logoblog

Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp

Ketemu lagi dengan Pusat Pengetahuan dan Teknologi. Sedikit share mengenai perbaikan modul panel mesin cuci sharp satu tabung. Karena mesin cuci sharp tergolong mesin yang sering paling banyak mengalami kerusakan pada system modulnya. Sebenarnya perbaikan ini jarang dilakukan oleh teknisi mesin cuci karena sangat memakan waktu lama. Kebanyakan teknisi mesin cuci tidak ingin repot jika ternyata kerusakan adalah modulnya. Tidak berpikir panjang dan menggantinya dengan modul baru yang harganya kurang lebih 700rb untuk yang orisinil maupun dengan solusi menggatinya dengan modul china yang harganya lebih murah. Hal itu disesuaikan dengan keuangan pemilik mesin cuci itu sendiri.
memperbaiki modul mesin cuci
Perbaikan ini sebenarnya saya lakukan karena dari segi keuangan saya, dan saya juga tidak merekomendasikan untuk para teknisi mesin cuci untuk memperbaiki modulnya sendiri karena memakan waktu lama dan kepuasan pelanggan menjadi berkurang terhadap pelayanan kita yang lama.

Untuk langkah perbaikanya adalah membuang semua penutup pelindung silikon yang ada pada modul mesin cuci. Bersihkan sampai bersih dengan menggunakan obeng minus maupun cutter. dan pengechekan paling awal adalah sekering dan tegangan keluaran outputnya pada setiap kaki elco. 

Seperti kasus yang banyak saya alami adalah kerusakan pada trafonya. karena jika di ukur tegangannya sama sekali tidak nampak. Seperti gambar berikut ini penjelasanya.
memperbaiki modul
Lepas trafo dan ukur dengan multimeter. Lilitan primer maupun sekundernya. Jika putus bisa dikatakan trafonya rusak. Kerusakan paling banyak adalah putusnya sekering dan trafo ini. Kalo tidak ada sekering bisa juga resistor berukuran 4,7ohm s.d. 47ohm yang menghubungkan ke lilitan primer. 
cara memperbaiki modul
Kerusakan yang lain sebagai contoh apabila motor tidak berputar walaupun motor servonya masih bagus adalah dua buah TRIAC sebagai contoh nilainya berukuran BCR8PM sekaligus capasitor tantalum berukuran 2n2nF/1KV. 

Dan kerusakan yang lain bisa anda kembangkan pengukuran anda dengan mengecheck komponen yang lain semisal dioda zener,elco yang kembung  maupun komponen SMDnya. Seperti pengalaman lain yang pernah saya alami adalah modul sharp protect. Apabila di nyalakan pertama oke kemudian protect alarm, kasus ini termasuk kasus yang membuat saya stress berat. Dan kesimpulanya adalah komponen capasitor SMD yang short.

Teruskan pengukuran anda sampai hal-hal sekecil mungkin karena hal yang tak disadari oleh kita sendiri secara fisik bagus namun sejatinya komponen tersebut pembuat rusaknya modul mesin cuci tidak berfungsi dengan baik.
perbaiki mesin cuci
Tahap akhir adalah mencobanya dengan memasangkan modul dengan unit mesin cuci. Apabila dirasa sudah beres tinggal mengembalikannya dengan menambalnya lagi dengan lem silikon. Hal ini dilakukan untuk menghindari percikan air apabila sedang digunakan saat proses mencuci.

Oke sekian dulu sharing pengetahuan dari saya.

BACA JUGA ARTIKEL SAYA YANG LAIN :





Artikel Tentang : Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp - Eyuana.Com

241 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 241   Newer›   Newest»

bisa jadi referensi nih kalau mesin cuci rusak :)

Balas

@Kang Ucup: Betul mas... sedikit kreatif :-)

Balas

@Mars Wisanggeni: Eh ini mas mars java bukan. :-)

Balas

Salam kenal, saya ingin tanya, modul mesin cuci sama seperti punya saya, merk sharp, punya saya board pencetan pengoprasian yang warna papannya hijau ada 4 buah lamp dioda merah putus, di mana saya bisa cari?. Saya di Jakarta. Trimakasih dan Wassalam

Balas

@merfan:wah saya kurang tau mas klo tombolnya...., biasanya komponen pd board yg rusak. Sudah ke glodok blm??

Balas

Salam, sudah kemana2 mas, diglodok adanya yang universal, kan masih ngurut jalur lagi, ga berani. Pernah tanya ke Sharpnya satu set 700 ribu. saya nyari modul yang rusak, biar saya kanibal saja, kemaren mampir di Cibubur ada, moga tar sore dapet. Trimakasih, matur suwun.

Balas

@merfan:Iya semoga sukses....semisal kalo coba diakali diganti sendiri led biasa tipe smd(hp) gmn mas? Itu msh fungsi khan? Sayang bgt tuh modulnya klo di buang.tp pengerjaannya harus sangat berhati2 jgn sampai jalurnya putus. Sekedar saran aja. Tapi semisal g bisa ya terpaksa di cariin kanibalannya.

Balas

Selamat pagi, Alhamdullilah, akhirnya dapet pengganti papan boardnya, bekas, tapi masih bagus jalur2nya dan test lampu indicator nyala semua, mesin bisa bunyi tiiit lagi, trimakasih saran2nya mas, pokonya ga berhenti berusaha pasti bisa, saya nyari kurang lebih 5 bulan, mulai dari blog, situs online, dan yang terakhir ketemu linknya Eyuana, trimakasih sekali lagi buat inspirasinya mas . Sukses slau wassalam

Balas

Mau nanya ,kalo mesin cuci front loud kalo buat nyuci tabung tidak berputar tapi kalo mesin cuci nggak ada bajunya mau berputar apa agan2 disini tau penyebabnya... Apa karena module jg... Trus kalo modulnya apa bisa diperbaiki atau beli modul baru... Mesin cuci saya merk sanken type front loud ... Kalo harus beli modul belinya dimana.... Mohon pencerahan untuk agan agan semua... Saya posisi di jakarta timur
Trima kasih matur thank U

Balas

@Mahesa Gading:itu kayaknya yang rusak bukan modulnya mas. Coba ganti dulu kapasitornya... Kemungkinan kapasitornya lemah. Biasanya ukuran 10uf atau tergantung ukuran pd mesin cuci sampeyan / SANKEN

Balas

pada mesin cucu sharp kalau air tidak bisa tetutup walau di pause atau mesin sedang bekerja di modul bagian apanya yang rusak?
pernah panggil service katanya modulnya

Balas

mungkin agan tahu tlg emailkan ke zahabatravel@gmail.com terimkasih banyak

Balas

@Zahaba Travel: Terimakasih kembali maaf saya baru sempat buka komentarnya. Coba langsung dicheck emailnya :D

Balas

Nice infonya gan...trims

Balas

punya saya sharp 1 tabung, saat dinyalakan lampu indikator redup trs selang bbrp detik bunyi tiit" trs mati. itu yg rusak apanya ya....
mhn solusinya...
trimz sblmny..

Balas

@Ahmad Alvan Fatih: Coba dimanual dulu aja mas :-)
Kalo modulnya berarti nanti tinggal dicarikan saja atau di langsung di bedah sendiri :-).

Balas

Mas klo modulnya nyala dan mati sendiri
Apanya ya mas

Balas

@mat koppler: maksudnya bagaimana mas?? coba bongkar dulu dan check tegangan per bloknya.

Balas

@Pusat Pengetahuan dan Teknologi:salam kenal saya piter mau menawarkan modul mesin cuci segala merek. kondisi bekas tapi ori bukan bekas solderan harga setengah dari harga baru. tes dulu baru bayaar .yg minat hub https://www.facebook.com/piter.siahaan barang bisa di pesan lewat admin untuk admin 10 persen. dan sekedar sher dinamo mesin cuci yg rusak atau korsletinng atau terbakar 80 persen bisa di perbaiki caranya de gores pakai spidol memanjan dulu cesing motor baru di bongkar jadi ketika memasukkan kembali ke blok jangan terputar atau baut ketukar memang ini hanya untuk tehnisi bukan awam. karna awam tak sangup membuka cesing dinamo dan jangan coba coba menggulung percuma.memang tingkat pemula sulit tetapi setelah sepuluh kali ternyata mudah kurang dari 2 jam dinamo terbakar akan normal kembali.tes ter harus baru tak bisa macat karna kita akan menhitung impedansi x vol .untuk terbakar parah boleh di korbankan lilitan hingga 1 ohm kalau lebih induksi akan timpang.

Balas

@Piters Siahaan :
Terimakasih sudah sharing ilmunya mengenai perbaikan dinamo mesin cucinya. Saya sendiri juga masih belum ahli kalo soal gulung menggulung dinamo, biasanya saya serahkan ke tukang spull yang lebih paham mengenai ini.

Oke bagi yang berminat silahkan bagi teman2 yang tertarik untuk membeli modul silahkan menghubungi sendiri bang piter siahaan di alamat akun bang piter yang sudah diberikan diatas. Terimakasih

Balas

Mau tanya, klo msn cuci sharp 1 tabung, pertama nyuci ok, kira2 3 menit kmudian powerx mati, klo d idupin jln lg tapi tar mati lg, apax ya pak yg trouble, makasih

Balas

Sebelum mati biasanya alarm dulu gag pak??
kok penyakitnya agak aneh ya kayaknya punya bapak.hehe Saat mati indikator led pada modul masih nyala apa ndak ya.

Balas

tegangan yang wajib ada di modul sharp 1 tabung itu berapa saja.
selain 220
matur suwun

Balas

Untuk tegangan dc biasanya 12V digunakan untuk rangkaian driver motor servo dan 5V untuk suplay IC mikrokontroler dan Relaynya.

Balas

Mas...modul mesin sharp saya nggak mau off..(kecuali power dicabut),mohon ilmunyanya mas...

Balas

Mungkin tombolnya mas...coba di check dulu atau dibersihkan tombol panelnya biasanya lengket kena air. Solusinya dikeringin/di tusuk dikit pakai jarum.thanks :-)

Balas

Saya bantu mampir saja.
Inillah yang dimaksud artikel yang bermanfaat. Gak perlu trik segala macam. Pembaca juga merasa ini bermanfaat. :D

Balas

Hehe... Iya mas ridho. Daripada pusing mikirin seo :-D

Balas

assalamuaiakum, mas mo tanya ne. saya ada masalah dengan mesin cuci 1tabung merek panasonic dan typenya na f852b.permasalahannya adalah mesin cuci matot (mati total). saya cek bagian motornya alhamdulillah masih ok mas. Jadi saya berpikir bagian modul electric controlnya.Yang mau saya tanyakan apakah modul itu masih bisa diperbaiki, dan apabila diperbaiki kira kira dibagian mana ya mas rusaknya dan apakah sama komponen modulnya sharp dengan panasonic.tolong penjelasannya mas 

Balas

Bisa mas, cuma biasanya memperbaiki modul sebenarnya buat iseng2 saja. Jadi ya syukur gag jadi ya di ganti. Biasanya kalau mati total supply tegangan tidak masuk (12V dan 5 Volt) bisa terjadi karena fuse bagian primer modul putus atau bisa juga trafonya yang koit. Beberapa kasus yang terjadi adalah trafo (seperti gambar di atas). Thanks

Balas

trima kasih atas penjelasannya mas. dan klo transistor triac-nya rusak, biasanya gejala kerusakannya apa?..........

Balas

Kalo untuk komponen triac digunakan untuk penggerak motor servo. Tapi kerusakan ini jarang terjadi soalnya untuk modul sekarang sudah dilengkapi dengan system proteksi. Untuk supply triacnya saja biasanya melewati optocoupler terlebih dahulu dan dikontrol oleh IC microkontrolernya.

Balas

mas mau tanya mesin cuci sharp 1 tabung..kok kadang mati sendiri...kadang saat proses cuci kadang saat proses bilas..kira2 apanya

Balas

Mesin cuci samsung 1tabung katup masuk dan buang buka terus di segala proses... Apanya ya mas yang harus di oprek?.. Trims..

Balas

Kalau resistan trafo sendiri antara primerdengansekunder berapa mas?

Balas

kalau mau beli modul mesin cuci LG dimana yang jual?

Balas

ga mesin cuci saya sharp model es1070s mati total..
yg perlu d cek apanya gan

Balas

Mas mohon pencerahan...
Sanyo 1 pintu ASW-76HT tidak bisa spin, setiap slesai WASH, kluar air trus diam tdk bisa proses pengeringan, trus sy skip ke proses RINS begitu slesai sama diam saja, proses spin juga sama, kira2 apanya ya mas..
*(minta emailnya mas ke yudi.vanga@gmail.com, rencana mo bongkar PCB Controlernya..., klo ada yg aneh mo sy kirim Pic ke sampean utk ditelaah.....
mksh sebelumnya.

Balas

modul mesin sharp digital 1 tabung pngering dan cucinya, itu modulnya kebakar, terutama transistor infutnya kebakar, tipenya berapa ya, dan kalau persamaanya tipe gmna, kalau membeli modul 1 setnya berapa ya?, email saya musly0108@gmail.com

Balas

transistor T1C6, persamaanya???

Balas

bagian regulator , mohon penjelasannya ya ??

Balas

sama punya Anugrah ary , mati sendiri waktu jalan dengan dibarengi bunyi tiiit, power di nyalakan lg kadang bisa kadang g, di jalankan lg bisa opersi tp mati lg, kira2 yg masalah bagian mana? tq

Balas

persamaan BCR1A apa mas,trims

Balas

persamaan BCR1A apa mas,trims

Balas

Mas,dimana saya bisa beli trafo nya.. Punya saya lilitan trafonya terlihat agak gosong. Sehingga motor tidak bisa berputar. Mesin cuci saya LG WD K8050 TP
Terimakasih,

Balas

mantab mas. ilmunya sangat berguna sekali. thanks
kunjungi juga http://www.rajalistrik.com/

Balas

Primer sekunder klo di check tdk terhubung harusnya mas

Balas

:smoke waduh apanya ya? Hehe... Coba check bagian sensornya om. Mungkin udah waktunya diganti tuh

Balas

Kapasitor udah di check mas

Balas

Coba check tegangannya dulu. Harus dipastikan fusenya tidak ada yg putus

Balas

Klo cari yg part asli di servis centrenya om...

Balas

Sebelum memvonis modul komponen yg lain di check dulu om... Semisal switch/sensor pintu. Soalnya biasanya klo ini tdk berfungsi saat rinse/spin motor tdk berputar.

Balas

Coba cari di glodok mas... Saya biasanya kanibal dgn modul yg sudah mati. Benere diganti trafo biasa bisa tp bodynya terlalu besar shg tdk menghemat tempat

Balas

Equivalennya blm dpt saya om... Biasanya kanibal aja.

Balas

Klo beli modul yg ori sekitar 700rban mas... Ganti aja universal china klo ndak salah 350k. Ya naik turun segitu...
Bagian regulator tegangan 12v & 5v itu aja kok. Saya jg blm pelajari semua tipe.. Hanya beberapa aja. Tp kebanyakan sama kok.

Balas

Coba di check switch,sensor atau selang utk level airnya dulu om...

Balas

Klo di ganti trafo punya merk lain gimana mas? Kaki2 nya harus sama ya?

Balas

Klo gak trafo mas aja saya gantiin..

Balas

Bisa mas ganti aja gpp... Kebetulan saya baru gag pny stock modul rusak :)

Balas

Mas posisi nya dmna? Sy pengin benerin tapi gak tau tempat benerin mesin cuci.

Balas

Mesin cuci saya lg 1 tabung ,mati total mas,kata tukang servis kena trafonya ,tapi sewaktu saya testpen (maklum tidak ada alat ukur) setiap jek kabel keluar api,apa itu trafonya rusak mas ???
- kalo benar kena trafonya apa ada persamaanya ? Ukuran primer dan skundernya berapa ya mas ,biar mudah cari trafonya di tokko

Balas

Saya di gunungkidul yogyakarta mas.

Balas

Travo modul biasanya tidak dijual di toko mas.. Klo ada di carikan aja kanibalnya dr modul yg tak terpakai. Atau pakai travo 500ma / 1A yg engkel tp bodynya terlalu besar.

Balas

Posting mantap,akurat,mudah di pahami......lanjuuuuuuut.

Balas

Salam kenal Mas..
Saya punya mesin cuci top loading Sanyo asw8.. waktu itu rusak awalnya kelihatan ada asap dari contoller, ketika baru ditekan power on.. kira-kira apanya ya mas?

Balas

Di bongkar aja ms.. Nanti ketahuan bagian mana yg terbakar

Balas

Salam kenal mas
Mau tanya modul sharp 1 tabung padam,lampu mati semua,cek teg 5 dan 12v nya ada kira-kira apanya tu mas?

Balas

Wah klo tegangan ada kemungkinan agak rumit ms'... Coba di urut aja mungkin keypad tombol panelnya ms' atau jalur ada yang putus. Thnks

Balas

maaf mas numpang tanya ngga nyambung dengan artikel. mesin cuci saya sanyo 1tabung atas dipencet power on/off kok langsung muter yah. trus ketika muter proses washing tiba2 bunyi beep dan mesin mati indikator masih nyala tapi dipencet power on/off di indikator ngga ada kode yg muncul hanya timernya muncul. mohon pencerahannya, sebelumnya minggu kemaren saya baru ganti kapasitor yang 12μf seharusnya 11μf

Balas

Coba langkah awal di reset dulu tekan bersamaan tombol power on/off + tombol proses, kemudian tombol start + level airnya. Terus check door switch sekalian socket pd pressure switchnya. Periksa drain motor dan fan beltnya juga. Thanks

Balas

Nyuwon sewu permisi numpng tanya..mesin cuci sharp pintu dpn mati total stelah sya cek ternyata ada slh stu kmponen di modul yg pecah yaitu d ic 3..dn ahirnya kesulitan sya mncri nmer serinya ic tersbut..brng kali agan thu nmr serinya atw umpama sya crikan/kanibalkn apakah ic di satu merk yg sama apakh serinya sama..matur suwun..

Balas

kalau mesin cuci merk sanken prosesnya kebalik pas wash malah buang air tapi gak mau spin trus pas spin malah nyuci rusaknya gimana boss? matur nuwun

Balas

IC kaki 8 yang dekat dengan trafo ya?? itu untuk modul merk apa ya

Balas

Waduh kok bisa kebalik gitu ya mas?? Saya malah belum pernah mengalami... Apa mungkin ada perkabelan yang terbalik?? Mungkin habis ganti modul apa bagaimana.

Balas

slm knal bos,sya mau tnya mesin cuci lg eror child clock,kira2 apanya yg rusak trims,,,

Balas

slm knal bos,sya mau tnya mesin cuci lg eror child clock,kira2 apanya yg rusak trims,,,

Balas

Coba tekan dan tahan tombol yang ada simbol gembok/garis anah panah selama 5 detik. Terus dilepas kembali.. Biasanya mesin cuci terkunci mas

Balas

ya betul sekali kang deket trafo tapi saya liat di sini kaki 7 merk sharp type ES SL800DW..
mhn di bantu barang kali thu..thx n salam kenal..

Balas

Saya punya mesin cuci merk sharp es f650 py ,mengalami kerusakan dinamo tidak bisa putar ,setelah di cek listrik di setiap lini ada semua. Dan kapasitor ada semua tapi ketika power di nyalalan cuman bengung ,dinamo tidak bisa berputar, tolong info nya, trimakasih

Balas

Saya punya mesin cuci merk sharp es f650 py ,mengalami kerusakan dinamo tidak bisa putar ,setelah di cek listrik di setiap lini ada semua. Dan kapasitor ada semua tapi ketika power di nyalalan cuman bengung ,dinamo tidak bisa berputar, tolong info nya, trimakasih

Balas

pak mesin cuci saya merek midea 1 tabung top loading .... lampu panel nyala semua ketika dicolok listrik .... sebanya karena korslet kabel di belakang terkena air .... kira2 dimana kerusakannya ya pada panel ... saya cuma melihat resistor yg terbakar 1 buah ... sudah saya ganti tapi masih nyala semua lampu indikatornya ....

Balas

Nyuwon sewu mas, mau tanya
Klo kerusakan pada modul'a, bisa kah melakukan service modul'a ditempat service elektronik...
Trims

Balas

Wah harus dibongkar mas, terus di check satu2 mas.... :D
Biasanya bagian PSAnya... coba check 4 diodanya dan kapasitor tantalumnya. Kalau resistor mudah terbakar coba ganti aja yang ukuran 2 watt

Balas

Itu satu tabung atau 2 tabung ya?? Biasanya kalau motor dengung masalah di
1. kapasitor 10ufnya udah lemah,
2. motor seret ( bongkar saja terus dilumasin) ,
3. bisa masalah di karet fanbeltnya

Balas

Gag ada mas tukang servise modul mesin cuci... Paling mentok ganti satu set atau modul buatan china :D

Perbaikan ini hanya buat orang2 yang mau sedikit kreatif aja & faktor utk menghemat ekonomi mas. Daripada di buang coba diakalin dulu kalo masih bisa.

Balas

transistornya ada yg pecah ternyata pas pada resistor yg terbakar ... tp tidak ada tipe transistor yg sama ... saya coba dgn yg lain ... tp tetep nyala semua lampu panelnya ... sebenarnya yg membuat lampu panel menyala semua itu apa pak ya .... apa ada yg korslet komponennya ya ...

Balas

ya betul sekali kang deket trafo tapi saya liat di sini kaki 7 merk sharp type ES SL800DW..
mhn di bantu barang kali thu..thx n salam kenal..

Balas

Mas mesin cuci saya electrolux pada saat power on saya tekan kok mesin langsung berputar, biasanya kan tekan start baru kerja nih mesin. Kira2 apanya ya mas

Balas

Bukanya klo lampu nyala berarti tegangan normal ya?? kok bisa konslet. Saya malah jd bingung.hehe

Balas

Di bantu gimana ya mbak maksudnya... Mati total apa bagaimana kondisi mesinnya

Balas

Biasanya disebabkan karena modul mengalami kerusakan komponen terutama bagian resistor yg bernilai besar. Tapi sebelum membongkar modul pastikan komponen lain spt sensor dan socket tidak mengalami short (harus kering/tdk basah) atau terhubung dengan baik. Thanks

Balas

Mas tolong saya dibantu... mesin cuci saya Midea Type MAT65-P101G(H) satu tabung atas.. padawkt saya pakai cuci tiba-2 putaran mesin dari bolak balik menjadi satu arah saja terus saya matikan setelah sy hidupkan lagi sdh tidak mau jalan motor nya tapi setelah waktu pengeringan bisa jalan.. apa kerusakan pada transistor powernya ya.. (type T830800) terima kasih sebelumnya dr Bambang (solo)

Balas

Maaf mau ikut curhat ni
Saya punya mesin cuci LG front load WD-M8070D Tidak mau di play,sedangkan tombol lainnya normal semua,switch play sudah saya test juga normal
Di panel itu ada ic kaki 28 apa mungkin ic itu yg bermasalah,kalau iya itu ic serinya berapa ya?krn ic nya nomornya di hapus
Tolong solusinya para master di sini
Trimakasih!

Balas

mesin cuci SHARP seri ES-AG1000DW pas dibongkar, ada IC-nya yang terbakar, kena R jg. kalau mau mencari onderdil utk wilayah surabaya-sidoarjo dimana ya? terus IC-nya terbakar jadi ga tahu nomer serinya.
terima kasih sebelumnya.

Balas

mas jika mesin cuci di nyala kan putar ya sebentar habis tuh timbul suara alarm itu apa ya ya mas,klo di ulangi nyala kan lagi mas tetap kayak gitu penyakit ya apa ya mas ??

Balas

Nyuwon sewu mas saya mau tanya mesin cuci saya merk sharp type ES-F865S-P ,untuk kerusakannya mesin terkadang pas lg proses pencucian mati sendiri diikuti dengan bunyi (tit) dan ketika dinyalain lagi pas mau mutar bunyi tek2 dan gak bisa mutar..tapi kadang buat nyuci bisa/normal mohon pencerahannya mas.

Balas

Msin cuci samsung yop.loading klo d colokin listrik lngsung mati listrik ny...knpa mas ya...??apa modul nya yg harus ganti??

Balas

Mas numpang tanya ya..mesin cuci saya sharp satu tabung tipe es s751yy
Kalau di hidupkan manual cuma muter sebentar trus mati..dan hbs itu cuma bunyi dengung aja...sudah saya bawa ke bengkel engak bisa kata nya..tks muklis dari kalimantan barat

Balas

Sugeng dalu mf mengganggu,ni keluhan sy sm ky mas asri mas mohon pencerahany,tombol play susah atau macet kr2 apany y mas,tipe mesin cuci lg wd m8060 td,tombol lain normal sma.mksh sblmny,mhn dbls

Balas

Mas mau tanya saya punya mesin cuci electroluc ewt7042s
Jika depencet tombol preset(tombol pilihan cuci manual)gak bisa malah mati. Seolah olah funsinya jadi kaya tombol power on/off mohon pencerahanya krn beli blm ada 1 thn

Balas

Mas mau tanya saya punya mesin cuci electroluc ewt7042s
Jika depencet tombol preset(tombol pilihan cuci manual)gak bisa malah mati. Seolah olah funsinya jadi kaya tombol power on/off mohon pencerahanya krn beli blm ada 1 thn

Balas

om jual panel mesin cuci seperti gambar diatas ya?. panel aku boardx patah... emang ada yg jual merek cina ya?. bisa didapat dimana?.

Balas

salam kenal...
mas jual modul buat mesin cuci sharp 1 tabung seri s751, klu dilihat panelnya sama seperti gambar diatas... soalnya modul saya boardnya patah..
baca salah satu koment diatas ganti ama modul universal. dimana bisa mendapatkan modul universal atau modul produk cina...
makasih banyak sebelumnya...

Balas

Mas mau tanya sya punya mesin cuci sharp es-fs800s untuk proses pengeringannya ngak jalan kenapa ya?, klo untuk cuci jalan. Email saya di darmadwied@yahoo.co.id. terima kasih

Balas

Mas mau tanya sya punya mesin cuci sharp es-fs800s untuk proses pengeringannya ngak jalan kenapa ya?, klo untuk cuci jalan. Email saya di darmadwied@yahoo.co.id. terima kasih

Balas

Mas sya mau tanya sya pnya mesin cuci lux royal wh 263i-1 pda saat saya hidupkan trus sya pencet start ngga ada pergerakan sama sekali hanya ada bunyi klek (1x) kira apanya yang rusak .... Sya udah cek dinamo masih bagus arangpun msih pnjang sedangkan lampu indikator sepertinya normal mungkin ngga klo modulnya yang error

Balas

Mesin cuci sy samsung front loading. Mati total. Awalnya mati lampu pas lampu hidup tegangan naik jadinya mati total. Tombol on di tekan tetap tdk nyala. Kata tukang servisnya switch pintunya minta ganti. Tpi belum dapat alatnya. Kira2 apa benar itu ya? Trims

Balas

mohon ijin menjawab gan :
imam suhendra : dinamo front loading sangat jarang sekali rusak justru carbonnya yang habis.bunyi klek tsb adalah bunyi door switch kalau bunyi berulang kali berarti door switchnya yang rusak. anda coba saat setelah bunyi apa pintu bisa di buka, kalao bisa di buka berarti door switch yg rusak. untuk mengetahui door switch rusak atau dinamo yang silakan coba menu spin, setelah mesin di start apa drain pump bisa berputar. bisa di lihat disini
seputarduniateknik

Balas

Assalamu'alaikum admin
Ijin bertanya dan mohon solusinya...

Mesin cucu saya sharp ES-S861YY
Awalnya lampu indikator redup tapi mesin dan tombol masih berjalan normal dan lancar
Selama ±1th ....kemudian baru kemarin tombol pengoprasian normal mati gak bisa di gunakan ....tapi untuk tombol ON/OFF hidup ...juga tombol yg lain nya juga hidup ....hanya tombol Normal aja yg mati ....
Kira kira kerusakan pada modul atau part yg lain ya.....

Trimakasih buat admin mohon pencerahan dan solusinya.....
Wassalamu'alaikum wr wb

Balas

Mas... Mohon di bantu pencerahan.. Mesin saya sanken ambrosia 1 tabung.. Kalo d pake wash bisa muter.. Habis itu mau ke rins tabung gak mau muter. Alarm bunyi ..lmpu indikator berkedip terus... Apanya y mas kalo bgitu

Balas

Gan, mau tanya klau mesin cucinya itu, pas dipakai nyuci baru muter 1-3 kali itu tuba2 berhenti dan muncul tulisan atau kode 1 E dan stlh itu air dari mesin cuci keluar. Itu yg rusak apa gan?

Balas

trimakasih sebelumya buat admin yg telah mengadakan situs yg sangat bermamfaat seperti ini,

mesin cuci lg saya rusak dengan tanda meletupnya sekring,sata coba ganti sekering namun tetep meletup kembali ketika di hidupkan,
saya bawa ke service toko di daerah saya,ke esokan harinya saya tanya biayayanya ternyata sangat mahal bagi saya,skitar Rp.1 JT
akhirnya krena saya merasa itu mahal saya membawa kembali pulang mesin tersebut,
begitu saya buka bagian modulnya bagian trafo dan kontaktor relay nomernya sudah terobek,hmmmm
tapi bagian trafonya masih terlihat sedikit 6170EC sterusnya dah g kliatan,modul ini menggunakn TR KIA 7805A
saya cabut trafo dan ukur menggunakan multi tester bagian Primer kaki 1 ke 2,kaki 1 ke 3 jarum tak bergerak pada kalian ohm X 1 pada multitester,
namun kaki 2 ke 3 jarum bergerak,tpi di PCB kaki dua tidak di gunakan,
lanjut saya ukur di bagian out atau skunder,kaki 4 ke 5,6 jarum tak bergerak,namun di kaki 4 ke 7 jarum bergerak kandas ke kanan nenunjukkan sperti menghubungkan kedua kutup multitester,
saya mengukur antara kaki kaki primer ke skunder jarum juga tidak bergerak,
mohon penjelasannya apakah trafonya rusak atau tidak,apabila rusak saya mohon rekomendasi ukuran trafo tersebut,trus apakah ada yg perlu saya periksa kembali,
saat ini komponen sudah saya pasang kembali,saya coba hidupkan,namun sama sekali tidak ada reaksi lagi,alias MATOT ,
mohon penjelasannya.
trimaksih sebelumnya.

Balas

Mas, sy mau tanya juga deh.
Mesin cuci saya LG WD-M8070, tombol play nya ga berfungsi,tp tombol yg lain waras" aja. Kenapa ya?

Balas

mas faye..
klw mas bisa buka sampai k panelnya / modulnya,
,penutup lem di rangkaiyan mas buka dengan kater atau obeng,tpi kle bisa hanya bagian tombol play atas dan bawahnya.cabut menggunakan solder,setelah itu beli dengan barang yg sama,klw mas bisa ukur menggunakan tester,,yach pastiakan dulu dengan mengukurnya,klw jarum tak bergerk saat di pencet,brarti emang rusak.

Balas

Mas, mesin cuci samsung wf0702nce selesai mencuci pintu tetap terkunci tapi ngga ada kode errornya itu kenapa ya? Suwun mas...

Balas

mau tanya mas:
ms cuci sy samsung top loader, masalahnya pada saat mengisi air, output malah terbuka jd air langsung kluar saja, trus pas spin air malah keluar.. mohon petunjuknya mas...

Balas

mas, saya punya mesin cuci lg top loading yang mati total, kira2 masalahnya apa ya? mohon pencerahannya

Balas

Permisi mau numpang nanya saya punya mesin cuci sharp es Fs800s panelnya patah awalnya gak mau nyala
Mohon infonya barangkali ada yang bisa kasih rekomendasi tempat yang jual panel untuk model tersebut lokasi jakarta...klo ada copotan juga gpp asal normal bisa langsung email ke saya bayu.bagols@gmail.com
Terima kasih

Balas

Permisi mau numpang nanya saya punya mesin cuci sharp es Fs800s panelnya patah awalnya gak mau nyala
Mohon infonya barangkali ada yang bisa kasih rekomendasi tempat yang jual panel untuk model tersebut lokasi jakarta...klo ada copotan juga gpp asal normal bisa langsung email ke saya bayu.bagols@gmail.com
Terima kasih

Balas

Mas..di board mesin cuci sharp top load ada 1 komponen di pcb nya tertera nama OSC 1. Itu kira2 komponen ap ya mas?? Dan type ny berapa??(kakinya ada 3)..mkasih mas...

Balas

Gan mesin cuci sharp satu tabung bukaan atas nyuci bisa tapi pas buang air nya drain motor ga nyala kira kira kerusakannya di mana apakah bisa di modulnya ? makasih

Balas

Gan mesin cuci sharp satu tabung bukaan atas nyuci bisa tapi pas buang air nya drain motor ga nyala kira kira kerusakannya di mana apakah bisa di modulnya ? makasih

Balas

Gan sy punya msn cuci sharp 1tbng es -f865s-p.
Masalahnya klu di on langsung bunyi tiit.. titit..dan lampu indikator sblh kiri hidup 2 lampu no 3 & 4. Dan lampu indikator sblh kana hidup 1 paling atas. Tlng bantu penyakitnya di mana...? Dan gimana cara memperbaikinya....? Ok trm tak tngg infonya Gan....

Balas

Pak, dengan kesedihan yang menyayat, mohon jawab masalah saya.
LG full automatic saat tombol putar pilihan mode diputar, lampu tidak mengkuti putaran alias hidup semua,solusinya bagaimana ya? :'(

Balas

pak,mesin cuci sya electrolux ew862f modul resistornya ada yang terbakar setelah saya ganti resistor proses wash,motor tidak mau bergerak apa ada kerusakan lain pakd di modul?thanks

Balas

numpang promo nih gan saya juga artikel mengenai mesin cuci coba kunjungi saja di
Service Mesin Cuci Surabaya

Service Mesin Cuci Sidoarjo

semoga informasinya bermanfaat

Balas

Selamat Pagi pak.......mesin cuci saya sharp front loading es fl860s,ketika saya program pencucian Dan saya tombol power yg nyala cuman drainase saja Dan g Mau lanjut ke program berikutnya,kira" apa kerusakanya?thanks

Balas

salam maaf mau nanya sya punya mesin cuci sharp 1 tabun kalo mencuci sampai bila tiba buwan ari kadan mati mohon info nya

Balas

Mau nanya mas,mesin cuci.sharp 1 tabung pas proses membilas berhenti walaupun indikatornya masih nyala terpaksa dialihkan secara manual.Apa penyebabnya Mas? Mohon pencerahannya

Balas

Mohon pencerahan mas..mesin cuci saya 1 tabung merk sharp gak mau ngeringin..sudah di cek kabel2 oke..sensor pintunya jg oke..apa nya yg harus di ganti ni ya mas..

Balas

mohon pencerahnya, mesin cuci sy front loading sharp EF-1080s pas pengisian air tidak mau masuk ketabung tp ini kadang terjadi kadang engga trs kata tukang service bahwa modulnya dkencingin kcoa? apakah benar demikian?tks

Balas

Selamat pagi, mas. Saya ikut numpang tanya ya.
Mesin cuci saya sharp es-fl1080, dipakai 1-2x dalam seminggu selama 15 bulan. Mesin mati ketika pencucian baru 2-3 menit. Detergen dan pewangi langsung habis. Air langsung keluar. Tidak ada kode eror yang muncul di display, hanya muncul -end- berkedip-kedip.
Mulanya itu terjadi pada setting pencucian 60 menit, sementara proses tetap normal pada setting pencucian 15 menit.
Ketika dicoba lagi seminggu kemudian, setting 15 menit juga mengalami hal yang sama.

Syukurnya, mesin bekerja normal ketika menggunakan mode 'rinse' saja (saya masukkan cucian yang sudah direndam sabun dan dikucek). Mesin juga bekerja normal pada mode 'spin'.

Mohon informasi apa yang salah dengan mesin ini dan petunjuk bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Terima kasih banyak.

Balas

Nuwun sewu pak mau tanya. Mesin cuci saya sharp es-fl1070s (front loading), mesin error saat proses mesin cuci membuang air. Sudah saya coba ganti drain pump. Masih sama saja (saya cek drain pump ternyata masih bagus).
Mesin tidak error kalau disetting pada program membuang air saja, atau spin saja. Kalau disetting program yang lain, mesin error disaat drain pump menyala.
Kira2 rusak apanya ya pak.
Terimakasih

Balas

tanya gan, klo trafo yg rusak itu gantinya gmana? dililit ulang atau beli baru. input output lilitan primer sekunder nya berapa volt dari 220v ke ...volt?
makasih. salam

Balas

Min punya/jual modul mesin cuci sharp dolphinwave bukaan atas satu tabung mohon infonya yah via email somantri.sanjaya@gmail.com tks

Balas

Min punya/jual modul mesin cuci sharp dolphinwave bukaan atas satu tabung mohon infonya yah via email somantri.sanjaya@gmail.com tks

Balas

Min kenapa mesin cuci sharp satu tabung model Es-Q75ey, saat dioperasikan motor tidak mau berputar padahal sudah sudah ganti tombol semua. Thanks

Balas

Yg punya blok terakir balas komen 24 november 2015
Mungkinkah beliau tlah meninggalkan dunia yg fana ini,!!!!!!!!!!!???????????
inalillahi...... smoga amal beliau diterima disisinya..... amiin....

Balas

Salam mas mohon bantuan na mesin cuci saya shrp1 tabung saat loding kadang mati sendiri atau saat stand by sekitar 5 menit itu mati sendiri apa na ya mas maksih

Balas

Mas mau nanya kalau mesin cuci sharp 1 tb pada waktu louding selama 5-10 menit tiba mati nanti klu resrart ulang hidup lg

Balas

Mas mau nanya kalau mesin cuci sharp 1 tb pada waktu louding selama 5-10 menit tiba mati nanti klu resrart ulang hidup lg

Balas

Mas Saya mau tanya, saya punya mesin cuci samsung satu tabung , kalau dihidupin langsung indikator nyala ke salah satu menu pilihan mencuci tampil waktu nya, tapi di star gam mau jalan, dan tombol gak ada yang berfungsi hanya tombol ON/OFF nya saja yg berfunsi
Kira kira apanya ya gan ? kalau service modulnya apanya yg rusak kira kira gan
Terimakasih sebelumnya
Semoga sukses selalu

Balas

Kalo MAsalah Saya Module Menyala Tapi Tidak Bekerja. Mohon Solusinya

Balas

Assalamu alaikum wr.wb.. Mas saya mohon minta nomor HPnya, soalnya terkadang saya kesulitan dan butuh panduan. Saya janji pasti saya akan membalas langsung atas jasa dan bantuannya meskipun hanya lewat telpon atau sms. Sebagai rasa terimakasih saya pasti kirim imbalan yang setimpal, tolong mas sms ke no HP saya 081947042250 semoga kita sama sama mendapat berkah. Amin...

Balas

klau tombol start pause berwarna merah untu wh 263i

Balas

Mlm om, mesin cuci sy merk sharf esq70eygh lampu nya, mesin berdengung tetapi gak mutar ... Kira2 pa ya yg rusak om....
Info dong om ke zaky.kproject@gmail.com

Balas

Mlm om, mesin cuci sy merk sharf esq70eygh lampu nya, mesin berdengung tetapi gak mutar ... Kira2 pa ya yg rusak om....
Info dong om ke zaky.kproject@gmail.com

Balas

Maaf baru bisa aktif karena kendala jaringan internet di tempat sekarang... Coba untuk keluhan2 mesin cuci di urut dulu aja mas. Kadang fuse juga faktor sepele namun sering terjadi putus karena beban load yg terlalu tinggi. Thanks :)

Balas

Maaf. Boleh ikut nimbrung?
Saya punya mesin cuci, kendala nya, hari sebelumnya baik2 saja.
Besok pagi nya tidak bisa digunakan.
Semua lampu mati. Dan hanya ada bunyi disaat tombol start di tekan.
Mesin cuci samsung WA90UA.
Mohon arahan nya, terima kasih

Balas

Maaf. Boleh ikut nimbrung?
Saya punya mesin cuci, kendala nya, hari sebelumnya baik2 saja.
Besok pagi nya tidak bisa digunakan.
Semua lampu mati. Dan hanya ada bunyi disaat tombol start di tekan.
Mesin cuci samsung WA90UA.
Mohon arahan nya, terima kasih

Balas

mas tolong tanya....mesin cuci sy LG front loading. semua tombol berfungsi, setelah masuk program yg diinginkan , pencet tombol START tidak mau. ntar kalo dicabut dari listrik seharian, trus di START bisa jalan. itu masalah dimana nya mas?? tolong diberi pencerahan....

Balas

mas tolong tanya....mesin cuci sy LG front loading. semua tombol berfungsi, setelah masuk program yg diinginkan , pencet tombol START tidak mau. ntar kalo dicabut dari listrik seharian, trus di START bisa jalan. itu masalah dimana nya mas?? tolong diberi pencerahan....

Balas

check dulu perkabelannya mas... :-) kalo tidak ada yang putus kemungkinan modulnya bermasalah

Balas

coba check dulu switch pintunya, sensor level, motor drainnya pak :smoke
kemungkinan diantara itu ada yang bermasalah sebelum memfonis modulnya

Balas

Maaf pak mau tanya...mesin cuci sy sharp front loading,br setahun pemakaian. Jika sedang dpakai nyuci bunyi kretek2,kmdn sy lht bawah mesin cuci terlihat nyala keclap2 (waduh keclap2 bahasa indonesianya apa ya,seperti nyala api). Kira2 apa yg rusak ya pak, smua msh berfungsi dgn baik, sy takut klo dbiarkan malah rusak. Terimakasih. Zhafran

Balas

Selamat siang suhu2.. saya mau tanya, saya punya mesin cuci 1 tbung sharp top loading. Masalahnya itu kenapa durasi putaran mesinnya cuma sbentar, jadinya kalau cuci kurang bersih. kira2 gmana ngaturnya agar durasi putaran mesin cucinya agak lama, komponen apa yg bermasalah dan yg harus diganti/atau diservice?? terima kasih

Balas

@piter.siahaan kenapa fbnya gak aktif lagi, ato ada alamat yg laen ?

Balas

pak mau nanya cara pasang switch door yang benar gimana?
kenapa saat cuci tuasnya kebentur sama tabung & gak bisa bilas sm mengeringkan (alarm bunyi terus mati)

Balas

Gan mau tanya donk, mesin cuci saya front loading, jika switch diputar lampu indikator ready nyala, setelah distart lampu indikator start berkedip.
Itu masalahnya apa ya gan?
Terima kasih

Balas

Beli yg modul cinanya dmn ya? Type Sharp front loading ES-FL860S
Terima kasih

Balas

Gan,saya punya mesin cuci sharp 1 tabung. Pada proses pencucian berjalan baik tapi pada saat pembilasan selesai, air nya tidak mau terkuras sehingga tidak bisa juga dipakai untuk proses pengeringan. Kira2 apa penyebabnya ya? Mohon saran dan solusinya ya gan....
Terima kasih gan....

Balas

Mo tanya gan, mesin cuci saya sanyo asw 85, Klo dinyalain (power on) pulsator langsung berputar terus menerus (walaikum sudah di tutup pintunya, pause, saat strat di pencet tetep aja berputar, kira2 masalhnya dimana ya?

Balas

Mas mau tanya,, ini mesin cuci saya tiba" mati,, LED gk nyala mas, padahal kompenen di modulnya gk ada yg terbakar atau rusak mas,, power sampai di trafo nya, tp output nya gk ada.. tolong bantuannya mas.. thanks

Balas

Sekalian mas, kalo ada yg jual modul rusak sini mas kabarin saya buat kanibalan.. 😁

Balas

permisi salm kenal ya smuanya..sya mau nanya gan,untuk nomor seri elco sharp satu tabung brpa ya..soalnya elconya terbakar.jd gk kliatan nomor serinya..mksih

Balas

Buat agan" yg Cari Tempat service modul mesin cuci? Bisa di Indomodul mesin cuci
Gan?

Balas

Buat agan" yg Cari Tempat service modul mesin cuci? Bisa di Indomodul mesin cuci
Gan?

Balas

Mas ini mesin cuci saya electrolux 1tabung ketika sudah di atur trus di play air ya tidak bisa keluar dan tidak berputar cuma mendengung aja kira" apa penyebab kerusakan ya

Balas

Mas klo eror le1 samsung front loading, harus ganti apa? Makasih

Balas

Om...kabel ke listrik sdh sy ganti. Tapi tetap mati apa harus ganti modul? Kalo panasonic NA-902B bisa diganti dg yg universal

Balas

Waktu itu mesin cuci satu pintu bukaan atas mati total. Yg awalnya ketika disambung ke listrik indikator powernya agak redup tapi wkt itu masih normal. Pas kemarin sdh mati total. Apa mungkin ganti travo ya om? Atau modulnya sekalian?

Balas

mohon infonya pak ini mesin cuci saya kebakar pada R169 seri samsung wa70h4000sg kira kira ukurannya berapa ya pak itu R nya?terimakasih

Balas

Ass...Wr.wb
Sebelumnya salam kenal aja ,yg punya blog dan yg mampir diblog ini.
Saya mau nanya dong mungkin ada yang mau ngasih solusinya.mesin cuci digital saya rusak merk Sharp ES-F800H,mesin untuk mencucinya tidak mau mutar,hanya suara seperti dinamo ketahan,itu knapa yaa...? Tapi kali untuk mesin pengering berjalan normal.tolong pencerahannya.terima kasih

Balas

Email saya : mizan_mizano@yahoo.co.id

Balas

kita perlu modul mesin cuci sharp model es-f875s-p no hp saya 082364353793 dan gimana cara pembelian dan pengiriman nya

Balas

Salam kenal mas..ni saya mohon petunjuknya mesin cuci lg wd 8070 d cuma on off yg fungsi..tombol lainya gak fungsi sama sekali..kira kira apa yg rusak mas..

Balas

Salam kenal mas..ni saya mohon petunjuknya mesin cuci lg wd 8070 d cuma on off yg fungsi..tombol lainya gak fungsi sama sekali..kira kira apa yg rusak mas..

Balas

Mesin cuci 1 tabung merk panasonic NA-F852B saya colokin kg nyala.kira" yg rusak apanya

Balas

Pusat admin....
Ikut nimbrung ....
Modul sharp satu tabung ada yg angus...terliha jelas ...karna ada hitam di permukaan siliconnya,itu harus bongkar smua apa jangan...untuk siliconnya

Balas

Numpang tanya mas, dimana ada jual modul/pcb mesin cuci sharp ES-N85KY? Thanks

Balas

Mas resistor pada modul mesin cuci LG saya hangus..di papan pcb tertulis R72 tapi saya ga tau watt nya..?lihat pada warna resistornya juga sudah ga bisa karena hangus.kira-kira berapa watt mas type WD 1212 TD ? Terima kasih

Balas

Mas resistor pada modul mesin cuci LG saya hangus..di papan pcb tertulis R72 tapi saya ga tau watt nya..?lihat pada warna resistornya juga sudah ga bisa karena hangus.kira-kira berapa watt mas type WD 1212 TD ? Terima kasih

Balas

salam kenal mas, mesin cuci saya merek sharp model es-f 800s rendam dan cuci bisa. tapi ketika pindah ke tahap selanjutnya, rinse/bilas, langsung stop, lampu kedip-kedip terus. saya coba mulai langsung dari rinse atau spin, setelah buang air/drain, langsung kedap kedip lagi. mhn bantuan solusinya bagaimana. terima kasih

Balas

Sekedar berbagi mas,kalo program yg agak error' coba di cek soket2+ sensor tekanan air mungkin lembab /basah.untuk pengganti triac untuk penggerak pompa,selenoid drain,dynamo utama bisa pakai type Bt137 600E.

Balas

Mas mau tanya sya punya mesin cuci sharp es-f865s-ps untuk proses pengeringannya ngak jalan kenapa ya?, klo untuk cuci jalan. Email sy ucchankbuanget@gmail.com.mohon infox

Balas

Selamat Sore.
Mesin cuci saya Sanyo satu tabung, waktu tekan tombol On/Off semua indikator menyala. Ketika ditrkan tombol start mesin cuci tidak mau beroperasi.Berlalku untuk semua proses, baik spin, rinse, ataupun wash. Apakah itu kerusakan pada modul?

Balas

Bisa dari motor kotor/macet, coil putus, maupun kapasitor yang sudah lemah

Balas

Terimakasih atas jawabannya :love :love

Balas

Sebelum memvonis modul rusak sebaiknya check dulu semua konektor kabel (copot dan pasang lagi), fuse (sekering), kemudian sensor2nya. Thanks :)

Balas
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 241   Newer›   Newest»

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :