logoblog

Penemuan Manusia Purba di Indonesia

Manusia Purba (Prehistoric People) merupakan jenis manusia yang hidup berjuta tahun lalu yang belum mengenal tulisan. Memiliki alat pendukung untuk berburu / mencari makanan terbuat dari batu. Manusia purba diperkirakan hidup di bumi sekitar 4 tahun lalu.

Gambar Manusia Purba

Terungkapnya manusia purba ini berawal dari penemuan FOSIL dan ARTEFAK :

1. FOSIL adalah tulang belulang manusia maupun hewan dan tumbuhan yang telah membatu.

2.ARTEFAK adalah peralatan dan perlengkapan kehidupan manusia sebagai hasil dari kebudayaannya.

Sehingga dari fosil dan artefak ini para peneliti atau ahli arkeolog dapat mengetahui usia dan peradaban di alam kehidupanya pada masa lampau.

Manusia Purba yang ditemukan di Indonesia antara lain :


1. Meganthropus Paleojavanicus

Disebut juga sebagai Manusia Raksasa Jawa, ditemukan oleh seorang peneliti dari belanda bernama Von Koniegswald di Sangiran, Lembah Bengawan Solo antara  Tahun 1936 - 1941. Fosil ini berasal dari lapisan Pleistosen bawah, diperkirakan dia memiliki badan tegap dan rahang besar dan kuat. Manusia jenis ini diperkirakan hidup pada Zaman Batu Tua (Paleolithikum) sekitar  1 juta sampai dengan 2 juta tahun lalu.

Gambar Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus

2. Pithecanthropus
Manusia purba jenis ini merupakan manusia purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Manusia ini juga disebut Manusia Kera yang Berjalan Tegak. Memiliki umur yang bervariasi diperkirakan hidup antara 30.000 sampai dengan 2 juta tahun lalu. Manusia purba jenis ini mempunyai ciri-ciri badan tegap tapi tidak setegap meganthropus, muka menonjol ke depan dahi miring kebelakang, bentuk kepala lonjong seperti berkonde dan hidungnya besar.

Ada beberapa spesies manusia purba jenis ini yang ditemukan di Indonesia, antara lain :

a. Pithecanthropus Erectus
Fosil ini ditemukan oleh Eugene Dubois pada Tahun 1891 di Trinil Jawa Tengah. Berasal dari lapisan Pleistosen lapisan bawah dan tengah. Femur atau tulang pahanya, bentuk  dan  ukurannya jelas  seperti milik  manusia dan  menunjukkan bahwa mahluk itu berjalan diatas kedua kakinya. Volume otaknya mencapai 900cc sedangkan kera hanya 600cc.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Erectus

b. Pithecanthropus Mojokertensis
Ditemukan oleh Von Koeningswald pada Tahun 1936 di Mojokerto, Jawa Timur. Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak anak-anak.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Mojokertensis

c. Pithecanthropus Robotus
Ditemukan oleh Weidenreich dan Von Koenigswald pada Tahun 1939 di Trinil, Von Koenigswald menganggap fosil ini sejenis dengan Pithecanthropus Mojokertensis.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Robotus

d. Pithecanthropus Soloensis
Ditemukan di dua tempat terpisah oleh Von Koeningswald dan Oppernoorth di Ngandong dan Sangiran.berupa tengkorak dan tulang kering. Tahun 1931-1933.

Gambar Manusia Purba Pithecanthropus Soloensis

3. Homo
Manusia purba jenis merupakan jenis manusia purba yang berumur paling muda, diperkirakan hidup pada jaman 15.000-40.000 SM. Volume otaknya yang sudah menyerupai manusia modern dan bukan lagi manusia kera (Pithecanthrupus).

Beberapa manusia purba jenis homo yang ditemukan di Indonesia, antara lain :

a. Homo Soloensis
ditemukan oleh Von Koeningswald dan Weidenrich antara tahun 1931-1934 disekitar sungai Bengawan Solo. Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak. Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh manusia purba jenis ini antara lain, volume otak antara 1000 – 1300 cc; tinggi badan antara 130 – 210 cm; muka tidak menonjol ke depan; serta berjalan tegap secara bipedal (dua kaki). Homo soloensis diperkirakan pernah hidup antara 900.000 sampai 300.000 tahun yang lalu.

Gambar Manusia Purba Homo Soloensis

b. Homo Wajakensis
 yang ditemukan oleh Van Rèestchoten pada Tahun 1990 di Desa Wajak, Tulungagung yang kemudian di teliti oleh Eugene Dubois. Hidup antara 40.000 –  25.000 tahun yang  lalu,  pada lapisan Pleistosen Atas. Tengkoraknya mempunyai banyak persamaan dengan orang Aborigin penduduk asli Australia. Yaitu : memiliki muka lebar dan datar; hidungnya lebar dan bagian mulutnya menonjol; tulang tengkorak sudah membulat; serta memiliki tonjolan yang agak mencolok di dahi

Gambar Manusia Purba Homo Wajakensis

c. Homo Floresiensis
dibanding jenis lainnya, homo ini memiliki keistimewaan karena tubuhnya yang kerdil. Ditemukan oleh seorang pastur bernama Verhoeven pada tahun 1958 di goa Liang Bua Manggarai, Flores, dan baru di umumkan sebagai temuan yang menghebohkan pada tahun 2004. Diperkirakan hidup sekitar 30.000 –18.000 tahun yang lalu, telah mampu membuat peralatan dari batu, pemburu handal dan memasak dengan api, tetapi ukuran tangannya masih panjang. Manusia kerdil ini memiliki tinggi tubuh sekitar 1m, dan ukuran tengkorak seperti anak kecil. Dari cerita  rakyat  setempat, masyarakat Flores menyebut manusia kerdil ini  dengan nama Ebu Gogo.

Gambar Manusia Purba Homo Floresiensis

Foto Kunjungan Admin Eyuana.Com ke Museum Kars di Gunungkidul :

Pada tahun 2012 tim penulis kreatif dari Pusat Pengetahuan dan Teknologi juga mengunjungi sebuah museum kars yang berada di kabupaten Gunungkidul paling selatan perbatasan dengan wonogiri. Berikut ini kami sajikan memory foto kami saat berada di museum tersebut. Mungkin ada pembaca yang berniat untuk berkunjung... Untuk sekedar pemberitahuan pada saat kami melakukan pengunjungan masuk tidak dipungut biaya alias GRATIS. Mungkin hanya dikenakan biaya retribusi untuk parkir saja.

Kunjungan Manusia Purba

Kunjungan Pusat Pengetahuan dan Teknologi

Banyak hal yang ada di museum ini tidak hanya manusia purba, tetapi juga ada koleksi batu-batuan kars, miniatur kota, gua dan candi buatan. Semoga anda terkesan jika berkunjung. Thanks.


Artikel Selanjutnya Pembuktian Kebenaran adanya Manusia Purba :

>> Peninggalan Budaya Era Prasejarah <<

Artikel Tentang : Penemuan Manusia Purba di Indonesia - Eyuana.Com

27 komentar

Yang nomor 2 di atas itu, penulisannya bukannya "artefak", bukan "arlefak" Min?

Balas

@ Ridha Harwan

Oh iya wah pasti den ridha ini ahli sejarah ya....?? Sory den nanti diralat. Terimakasih

Balas

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi: Enggak kok, itu cuma salah ketik saja kayaknya.

Balas

@Ridha Harwan:Oke terimakasih atas masukannya, sudah diralat den begitu khan ??

Balas

saya masih meragukan apakah gambar-gambar manusia itu sesuai dengan fosil-fosil yang ditemukan. lalu bagaimana dengan teori-teori tentang manusia yang satu keturunan dengan monyet. kalau manusia satu keturunan dengan monyet itu berarti manusia juga binatang. kalau manusia itu binatang mengapa manusia saat ini berbeda dengan binatang. maka ada yang aneh dalam hal ini.

Balas

Manusia purba memang ada dan yang membuktikan bahwa manusia purba itu ada adalah bentuk2 peninggalannya (punden,berundak,menhir,dolmen,alat2 serpih, dll). namun jika membahas teori tentang asal usul nenek moyang manusia tidak akan pernah ada habisnya,apalagi jika dikaitkan dengan ajaran agama (nabi adam misalnya).
Yang saya ketahui adalah manusia purba ini ada dan mereka hidup sebelum adanya manusia modern seperti sekarang ini. Mereka hidup berkelompok antara ratusan bahkan berjuta tahun yang lalu.

Balas

tolongjangan berfikiran bahwa manusia berasal dari monyet, itu salah kaprah. manusia berbeda denan monyet baik dari morfologi maupun DNA. yang mirip dengan manusia adalah ape.tolong bedakan monyet dengan ape. sedangkan evolusi manusia dan ape itu berjalan beriringan. jdi nenek moyang manusia bukan ape. apalagi monyet.

Balas

artikel yang bermanfaat
top dech!!

Balas

"Manusia purba diperkirakan hidup di bumi sekitar 4 tahun lalu."

4 tahun lalu?????

Balas

4 tahun lalu itu sekitar 2011 waktu saya SMA

Balas

Manusia purba=manusia praaksara=manusia prasejearah. hidup mulai semenjak zaman es berakhir (masa pleistosen) dan berakhir setelah manusia mulai mengenal aksara, yakni dengan ditemukannya tulisan hiroglif di Mesir kurang lebih 5000 tahun yang lalu, dan kalau di Indonesia pada tahun 400 M di kerajaan Kutai.

Balas

Thank's gan , artikel dan fotonya sangat membantu tugas saya

Balas

oke sama2 semoga bermanfaaf :smoke

Balas

Di kampung sya trdapat gua beserta fosil orang apa sya gak tw, klo d lihat secara rinci itu fosil manusia tp ukuran kepala nya kok besar dan tulang tangan dgn kaki nya juga besar d ukur dri ketinggian nya bsa mencapai 300cm. Lokasi gua trsebut da d daerah pedalaman sya, orang2 gak brni akan masuk ke gua itu krna di percaya bsa2 gak bsa kluar lg, sya anak jaman skrang percaya gak percaya si tp setelah sya diam2 memasuki gua itu ternyata trdapat fosil2 yg sya uda jelaskn seperti yg d atas dan sya trnyata gak da masalah setelah kluar dri gua itu smpai skrang, bagi anda/saudara yg penasaran sya bsa antar ke lokasi nya, untuk lokasi nya smpai skrang bsa d bilang 100% utuh maksud nya blum tersentuh tangan. Da pula no hp sya yg bsa d hub kapan sja tuk mengantarkn ke lokasi trsebut:082399497891 atas nm Ibnu.
Terima kasih...

Balas

Tolong diralat...museum kars yang sampeyan kunjungi berada di pracimantoro,wonogiri jawa tengah mas....bukan di gunung kidul....mohon memberi informasi yang jelas....

Balas

Tidak ada manusia purba ..teori darwin terbantahkan oleh alquran . Manusia purba itu adalah orang yahudi yang melanggar aturan tuhan . Mereka tidak boleh menangkap ikan pada hari sabtu karena hari sabtu buat hari ibadah mereka. Mereka melanggar dan Allah swt kutuk mereka seperti kera .liat alquran surat albaqarah ayat 65 dan surat al araf ayat 166. Jadi kalo banyak di temukan manusia purba berarti wilayah itu dulunya tempat orang yahudi.di literatur eropa fisik yahudi itu bukan bule seperti negara israel sekarang tapi mereka berambut keriting dan kulit warna gelap seperti orang jawa dan afrika .pernah baca juga seluruh kantor kedutaan besar israel menggunakan nama java telaviv.dan lambang rabbi yahudi rumah joglo jawa .

Balas

coba pikir lagi bro zaman belanda sudah seberapa jauhbkah analsis dna dan asumsi wujud. ini benar-benar tipuan bodoh modal tulang paha, tempurung kepala gigi sudah berani menggambarkan itu manusia lengkap dan utuh ... inilah tipuan kompeni, kita sering melihat proses evolusi dari kera ke manusia dengan fosil-fosil diatas berada ditengah-tengahnya. monyet dan manusia kita dapat lihat hari ini yang ditengah tidak ada satupun yang kita lihat hari ini ... tuh kan kita dikibulin

Balas

Ilustrasi yg menyesatkan .... apa sudah yakin tuh posil manusia atau bukan .... kalo hanya dikira kira mah ane juga bisa ... manusia pertama saja wajahnya paling tampan .. masa manusia berikutnya jelek ... manusia pertama yg sempurna yg diciptskan tuhan itu lebih jenius dari manusia sekarang ... makanya teknologi jaman dulu itu sangat canggih ... sayangnya kejeniusan orang jaman dulu berahir ketika bencana alam yg sangat besar . Menjadikan trauma.. dan penurunan daya fikir ... dan setelah sekian lama kejeniusan itu tumbuh lagi sedikit demi sedikit hingga sampai saat ini kejeniusan masih berkembang ..

Balas

klo boleh tau gundul pringis tu fosil apa ya

Balas

Jenis manusia purba di Indonesia masih mungkin akan bertambah seiring penemuan baru

Balas

patut di contoh nih agar para pemuda Indonesia termotivasi untuk berkarya..
cek artikel menarik serupa di :
Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

Balas

Saya tidak percaya adanya pithe pithe manusia purba ini..
Karena sesuai dalam kitab suci alqur'an.
Bahwa manusia pertama adalah nabi adam AS. Dan para nabi adalah manusia sempurna. Setelah itu ada nabi nabi lainnya seperti nabi yusuf,nabi muhammad saw. Beliau para nabi dan rasul orang jaman dahulu .tapi dalam alqur'an jelas para nabi semuanya sempurna.baik secara fisik maupun segalanya.. masa makin berjalannya era waktu terdapat manusia kera😊 ngaco ah.
Sekian.. itu pendapat dari saya pemeluk agama islam.. insyaallah sepenuh hati saya benar" tidak percaya adanya manusia purba yang mirip kera

Balas

Mari kita sedikit berfikir," knp para ilmuwan enggan mengungkap sejarah di wilayah kita ini".
1.Masyarkt kita pd umumnya lbh mengutamakn ego drpd rasio.
2.Kenyataan suatu pranala bertumpu pd peradaban dominan,bkn analisis ilmiah.
Sebagai contoh;Nabi.
Nabi adalah manusia yg diutus oleh Allah untuk menyampaikan kebenaran kpd ummatnya.
Kesimpulannya;
1.Jika nabi adam manusia pertama,lalu ummat apa yg harus diberikan kebenaran?
2. Jika nabi adam adalah manusia UTUSAN ALLAH YG PERTAMA,yg dibekali kesempurnaan fisik,pemikiran,keahlian,etika,relegius,dll. Sehingga nabi adam mampu mengajarkan arti hidup dan pemberi hidup(ke-Tuhan-an). Sistem menanam tetumbuhan(agak spesifik pertanian)tp konteksnya adlah setelah memetik dan memakan buah maka hrs menanam biji,dan hrs merawat dan menunggu lama untuk tumbuh dan berbuah lg,sebenarnya ini bkn dosa,tp kodrat yg hrs lakukan untuk menghidupkan dan mempertahankan dunia. Selain itu jg nabi adam mengajarkan sistem pernikahan,etika merawat jenazah,dll.
Dgn demikian berarti nabi adam harus punya UMMAT UNTUK DI AJARI.

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :