Tips Memperbaiki Lampu Efisiensi

Pada kesempatan ini kita akan coba membahas cara memperbaiki lampu hemat energi / lampu efisiensi. Lampu yang sudah mati merupakan barang bekas yang tidak bisa dipakai lagi dan kebanyakan orang langsung membuangnya, sebenarnya lampu tersebut masih bisa diperbaiki. Berikut ini saya berikan tips memperbaiki lampu efisiensi yang kebanyakan sering dilakukan oleh dokter lampu. Cara kerja lampu efisiensi atau lampu hemat energi yaitu arus listrik 220 Volt di ubah menjadi arus dc oleh dioda bridge selanjutnya difilter oleh kondensator elektrolit. Tegangan tersebut kemudian diolah secara elektronik oleh rangkaian inverter dari tegangan dc dirubah menjadi  ac kemudian arus tersebut akan menyulut tabung CFL (Compact Fluorescent Lamp ).  
Lampu hemat energi
Gambar Lampu Efisiensi
Cara Memperbaiki Lampu Efisiensi :

Pertama-tama kita siapkan alat berupa solder,atraktor,tenol,multi tester,obeng kecil. Setelah alat-alat lengkap maka kita mulai membuka tutup dari rangkaian lampu dengan cara mencongkel dengan obeng kecil. Setelah tutup tersebut terbuka maka kita dapat melihat rangkaian elektronika/ballast elektronik.Kemudian pisahkan rangkaian tersebut dengan lampu tabung tersebut dengan cara melepas 4 kawat sambungan pada rangkaian. Untuk mengetes filament tersebut kita gunakan multi tester pada posisi 10X. Apabila jarum bergerak saat pengukuran masing-masing filament maka dapat kita simpulkan bahwa lampu tabung masih layak digunakan. Karena lampu tabung masih baik maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada rangkaian ballast elektronik. Apabila filament lampu tabung yang putus maka kemungkinan rangkaian ballast elektronik masih baik. Kerusakan pada lampu biasanya ada 2 kemungkinan yaitu Rangkaian ballat rusak atau lampu tabung yang putus, maka dapat kita akali dengan cara kanibal. Cara kanibal dapat kita gunakan apabila kita mempunyai 2 lampu yang rusak dan kerusakannya berbeda cotohnya kita mempunyai sebuah lampu yang rusak ballast elektronik dan lampu yang lain rusak pada lampu tabungnya. Kita dapat memanfaatkan ballast elektronik yang masih bagus dan kita pasang pada tabung lampu yang masih bagus.

Pada komponen ballast elektronik yang sering rusak adalah transistor. Karena hampir semua jenis ballast elektronika yang ada hamper sama, maka bisa kita gunakan system kanibal pada ballast elektronik yang lain. Dengan system kanibal kita dapat menghemat biaya. Biasanya transistor yang digunakan yaitu seri 13001 untuk daya <8 watt, seri 13002 untuk daya 8 watt sampai 18 watt, seri 13003 untuk daya diatas 18 watt.

Tanda kerusakan tabung lampu :
  • Pada salah satu atau kedua ujung filament berwarna hitam,hal ini dikarenakan panas yang berlebih pada filament yang diakibatkan tegangan lebih ataupun usia pakai. Untuk lebih baiknya kita gunakan multitester untuk mengecek filament.
  • Tabung lampu retak,kemungkinan dikarenakan jatuh ,terbentur,atau karena panas yang berlebih pada tabung lampu.
Tanda kerusakan pada ballast elektronik :
  • Sekring putus, biasanya putus dapat kita tes menggunakan multi tester pada skala 1X, apabila jarum bergerak maka sekring baik.
  • Dioda short, hal ini jarang terjadi untuk mengetesnya kita menggunakan multi tester pada posisi 10X, apabila jarum tidak bergerak maka dioda putus. Bila pengetesan posisi dioda dibolak-balik dan jarum bergerak maka dioda short.
  • Capasitor, kerusakan pada umumnya capasitor terlihat menggembung. Cara pengetesan menggunakan multi tester posisi 10X apabila jarum bergerak kemudian kembali ke-posisi nol berarti capasitor baik. Apabila jarum bergerak dan tidak kembali maka capasitor korslet.
  • Resitor, kerusakan biasanya ditandai dengan terlihat terbakarnya resistor. Cara pengetesan dengan multi tester, bila jarum bergerak menunjukkan nilai yang sama dengan nilai resistor maka resistor baik,apabila jarum tidak bergerak maka resistor putus.
  • transistor, biasanya transistor pecah, untuk mengetesnya menggunakan multi tester posisi 10X. Transistor baik jika jarum bergerak apabila basis pada kabel merah dan colektor atau emitor pada kabel hitam dan jarum tidak bergerak pada saat dites menggunakan multi tester antara colektor dan emitor.
Lampu efisiensi
Gambar Ballast Lampu Efisiensi


Untuk bahan penunjang berikut ini saya berikan beberapa contoh skema lampu effisiensi / lampu hemat energi.

1. Lampu Philips 11 Watts
skema lampu philips


















2. Lampu Philips 14 Watts
lampu philips

















3. Lampu Osram Dulux EL 21 Watts
lampu hemat energi

















4. Lampu Eurolite 23 Watts
lampu efisiensi




















Sebenarnya masih banyak lagi skema lampu hemat energi, namun sebenarnya pada dasarnya prinsip kerjanya sama. Perbedaannya paling menonjol biasanya terletak di besarnya kapasitor milar yang digunakan dan mungkin beberapa perbedaan lainnya. Semoga bermanfaat !!!

UPDATE TUTORIAL LENGKAP PERBAIKAN DISERTAI GAMBAR SILAHKAN BACA >> TEKNIK MEMPERBAIKI LAMPU EFISIENSI (JILID 2)

Artikel Tentang : Tips Memperbaiki Lampu Efisiensi - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

180 komentar

kalo untuk modifikasi rangkaiannya. supaya tegangan yg masuk bisa dengan 12 volt dc, apakah bisa?

Balas

@leaf of think: Kalo anda menggunakan 12 volt untuk tegangan input ( semisal accu) anda harus menggunakan rangkaian inverter penaik tegangan untuk membuat lampu tersebut agar dapat menyala dipasaran banyak mas.

Tapi kalo hanya utk sekedar menyalakan lampu TL coba anda baca >> Inverter Lampu TL 12 VOlt

Balas

bila lampu berhasil atau dapat di repaasi ulang apakah lampu tersebut bisa bertahan sampai 1 tahun?

Balas

@Anonim: Tahan lama atau tidaknya lampu tergantung berdasarkan pemakaian atau lamanya lampu berpijar, selain itu tingkat kestabilan listrik di rumah anda. Berdasarkan pengalaman untuk lampu philips akan lebih awet jika dibanding merk yg lain.

Balas

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

HARGA KACA
2U (Lokal) 5w Pendek 2.000
2U(Ori) 11/14w Panjang 4.500
2U(Lokal) 11/14w Panjang 2.000
3U(Ori) 18/20/23/24w Panjang 7.000
3U(Lokal) 18/20/23/24w Panjang 4.500
4U Jumbo 40/45/50w Panjang 19.000
4U Jumbo 40/45w Pendek 17.000
Spiral(Ori) 18/20/23/25w - 8.000
Spiral(Lokal) 18/20/23/25w - 5.000
Spiral 8/11w Pendek 4.500

085642451201

Balas

Awet atau tidaknya sebuah lampu tergantung pd pemakaian atau lamanya waktu lampu berpijar. Selain itu kestabilan listrik jg sangat berpengaruh dlm segi keawetan lampu anda.

Balas

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
>Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
>Bergaransi dan Cash Bisa Reture
>
>HARGA KACA
>2U (Lokal) 5w Pendek 2.000
>2U(Ori) 11/14w Panjang 4.500
>2U(Lokal) 11/14w Panjang 2.000
>3U(Ori) 18/20/23/24w Panjang 7.000
>3U(Lokal) 18/20/23/24w Panjang 4.500
>4U Jumbo 40/45/50w Panjang 19.000
>4U Jumbo 40/45w Pendek 17.000
>Spiral(Ori) 18/20/23/25w - 8.000
>Spiral(Lokal) 18/20/23/25w - 5.000
>Spiral 8/11w Pendek 4.500
>
>085642451201

Balas

@anonim = untuk lokasi anda dimana. Cukup menarik infonya... Soalnya dalam perbaikan lampu sangat susah sekali jika kacanya sudah hangus.

Balas

http://jual-kaca-lampu-ponorogo.blogspot.com/

Balas

jual kaca lampu 2u,3u,4,u,spiral dan mesin lampu daerah ponorogo jatim. harga bersaing. buka blog saya di :
http://jual-kaca-lampu-ponorogo.blogspot.com/

Balas

OKe mas makasih atas kunjungannya.

Balas

SERVIS LAMPU

TELAH HADIR DI CARUBAN, KAB.MADIUN

(PERUM KALICUNTING F.23/KOLAM RENANG)

- JUGA MENERIMA SERVIS REGULATOR LPG
RAHMAT: 082.141.571.948

Balas

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

HARGA KACA
2U (Lokal) 5w Pendek 2.000
2U(Ori) 11/14w Panjang 4.500
2U(Lokal) 11/14w Panjang 2.000
3U(Ori) 18/20/23/24w Panjang 7.000
3U(Lokal) 18/20/23/24w Panjang 4.500
4U Jumbo 40/45/50w Panjang 19.000
4U Jumbo 40/45w Pendek 17.000
Spiral(Ori) 18/20/23/25w - 8.000
Spiral(Lokal) 18/20/23/25w - 5.000
Spiral 8/11w Pendek 4.500
ADI 081335947456 MADIUN

Balas

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

HARGA KACA
2U (Lokal) 5w Pendek 2.000
2U(Ori) 11/14w Panjang 4.500
2U(Lokal) 11/14w Panjang 2.000
3U(Ori) 18/20/23/24w Panjang 7.000
3U(Lokal) 18/20/23/24w Panjang 4.500
4U Jumbo 40/45/50w Panjang 19.000
4U Jumbo 40/45w Pendek 17.000
Spiral(Ori) 18/20/23/25w - 8.000
Spiral(Lokal) 18/20/23/25w - 5.000
Spiral 8/11w Pendek 4.500
MESIN LAMPU
LAMPU JADI BARU BERGARANSI
SCHEIN 25 DAN 35 WATT @12000
ADI MADIUN 081335947456

Balas

Distributor glass tube lamp/tabung kaca lampu kualitas dan harganya terjamin bagus.
saudi gresik 0852 317 33321/085706288189

Balas

boz bgi info yg jual d
ijakarta donk..

Balas

saya ada kaca lampu daerah kalibata, jakarta selatan,, ada juga lampu jadi,, info 021-26349297

Balas

bang adi
jual tube kg gtu...
klo jual blh mnt alamat lngkp dnk..

Balas

@Rbhe Aza: TERSEDIA KACA 2U,3U,SPIRAL,LAMPU JADI, WATT TERGANTUNG PERSEDIAAN,,

Balas

Daftar harga tabung kaca lampu hemat energi (LHE) :
* 2u lokal rp 1650
* 3u lokal 18w/23w rp 3750
* 2u ori 5w-8w rp 3750
* 2u ori 11w/14w rp 4000
* 3u fospor/mix powder 18w/23w rp 5750
* 3u ori 18w/23w rp 6500
* 4u fospor/mix powder pendek 40w/45w rp 13000
* 4u fospor/mix powder panjang 45/50/65w rp 15000
* spiral lokal 18w-24w rp 4200
* spiral lokal genie/kecil rp 3600
* spiral fospor/mix powder 3t 14w rp 6800
* spiral fospor/mix powder 3.5t/4t 18w-24w rp 7000
* spiral jumbo ori 85w rp 29000

frm. Distributor tabung kaca lampu
Saudi gresik. 085231733321

Balas

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

2U LOKAL @ Rp.1850 (1 karton isi 640)
Tersedia 5.wat,8.wat,14.wat
2U ORI 5WAT @Rp.4250 (1 karton isi 300)
2U ORI 8.wat @ Rp.4500 (1 karton isi 300)
2U ORI 11,14.wat @ Rp 4750(1 karton isi 300)
3U LOKAL @ Rp.@Rp 4000
3U ORI @ Rp.6600(1 karton isi 252)
4U FOSFOR @ Rp 15.500 (1 karton isi 100)
SPIRAL LOKAL Rp.4500
SPIRAL ORI 3.T Rp 7.500
3,5 & 4.T Rp 8.000
ORI PHILIPS TORNADO Rp 9.500

ELCO 400.V/6,8 Untuk 14-35 wat @ Rp 600
TRANSISTOR 13003 Untuk 18&23 wat @ Rp 700
13005 Untuk Jumbo @ Rp 1200 ( DIJAMIN ORISINIL HANOCS)

MESIN HIDUP + CASING KOMPLIT ORI PHILIPS
2.U 5Wat Rp 2500
2.U 8,11 Wat Rp 3000
2.U 14 wat Rp 3500
3.U 18&23 Wat Rp 4500

Adi 081335947456

Balas

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

2U LOKAL @ Rp.1850 (1 karton isi 640)
Tersedia 5.wat,8.wat,14.wat
2U ORI 5WAT @Rp.4250 (1 karton isi 300)
2U ORI 8.wat @ Rp.4500 (1 karton isi 300)
2U ORI 11,14.wat @ Rp 4750(1 karton isi 300)
3U LOKAL @ Rp.@Rp 4000
3U ORI @ Rp.6600(1 karton isi 252)
4U FOSFOR @ Rp 15.500 (1 karton isi 100)
SPIRAL LOKAL Rp.4500
SPIRAL ORI 3.T Rp 7.500
3,5 & 4.T Rp 8.000
ORI PHILIPS TORNADO Rp 9.500

ELCO 400.V/6,8 Untuk 14-35 wat @ Rp 600
TRANSISTOR 13003 Untuk 18&23 wat @ Rp 700
13005 Untuk Jumbo @ Rp 1200 ( DIJAMIN ORISINIL HANOCS)

MESIN HIDUP + CASING KOMPLIT ORI PHILIPS
2.U 5Wat Rp 2500
2.U 8,11 Wat Rp 3000
2.U 14 wat Rp 3500
3.U 18&23 Wat Rp 4500

Adi 081335947456

Balas

mas adi,klo kaca lampu hemat energi ad gk? Alamat yg tepat daerh kendal sblh mana?

Balas

tolong hubungi nmr q kang eko 089699610737 bagi anda yang mempunyai /jual kaca tabung lampu jari daerah KENDAL skitarnya..saat ini saya lagi mencari tabung kaca lampu jari buat buka service lampu.makash

Balas

Grosir tabung kaca wilayah kendal jateng bisa hub mas anto weleri 081319459150

Balas

oh ya mas ad yg jual transistor 13001-13005 untk daerah kendal skitarnya gk?krn susah bngt cari di toko electronic..

Balas

ada kapasitor 0.22uF/400v engga?

Balas

@Anonim:Apakah ditoko elektronik sekitar anda sudah anda cari. jika sulit bisa di kanibal dengan rangkaian lain yang sudah tidak terpakai.

Balas

kalo di pati yang jual tabung lampu ada ga

Balas

aku tinggal di sidoarjo jatim. alamat grosir kaca dan mesin lampu terdekat dimana ya?

Balas

mas ada g di daerah blitar yang jual kaca lampu

Balas

085740258932
jawa kudus,dawe,meliputi kawasan muria.piji,lau,
colo,ternadi,kombang,margorejo. rejosari,
telah hadir servis lampu.
bisa ditunggu tabung baru atau servis rangkaian
berbagai type.biaya mulai dari 3000
atau yang mau beli tabung sms saja 085740258932

Balas

untuk Pusat kulakan TL dan Mesin daerah jogja berbagai ukuran bisa hub nomer 082134143318,atau klik azizmudzakir11@blogspot.com

Balas

@suhadi borsumur:untuk Pusat kulakan TL dan Mesin daerah jogja berbagai ukuran bisa hub nomer 082134143318,atau klik azizmudzakir11@blogspot.com

Balas

yg dr pnrogo boleh mnta nmer hpnya

Balas

Jual lampu jadi full set jogja
2u Philip 11,14w: 7000
3u Philip 18,23w:12000
Sp besar 18w: 13000
Sp kecil 11,14w: 9000
Jumbo 45w: 35000
Mesin Philip rekondisi
11,14w : 3000
18,23w: 3500
Jumbo: 12000
Hp: 085729036799

Balas

GROSIR KACA JOGJA
2U (Lokal) 8w Pendek 2.000 min 20
2U(Ori) 11/14w Panjang 4.250 min 20
2U(Lokal) 11/14w Panjang 2.000 min 20
3U(Ori) 18/20/23/24w Panjang 6.250 min 20
3U(Lokal) 18/20/23/24w Panjang 3700 Min 20
4U Jumbo 40/45/50w Panjang 17.000 min 20
Spiral(Lokal) 18/23w 4.250 min 20
cp;085729036799

Balas

KALO KEPALA LO AJA YANG DIGANTI AMA LAMPU NEON BISA NGGAK..... ?????

Balas

lampu jari servis, kami sangat tertarik

Balas

JUAL KACA LAMPU :
2U (Lokal) 8w Pendek 2.000 min 20
2U(Ori) 11/14w Panjang 4.250 mi
4U Jumbo 40/45/50w Panjang 17.000 min 20
Spiral(Lokal) 18/23w 4.250 min 20
HUB : 021-34316862 (LOKASI DKI LAMPU MERAH TOMANG /MALL TAMAN ANGGREK )

Balas

jual transistor Mje 13001-13002-13003 dng harga Rp1500 perbiji.daerah kendal hubungi pak eko 083842027223

Balas

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

2U LOKAL @ Rp.1850 (1 karton isi 640)
Tersedia 5.wat,8.wat,14.wat
2U ORI 5WAT @Rp.4250 (1 karton isi 300)
2U ORI 8.wat @ Rp.4500 (1 karton isi 300)
2U ORI 11,14.wat @ Rp 4750(1 karton isi 300)
3U LOKAL @ Rp.@Rp 4000
3U ORI @ Rp.6600(1 karton isi 252)
4U FOSFOR @ Rp 15.500 (1 karton isi 100)
SPIRAL LOKAL Rp.4500
SPIRAL ORI 3.T Rp 7.500
3,5 & 4.T Rp 8.000
ORI PHILIPS TORNADO Rp 9.500

ELCO 400.V/6,8 Untuk 14-35 wat @ Rp 600
TRANSISTOR 13003 Untuk 18&23 wat @ Rp 700
13005 Untuk Jumbo @ Rp 1200 ( DIJAMIN ORISINIL HANOCS)

MESIN HIDUP + CASING KOMPLIT ORI PHILIPS
2.U 5Wat Rp 2500
2.U 8,11 Wat Rp 3000
2.U 14 wat Rp 3500
3.U 18&23 Wat Rp 4500

Adi 081335947456

Balas

aku kayaknya tertarik..

Balas

aku kayaknya tertarik..

Balas

saya butuh lampu segala kondisi. yang bermerk sinyoku, philip, osram,panasonic,hub yanto 02470376730

Balas

Anonim mengatakan...

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

2U LOKAL @ Rp.1850 (1 karton isi 640)
Tersedia 5.wat,8.wat,14.wat
2U ORI 5WAT @Rp.4250 (1 karton isi 300)
2U ORI 8.wat @ Rp.4500 (1 karton isi 300)
2U ORI 11,14.wat @ Rp 4750(1 karton isi 300)
3U LOKAL @ Rp.@Rp 4000
3U ORI @ Rp.6600(1 karton isi 252)
4U FOSFOR @ Rp 15.500 (1 karton isi 100)
SPIRAL LOKAL Rp.4500
SPIRAL ORI 3.T Rp 7.500
3,5 & 4.T Rp 8.000
ORI PHILIPS TORNADO Rp 9.500

ELCO 400.V/6,8 Untuk 14-35 wat @ Rp 600
TRANSISTOR 13003 Untuk 18&23 wat @ Rp 700
13005 Untuk Jumbo @ Rp 1200 ( DIJAMIN ORISINIL HANOCS)

MESIN HIDUP + CASING KOMPLIT ORI PHILIPS
2.U 5Wat Rp 2500
2.U 8,11 Wat Rp 3000
2.U 14 wat Rp 3500
3.U 18&23 Wat Rp 4500

Adi 081335947456

Balas

Anonim mengatakan...

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

2U LOKAL @ Rp.1850 (1 karton isi 640)
Tersedia 5.wat,8.wat,14.wat
2U ORI 5WAT @Rp.4250 (1 karton isi 300)
2U ORI 8.wat @ Rp.4500 (1 karton isi 300)
2U ORI 11,14.wat @ Rp 4750(1 karton isi 300)
3U LOKAL @ Rp.@Rp 4000
3U ORI @ Rp.6600(1 karton isi 252)
4U FOSFOR @ Rp 15.500 (1 karton isi 100)
SPIRAL LOKAL Rp.4500
SPIRAL ORI 3.T Rp 7.500
3,5 & 4.T Rp 8.000
ORI PHILIPS TORNADO Rp 9.500

ELCO 400.V/6,8 Untuk 14-35 wat @ Rp 600
TRANSISTOR 13003 Untuk 18&23 wat @ Rp 700
13005 Untuk Jumbo @ Rp 1200 ( DIJAMIN ORISINIL HANOCS)

MESIN HIDUP + CASING KOMPLIT ORI PHILIPS
2.U 5Wat Rp 2500
2.U 8,11 Wat Rp 3000
2.U 14 wat Rp 3500
3.U 18&23 Wat Rp 4500

Adi 081335947456

Balas

Anonim mengatakan...

Pusat Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture

2U LOKAL @ Rp.1850 (1 karton isi 640)
Tersedia 5.wat,8.wat,14.wat
2U ORI 5WAT @Rp.4250 (1 karton isi 300)
2U ORI 8.wat @ Rp.4500 (1 karton isi 300)
2U ORI 11,14.wat @ Rp 4750(1 karton isi 300)
3U LOKAL @ Rp.@Rp 4000
3U ORI @ Rp.6600(1 karton isi 252)
4U FOSFOR @ Rp 15.500 (1 karton isi 100)
SPIRAL LOKAL Rp.4500
SPIRAL ORI 3.T Rp 7.500
3,5 & 4.T Rp 8.000
ORI PHILIPS TORNADO Rp 9.500

ELCO 400.V/6,8 Untuk 14-35 wat @ Rp 600
TRANSISTOR 13003 Untuk 18&23 wat @ Rp 700
13005 Untuk Jumbo @ Rp 1200 ( DIJAMIN ORISINIL HANOCS)

MESIN HIDUP + CASING KOMPLIT ORI PHILIPS
2.U 5Wat Rp 2500
2.U 8,11 Wat Rp 3000
2.U 14 wat Rp 3500
3.U 18&23 Wat Rp 4500

Adi 081335947456

Balas

Bagi anda yang mempunyai /jual kaca tabung lampu jari daerah demak skitarnya..saat ini saya lagi mencari tabung kaca lampu jari buat buka service lampu.makash

Balas

@mashan:akuEdy
aku tinggal di purwodadi grobogan dimana ya alamatnya yang jual tabung kaca lampu??

Balas

Apa ada perwakilan di madiun bos? tolong infonya

Balas

ini lapak saya di kudus

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=4172522757926&set=o.245060582208955&type=1&theater

pandu 085224791719

Balas

@erwyco: cari persamaan aj brow, ambil dari bekas yg jenisnya sama, biasaya jenis NPN . tuk TR lampu. trmakasih

Balas

agan-agan saya di aderah karawang alamat terdekat grosir kaca lampu dmana ? jakarta bekasi ga apa bro masih bisa di jangkau kirim email ke saya aja bro bila hal itu menyangkut privasi ente bro di
dadangsuherman69@gmail.com
makasih sebelumnya bro
salam
" maju terus teknologi indonesia"

Balas

yg daerah tulungagung trenggalek aa ga ya

Balas

kalo ada daerah trenggale hub 085755276172

Balas

Mkasih boz,.bermanfa'at bgt ataz infonya..

Balas

Ane minat jadi agen ne sob.. Kalau ada yang jual tabung lampu / kursus service lampu daerah Malang hub.085736033772
Thxz

Balas

mas adi berada di wilayah mana ??? saya di Tegal membutuhkan tabung lampu yang komplit Terma kasih

Balas

Aku butuh kaca lampu yg ukuran 18 wat ke bawah di wilayah sidoarjo mana yg ada tlg dong kasih alamat

Balas

Bagi daerah jepara,kudus,maupun mijen demak yg mencari kaca lampu baru atau mesin philips plus cassingnya tinggal ngasih kacanya,bisa dihubungi
089601160313
085290738192
085640652105
dengan mas anam,atau bisa datang langsung di jln.welahan mayong desa timenur rt 01/03 jepara,
trimaksh

Balas

Gan bagi2 infonya, yg jual tabung kaca, baik u atau spiral yg ada di daerah semarang no telp dan alamat atau sms di no 081575626770

Balas

Gan mau tanya, yg jual kaca lampu daerah semarang beleh tau no telp dan alamatnya atau sms ke nomerku 081575626770

Balas

JUAL KACA LAMPU HARGA MURAH
2U (Lokal) 8w Pendek 2.000
2U(Ori) 11/14w Panjang 4.000
2U(Lokal) 11/14w Panjang 2.000
3U(Ori) 18/20/23/24w Panjang 6.500
3U(Lokal) 18/20/23/24w Panjang 4.000
4U Jumbo 40/45/50w Panjang 15.000
4U Jumbo 40/45/50w Pendek 14.000
Spiral(Ori) 18/20/23/25w - 7.250
Spiral(Lokal) 18/23w 4.500
bagi yang berminat bisa hub: 0877 511 477 32

Balas

kalo surabaya dimana alamatnya pak ?

Balas

www.newkaryamakmur.blogspot.com

Balas

-= JUAL =-
Berbagai macam kaca untuk lampu.
Monggo yg mw buka usaha servis lampu.

DAFTAR HARGA :
5/8/11/14 Watt Bodong Rp 2.250,-
18/23 Watt Bodong Rp 4.250,-
5/8/11/14 Watt Semi Rp 3.750,-
18/23 Watt Semi Rp 5.000,-
5/8/11/14 Watt Ori Rp 4.750,-
18/23 Watt Ori Rp 6.750,-
18/23 Watt Ori (TriBand) Rp 7.000,-
Spiral Kencur Rp 4.750,-
Spiral Bodong Rp 5.000,-
Spiral Ori 3T Rp 7.750,-
Spiral Ori (20/24 Tornado) Rp 8.000,-
45 Watt Rp 15.000,-
65 Watt Rp 18.000,-
Spiral 45 Watt Rp 20.000,-
Spiral 85 Watt Rp 35.000,-

MINAT…???
Datang ja ke
“SS ELECTRIC”
Melayani servis, jual beli, dan tukar tambah lampu segala merk, BERGARANSI…!!!
Jl. Lingkar Kudus-Jepara (belakang PT PURA)
Dk Kencing, Jati Kulon 5/4, Jati, Kudus.
Hp 0856 40000 219

Balas

JUAL KACA/TABUNG LAMPU
(IMPORT SENDIRI & HARGA OKE)
LOKASI : JAKARTA & TANGERANG
STOCK READY :
4U / 35 W Rp.14.500/PCS (1BOX=98PCS)
4U / 45 W Rp.15.000/PCS (1BOX=98PCS)
HUB: EMAIL > bun.herman@yahoo.com
TELP : 021-9921-8866

Balas

@Anonim:SS ELECTRIC kalo dari jl lingkar kudus jepara masuknya lewat mana pak? hari minggu buka?

Balas

NOMOR KONTAK TIDAK BERLAKU : TIDAK JUALAN LAGI

Balas

@Anonim:dr terminal kudus ke utara,ada bangjo ke barat kira2 500mtr.buka tiap hari,sms dl sbelum dtg

Balas

mau cr mesin philip dan kaca lampu philip jg fosfor,sdh ada 2 org tukang servis tp cr onderdilnya susah buat agan'' yg punya barang murah silahkan sms sy 085735739861 daerah jatim.
klo g murah g usah krn sy jual lg ke tukang servisnya bayar belakang alias modali.
thank

Balas

BAGUS ELEKTRIK SURABAYA
grosir kaca lampu,komponen/mesin lampu,bodi+tutup lampu,spripat,dll.
telp: -03171116871
-081359007338
-085645408786

Balas

BAGUS ELEKTRIK SURABAYA
grosir kaca lampu,komponen/mesin lampu,bodi+tutup lampu,spripat,dll.
telp: -03171116871
-081359007338
-085645408786

Balas

grosir kaca lampu(glases)kwalitas sama dng aslinya daerah karawang silhkn hub pak eko.087700647456 pendek mulai 2u,3u,4u. Spiral 3T,3,5T,4T
transistor 13001,13002,13003 harga 2000per pcs

Balas

Di bali ada ga ya????

Balas

butuh kaca lampu neon{filamen} untuk service lampu(dijual lagi. wilayah kediri dimana ya... tlng sms di 0812 597 7327. please..

Balas

@bagus elektrik: Alamatnya mana mas....????

Balas

Dicari mesin lampu daerah bantul dan sekitarnya,,

Balas

kalau mau pesen tabung kaca lampu dimana,saya di pekalongan

Balas

UD.BAGUS ELEKTRIK SURABAYA
grosir kaca lampu,komponen/mesin lampu,bodi+tutup lampu,spripat,dll.
telp: -03171116871
-081359007338
-085645408786

Balas

kalo dibali dimana saya bisa beli tabung lampu tl nya?

Balas
avatar
agus nugroho

saya selain servis pompa air,bor sumur dan mesin cuci saya juga servis lampu bagi yang punya mesin lampu philip bekas daerah bantul jogja hub 02748224039

Balas

Kaca lampu atau mesin Untuk daerah jepara & sekitarnya maupun luar kota bisa kami antar sampai tempat gratis tanpa ongkos pengiriman,
dan harga bersaing.
Cp:ANAM
089601160313
085290738192
085640652105
jepara jln.welahan mayong ds.timenur rt 01 rw 03.

Balas

untuk daerah jogja kususnya di bantul bagi yang punya mesin philip yang mau dijual bisa hub kami 02748224039

Balas

Distributor kaca lampu wilayah madiun,ngawi dan sekitarny...
bisa grosir atau eceran.tersedia berbagai jenis tabung lampu halophospor,mixedpowder,dan tribandphospor,juga tersedia komponen lampu.hub kami: HERI
-085 791 499 669
-085 259 777 884
HARGA BERSAING........!

Balas

Distributor kaca lampu wilayah madiun,ngawi dan sekitarny...
bisa grosir atau eceran.tersedia berbagai jenis tabung lampu halophospor,mixedpowder,dan tribandphospor,juga tersedia komponen lampu.hub kami: HERI
-085 791 499 669
-085 259 777 884
HARGA BERSAING........!

Balas

Distributor kaca lampu wilayah madiun,ngawi dan sekitarny...
bisa grosir atau eceran.tersedia berbagai jenis tabung lampu halophospor,mixedpowder,dan tribandphospor,juga tersedia komponen lampu.hub kami: HERI
-085 791 499 669
-085 259 777 884
HARGA BERSAING........!

Balas

Distributor kaca lampu wilayah madiun,ngawi dan sekitarny...
bisa grosir atau eceran.tersedia berbagai jenis tabung lampu halophospor,mixedpowder,dan tribandphospor,juga tersedia komponen lampu.hub kami: HERI
-085 791 499 669
-085 259 777 884
HARGA BERSAING........!

Balas

saya selain servis mesin cuci,pompa air dan bor sumur saya juga servis lampu bagi yg punya mesin lampu philip bekas daerah jogja saya mau beli bisa hub 02748224039

Balas

daerah Kediri bisa hub: 083854119772

Balas

@Anonim:
grosir daerah surabaya ???
saya minta alamat lengkap nya dong

Balas

@Paijo Roberto:
ya saya juga dari sidoarjo jatim dan saya lagi cari grosir kaca lampu
hub saya 085606022656

Balas

Pak Ketut Surabaya
Jual segala macem kaca lampu segala ukuran
alamat lengkap
jalan semut baru Pertokoan pengampon squer blok H21
Kelurahan :Bongkaran
Kecamatan : Pebean Cantikan, Surabaya 60161
hub.081803025999

Balas

kalo grosir tabung lampu daerah WONOGIRI letak nya dimana ya kayak nya aku ada minat nii bwt bka service lampu,, cs skarang q jga sdah bka service elek tronika jka ada yag tau hub: 08566305717//083866014381

Balas

kalo grosir tabung lampu daerah WONOGIRI letak nya dimana ya kayak nya aku ada minat nii bwt bka service lampu,, cs skarang q jga sdah bka service elek tronika jka ada yag tau hub: 08566305717//083866014381

Balas

Tolong Agan-agan yang punya info kalau di Yogyakarta yang jual sparepart lampu LHE dimana ya?????? tolong info di email : salim63id@yahoo.com, terimakasih banget saya do'akan semoga cpat sukses dan membawa berkah AMIN

Balas

“SS ELECTRIC”
Melayani pembelian kaca lampu ECER maupun grosir, beli berapapun kami layani.
sedia komponen Elco, TR 13001, 13003, 13005, 13007, 13009 merk ST, kualitas terjamin.
Mesin hidup philip 2u 3u hidup tinggal rangkai.

Jl. Lingkar Kudus-Jepara (belakang PT PURA)
Dk Kencing, Jati Kulon 5/4, Jati, KABUPATEN KUDUS.
Hp. 0856 40000 219 (PANCA)

BISA ANTAR SAMPAI DEPAN RUMAH ANDA UNTUK WILAYAH
- KUDUS
- DEMAK
- SEMARANG
- UNGARAN
- AMBARAWA
- SALATIGA
- BOYOLALI
- KLATEN
- SOLO
- BOYOLALI
- PURWODADI

LENGKAP 7 KOMPLIT,

ONGKOS KIRIM GRAAAAATIIIISSSSSSS...!!!!

Balas

kalau sampai jogja gimana bos bisa antar ngak mesin lampunya

Balas

bos harga mesin lampu pilip bekas siap pakai per bijinya berapa kalau antar sampai jogja gimana hub 02748224039

Balas

untuk daerah tegal bisa kirim ??

Balas

tolong yang di daerah batang kirim alamatnya
085865703709

Balas

Agen Lampu jadi Sidoarjo dimana ya? Minta Infox trims

Balas

Pekalongan hadir, jual tabung lampu
http://tabunglampu.blogspot.com

Balas

Kalau di kabupaten tulungagung yang jual tabung kacanya dimana ya???????

Balas

para sahabat2 mohon impormasi yg jual kaca lampu dijember terima kasih atas bantuanya.saya butuh kaca dan mesin lampu.buka usaha servis lammpu dijember jawa timur.ini no hp saya 0819886025.

Balas

maaf klo dimayong,bisa ktemuan dimana.mau lihat2 dulu.ak adi anak mayonglor.tlp 085290352114

Balas

Oya, selain informasi di atas, teman-teman bisa memperoleh alternatif lain untuk memperoleh kaca lampu dan spare part lampu yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Relatif aman. Atau bisa coba datang langsung ke tempat bengkel lampu kami. Minat? Hubungi kami di 081338532072 (SMS/telp), 0818324925 (SMS/telp/WhatsApp), 085725139573 (telp).

Balas

saya punya banyak lampu bekas merk sinyoku.minat hub 02470376730
cod semarang

Balas

Grosir Kaca dan Mesin Lampu TL
Kondisi Baru dan Orisinil dari merk terkenal
Bergaransi dan Cash Bisa Reture dengan Kwalitas Terbaik!!!
(Kami tidak menyediakan barang palsu!!!)

Untuk daerah Yogyakarta &sekitarnya.

Daftar Harga;

2U plc 5/8/11/14w :@ 2.000
2U semi 5/8/11/14w :@3.500
2U ori 5/8/11/14w :@4.750

3U plc 18/20/23/25w :@4.000
3U semi 18/23/25w :@5.500
3U ori 18/23/25w :@7.500

4U Jumbo 50/65w :@ 19.000
4U Jumbo 35/45w :@17.000

Spiral k. 5/8/11/14w :@4.500
Spiral full fosfor 14/16w :@7.000
Spiral b.plc 18/20/23/25w :@4.500
Spiral b.semi 18/20/23/25w :@5.500
Spiral b.ori 18/23/25w :@7.000
Spiral tornado semi 20/24w :@8.500
Spiral tonado ori 20/24w :@9.500
Spiral Jumbo 45/65w :@21.000
Mesin 5/8/11/14/18/25 w : (use alone)
mesin jumbo 35/45/65w :@16.000

Nb: Grosir min. per 1shap. (1shap isi 60-160pcs).


HUB.Tlfn/sms : 087839816664

Balas

@adhie:gan,dari gresik ke bekasi bisa gan?

Balas

Di tulungagung yang jual dimana ya? ???

Balas

Di tulungagung yang jual dimana ya? ???

Balas

Di tulungagung yang jual dimana ya? ???

Balas

Di tulungagung yang jual dimana ya? ???

Balas

Untuk sidoarjo hubungi 085748049319

Balas

Agen lampu schein sidoarjo harga 8wat:8750 10wat:9500 12wat:9750 16wat:10000 25watt:10500 30dan35wat:11000 hubungi 085748049319

Balas

Agen lampu schein sidoarjo harga 8wat:8750 10wat:9500 12wat:9750 16wat:10000 25watt:10500 30dan35wat:11000 hubungi 085748049319

Balas

Beli di kios kami dapat bonus satu lampu sechein 25wat.silahkan datang ke kios sambiroto keramean kebarat candi sidoarjo hari biasa buka malam hari minggu buka pagi dan malam

Balas

@leaf of think:Jual kaca tabung lampu,5w,8w,14w,18w,23w,35w,45,w,65w model U dan tornado
yang Wilayah : Kab. Batang, Pekalongan, Kendal, Pemalang, alamatku : clapar subah,
kab batang jawa tengah. hub. 087836685168, pin BB : 20b2ca77.blog:tabunglampu.blogspot.com
produk lain : sukamurah.com Belanja jual baju batik pekalongan.

Balas

Jual kaca tabung lampu,5w,8w,14w,18w,23w,35w,45,w,65w model U dan tornado
yang Wilayah : Kab. Batang, Pekalongan, Kendal, Pemalang, alamatku : clapar subah,
kab batang jawa tengah. mas Han hub. 087836685168, pin BB : 20b2ca77.blog:tabunglampu.blogspot.com
produk lain : sukamurah.com Belanja jual baju batik pekalongan.

Balas

Jual kaca tabung lampu,5w,8w,14w,18w,23w,35w,45,w,65w model U dan tornado
yang Wilayah : Kab. Batang, Pekalongan, Kendal, Pemalang, alamatku : clapar subah,
kab batang jawa tengah. mas Han hub. 087836685168, pin BB : 20b2ca77.blog:tabunglampu.blogspot.com
produk lain : sukamurah.com Belanja jual baju batik pekalongan.

Balas

@cahaya khasanah:klau di magetan nyarinya di mana zhob?

Balas

@cahaya khasanah:klau di magetan nyarinya di mana zhob?

Balas

Saya berminat beli Neon U3 ori centrallite 20 bh + 18-20W mesin saja 10 bh untuk wilayah tangerang.tolong tawarkan ke email ericpskd@yahoo.co.id
kalo ada daftar harga jual sparepart (Transistor Capasitor dll) boleh juga.
karena untuk usaha Toko & service. trimakasih.

Balas

Mencari tabung kaca lampu 2u, 3U, 4U,, spiral serta mesin dan cassingnya di daerah Salatiga dan Ungaran. Hub. 081325342996

Balas

@Anonim:lewat terminal kudus keutara dikit,da bangjo ke barat,arah jepara kira2 500mtr

Balas

SS Electric
jual berbagai jenis n berbagai watt kaca lampu.
di model u sampe spiral.
5wat sampe 85 watt.
jual alat tes lampu.
sedia jg komponen TR ELCO dioda resistor dll.
HARGA BERSAING.
kudus demak semarang ungaran ambarawa salatiga boyolali klaten solo purwodadi diantar sampe rumah, GRATIS ONGKIR.

panca 08564 0000 219

Balas

@paijo:bs cod di janti

Balas

@agus:bs cod jogja

Balas

@agus:COD JANTI JEMBATAN LAYANG

Balas

Jual tabung kaca lampu jari, untuk area Pacitan hubungi kami htf cellular 087858070555

Balas

bagi yang butuh mesin lampu philips
Saya ada banyak mau djual. Hub 087846087060
.
Mesin hidup ada & yang mati juga ada

Balas

untuk yang butuh mesin lampu merk philips bisa hub 087846087060 wilayah pasuruan jawa timur. Harga murah

Balas

jual mesin lampu merk philips hidup
2u semua watt 2000rb per biji
3u semua watt 3000rb per biji
Minat bisa hub 087846087060 wilayah pasuruan
.

Balas

di tulungagung ada agen gak boz

Balas

klo ada yg jualan tabung lmpu LHE d tulungagung.. hb nomerku 085232785864

Balas

di mana yg jual kaca lmpu LHE utk tulungagung ...

Balas

Grosir & Ecer KACA LAMPU DI KOTA PONOROGO
2U, 3U, 4U, Spiral, Lotus HARGA BERSAING......!!!!!

Alamat:
Desa Ngindeng, Kec. Sawoo Kab. Ponorogo
(TANTO) 085 851 311 588 / 085 236 232 456

Balas

Grosir & Ecer KACA LAMPU DI KOTA PONOROGO
2U, 3U, 4U, Spiral, Lotus HARGA BERSAING......!!!!!

Alamat:
Desa Ngindeng, Kec. Sawoo Kab. Ponorogo
(TANTO) 085 851 311 588 / 085 236 232 456

Balas

JUAL LAMPU CENTRALITE 3U, 2U, 4U, SP
MESIN DAN KACA BANYAK !!!

HARGA DIJAMIN TERMURAH!!
HUBUNGI : 021 - 97166775 (Lokasi : Jakarta Selatan)

Balas

untuk wilayah blitar dan telungagung sdh ada blum?

Balas

mas bro, yang jual mesin lampu untuk daerah gresik siapa ya?

Balas

@Pandu Wardhana:di kota pati ada gak yang jual kaca lampunya

Balas

@Anonim:tinggal di mana bossss...

Balas

@Anonim:tinggal di mana bossss...

Balas

“SS ELECTRIC”
Melayani pembelian kaca lampu ECER maupun grosir, beli berapapun kami layani.
sedia komponen Elco, TR 13001, 13003, 13005, 13007, 13009 merk ST, kualitas terjamin.
Mesin hidup philip 2u 3u hidup tinggal rangkai.

Jl. Lingkar Kudus-Jepara (belakang PT PURA)
Dk Kencing, Jati Kulon 5/4, Jati, KABUPATEN KUDUS.
Hp. 0856 40000 219 (PANCA)

BISA ANTAR SAMPAI DEPAN RUMAH ANDA UNTUK WILAYAH
- KUDUS
- DEMAK
- SEMARANG
- UNGARAN
- AMBARAWA
- SALATIGA
- BOYOLALI
- KLATEN
- SOLO
- BOYOLALI
- PURWODADI

Balas
avatar
agus nugroho

bos bagi yg punya mesin lampu philip bekas saya siap mau beli klau ada bisa hub 02748224039 jangan lupa yach langsung hub no ini!

Balas

ada yg juwal tabung lampu ga derah karawang atau cikarang ???/

Balas

Bos sy mau jadi agen di mataram lombok hub.ijo hp 081917933133

Balas

untuk wilayah Cirebon di mana?

Balas

Terimakasih buat yang sudah ikut berbagi. Silahkan yang minat untuk langsung datang ke TKP. Saya sarankan jika ingin membeli sebaiknya dilakukan secara COD ( Cost On Delivery ).

SELAMAT BERKARYA !!!

Balas

@Anonim:kalau wilayah malang gimana ,,rupanya aq tertarik dg bisnis ini!

Balas

untuk pemula perlu biaya berapa ?

Balas

@agus afrianto: Yang ditanyakan disini biaya alat atau komponen

Balas

@Endi Yuana:bisa gk beli per 10 biji mas...?

Balas

@Endi Yuana:bisa gk beli per 10 biji mas...?

Balas

qhu mnta no.nya yg agen kaca lampu dan msin.nya
posisi saya ada di kab.pati jateng

Balas

@adit: qhu mnta no.nya yg agen kaca lampu dan msin.nya
posisi saya ada di kab.pati jateng

Balas

mas klo untuk daerah medan sumatera utara agen kaca lampu dan mesinnya uda ada.saya skrng berada di sumatera

Balas

saya memiliki banyak mesin lampu 2u,3u,4u dan saya ingin menjulnya,,
apakah anda menerima mesin..
saya di medan, bagaimna cara untk bsa bekerja sama.
ini no saya 082272152295

Balas

Bagi agan2 yang lagi cari mesin lampu murah 5-25W, bisa mampir disini...http://tokolampumurah-pasuruan.blogspot.com/2014/09/mesin-lampu-lhe-bekas_29.html
Copy aja alamatnya info detailnya...

Balas

http://automation-electrical.blogspot.com/ belajat tentang PLC, IT, Robotik disini...

Balas

Untuk agen yang jual kaca lampu sama mesinnya yang ada di Yogyakarta dimna ya???kalo ada bisa info ke no saya
085 729 4646 44 dan 0819 426 9141

Balas

saya agen mesin lampu 2u, 3u 4u dan mesin spiral.
kondisi mesin bagus utuh

Balas

Saya kira, lampu jenis ini gak bisa diperbaiki,ternyata bisa.

Balas

Iya tentu bisa, namun perlu diketahui sebelum memperbaiki lampu paling tidak terlebih dahulu harus mempelajari dasar elektronika.

Balas

jual kca lhe murah berkualitas

2u lokal 5-14w@1900
2u mix 5-14w@2750
2u triband 5-14w@3850
3u lokal 18-23w@3750
3u mix 18-23w@5250
3u triband 18-23w@6250
4u mix 45w@12500
4u mix 65w@13500
4u triband 45w@13500
4u triband 65w@15000
4u letus 45@20000
sp gnie kncur 2,5t-4t@3750
sp lokal 3t-4t@4100
sp mix 3t-4t@6750
sp triband 3t-4t@7750
sp jumbo 45w@.17000
sp jumbo 65w@28000
msin bru 45w13500
msin bru 65w@15500
casing 45w@3750

Jika berminat hubungi 085748914215

Balas

jual kca lhe murah berkualitas

2u lokal 5-14w@1900
2u mix 5-14w@2750
2u triband 5-14w@3850
3u lokal 18-23w@3750
3u mix 18-23w@5250
3u triband 18-23w@6250
4u mix 45w@12500
4u mix 65w@13500
4u triband 45w@13500
4u triband 65w@15000
4u letus 45@20000
sp gnie kncur 2,5t-4t@3750
sp lokal 3t-4t@4100
sp mix 3t-4t@6750
sp triband 3t-4t@7750
sp jumbo 45w@.17000
sp jumbo 65w@28000
msin bru 45w13500
msin bru 65w@15500
casing 45w@3750

Jika berminat hubungi 085748914215

Balas

bagi agan-agan yg mau beli mesin lampu philip bekas uk 45watt dan 65watt hub no ini 085390540333

Balas

grosir lampu bohlam LED VATALUX murah berkualitas

vatalux 3w@rp 10000
vatalux 5w@rp 12500
vatalux 7w@rp 15000
vatalux 9w@rp 17500
vatalux 12w@rp 21000

bagi anda yg berminat hbungi 085748914215

Balas

kalau daerah sul-sel kota palopa bisa dilayani nggak..

Balas

aku rakate tuku koco
ne lampu

Balas

mas mau tanya kalo lampu jumbo seteh ganti tr kok panas sebrlah gimana ya
cara memperbaiki

Balas

ada gak daerah klaten kaca+ mesin

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :