguat nada ini sering saya sebut dengan Tone Booster. Fungsinya adalah memperkuat gain nada bass dan treble untuk perangkat audio yang anda miliki di rumah.  Perlu ditekankan lagi bahwa rangkaian ini saya rekomendasikan untuk pecinta audio yang ingin memiliki perangkat audio yang menggelegar bass yang menonjol dan treble yang kuat. Rangkaian ini cocok untuk pecinta musik keras bukan musik halus ataupun lembut (mellow) karena dengan ditambahkannya penguat nada ini suara yang dihasilkan lebih garang dan sedikit berani. 

Sebenarnya sudah banyak sekali product yang dijual di pasaran untuk memperkuat gain nada bass dan treble seperti SUPER GALAXY, TURBO BASS, GIGA BASS, dan sebagainya tapi menurut saya, saya kurang menyukai product pasaran karena frekuensi nada yang dihasilkan kurang garang. Artinya kebanyakan yang di jual di pasaran suaranya terlalu halus dan bassnya kurang nendang walaupun sebenarnya untuk nada bassnya sudah kempel menurut pribadi saya. Tapi jika anda kurang menyukai music keras, tidak apa-apa karena musik itu selera masing-masing individu. Tapi rangkaian ini layak di coba untuk melengkapi perangkat audio anda di rumah.

Seperti ditulisan terdahulu saya tentang cara  " Modifikasi Speaker Aktif model OCL " sudah pernah saya bahas dan saya sempat membuat rangkaian tone booster ini. Namun untuk skema ini masih saya rahasiakan karena privasi dari si pembuatnya. Dan pertemuan kali ini saya akan mengulasnya. Bagi yang penasaran melihat bentuk jadi rangkaian ini bisa melihat di artikel saya sebelumnya >> Modifikasi Speaker Aktif model OCL .

Karena saya sudah banyak membahas rangkaian ini pada artikel sebelumnya, saya tidak akan cerita panjang lebar lagi mengenai rangkaian ini. Langsung saja akan kami berikan skema penguat nada yang menjadi idola para sesepuh saya di era tahun 90-an.

Gambar Skema Penguat Nada (Tone Booster) dapat dilihat di bawah ini :

skema penguat nada bass dan treble

Skema yang saya buat diatas masih dalam versi mono, jadi apabila perangkat audio anda menggunakan perangkat versi stereo (L & R) anda tinggal membuat 1 rangkaian lagi untuk dipasangkan ke perangkat sebelahnya. Paham khan??

Skema ini cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya yang mahal, inti dari rangkaian tone booster ini adalah rangkaian filter nada pasif yang terdiri dari R dan C yang di susun sedemikian rupa sehingga mendapatkan nada yang pass, kemudian rangkaian di kuatkan oleh transistor NPN agar di dapatkan suara yang menonjol dan mantap. Beda transistor kadang suaranya pun berbeda misal transistor seri C945, C1815, C1162 dan mungkin D313 lebih keras lagi. Tapi saran saya gunakan transistor standart saja C829 atau C1815 sudah cukup.
Catatan tambahan : Rangkaian ini sangat cocok sekali jika di aplikasikan dengan tone control model transistor. Jika anda mempunyai perangkat equalizer tambah bagus lagi, karena frekuensi bisa di rubah sesuai keinginan kita. Dan satu tambahan lagi khusus elco umpan ke basis sebaiknya gunakan voltase rendah antara 6 s.d. 16 volt saja, karena jika menggunakan elco diatas 10 volt juga kurang bagus. Artinya cakupan tegangannya terlalu tinggi mengakibatkan suara kurang open atau bahasa kerennya kurang loss.

Untuk rangkaian jadinya bisa dilihat di artikel sebelumnya,


Di contoh rangkaian yang saya buat tersebut ada beberapa komponen yang saya rubah karena kebetulan saya tidak memiliki stock komponen seperti yang tertera pada skema diatas. Walaupun ada perubahan tapi tidak terlalu jauh dengan skema aslinya misal 8k2 menjadi 10K,ada yang saya seri maupun pararel seperti nilai 47ohm saya ganti dengan 2 buah resistor pararel ukuran 100ohm,dsb. Hal itu disebabkan karena saya sedikit malas pergi ke toko elektronik. Masak ke toko cuma beli R saja khan lucu ya. Betul tidak??
Rangkaianya saja tidak menggunakan papan PCB seperti kaidah yang benar. Tapi jangan kawatir walaupun rangkaian ini kecil tapi efeknya jauh jika dilihat dari tampilanya yang mungil. Untuk supply tegangannya saya tambahkan 7812 sebagai penyetabil 12V-nya karena output AC Matic 18Volt.

Untuk rangkaian filter nada di era tahun 2000-an seperti sekarang ini sudah banyak yang beralih ke IC atau sebut saja OP AMP. Jenis IC OP Amp ini pun berbeda-beda dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti LM 741, TL071, JRC 4580, dsb. Tapi sebenarnya intinya sama saja, cuma kalau yang model IC kita tidak bisa merubah frekuensi nadanya. Karena itu sudah standart pabrikan dan sudah di survey dari beberapa telinga dan nada favorit tiap individu berbeda-beda, sehingga dibagi menjadi beberapa tipe IC OP AMP dan anda dapat mengganti IC OP Amp tersebut menurut selera anda. Tinggal anda pilih yang mana bass, treble, medium,kalem,keras dan sebagainya. Mungkin yang baru tenar sekarang ini adalah model "tone control parametrik" perpaduan dari beberapa OP Amp agar menghasilkan suara yang pass. Ya seperti itulah namanya perkembangan zaman.... selalu dibikin praktis dan semaksimal mungkin.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, mungkin lain waktu bisa saya jabarkan lagi mengenai jenis-jenis IC OP AMP menurut frekuensi nadanya. Tapi yang perlu anda ketahui adalah rangkaian tone booster ini menjadi idola di era tahun 90-an, rangkaian ini sempat menjadi rahasia para sesepuh master pada jaman dahulu. Rangkaian ini menjadi perintis di temukanya penguat nada seperti  sekarang ini. Terimakasih.... Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Artikel Tentang : Skema Penguat Nada Tone Booster - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

50 comments

sip! jadi ingat jamane dulu saat main galaksi!

Balas

Mas tanya dong soal speaker. Saya punya speaker 2.1 merek simbada, dengan 1 speaker besar (bas) dan 2 speaker kecil (subwofer). Nah, salah satu subwofer ini mati, kadang kalau digoyangk-goyangkan kadang mau hidup. Itu mudah gak yah kalu diperbaikinya?

Balas

@guru terpencil:
pak toro hobby audio juga ya?? iya memang rangkaian super galaxy juga sempat menjadi tren di jaman dulu. Tapi biasanya bagusan yang galaxy model TR ditimbang yang seri ICnya. Betul tidak pak?? ;-)

@Mas Ridho Roma:
Banyak sekali penyebabnya kang ridho... tapi biasanya kerusakan hanya di jacknya atau kabelnya, bisa jack male maupun yang femalenya kang. Check dulu aja kabel jack yang malenya pake bateray remote pakai kabel ditempelkan terus digesek-gesekan kalo speaker masih bunyi berarti kabel & jacknya normal masalahnya berati jack bagian femalenya sehingga harus perlu dibongkar. Thanks

Balas

ooo gitu, nyari baterai remote nya nyari dimana yah hehehe

Oh ya, yang colokan male (cowok) itu yang panjang kan? yang cewek yang berlobang bukan? :D

Balas

@bang ridho:
Ya dimana-mana kalo male (cowok) harus panjang bang.haha.... Bang ridho ini ada ada saja lho....

Iya benar bang, seperti itu, nyari baterainya bisa beli baru atau pinjem baterai remote tv dulu

Balas

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi:
Jadi kalau pakai baterai AAA atau AA bisa juga yah?

Balas

@bang ridho:
Bisa sekali bang ridho... pakai baterai besar juga boleh intinya sama.

Balas

bang maaf ni mau tanya, itu ambil ground nya dimana,,hehe msih awam ni
Dan salam kenal ya mkasih!!

Balas

salam kenal .. kalo ada equalizernya pemasangan tune boster baiknya dimana mas..? punyaku sekarang ( audio in - equalizer - echo reverb - tune control - power ) suaranya tambah kecil bila dikasih equalizer.. trimakasih jwbnnya..

Balas

salam kenal .. kalo ada equalizernya pemasangan tune boster baiknya dimana mas..? punyaku sekarang ( audio in - equalizer - echo reverb - tune control - power ) suaranya tambah kecil bila dikasih equalizer.. trimakasih jwbnnya..

Balas

saya sering merakit power OCL 150 w. tapi treblenya selalu "ngesrok" alias pecah kalo pot treblenya dibesarkan. apakah modifikasi OCL milik bapak tersebut bisa mengatasi keluhan saya tersebut pak. sebelumnya saya ucapkan salam kenal dan terima kasih

Balas

Grondnya jadi satu dengan catu negatif (-)

Balas

Pake audio distributor om klo suaranya habis gara2 kebanyakan perangkat.. Klo di tambah tone boster pemasangan sblm tone control

Balas

Wah komenya dobel :D

Balas

Kalo saya cenderung untuk musik keras maa, spt : rock, underground,dsb. Klo untuk musik melo sebaiknya pake tune parametrik aja suaranya cenderung lembut.

Balas

tone booster langsung ke input power ampli bisa nda pak?? apa efeknya(terjadi penmbahan bass atau mid atau treble) atau gainnya saja??

Balas

Bisa mas... tp biasanya saya pasang sebelum masuk tone control/mixer. Di coba dulu saja biar g penasaran... Nanti hasilnya share lg kesini mas.

Balas

sya sdh buat 1 utk pngtan pre amp subwoofer. out pre amp subwoofer->tone booster->pa. ada pnguatan sekitar 50-60% tnpa nois.

Balas

Saya malah belum mencoba mengaplikasikan ke subwoofer, Untuk hasil nada bassnya gimana mas... dentuman bassnya jadi over gag??

Balas

nada sama dentuman bassnya sya rasa ttp sama tidak ada prubahan mas hnya pnguatannya yg ktambah

Balas

Rangkaian ini menguatkan nada treble dan bass secara bersamaan agar suaranya lebih garang, sangat cocok jika di aplikasikan untuk pencinta music keras. Kalau menginginkan dentuman bass yg bagus sebaiknya ditambahkan rangkaian low pass filter saja untuk nada bassnya. okey ;)

Balas

Saya suka sekali blog ini ..berbagi ilmu nya sangat terbuka tidak setengah setengah,terimakasih bnyak mas.

Balas

Oke terimakasih kembali bwt ms muhamad

Balas

Saya suda coba tp kok berdengung ya mas

Balas

Oya mas R1m itu tidak saya kasih karena d toko pas kosong klo bs itu d ganti dengan r berapa??? C 2n7 saya ganti dengan 220n suara dan bas mantap cuma cara ngilangin dengun itu gmana ya????

Balas

Gan ane minta pencerahanya dong, ane pakai ampli audio card TDA 2005 stereo, cuman mau ane tambahin kit giga bass plus,kira2 bisa apa ga ya, & cara urutan pasangnya gmana, soalanya ane udah coba dari HP ke GIGA BASS ke AMPLI trus ke SPIKER tp ga bunyi, trus ane dah coba jga dari HP ke AMPLI ke GIGA BASS trus ke SPIKER tp tetep ga buyi jga.

Balas

Punten kang pami tiasa mah nu langkung jelas deui gambar na tone boster na..supados ecess manawi kang..punten nuhunn slmmm

Balas

tone control ku denguung sapa bisa bantu

Balas

Berbagi tanpa pamrih....smoga Allah membalas segala kebajikan Bang Admin....salam kenal
Tidak banyak blog yang blak2an seperti ini....Sukses slalu

Balas

assalamu alaikum lam kwnal semua ada yg bisa bantu nggak kasih skema tone nada midle aja makasih sebelumnya.......

Balas

Makasih sob, aku udah coba kaca birman sampay pecah heheeheeee ton bosternya aku gabung dengan tonkontrol sansui 4 tr

Balas

min mohon infonya R1M itu ble di ganti a ditiadakan,,klw ble diganti nilainya brapa,,makasi min,,,mohon di balas

Balas

masang nya gimana mas yg output ke tune control mksdnya gmna?. kalau input audio yg biasanya dpasang dari dvd atau cd itu?

Balas

Gan untuk input audio sama yg ke output tone control biasanya kn ada 2 (+,-),itu kok masing-masing cuma ada 1 terminal,nanti yg satunya lg d sambungkn kmn gan? Sama capasitor 22nf kakiny yg satu lg d sambungkn kmn?
Maaf gan br bljr electro

Balas

tone booster bahannya apa ajah ya om...?? kurang ngerti soalnya..

Balas

transistor c829 bukannya kakinya E, C, B ya gan?

Balas

power supplynya kurang bagus mas... banyakin filternya

Balas

pake aja 470K di seri mas ( 2 biji) gak papa coba power supplynya di pisah aja

Balas

kalo giga bass cuma naikin nada bassnya aja jadi g begitu kerasa klo musiknya mellow

Balas

wah kagak ngerti bahasanya mas

Balas

power supplynya di bagusin mas... sama groundingnya di banyakin

Balas

Terimakasih om sama-sama :-)

Balas

pake ic AN 3600 aja mas.... coba cari data sheetnya

Balas

470k diseri aja (2biji) om sama saja

Balas

di pasang sebelum tone control mas

Balas

yang input/output audio negatif jadi satu dengan negatif power supply...

Balas

udah ada nama-namanya kok mas tinggal bawa skemanya ke toko elektronik. terus sampeyan rakit sendiri :-)

Balas

iya E C B mas kalo dari depan :smoke :love

Balas

Mas cara menambahkan middle di tone control gmana ya? tone control ku cuma 3potensio vol,trib,bas. makasih jawbannya.

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :