Dapatkan Informasi Terbaru dan Terhangat dari Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi >> Menembus Pengetahuan Tanpa Batas Bersama Kami >> [ www.eyuana.com ]

Rangkaian Sensor Sentuh Sederhana

Sebuah rahasia besar ternyata di dalam tubuh manusia ternyata dapat mempengaruhi kinerja sirkuit rangkaian elektronik, hal ini disebabkan karena di dalam tubuh manusia memiliki ion bermuatan listrik. Walaupun ion tersebuat berukuran mikron (sangat kecil), namun ion bermuatan listrik tersebut dapat digunakan sebagai metode membuat rangkaian sensor sentuh ( Touch Switch ).


Skema Rangkaian sensor Sentuh
Rangkaian Sensor Sentuh Sederhana IC NE555
http://www.eyuana.com/
Rangkaian sensor sentuh ini cocok untuk membuat rangkaian anti pencuri dengan menghubungkan rangkaian input sensor sentuh dengan pegangan pintu ataupun teralis jendela yg terbuat dari besi sehingga dapat menghantarkan ion ke rangkaian sensor sentuh sederhana ini. Selain itu rumah anda akan aman dari segala ancaman dari orang jahat yang ingin masuk ke rumah anda. Rangkaian ini memanfaatkan rangkaian monostable IC 555 sebagai penghalang rangkaian load aktif. kombinasi C2 dan VR1 sebagai penentu panjang/lamanya rangakaian akan akftif saat di sentuh. Lampu led sebagai indikator bahwa rangkaian ini sudah bekerja.

Silahkan mencoba !!

25 komentar:

Nanda Bagus mengatakan...

Itu ukuran vr nya brapa kilo,,,
trus tansistor ke1 ma ke2 tu tipe brapa,,??

jeffers mengatakan...

IC nya apa harus diisi program dulu atau sprogramnya sudah ada di dalam IC nya??

Eyuana.Com mengatakan...

@jeffers: Rangkaian ini menggunakan IC 555 yang dirangkai secara monostabil multivibrator dan yang menjadi tumpuan dr rangkaian ini adalah kaki 2 (trigger) trigger merupakan sebuah penyulut yang menjadikan output kaki 3 berlogika 1, jadi anda tidak perlu menggunakan program lagi,rangkaian ini disebut rangkaian sensor sentuh sederhana sebab di dalam perakitannya tidak menggunakan mikrokontroler.

ISMANTO mengatakan...

GAN,,sEtelan di sentuh otomatis switch akan bergerak ke posisi ON (alaram hidup) dan alaram akan mati jika arus input di matikan..
yang saya mau tanyakan,gimana caranya jika selama di sentuh alaram akan hidup,dan jika tidak di sentuh alaram akan mati,,sintem kerja itu bisa dilakukan berulang kali?

ahmad kholil mengatakan...


bagus bagus bagus

tapie masih aku bingung...........

ahmad kholil mengatakan...


bagus bagus bagus

tapie masih aku bingung...........

Anonim mengatakan...

apakah rangkaian ini bsa saya gunakan untuk intsalasi rumah,contohnya mhidupkan lampu saat plat disentuh dan lampu padam ktika plat tdk dsentuh










dien mengatakan...

Kok kagak bisa ya!!!
apa ane yg salah?

ANDIKA mengatakan...

Memang Kalo di pikir secara nalar kayaknya gk masuk akal juga ya, dulu sih sempat pernah coba tp kok gak bsa ya gagal, setelah gagal dan putus asa, coba beli yg udah jadi buatan pabrikan alhamdulilah bisa, iseng2x jg ane bongkar, ternyata kumparan kawat lilitan dan transistor type dan angkanya di hapus...

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@ISMANTO:Maaf baru balas dikarenakan ada kesibukan lain. Kalo menggunakan metode seperti itu anda tidak memerlukan lagi ic 555. Namun jumper kaki kolector Q2 ke basis Q1. Buang komponen VR,C1,C2. Semoga bisa membantu.

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@Anonim: Bisa mas

Khairuddin Kh mengatakan...

mas rangkaian alaram disitu buzzer atau mikrofon doang ?

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@Khairuddin Kh:Rangkaian alarm disitu dapat anda aplikasikan sendiri. Tapi jika digani menggunakan buzzer juga bisa.

raden munir mengatakan...

mas minta tolong donk, gmn caranya nyalain lampu Efisiensi yg rata rata 18 ampek 26 volt pakek accu 12 volt???? soalnya saya pernah lihat, cuma g tau caranya....terima kasih

Anonim mengatakan...

ada photo rangkaian jadix kagak??
coba d postingin gan...

henry wong mengatakan...

knp skema gambar pengusir tikusnya ga ada

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

@henry wong:Sudah saya perbaiki maaf linknya terhapus

Achmad Yusuf mengatakan...

Saya sudah praktek, tp ko langsung bunyi tanpa di sentuh. Knp ya?

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Anda memakai VR ukuran berapa ? Coba anda setting nilai VRnya terlebih dahulu.

edi achmad mengatakan...

mas boleh minta foto rangkaian jadinya gax

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Kebetulan saya blm ada rangkaian jadinya.. Jika anda rencana ingin membuatnya bisa share kesini, dan sertakan kendala yg dialami saat merakitnya. Agar ada perbaikan jika terdapat kesalahan komponen maupun skemanya. Thanks

Anonim mengatakan...

thanks mas, saya coba untuk membuatnya....
sekalian ni untuk tugas kuliah...
mudah2an berhasil...

SANDI SATRIA mengatakan...

Bos mau tanya, saya kan bkin sensor sentuh pngaman motor tp tanpa menggunakan ic. Di bangun dngan, rilaiy 12v,trc9013,tr c9012,D1n,R 100k,22k dan R1m. Masalahnya ktika si sensor di terapkan ke motor k mtr biasa tdk ada msalah tp ktika d pke ke mtr injeksen sblum d pake jarak jauh si sensor brfungsi dngan baik,tapi pas dpake jauh dan kncang kmudian brhnti dan mtr dhdpkan kmbali si sensornya jbol dan rilay langsung konek tanpa di sntuh, kra kra hrus d tambah komponen apa ya bos?? Tks

Eyuana.Com mengatakan...

@SANDI SATRIA: mungkin saat itu kondisi lembab mas, sehingga input sensor berlogika 1 menjadi On karena konsleiting plat dengan body. Kalo dipasang dimotor biasa bisa harusnya sama saja mas. Saran saya sebaiknya kalo motor jangan gunakan sensor sentuh mas sangat riskan macet kalo sedang error seperti kejadian yang sudah anda alami.
Gunakan switch tombol biasa aja sebagai pengganti plat. Relay On jika tombol push botton di sentuh. ini lebih simpel dan tidak rewel :-D :-D

sandal ku mengatakan...

@Nanda Bagus: misalnya sensor ini di pakai di motor kan bisa ya mas , tapi taruh di bagian mana ya ??

Poskan Komentar

via facebook :

Anda dapat mengirimkan kritik dan saran melalui link Kontak Admin yang telah disediakan

Eyuana.Com

Situs Indonesia yang Menyajikan Informasi Terlengkap dan Terbaru untuk Anda.