Dapatkan Informasi Terbaru dan Terhangat dari Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi >> Menembus Pengetahuan Tanpa Batas Bersama Kami >> [ www.eyuana.com ]

Rangkaian Sensor Sentuh Sederhana

Tubuh manusia dapat mempengaruhi kinerja sirkuit elektronik, hal ini karena tubuh manusia memiliki ion bermuatan listrik. Walaupun sangat kecil, ion bermuatan listrik dalam tubuh manusia dapat digunakan untuk membuat rangkaian sensor.
Skema Rangkaian Sensor Sentuh IC 555
Rangkaian sensor sentuh ini cocok untuk membuat rangkaian anti pencuri dengan menghubungkan rangkaian input sensor sentuh dengan pegangan pintu atau teralis yg terbuat dari metal atau bagin lain dari rumah anda yang kira-kira akan tersentuh oleh pencuri pada saat itu mencoba masuk ke rumah Anda. Rangkaian ini memanfaatkan rangkaian monostable IC 555 sebagai penghalang rangkaian load aktif. kombinasi C1 dan VR1 sebagai penentu panjang/lamanya rangakaian akan akftif saat di sentuh.
Rangkaian Sensor Sentuh Sederhana 100out of 100 based on 99998 ratings. 5 user reviews.

25 komentar:

Nanda Bagus mengatakan...

Itu ukuran vr nya brapa kilo,,,
trus tansistor ke1 ma ke2 tu tipe brapa,,??

Mr. Bey ; (www.eyuana.com) mengatakan...

Dibawah ini saya tuliskan untuk komponennya :
1.VR1 100K
2.R1 100K
3.C1 220 µF /10V
4.C2 0.01 µF /10Volt
5.IC : IC555
6.Q1 (BC547) dan Q2 (BC547)Tipenya penting NPN bisa dirubah sesuai keinginan .
7.Relay : Relay 9 volt

jeffers mengatakan...

IC nya apa harus diisi program dulu atau sprogramnya sudah ada di dalam IC nya??

Eyuana.Com mengatakan...

@jeffers: Rangkaian ini menggunakan IC 555 yang dirangkai secara monostabil multivibrator dan yang menjadi tumpuan dr rangkaian ini adalah kaki 2 (trigger) trigger merupakan sebuah penyulut yang menjadikan output kaki 3 berlogika 1, jadi anda tidak perlu menggunakan program lagi,rangkaian ini disebut rangkaian sensor sentuh sederhana sebab di dalam perakitannya tidak menggunakan mikrokontroler.

ISMANTO mengatakan...

GAN,,sEtelan di sentuh otomatis switch akan bergerak ke posisi ON (alaram hidup) dan alaram akan mati jika arus input di matikan..
yang saya mau tanyakan,gimana caranya jika selama di sentuh alaram akan hidup,dan jika tidak di sentuh alaram akan mati,,sintem kerja itu bisa dilakukan berulang kali?

ahmad kholil mengatakan...


bagus bagus bagus

tapie masih aku bingung...........

ahmad kholil mengatakan...


bagus bagus bagus

tapie masih aku bingung...........

Anonim mengatakan...

apakah rangkaian ini bsa saya gunakan untuk intsalasi rumah,contohnya mhidupkan lampu saat plat disentuh dan lampu padam ktika plat tdk dsentuh










dien mengatakan...

Kok kagak bisa ya!!!
apa ane yg salah?

ANDIKA mengatakan...

Memang Kalo di pikir secara nalar kayaknya gk masuk akal juga ya, dulu sih sempat pernah coba tp kok gak bsa ya gagal, setelah gagal dan putus asa, coba beli yg udah jadi buatan pabrikan alhamdulilah bisa, iseng2x jg ane bongkar, ternyata kumparan kawat lilitan dan transistor type dan angkanya di hapus...

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@ISMANTO:Maaf baru balas dikarenakan ada kesibukan lain. Kalo menggunakan metode seperti itu anda tidak memerlukan lagi ic 555. Namun jumper kaki kolector Q2 ke basis Q1. Buang komponen VR,C1,C2. Semoga bisa membantu.

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@Anonim: Bisa mas

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@dien:Harusnya bisa mas, tegangan yang anda pakai berapa voltasenya? Saya sarankan sebelum menggunakan relay coba dahulu ganti menggunakan led + R1K. nilai C2 = 0,01uf = 10nf. Kal led bisa menyala baru anda berpindah untuk cek relay. Jika relay tidak bekerja turunkan relay misal relay 12volt ganti dengan relay 5 volt.

Khairuddin Kh mengatakan...

mas rangkaian alaram disitu buzzer atau mikrofon doang ?

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@Khairuddin Kh:Rangkaian alarm disitu dapat anda aplikasikan sendiri. Tapi jika digani menggunakan buzzer juga bisa.

raden munir mengatakan...

mas minta tolong donk, gmn caranya nyalain lampu Efisiensi yg rata rata 18 ampek 26 volt pakek accu 12 volt???? soalnya saya pernah lihat, cuma g tau caranya....terima kasih

Anonim mengatakan...

ada photo rangkaian jadix kagak??
coba d postingin gan...

henry wong mengatakan...

knp skema gambar pengusir tikusnya ga ada

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@henry wong:Sudah saya perbaiki maaf linknya terhapus

Achmad Yusuf mengatakan...

Saya sudah praktek, tp ko langsung bunyi tanpa di sentuh. Knp ya?

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Anda memakai VR ukuran berapa ? Coba anda setting nilai VRnya terlebih dahulu.

edi achmad mengatakan...

mas boleh minta foto rangkaian jadinya gax

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Kebetulan saya blm ada rangkaian jadinya.. Jika anda rencana ingin membuatnya bisa share kesini, dan sertakan kendala yg dialami saat merakitnya. Agar ada perbaikan jika terdapat kesalahan komponen maupun skemanya. Thanks

Anonim mengatakan...

thanks mas, saya coba untuk membuatnya....
sekalian ni untuk tugas kuliah...
mudah2an berhasil...

SANDI SATRIA mengatakan...

Bos mau tanya, saya kan bkin sensor sentuh pngaman motor tp tanpa menggunakan ic. Di bangun dngan, rilaiy 12v,trc9013,tr c9012,D1n,R 100k,22k dan R1m. Masalahnya ktika si sensor di terapkan ke motor k mtr biasa tdk ada msalah tp ktika d pke ke mtr injeksen sblum d pake jarak jauh si sensor brfungsi dngan baik,tapi pas dpake jauh dan kncang kmudian brhnti dan mtr dhdpkan kmbali si sensornya jbol dan rilay langsung konek tanpa di sntuh, kra kra hrus d tambah komponen apa ya bos?? Tks

Poskan Komentar

via facebook :

Anda dapat mengirimkan kritik dan saran melalui link Kontak Admin yang telah disediakan

Eyuana.Com

Situs Indonesia yang Menyajikan Informasi Terlengkap dan Terbaru untuk Anda.