logoblog

TAMPILAN BARU EYUANA UNTUK PEMBACA

Di awal tahun baru 2015 ini saya sebagai penulis memberanikan diri untuk merubah sebagian struktur tampilan desain Eyuana.Com , hal ini saya lakukan semata-mata untuk memberikan pelayanan dan kepuasan para pembaca semuanya di Pusat Pengetahuan dan Teknologi. Dengan seiringnya perkembangan pengguna smartphone dan tablet menjadikan saya terpaksa untuk membuat tampilan laman situs saya agar lebih ''Mobile Friendly''.
Mobile Friendly adalah sebuah tampilan responsive yang bisa menyesuaikan tampilan laman berdasarkan dengan resolusi layar yang anda di gunakan saat anda mengakses Eyuana (dot) Com secara otomatis.
Sebenarnya saya sendiri kurang tertarik dan suka dengan tampilan mobile friendly. Karena tampilan ini mengurangi beberapa fitur yang saya gunakan. Sehingga untuk tampilannya tidak saya buat full responsive 100%. Mungkin perubahan tampilan ini hanya bisa dinikmati untuk pengguna handphone  dengan lebar resolusi layar di bawah 500 pixel saja.
Pengguna handphone dengan layar dibawah resolusi 500px tidak perlu lagi menyubit atau meregangkan tangannya saat membuka halaman. Namun untuk pengguna tablet masih bisa menikmati tampilan full tiga kolom, karena pengguna tablet menurut saya tidak terlalu membutuhkan tampilan responsive ini. Pengguna tablet menurut saya masih jarang dan apabila di bikin responsive juga malah membuat tampilan blog jadi kurang terlihat bagus ( profesional menurut saya). Sehingga hanya saya batasi khusus untuk pengguna handphone dan smartphone standart saja.

Walaupun begitu, saat saya lakukan pengujian di Google Webmaster Tool Mobile Friendly, alhamdulilah saya masih lolos dan masuk di kategory situs dengan tampilan mobile friendly meskipun tampilan blog ini tidak saya bikin 100% responsive.
pengujian tampilan responsive
atau jika anda ingin mengechecknya bisa check di sini :
https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly
Perubahan ini saya lakukan sejak sekitar beberapa minggu yang lalu, sehingga saya sedikit vaccum untuk posting artikel terbaru, membalas komentar pembaca dan melakukan kegiatan blogwalking seperti biasanya. Jadi mohon maaf apabila beberapa komentar pembaca baru bisa saya balas dan baru hari ini saya mulai aktif kembali untuk posting dan membalas beberapa pertanyaan yang sempat tertunda sebelumnya. Terimakasih !!!

Karena saya menggunakan jenis desain template (thema) tiga kolom, sehingga menyebabkan loadingnya agak sedikit lambat saat membuka laman blog saya ini. Sehingga terpaksa saya memangkas dan menghapus beberapa gambar dan javascript yang saya rasa tidak diperlukan lagi. Seperti : Data visitor ( kedatangan tamu ) dan tombol like facebook yang biasanya ada di setiap halaman posting.
Khusus untuk tombol like  FACEBOOK  Sebenarnya tombol like ini sangat diperlukan, tapi anda tidak perlu khawatir karena saya sudah menggantinya dengan menggunakan tombol like   GOOGLE +   yang terletak di bawah sebelum tombol share (Bagikan). Sehingga kalau dirasa suka atau artikel yang saya tulis berguna silahkan kasih jempol, sehingga saya bisa langsung tahu kalau artikel tersebut bermanfaat, dan pastinya saya akan langsung meresponnya. Oke?? Setuju khan......
Tombol like facebook ini yang ternyata selama ini membuat loading lama atau bahasa keren-nya loyo atau bisa juga loading lemot, Hal ini yang membuat anda kabur duluan sebelum membuka halaman saya. hehehe..... ( Betul tidak?? )

Alhamdulilah setelah saya lakukan perubahan struktur desain dan pemangkasan beberapa fitur lainnya untuk kecepatan loadingnya blog lumayan wus-wus untuk sementara ini.

Hasil datanya kurang lebih seperti ini :

1. Data kecepatan saat membuka halaman beranda ( halaman muka ) di Eyuana.Com
pengujian kecepatan halaman awal
2. Data kecepatan saat membuka halaman posting artikel
pengujian kecepatan halaman artikel

Untuk nilai kecepatan cukup membanggakan, tapi saat membuka halaman posting mungkin agak sedikit lambat dikarenakan saya menambahkan fitur emoticon pada kolom komentar yang tidak ada sebelumnya. Penambahan fitur ini sebenarnya untuk menarik saja agar tampilan tidak terlalu kaku dan monoton.

Kalau dilihat sekilas untuk desain tidak terlalu jauh berbeda dari thema sebelumnya. Thema template yang menemani saya sejak tahun 2011 yang lalu. Untuk di tahun 2015 ini hanya merubah sedikit saja terutama untuk logo, lebar halaman dan warna background. Sedikit mengenangnya kurang lebih untuk tampilan thema tempo dulu eyuana adalah seperti ini :
thema tempo dulu
Ditahun 2011 yang lalu untuk type dokumen saya menggunakan xhtml 1.0 transitional untuk format kerangkanya, namun seiring berjalannya perkembangan sehingga sekarang ini untuk kerangka type documennyanya saya rubah ke HTML5. Agar lebih modern dikit,hehe.... Karena kabarnya html5 sudah mendukung multimedia dan beberapa perbaikan fitur lainya. Walaupun untuk masalah penulisan format valid htmlnya masih meninggalkan beberapa error namun hanya sedikit error saja di halaman postingan. Kemungkinan masalah ini akan segera diatasi agar robot laba-laba crawl google dapat lebih cepat untuk merayapi dan mengindek halaman blog saya ini.

Terimakasih atas kesetiaan para pembaca semua yang sudah mengunjungi blog sederhana saya ini (blog gado-gado). hehe.... Semoga apa yang saya tulis selama ini bisa lebih bermanfaat dan berguna untuk para pembaca. Jika ada kritik dan masalah mengenai kendala akses dengan tampilan baru ini tolong segera untuk memberikan saya masukan agar lebih baik untuk kedepannya.
Artikel Tentang : TAMPILAN BARU EYUANA UNTUK PEMBACA - Eyuana.Com

14 komentar

salam kenal aja dulu ya mas :D

Balas

Salam kenal kembali dari saya mas ibrahim .... (y)

Balas

skor gtmetrixnya keren pakde :D
ada tombol like kalau dari laptop gak terlalu ngaruh, kalau buka dari hape baru berasa lebih berat

Balas

Hehe... Iya ni pak akibat pemangkasan bertubi-tubi hanya buat ngejar kecepatan loading aja :-D Akibatnya banyak fitur yang hilang.
Awalnya g+nya juga mau disunat tapi masih ragu2.....hehe

Balas

Saya suka warna latar yang putih dan kayaknya lebih menarik dibandingkan warna latar kuning yang kemarin itu. :D

Balas

Terimakasih bang ridho. Tapi bukanya putih kelihatan polos banget yah?? Gpp lah demi ngejar trafik & kecepatan blog.hehe....

Balas

selamat ya mas, saya malah belum utak atik yang kaya gituan, tapi saya cek di link tsb, punya saya kok udah mobile friendly ya? atau jangan-jangan pakai template bawaan saja juga sudah mobile friendly? jadi bingung.hadeh.
punya saya saja malah saya bikin full width untuk tampilan di komputer, biar lega rasanya, itupun caranya copas sana sini.hehe, tapi isi artikelnya tidak copas lho ya, walaupun ada beberapa yang copas, terutama yang script, sudah bisa dipastikan copas, tp sumber juga terlampir.

Balas

Kalo lebih mantap masalah mobile friendly coba chek ke sini >> http://www.responsinator.com/

Disitu langsung ada simulasinya dr iphone,android,dan tablet,dll
Sama kok mas saya juga msh main sana-sini klo mau edit template. Biasanya nongkrongin artikel para master2 koding seperti : (kang ismet, kompiajaib,dte,dll).

Balas

hehe... terimakasih :-D

Balas

lumayan kencang gan :)
gk terllu lelet

Balas

Bagus koq tampilan dan page speednya gan .. saya saja malah kurang ngerti gituan gan..

Balas

Makasih mas... Mudah2an aja tambah kenceng di akses dr mana aja. Pny mas jg bagus kok.

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :