logoblog

Home Theater 5.1 dan Gainclone LM1875 ( Di Kawinkan )

Sebelumnya saya minta maaf belum sempat membalas komentar dari teman-teman semua di karenakan beberapa minggu ini saya mempunyai kesibukan membuat rancangan sebuah sistem audio untuk ruangan kontrakan saya. Untuk memiliki sebuah perangkat audio surround yang hidup diperlukan sebuah amplifier yang memiliki distorsi rendah dan bebas dari hum dan hiss

Sebenarnya proyek membuat home theater ini didasarkan pada rasa penasaran saya terhadap sebuah IC gainclone yang sangat terkenal yaitu LM 1875 buatan " National Semiconductor ". Si unyil ini mempunyai distorsi THD yang sangat rendah yaitu 0,015 sehingga akan menghasilkan amplifier dengan suara yang sangat jernih, bening dengan daya sekitar 20 sampai 30 watt sehingga cocok untuk diaplikasikan pada speaker satelit dan centre. Serasa mendengarkan suara penyanyi asli di ruangan kontrakan saya. Belum lama ini saya mendapatkan skema home theater dari rekan saya dan hasilnya langsung saya praktekan. Skemanya bisa anda lihat disini.

Untuk membuat home theater di butuhkan :
1. 4 buah speaker satelit  ( 4 buah amplifier LM 1875 )
2. 1 buah speaker centre  ( 1 buah amplifier LM 1875 )
3. 1 buah speaker subwoofer ( 1 buah amplifier LM 3875 )

Pada skema tersebut IC op ampnya saya gunakan TL 084. Karena tidak sempat untuk membuat layout PCB akhirnya saya putuskan menggunakan PCB lubang. Di daerah kontrakan saya ( cikarang ) sangatlah susah untuk mencari komponen audio philer sehingga saya cukup menggunakan komponen biasa saja. Di tambah lagi dsini mendapatkan IC LM 1875 juga sangatlah susah tau itu yang saya pakai asli atau palsu, sehingga untuk rearnya terpaksa saya menggunakan TDA 2050 sebagai penggantinya. Jika ada teman yang tau dimana ada tempat yang menjual komponen tersebut di daerah cikarang  bisa share ke sini.

Komponen Amplifier

 Sesuai dengan skema rangkaian yang saya dapatkan, hasilnya saya rakit sebagai berikut (kecuali untuk efek rear saya tidak menggunakan MN 3005/MN 3008 karena mahal) :

Gainclone LM 1875


  Untuk bagian subwoofernya saya gunakan LM 3875 beserta rangkaian low pass filternya seperti gambar di bawah ini :

Gainclone LM 3875 T

 Karena susah mendapatkan box amplifier yang tepat, terpaksa saya menggunakan box amplifier stereo buatan BELL HK-201. Pertama test suara saya kagum dan puas dengan chips amp ini, sebab rakitanku OCL 150 Watts disingkirkan oleh si mungil ini. Sebab kualitas vokal dan instrumen sangat detail dan jernih semisal bass betot, kick drum, dan terompet.



Di dalam box Bell HK-201 ini hanya mempunyai sepasang lubang speaker ( 2 speaker L+R ), sehingga saya harus repot membuat lubang lagi sebanyak 4 pasang lubang lagi dengan diameter 12mm. Akhirnya terpaksa pinjam bor kepada teman untuk membuat lubang tersebut. Hampir 1 bulan amplifier ini jadi dikarenakan keterbatasan alat dan komponen.

Jadi maaf apabila beberapa bulan kemarin sempat vaccum dan apabila ada komentar yang belum sempat di balas saya minta maaf karena belum sempat online.

Proyek ini masih dalam percobaan, untuk hasil maksimalnya nanti saya share lagi.... OK !!

Bersambung >>

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Next (15 Juni 2013 ) >>

Home Theater 5.1

Akhinya rakitanku jadi juga...., maaf kepada pembaca sudah menunggu lama karena belum sempat me-ekspost rakitanku si unyil. Untuk speak speakernya saya pake punya LG, kebetulan kemarin ada tawaran dari teman yang menjual speaker LG sehingga saya tertarik untuk membelinya. Spesifikasinya adalah sebagai berikut :

1. Speaker Chanel untuk Centre ( Vokal )

Speaker Vokal
Suara yang dihasilkan mirip suara vokal asli dengan frekuensi sangat jernih dan menghasilkan suara tengah yang layak untuk anda coba. Pengujian pertama saya gunakan musik dari ''Iwan Falls'' dengan judul ''Sore Tugu Pancoran''.

Pengen Nangis deh pokoknya..... !!!

Ayo buruan coba sob, gag bakalan nyesel punya home theatre pribadi kamar anda.



2. Speaker Front L & R ( Speaker Depan )

speaker home theatre
Jika anda coba dengan musik stereo atau yang berstandart dolby stereo sound suaranya akan saling bersautan. Jernih dan mengiringi suara vokal iwan fals yang sedang bernyanyi di speaker chanel centre ( speaker tengah).









3. Rear Chanel (Speaker Belakang)

speaker rear
Gambar di samping merupakan gambar speaker untuk rear chanel. Karena mendapatkan unyil LM 1875 sangat susah akhirnya saya menggunakan TDA 2050. Untuk dayanya memang besar seperti yang ada di datasheet mampu mengeluarkan daya 25 Watts. Namun kualitas suaranya tidak sebagus dengan LM 1875.
Speaker ini menghasilkan suara surround cukup bagus karena merupakan pengurangan antara sinyal input audio L dan R ( L-R).



4. Speaker Subwoofer

speaker subwoofer
 Hasilnya Bagus banget tidak ada kebocoran suara vokal sama sekali. Dum... Dum... Dum... Jeduk.... Jeduk. Saya menggunakan dua buah speaker subwoofer agar menghasilkan suara bass yang nendang.







Skema home theater ini layak untuk dicoba, idak perlu kecewa karena saya sudah mencoba dan hasilnya sangat memuaskan.

 >>   Download Skema Home Theater    <<  



ARTIKEL PALING HOT TENTANG AMPLIFIER LAINYA :
Artikel Tentang : Home Theater 5.1 dan Gainclone LM1875 ( Di Kawinkan ) - Eyuana.Com

213 komentar

«Oldest   ‹Older   201 – 213 of 213   Newer›   Newest»

malem gan dng hasil kreatif, inofatif anda sy kok ngiler, tp sy gak punya daya. klo bisa pesen kitx
atau pcbx gan, bgmn... ada ya n berapa hargax? ttg

Balas

Maaf jarang buka blog karena pindah pekerjaan :smoke :smoke
Di coba saja mas seperti skema diatas... Kalau kesulitan mencari IC LM1875 bisa diganti dengan TDA20xx (30/50) sembari dapat yang asli LM1875. Yang sudah mencoba bisa bantu share ke temen-temen yang lain :love :love

Balas

Maaf belum sempat untuk design PCBnya :-)

Balas

Belum pernah nyoba mas :-)
Tapi lebih bagusnya di bikin natural saja (sekedar saran)

Balas

Mas,sy dikasih temen speaker home teather panasonic,tp nggak ada dvd home thraternya,kalo mo pesen rangkaiannya yg dah jadi brapa,sy nggak ngerti sama sekali soal elektro..he..he,ada no hp yg bisa dihubungi mas,kirim ke email sy aja [email protected]

Balas

Maaf sebelumnya saya belum sempat membuat rangkaian jadi untuk di komersilkan... Mungkin mas pendit sekalian belajar membuat sendiri gpp dirumah :-)

Balas

Saya coba tp untuk suara rangkaian delay g keluar
Udah gnti mn3008 2x tetep g bunyi

Balas

Coba di check dulu rangkaian sampeyan... Atau alternatif pakai ic PT2399 sebagai efek surroundnya.Saya mencoba berhasil soalnya.

Balas

baru coba buat kemarin sore.gambar pcb bikin pcb etching bor pasang komponen solder bla bla bla akhirnya jam 10an malem jadi.untuk power ampnya saya pake 2pc tda7388(1 ic punya 4channel @40watt) total jadi ada 8channel power amp

2ch untuk front l/r
2ch untuk center
2ch untuk rear l/r
2ch untuk subwoofer

komponen pake yang ada aja ga pake yang kelas audiophille
supply pake psu komputer yang dimodif(cocok banget buat tda7388 karena butuhnya cuma gnd sama +12v sedangkan tegangan -12v dari psu komputer hanya untuk supply tegangan -12v blok preamp)

hasilnya
muantap.bini ane nyampe marah marah.berisik katanya.hehehe

nanti mau coba lagi pake lm1875 sama lm3886

buat yang mau nyari lm1875 ori bisa dateng ke toko beng elektronik ltc glodok.terakhir beli harganya 22,5rb/pc(th2016)

Balas

mas..boleh minta layoutnya 5.1 channel kebetulan aq ada speaker bekas home teater yg nganggur karna gk ada power amplinya

Balas

Delaynya bagian rearnya mas IC MN 3005/ MN 3008 bisa juga diganti dengan IC seri PT

Balas

Kalo skema sudah saya tampilkan di atas mas... kebetulan saya belum sempat bikin layot PCBnya hanya menggunakan PCB kosong saja

Balas

Oke mas terimakasih atas sharenya :love :love
Terimakasih juga atas informasi yang diberikan untuk komponen IC audionya

Balas
«Oldest   ‹Older   201 – 213 of 213   Newer›   Newest»

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :