logoblog

Cara Memperbaiki PS 2 (Pengalaman)

Sebenarnya saya masih awam dalam memperbaiki sebuah PS (PlayStation) dan sama sekali belum pernah membongkar sebuah playstation. Kebetulan saat itu ada tetangga yang meminta untuk membongkar sebuah playstation milik anaknya yang rusak. Sudah saya bilang saya belum pernah membongkar sebuah playstation. Namun karena dipaksa untuk mencoba memperbaikinya, dalam tuturnya tetangga saya berbicara " Dicoba dulu aja siapa tau bisa, sekalian buat belajar mas ". Akhirnya saya beranikan diri untuk mencoba memperbaikinya. Oh iya untuk typenya adalah Sony SCPH 30000.

Kasusnya adalah saat pertama dinyalakan kondisi listrik konslet (hubung pendek) yang mengakibatkan mcb meteran turun. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengechek power supplynya (AC Matic) terlebih dahulu. Saya lepas blok power supply dari boxnya dan penampakanya adalah sebagai berikut ini :

Regulator PS2

Untuk gambar diatas transistor mosfet saya lepas typenya 2SK2543, perkiraan saya awalnya adalah ini penyebabnya. Karena jika diukur dengan skala x1K maupun x10K terlihat short namun setelah saya lakukan pengechekan dengan multimeter dengan skala x1ohm ternyata kondisinya masih bagus.

Lanjut ke pemeriksaanya berikutnya adalah elco terbesar yaitu berukuran 470uF / 250V, terlihat dari atas memang kelihatan bagus namun jika dari samping agak terlihat bekas terbakar karena plastik pembungkus elko ini terlihat pecah dan sedikit berair. Tidak pikir panjang saya menggantinya dengan ukuran voltase yang lebih besar agar aman, yaitu 470uF/400V. Berikutnya adalah memasang kembali transistor dan mencobanya. Dan hasilnya adalah listrik masih konslet. hehe... :D

Akhirnya lanjut ke pemeriksaan dioda zener dan  ternyata zener juga masih bagus. Sambil garuk garuk kepala dan  sempat agak frustasi resistor SMD yang disusun seri ukurannya adalah 680K sebanyak 6 buah dan 3 buah resistor 560K yang disusun seri saya lepas dan apa hasilnya? Hasilnya tetep aja nihil. 

Iseng-iseng mengganti capasitor tantalum berukuran 330pf / 1KV (dalam body tertulis 331K/1KV), ternyata membuahkan hasil. Setelah penggantian capasitor ini listrik tidak mengalami hubung singkat dan outputnya keluar stabil sebesar 11,5 Volt. Akhirnya misi terpecahkan dan saya tersenyum kecil.

kerusakan regulator playstation
Mungkin bagi teknisi yang sudah lama berkecimpung dalam hal perbaikan PS hal ini adalah biasa, namun bagi saya ini adalah kepuasan tersendiri karena telah menemukan kerusakan yang tanpa saya sadari sebelumnya.

Setelah regulator bekerja dengan normal akhirnya saya putuskan untuk mencobanya, sambil berdoa mudah-mudahan penyakitnya tidak menjalar ke mesin PS yang lain. Dan ternyata doa saya terkabul mesin PS berjalan normal dan lampu indikator menyala dengan baik. 

Memperbaiki playstation 2














Karena tempat saya tidak mempunyai stik dan memory PlayStation. Saya langsung mendatangi si empu yang punya PlayStation untuk mencobanya. PlayStation berjalan baik dan anaknya pun senang. 

Sekian dulu sedikit sharing informasi tentang playstation. Semoga dapat membantu para teknisi pemula seperti saya yang ingin mempelajari sedikit tentang kerusakan tentang playstation.


JANGAN LUPA MEMBACA ARTIKEL BERIKUTNYA :


2. Power Supply 12 Volt Tanpa Travo

3. Membuat Power Bank Darurat Sendiri

4. Membuat Sendiri Lampu LED hemat Energi

5. Teknik Memperbaiki Lampu Efisiensi


Artikel Tentang : Cara Memperbaiki PS 2 (Pengalaman) - Eyuana.Com

17 komentar

Ternyata kapasitor yah. Saya jadi ingat waktu motherboard saya juga bermalsah, kapasitornya gembdung dan diganti.

Balas

Oh bang ridho juga biasa bongkar motherboard sendiri tho??

Balas

asik2 coba bongkar ps yang sudah 1 tahun nganggur rusak. @admin, @Ridha (minta Ilmunya) thx

Balas

Ya mas silahkan :smoke

Balas

Udah jadi belum mas nur PSnya

Balas

Thanks ilmunya gan. Mau nyoba jg. Smoga bisa. Kasusx sama soalnya

Balas

bos kenapa ya saat ps 2 saya dihidupkan yg dibelakang tu yang on of di pencetlangsung mati semua listrik di rumah mati apnya ya yg salah itu

Balas

Biasanya kerusakan di blok power supplynya mas

Balas

Numpang Tanya.. Saya punya ps2 awalanya bisa di nyalakan tapi paslama g di gunakan knapa jadi mati total. itu masalahnya pada apanya y..Dan bagai mama cara memperbaikinya

Balas

Mau tanya, kalo kotak yg warna kuning gitu namanya apa ya ? yg ada 2, karna salah satu copot, apa ngarus sama kinerja ps2 ?

Balas

kl ps2 saya di ganti flexsible nggak hidup juga sebelum nya mau sesudah di gan ti malahan ngk hidup apa ya gan?

Balas

Kalo tombol untuk nyalakannya hilang bisa di ganti pakek apa ya gan..?

Balas

permisi bro mau tanya, td pagi ps saya mati, stelah d coba bongkar ternyata power suplaynya? tp kata org yg memperbaiki, katanya resistor yg kecil kecil itu dtempat saya tidak ada, apa bisa d ganti yg lain?
trz apakah ada yang jual 1 set power suplay untuk ps saya? makasih.

Balas

Kalo power suplly bagus..tapi lampu led gg nyala apanya yah...penyebab matotnya salah pasang kabel tombol reset..kabel kebalik..sualnya ujungnya ternyata di lipat..kabel fleksibel..gga ada yang putus..makasih

Balas

Kalo kena air biasa nya apan nya ya

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :