logoblog

Membuat charge handphone dari accu motor

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membuat charge handphone yang bersumber dari accumulator sepeda motor. Jadi tidak membutuhkan listrik yang bersumber dari PLN lagi, sebab kondisi ini sangat menguntungkan bagi kita yang sering berpergian ataupun mempunyai hobby touring.

Selain itu artikel ini saya tulis karena ada salah satu pembaca menanyakan tentang rangkaian ini untuk digunakan dalam keadaan darurat. Kebetulan saya masih ada screen shootnya, sbb :

Charge Handphone dari accu motor

Menanggapi pertanyaan diatas, disini akan saya bongkar mengenai skema charge handphone dengan accu motor. Sebenarnya rangkaiannya sangat sederhana yaitu menggunakan IC regulator 7805, fungsi IC ini adalah sebagai penyetabil tegangan 5 volt. Mengapa penyetabil ??  Jadi begini, Tegangan standart handphone adalah 5 - 7,2 volt. Kalo kita menggunakan tegangan accu  12 volt maka handphone anda saya jamin dalam waktu kurang dari 3 bulan akan cepat rusak karena tegangan overload.

Sebagai gambar skema-nya dapat dilihat dibawah ini :


Skema charge handphone
Skema rangkaian charge handphone dari accu motor


Gambar diatas adalah gambar paling sederhana untuk membuat charge handphone dari accu motor. Jika anda mengiginkan penyetabilan yang lebih baik saya sarankan menambahkan kapasitor elektrolit untuk input dan output IC tersebut. Untuk menghindari panas berlebihan tambahkan heatsink (pendingin) pada IC 7805, pendingin bisa anda tempel langsung pada body motor maupun anda tambahkan sendiri jika rangkaian tersebut terpisah dengan motor anda.
    

Selamat Mencoba..... !!!







Artikel Tentang : Membuat charge handphone dari accu motor - Eyuana.Com

6 komentar

Lah ntar listrik ngecasnya apa gak kepengaruh dengan tarikan gasnya?

Balas

@Ridha Harwan:
Memang terkadang begitu mas, tapi hal ini untuk keadaan darurat saja..... sebaiknya pengechasan dilakukan saat motor berhenti (diam).
Tapi jika terpaksa dilakukan saat berkendara tidak apa2 karena sudah ada IC penyetabil tegangannya. Tp hal ini jangan terlalu sering dilakukan.

Balas

Kalo pake kapasitor masangnya dimana dan bagaimana? Makluk masih new comer dalam bidang elektronik

Balas

Dipasang pada outputnya mas

Balas

kapasitor dgn nilai berapa Gan.?

Balas

maksudnya kapasitor yang mana mas

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :