logoblog

Membuat Kunci Rahasia Motor

Sesuai janji saya pada posting artikel sebelumnya akan membahas tentang cara membuat kunci rahasia pada motor. Karena dampak ekonomi yang semakin sulit banyaknya kasus pencurian motor pada masa skarang ini. Walaupun cara pintas merupakan faktor yang mempengaruhi seseorang untuk bertindak kejahatan, akan tetapi kegiatan tersebut adalah perbuatan dosa yang tidak di benarkan dalam segi agama manapun. Sebagai pemilik sepeda motor harusnya selalu berhati hati dan terus waspada terhadap aksi kejahatan ini. Salah satu cara aman adalah memasang kunci ganda pada sepeda motor anda. Antara lain kunci roda, kunci setang rahasia, alarm, gembok, rantai, dan kunci disc cakram, dsb

Di bawah ini saya berikan sebuah rangkaian kunci rahasia motor sederhana untuk mengamankan motor anda dari tindak kejahatan. Rangkaian di bawah ini cukup menggunakan switch sebagai media pemutus kontak utama sehingga anda tidak perlu menggunakan sensor tambahan.


KUNCI RAHASIA MOTOR
Gambar Rancangan Kunci Rahasia dengan Klakson


Yang perlu diperhatikan adalah pengkabelan pada cdi motor anda. Sebab warna kabel setiap standart pabrikan seperti honda, yamaha, kawasaki, suzuki, dll berbeda. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat disini.

Setelah anda paham tentang warna kabel pada CDI anda, terpenting pertama adalah cari kabel massa (ground) yang terhubung dengan CDI motor anda. Misalnya untuk warna kabel untuk Motor Jupiter Z adalah hitam.


cdi motor yamaha

Kemudian potong kabel massa (ground) tersebut, dan gantikan dengan saklar toggle (dipasang seperti gambar pada posisi angka 2 ).

Apabila anda ingin menambah alarm dari klakson tambahkan satu kabel lagi dan hubungkan dengan negatif dari klakson ( lihat posisi 1).

Yang terakhir letakkan saklar anda pada tempat yang menurut anda tersembunyi dan aman. Saya sarankan cukup anda yang tau letak saklar rahasia ini jangan beritahukan posisi saklar ini kepada siapapun jika anda belum sangat mengenal orang tersebut. 

SElAMAT MENCOBA ........... !!!

Artikel Tentang : Membuat Kunci Rahasia Motor - Eyuana.Com

30 komentar

ini nanti kalau di masukin gigi 1 trus di stater apa bisa nyala atau tetap ga bisa nyala motornya ?

Balas

Dalam keadaan saklar rahasia "ON", dan jika kunci kontak dinyalakan posisi mesin akan mati dan alarm klaksn akan berbunyi. Sehingga memungkinkan kendaraan anda aman dari maling.

Balas

untuk perjalanan jauh apa tidak membahayakan sistem kelistrikan pd mtor?

Balas

@Anonim:Tambahan saklar rahassia ini tidak membahayakan motor. Bahkan motor terkena hujan sekalipun, sebab yang di saklar adalah tegangan negatif.

Balas

bagaimana cara mengantisipasi agar aki tidak soak....misalnya alarm akan berbunyi selama 2 menit lalu berhenti....

Balas

@Anonim:
ganti klakson dgn sirine lebih irit walau bunyi berjam jam

Balas

Kalo pengen irit solusinya pake rangkaian delay klo gag pake bel pintu aja..tp anda harus menggunakan bateray lagi.

Balas

Bro, ane kan pke tmbahan klakson alarmnya, tp kok ktika saklar alarm di ON kan mesin bagus(tidak bisa di hidupkan) tapi kenapa klakson nya ngga berbunyi.?
Mohon bls

Balas

@Ivan Sofyan:

coba sambil dipencet tombol klaksonnya yang ada di holder (stang).........

saklar klakson standar kan memberikan tegangan positipke klaksonnya ms...kalo ms pake saklar pengaman tadi kan yang disaklar massanya,,, jadi gk akan bisa....

kalo mas pengen bisa diakali dengan menambahkan rangkaian relay 12 volt ms,,,,

semoga membantu... :)

Balas

apakah ada efek samping untuk motor injeksi mas?

Balas

Itu kan klo saklar posisi ON, klo buru" dimatikan alarm ikut mati. Sya punya rangkaian yg lebih baik, ketika saklar pernah ON alarm ttp berbunyi walaupun kontak'a dimatikan kembali. Alarm hanya akan mati jika saklar rahasia di geser ke posisi normal kembali

Balas

@muhammad yusril iza = saya pernah memasang punya teman saya motor Yamaha Vixon (model lama) selama ini belum ada masalah kok. Berarti bisa dikatakan aman karena udah dipasang hampir 1 tahun yang lalu.

@Ade Agung Setiawan = Itu skema paling sederhana + murah mas dan tidak perlu ada tambahan catu daya. Jika ingin bisa on terus tinggal ditambahkan relay untuk penguncinya + reset.

Balas

thank you informasinya,, sangat bermanfaat bagi saya,,,

Balas

klo pke sklar yng laen bisa gx?

Balas

@arif budi: bisa mas yang penting tiga kaki

Balas

Cara order nya gmn dan berapa harganya??

Balas

@Dwi Selmansyah:ini tutorial mas jadi silahkan eksperiment sendiri

Balas

mantaafff.. um..
ijin njajal... thk's before,,, 🙏 😀

Balas

aku dah prnah pasang d motorq supra, skitar 2 thunan, mpe skrng msih jozzzzzz, pake siren plus hazard, keren deh, jd klo alrm on hazar ikut nyala, kyak d mbil gitu

Balas

Oke bisa tuh buat masukan buat temen2 yang mau modifikasi alarmnya ;)

Balas

Terima kasih mas, artikelnya sangat bermanfaat dan saya udh terapin dan berhasil. Jossss dah pokonya

Balas

" Apabila anda ingin menambah alarm dari klakson tambahkan satu kabel lagi dan hubungkan dengan negatif dari klakson ( lihat posisi 1)"
mas ini maksudnya gimana ya ? di connect ny ake kabelapa ? masih dari masa CDI juga kah ? nambah rangkain kah ? mohon pencerahannya , terima kasih......

Balas

Kalo + biar Lampu Hazard / sein hidup gmana ?

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :