logoblog

Teka-Teki Dibalik Nilai Alexa yang Gendut

Tulisan ini sebenarnya saya bikin karena saya masih penasaran dengan algoritma yang dipakai  "Mrs.Alexa" untuk merangkingkan sebuah situs. Mungkin hal ini sering menjadi perdebatan rekan blogger semuanya di dunia perbloggeran. Karena jujur saya masih tergolong "newbie" untuk memberikan penjelasan mengenai teka-teki ini. Dan niat saya ngeblog bukanlah untuk mencari sebuah kepopuleran ataupun untuk masuk ke rangking halaman pertama google. Karena saya sendiri lebih fokus untuk memberikan tutorial dan artikel saja bagi para pembaca yang membutuhkan tulisan saya, tapi mungkin tidak menuntut kemungkinan untuk kedepannya saya akan memperdalam ilmu ini jika suatu saat nanti saya mempunyai suatu usaha.hehe doakan saja yah?? :-)

Di dunia blog biasanya yang paling banyak di cari dan diminati oleh para blogger adalah mengenai ilmu tentang SEO (Search Engine Optimization), Betul Tidak?? mungkin bisa ya, mungkin bisa tidak itu tergantung orang yang menggunakannya. Bagi saya menulis adalah pekerjaan utama seorang blogger yang memberikan konten menarik untuk dibaca oleh para pengunjungnya. Walaupun isinya hanya sekedar curhatan belaka, tapi mungkin berguna untuk orang-orang di luar sana yang ingin belajar mencari sebuah informasi baik itu tentang dunia seputar elektronika, dunia otomotif, sejarah manusia purba, motivasi untuk belajar bahkan dunia tentang pengetahuan teknologi terbaru atau yang lainnya.

Tak lepas dari itu semua sebenarnya saya juga belajar sedikit-sedikit mengenai ilmu seo ini, dan ilmu ini saya dapatkan dengan mengunjungi berbagai tempat lain untuk mencari informasi baik itu dengan cara aktif di forum bahkan dengan mengunjungi situs / blog yang mengulas ilmu ini. Bahkan hal terakhir yang sempat saya lakukan adalah dengan membeli sebuah ebook dari beberapa situs yang saya anggap berguna untuk saya pelajari. Namun ternyata hal ini menurut saya sia-sia saja. Mengapa begitu?? ya karena tiap tahun bahkan bulan algoritma yang dipakai google dapat berubah tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Jika kita terlalu banyak mengoptimasi sebuah situs/blog (baik itu secara ON maupun OFF) nantinya bukan akan menjadikan situs kita lebih baik tapi malah akan membuat kelangsungan blog kita semakin terpuruk. Seperti yang pernah saya lakukan di beberapa tahun lalu saat melakukan optimasi blog, beberapa artikel yang saya tampilkan malah turun serp bahkan ada beberapa artikel yang hilang dari peredaran. Mengenaskan bukan??
Ya mungkin itu kesalahan saya melakukan optimasi berlebihan atau bagaimana saya juga kurang paham. Belakangan ini saya malah lebih tertarik untuk mencari trafik pengunjung sebanyak-banyaknya dengan natural trafik daripada mencari backlink..... dengan banyak aktif di forum-forum, sosial media bahkan dengan cara blogwalking sesama rekan blogger. Untuk cara blogwalking memang jarang saya lakukan, baru-baru di tahun 2015 ini saja saya lebih sering menggunakan metode blogwalking ini karena melihat rangking alexa saya yang semakin gendut dari tahun ke tahun.

Apakah rangking Alexa itu perlu??

Perlu atau tidaknya sebuah rangking nilai alexa itu menurut pribadi masing-masing, karena nilai yang ditampilkan pada tabel alexa adalah menunjukan seberapa kepopuleran dari suatu situs/blog yang anda buat. Semakin tinggi (gendut) nilai yang anda peroleh berarti semakin jauh pula nilai kepopuleran  anda sebagai penulis blog. Sebaliknya jika semakin sedikit (ramping) berarti menunjukan bahwa blog yang anda punya memiliki arti semakin pentingnya artikel yang anda buat untuk dibaca oleh pengunjung. Dan itu menunjukkan seberapa keseriusan anda dalam mengelola sebuah blog/situs. Dan kesemuanya itu di hitung berdasarkan trafik pengunjung yang anda dapatkan. Trafik yang di peroleh akan dihitung oleh mrs. alexa untuk di akumulasikan menjadi data angka-angka unik yang nantinya akan ditampilkan pada layar tabel alexa berdasarkan perangkingan dari berjuta-juta situs yang ada di dunia. Intinya semakin ramping nilai yang anda dapatkan, menunjukan seberapa pentingkah artikel anda untuk di baca dan seberapakah kepopuleran anda selama ini sebagai penulis blog??

Seperti tabel berikut ini menunjukan bahwa blog saya mengalami penurunan trafik di beberapa bulan terakhir :

1. Data Bulan Oktober 2014
trafik alexa oktober 2014

2. Data Awal Desember 2014
trafik alexa desember 2014

3. Data Pertengahan Desember 2014
trafik alexa desember 2014

4. Data bulan januari 2015
trafik alexa januari 2015

Perubahan trafik ini kebetulan saya simpan dan gambar ini masih saya abadikan. Perubahan ini saya simpan di memori komputer saya jika sewaktu waktu saya membutuhkannya. Namun sayangnya perubahan data trafik alexa untuk per-bulannya tidak saya save (tidak lengkap). Digambar tersebut hanya beberapa gambar saja yang kebetulan sempat saya simpan. Karena saya tidak berniat untuk menampilkan postingan ini sebelumnya, hal ini disebabkan karena memang saya jarang sekali mengeluarkan artikel tentang blog maupun sejenisnya. Karena menurut saya artikel blog sudah banyak dibahas dan di ulas oleh rekan-rekan yang lebih ahli di bidangnya seperti Bang Ridha Harwan, Jeng Yuni Andriyani, Muhammad Nuhan Nahidl dan sebagainya. Nama-nama ini mungkin adalah merupakan nama rekan blogwalking saya yang baru di tahun 2015 ini yang lebih banyak mengulas tentang dunia perbloggeran. Atau bahkan ada beberapa teman bang ridho rhoma (ridha harwan) yang nyasar ditempat saya karena banyaknya saya berkomentar di tempat beliau. Dan saya sangat bersyukur dengan seringnya saya melakukan blogwalking, saya mendapatkan banyak teman baru seperti Pak Sucipto Kuncoro yang membahas tentang dunia kesehatan. Dan masih banyak lagi teman-teman yang lain yang tidak saya sebutkan satu per satu. Karena nama di atas adalah nama-nama teman yang menurut saya paling sering mengunjungi blog saya dan mungkin mau membantu saya untuk menaikkan trafik dan menurunkan nilai alexa saya yang gendut.

Bagaimana Mrs. Alexa menghitung dan memeringkatkannya??

Seperti yang saya utarakan diatas, saya belum terlalu banyak mengetahui bagaimana nyonya alexa menghitung dan menilai suatu situs yang dianggap mereka masuk dalam kriteria populer dengan menampilkan angka-angka unik tersebut. Mungkin jika ada pembaca yang lebih tahu bisa memberikan komentar jika tulisan ini selesai dibuat nantinya.

Blog Eyuana ini sebelumnya memiliki trafik pengunjung rata-rata sekitar 4000-an perhari  dan entah kenapa beberapa bulan belakangan ini menurun menjadi angka 3000-an. Pengunjung ini adalah murni dan saya tidak menggunakan metode curang seperti yang saya lakukan pada tahun 2012 dulu. Metode autosurf saya lakukan di tahun 2012 untuk mencari trafik pengunjung secara curang. Namun kegiatan itu sudah saya hentikan sekitar tahun 2013 karena menurut saya itu tindakan tidak baik. Jika ada rekan yang masih belum percaya ataupun saya dikira bohong saya berikan data trafik saya di bawah ini. Data ini saya ambil saat saya mempublikasikan artikel ini.
trafik blog bulan januari 2015
Data Trafik yang ada pada blog saya 6 Januari 2015
 Untuk ringkasan data trafik di google webmaster saya sebagai berikut :
webmaster januari 2015
Data Trafik Google Webmaster bulan Januari 2015
Seperti yang diperlihatkan pada tabel grafik tersebut bahwa pengunjung saya dapatkan berasal dari berbagai search engine seperti google,dsb. Saat ini trafik pengunjung saya masih labil, bisa dikatakan bahwa trafik pengunjung mengalami penurunan drastis pada beberapa bulan belakangan ini. Apakah artikel yang saya buat kurang menarik?? atau mungkin saya kurang bersosial dengan rekan-rekan penulis lainnya saya kurang paham. Hal itu yang menyebabkan saya sedikit minder dengan rekan-rekan penulis lainnya jika melihat nilai alexa saya kok gendut banget. :'(

Walaupun begitu saya tetap berusaha fokus untuk memberikan konten artikel yang lebih menarik lagi untuk disimak oleh para pembaca yang membutuhkan tulisan saya. Bukannya saya mencari kepopuleran atau bagaimana, namun saya akan lebih senang jika banyak pengunjung yang datang untuk sekedar membaca tulisan curhatan saya ini. Tulisan saya memang sangat sederhana, tapi saya akan lebih intropeksi diri lagi jika memang tulisan saya ini kurang bermutu atau bahkan kurang menarik untuk disimak dengan anda berkomentar disini saya bisa mengetahuinya. Dengan begitu saya akan berusaha lebih baik lagi untuk kedepannya dengan harapan trafik pengunjung akan bertambah lagi.

Semoga seperti itu yang bisa saya sampaikan..... kurang lebihnya saya mohon maaf. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi. Yang penting untuk sekarang ini saya lebih fokus untuk membuat konten yang menarik untuk disimak. Dengan ini pula saya berkata bahwa data nilai alexa tidak terlalu penting karena kalau di pikir serius malah akan membuat kita semakin stress bahkan menyebabkan penyakit susah tidur.


Jadi kesimpulannya, tulis apa saja yang kamu ketahui dan kamu lakukan. insyaalah tulisan kamu akan berguna untuk para pembaca yang membutuhkan di luar sana. Berikan terbaik untuk para pembaca karena sebetulnya "pembaca itu adalah raja". Jangan takut salah dan malu untuk mengatakan apa saja kekuranganmu, toh nanti akhirnya ada orang yang mengoreksinya. :-)
Dengan banyaknya kamu aktif di forum-forum, sosmed, dan blogwalking akan memperbanyak kenalan kamu. Dengan begitu, otomatis dengan sendirinya trafik akan otomatis pengunjung kita mengalir sedikit demi sedikit. Jika sudah seperti itu nilai alexa kita yang gendut akan turun sendirinya. Selain itu situs/blog kamu akan dipercaya banyak orang dari pada kamu hanya melakukan komentar spam, atau hanya sekedar menitipkan link dan sebagainya. Oke Setuju??? Sippp dah kalau begitu. 

Kesimpulan ini juga berarti mengakhiri tulisan saya ini. Terimakasih atas kunjungannya disini, tak lupa saya ucapkan salam hangat dan salam kenal untuk teman-teman blogwalking saya yang baru.  
 (By: Penulis Eyuana)

Upddate Tahun 2019

Mungkin beberapa waktu yang lalu kita bisa mendaftar gratis di Alexa ini. Namun berlaku untuk di tahun 2019 ini pendaftaran sudah tidak lagi gratis lagi. Pengguna diwajibkan untuk mendaftar dengan fitur berbayar. Info selengkapnya dapat anda kunjungi situs resminya.

Artikel Terbaru Seputar Website

Artikel Tentang : Teka-Teki Dibalik Nilai Alexa yang Gendut - Eyuana.Com

33 komentar

Saya pas baca judulnya ini, langsung nyari, "nama saya ada lagi gak yah di sini", eh ternyata ada juga. di bawah. hahaha

Balas

@bang ridho rhoma:
hehe... iya begitu bang rom biar situ ikut mejeng disini juga, gpp khan?? gimana tips & triknya bang ditunggu nih.hehe.... ;-)

Balas

saya pernah pasang terus tek copot lagi begitu berulang karena saya merasa ngga begitu aktif ngisi blog

Balas

@pak eka:
Iya pak eka..... nilai alexa jgn menjadi patokan kita. Yang terpenting adlh kita sebagai penulis blog terus berusaha untuk memberikan konten menarik untuk para pembaca. Berupa artikel ataupun sekedar cuharan hati saja. Dengan berjalannya waktu pasti trafik pengunjung akan berjalan dengan sendirinya.

Balas

saya juga pengen nih mempunyai rank alexa yang ramping mbak

Balas

@yanto cungkup:
Maaf mas untuk mbaknya sekarang jarang aktif posting. Perkenalkan nama saya endi yuana (jenis gender L2)
Wah ini kayaknya pertanyaannya agak menyindir saya ya bung yanto ini bisa aja..... Harusnya saya yang lebih banyak belajar dari bung yanto.hehe..

Balas

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi:
eh maaf..habis gambar profilnya nggak ada sih mas,heheehe

bukan nyindir koq mas.beneran

Balas

@Ridha Harwan:
Silakan ajah. :D.
Bikin tulisan tips dan trik itu ternyata butuh waktu, soalnya mesti bertapa dulu. hehehe

Balas

Kalau menurut saya... hal yang paling penting di lakukan adalah Rajin membuat postingan dan rajin blogwalking.

Balas

@ mas muhamad nuhan:
betul sekali mas muhamad, makanya untuk sekarang ini baru fokus untuk membuat artikel yang lebih berguna. :-) drpd pusing mikirin trafik alexa gendut.hehe...... Oh iya kegiatan blogwalking baru dimulai mas untuk sekarang ini, karena ternyata sangat efektif banget utk kelangsungan blog ini + nambah sahabat.

Balas

@ mas ridho:
hehehe.... harus bertapa dulu ya mas??? :D :D

Balas

Dahulu juga blog saya pernah punya prestasi yang baik dengan Alexa Rank yang ramping dan Google page rank yang besar. Namun karena kesibukan jadi saya jarang skali posting artikel. Namun setelah saya mendalami lagi tujuan awal saya untuk membuat blog adalah “… Tulisan Yang Bermanfaat Bisa Menambah Bekal Untuk Akhirat, Untuk Bisa Nulis Maka Perbanyaklah Membaca, Dengan Membaca Maka Wawasan Pun Bertambah … “ maka semua peringkat-peringkat itu menjadi tidak lagi menjadi pengusik tidur lelap saya dimalam hari.

Jadi teruslah menulis, karena “Ilmu yang bermanfaat akan menjadi bekal kita di akhirat “

Salam : KEEP THE POWER OF HONESTY

Balas

@Cerita dan Ilmu:
Sebagai sesama penulis saya setuju dengan pendapat anda. Sebaiknya kita harusnya lebih konsen untuk menulis tulisan yang menarik. Dengan diawali menulis hal-hal yang kecil, semoga dengan harapan bisa berguna untuk para pembaca yang masih membutuhkannya. Sehingga dapat menambah bekal dan ilmu bagi yang membutuhkannya. Thanks

Balas

wow ane baru berkunjung lagi, ada nama saya terpisah dari yang lain, hehe :D

trafiknya greget banget pakde, baru turun sedikit, nanti juga naik lagi..
trafik itu seperti lift, kadang naik kadang turun..
jangan terlalu diambil pusing, nanti pusing beneran lagi :D

terus lanjutkan tulisan menariknya, terutama di elektro, itu di gambar pos pupuler dan paling banyak komentarnya ada di dunia elektronika :)

Balas

@Sucipto Kuncoro:
Oke pak sucipto..... terimakasih sarannya.
Namanya dipisah karena pak sucipto profesinya berbeda dengan yang lain.hehe Kalo punya saya malah isinya gado-gado pak !!!! :D
Soalnya masih bingung blog ini mau di arahkan kemana.hehe

Balas

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi:
Nyari Ide dulu. Gimana cara bikin tulisan bertema seo, tapi tulisannya ber seo. hehehe

Balas

Wah punya saya saja masih terlalu gendut -_-

Balas

trik yg paling jitu dan mujarab adalah rajin update artikel, kalau bisa minimal sehari satu kali ...

Balas

@Prisma Try Laksana:
Jangan terlalu dipikirkan mas...

@Info Menarik:
Oke terimakasih buat sarannya om :-)

Balas

balik sini lagi mas,memang alexa penuh teka teki ya..
eh nama saya belum kecantum nih

Balas

@mas yanto:
Hehe... Iya mas nanti sekalian di rapel ya namanya biar lengkap. Okey??

Balas

Punya saya masih terlalu gendut banget gan, alexanya 1jutaan,,

Balas

saya sendiri masih tanda tanya kenapa mengecilkan alexa susah tapi gendutnya gampang :D salam kenal

Balas

@salamun picasa:
Gpp mas, dgn sendirinya nanti akan naik klo memang di pupuk dg benar :-)

Balas

@pak ibrahim:
Salam kenal kembali pak....iya seperti itu pak misteri alexa masih blm dipecahkan.hehe... Tp kelihatannya blog bapak sudah bagus banget saya jadi iri lihatnya :D

Balas

saya masih awam hal begituan.
cek submit link di blog saya ya mas.

Balas

Saya juga newbie kok mas.hehe penting nulis aja :D
oke mas coba check di laman syarat dan ketentuan >> partner

Balas

punya saya malah genut bgt.

Balas

Betul, saya juga baru.
Kalau tulisan kita bagus dan bermanfaat, pengunjung meningkat dan langsing tuh, Mrs. Alexa :)

Balas

Hehe... iya mabak pipit. Pokoknya yang penting nulis aja deh

Balas

mbak pipit maksudnya.... maaf salah ketik :D

Balas

Terima kasih infonya bermanfaat

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :