Memilih Pasangan Hidup (Pria/Wanita Single)

Mencari jodoh untuk dijadikan pendamping memang tak segampang seperti apa yang sedang kita pikirkan saat ini. Butuh proses dan langkah yang jelas  adalah hal terpenting yang harus anda lakukan, apalagi jika anda adalah seorang pria atau wanita single yang sedang mencari pasangan hidup untuk memulai hidup yang baru. Memilih pasangan untuk dijadikan pendamping hidup berbeda dengan kita mencari teman kencan atau pacar. Banyak kasus yang terjadi bahwa pacaran lama (bertahun-tahun) tidak menjamin suatu kelanggengan suatu hubungan. Kenapa saya katakan seperti itu ?? Yah sebab penulis sendiri juga merasakan hal yang sama. Tapi jangan terlalu kalut dengan keadaan jika anda sedang mengalami hal serupa. Justru jadikanlah pengalaman sebagai proses untuk pembelajaran dan pembenahan diri. Mencari pasangan hidup merupakan hal yang sangat amat serius. Jadi,  lebih baik anda gagal di awal daripada pada akhirnya kegagalan terjadi di tengah-tengah perjalanan saat anda sudah menikah nantinya. Ditambah akan sangat di sayangkan lagi  jika kita sudah memiliki si buah hati namun harus berpisah dengan keluarga kandungnya karena suatu perceraian. 

Memang ada pepatah yang mengatakan bahwa jodoh di tangan Tuhan. Tapi apakah kita akan selalu berdiam diri saja?? Menunggu sampai datangnya jodoh untuk kita tanpa kita berusaha untuk menemukanya, tentu tidak bukan ??

Tuhan memang sudah menciptakan setiap umat manusia untuk secara berpasang-pasangan. Kodrat seorang wanita adalah merupakan jodoh bagi setiap pria di dunia ini, begitu juga untuk sebaliknya. Namun tanpa kita berusaha pastinya hasilnya akan sia-sia, walaupun kita berdoa dan rajin beribadah sekalipun.

Jodoh adalah berusaha

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan saya beri sedikit penggalan isi ayat Al-Quran agar sedikit mencerahkan pikiran kita saat ini :
 يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍۢ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًۭا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌۭ
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” [QS. Al Hujuraat (49):13]
Kalimat yang saya cetak "Ungu" diatas menjelaskan bahwa Tuhan itu mencipkatan pria dan wanita untuk hidup bersama/berdampingan namun membutuhkan proses ''pengenalan'' terlebih dahulu.

Proses Pengenalan Itu Penting 

Seperti apa yang telah di jelaskan di atas agar kita menemukan jodoh yang sesuai, kita perlu memulai dengan pengenalan karakter dan sifat terlebih dahulu sebelum lanjut ketahapan berikutnya. Maksud saya disini bukan harus pacaran lho?? Proses pengenalan tidak harus memulainya dengan menjalin hubungan pranikah, namun proses pengenalan dapat dilakukan dengan cara pendekatan ke arah positif dengan cara mencari persamaan sifat dan kenyamanan dalam perbedaan prinsif. Bisa juga kenyamanan dalam hal kedekatan atau bagaimana cara dia untuk mengenal diri kita. Tapi jika anda lebih fokus untuk menjalin hubungan pranikah (pacaran) hal itu bisa saja dilakukan dengan mencari kecocokan dalam hal yang lebih menjurus ke arah cara dia mencintai diri anda. Jadi intinya, tergantung pada diri anda untuk memilih jalur mana yang anda inginkan, yaitu pengen pacaran sebelum nikah atau pacarannya sesudah nikah saja (hayoo kamu bingung khan?? hehe...)
Kalau menurut pribadi saya sendiri..., saya lebih memilih untuk tidak melakukan hubungan pranikah terlebih dahulu. Justru dengan ini karakter sifat yang muncul pada pasangan anda akan nampak jelas. Anda dapat leluasa untuk mengorek dan mendalami sifat pasangan anda lebih murni kelihatan terutama sifat jeleknya yang tidak akan anda temukan saat anda melakukan hubungan pranikah yang singkat sebelum memulai untuk suatu hubungan pernikahan.
Jika anda memilih untuk tidak pacaran sebelum menikah, maka hubungan pernikahan yang akan anda jalani nantinya menjadi harmonis ketika memulai saat pacaran di tengah-tengah kehidupan berumah tangga. Tidak merasa bosan, karena hidup anda terasa bahagia memiliki pasangan yang selalu mendampingi kita. Apalagi jika pasangan anda mengucapkan kata ''sayank'',  'cinta' , ''manisku", dsb. membuat anda seperti mempunyai sensasi baru dalam hidup penyemangat baru sehingga terhindar dari rasa kebosanan dan meminimalisir suatu pertengkaran keluarga yang berujung dengan perceraian.

Katakan Siap untuk Menikah

Setelah dirasa cukup untuk menjalani proses pengenalan, tahap berikutnya adalah membuat rencana anda selanjutnya. Ingin langsung nikah atau mencari modal dulu untuk menikah. Nah ini yiang perlu digaris bawahi. Pertanyaannya anda sudah mapan apa belum?? Pertanyaan ini dikhususkan untuk pria single yang belum mempunyai pekerjaan yang tetap / masa kontrak paruh waktu. Hal ini perlu anda bicarakan dengan pasangan anda. Karena kriteria pria yang dicari oleh wanita itu berbeda-beda, ada yang mau di ajak hidup susah ada pula yang ingin hidup  bahagia dengan seorang konglomerat misalnya. Sebenarnya materi bukan segalanya untuk menjamin hidup bahagia, namun kadangkala orang tua ikut andil pada bagian ini. Toh tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya hidup sengsara?? Betul tidak... Maka dari itu pendekatan diri ke orang tua sangat di perlukan pada masa-masa seperti ini. Anda harus membicarakan lebih dalam lagi jika ingin di cintai oleh pasangan anda dan keluarganya (calon mertua). Butuh proses lagi dah... banyak proses kapan kawin... !!!!
Lhoh itu perlu guys..., jangan buru-buru dalam mengambil tindakan. Nikah itu bukan soal gampang lho. Tapi harus benar-benar di rencanakan sebaik mungkin agar nantinya hidup yang kamu jalani ke jenjang berikutnya akan menjadi semakin mudah.
Mencari jodoh nikah
Apabila orang tua sudah setuju barulah ambil tindakan selanjutnya. Kalo sudah cukup modal barulah lamar pujaan hati kamu. Okey?? Tidak usah terlalu lama untuk bertunangan. Cukup 1-3 bulan saja agar kamu dianggap serius oleh calon mertua dan pasangan kamu. Karena banyak juga kasus gagal tunangan karena terlalu lama untuk menunggu apalagi sampai lebih dari 1tahun. 

Menjalin Keluarga Bahagia

Ini adalah tahap terakhir yaitu menjalin keluarga yang bahagia. Buat suasana keluarga anda senyaman mungkin agar terwujud suasana yang romantis di dalam keluarga anda. Saling bercanda selepas pulang kerja harus selalu dijaga. Jangan terlalu fokus dengan pekerjaan anda atau terlalu berambisi untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan. Kita harus pandai-pandai mengatur pekerjaan, Pekerjaan rumah maupun kantor harus seimbang. Jangan pernah melupakan tugas anda sebagai bagian dari keluarga anda. 

Selanjutnya adalah mendidik si buah hati pada saatnya nanti, inilah waktu yang sangat ditunggu-tunggu bagi pasangan yang baru menikah. Di awali dengan proses kehamilan seorang ibu dan akhirnya berbuah seorang anak yang akan menjadi penerus kita. Penerus bangsa yang pada akhirnya akan merawat kita saat sudah tua nanti. Didiklah anak anda menjadi seorang anak yang berbakti kepada orang tua, pintar, menjadi anak yang soleh/solehah dan berguna untuk nusa dan bangsa kelak. Karena orang tua adalah madrasah pertama bagi anak sebelum dia belajar di bangku persekolahan.
cara mendidik anak
Mungkin sedikit tulisan ini bisa membantu anda untuk menemukan pasangan hidup yang cocok untuk anda. Dan berusaha untuk mencapai target dengan penuh harapan, menciptakan keluarga harmonis dan berusaha untuk memantapkan diri memilih jodoh yang sesuai untuk kita. Jangan lupa meninggalkan komentar sekiranya anda suka dengan tulisan yang saya buat ini.

TERIMAKASIH...

Penulis : Endi Yuana S 
Artikel Tentang : Memilih Pasangan Hidup (Pria/Wanita Single) - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

40 comments

hmm..iki curhat sajake... :D

Balas

Tips dan trik mb' :@
Agar bisa jadi inspirasi.hahaha

Balas

Jodoh itu tidak datang sendiri, tapi harus dicari ya, pak.

Balas

haha... top markotopn mas. Makasih ya :-D

Balas

Betul pak sucipto... Setiap manusia memang ditaktirkan untuk hidup berpasangan, namun kalo tidak berusaha dan mencari hasilnya akan sia2.

Balas

diem dirumah dan jarang keluar, tapi tetep dapat jodo juga wkwk..

Balas

Wah klo itu laen cerita :D
Mungkin rejekinya udah begitu kali ya.hehe

Balas

memilih pasangan hidup harus pas ya mas, pas kayanya, pas cantiknya, pas bodynya dan pas semuanya heehee

Balas

bisa dicoba ni gan tips nya, kebetulan ane masih bujangan gan, biar nggak salah milih istri ya gan :)

Balas

Waduh klo ini selera tinggi pak ibrahim :D
Tapi boleh juga... Haha

Balas

Oke silahkan dicoba tipsnya ;)

Balas

saya masih single mas :D ,,

Balas

Yang bener nih ;-)
Berarti pas berarti klo menerapkan prinsip diatas

Balas

Ga usah jauh-jauh nyarinya mas siapa tahu yg didekat kita diam2 naksir... :)

Balas

Saya masih single nih. Enak kalau bisa milih, lah kalau gak ada pilihan gimana dong. hehehehe

Balas

Memilih pasangan hidup tidak cukup hanya ganteng / cantik ya gan, tapi yang terpenting itu agama nya bagus :)

Balas

Ya mudah2an begitu mb'.hehe...

Balas

Harus sabar mas.. Mudah2an di cepetin dpt jodohnya :D

Balas

Iya mas dunia akherat dah pokoknya... Tp biasanya kebanyakan milih mlh hasilnya g bagus lho katanya ;-)

Balas

jangan salah pilih jodoh mbak :D

Balas

Pilih saja, tinggal tunjuk satu bintang....kayak beli permen di Indomart..he..he.he...

Balas

Bos Endy kelihatannya PUBER Lagi nie ??? (Bercanda lho)....
tips mencari jodoh dan istri yang baik antara lain :
1. Pertama Istri yang pintar masak, sehingga bisa berhemat dengan memasak sendiri dan merasa masakan enak.
2. Kedua Istri solehah, istri idaman setiap kaum adam.
3. Ketiga Istri yang sabar, dalam keadaan apapun tetap menerima
4. Keempat Istri yang bijaksana, karena istri bijaksana bisa memilih dan memilah mana yang perlu di dahulukan dan kepentingan untuk apa.
5. yang paling utama adalah "jangan sampai ke empat istri diatas saling mengenal antara satu dengan lainnya "
dan perlu diingat komen ini hanyalah intermezzo saja. jika Admin tidak berkenan bisa dihapus......
Terima kasih
Guyon Guyon (dalam bahasa jawa)

Balas

Seperti kata pepatah ya, tak kenal maka tak sayang, tak sayang pasti tak cinta, tak cinta mungkin tak nikah heehee

Balas

iya mbak liya...hehe kok mbak tho :-D

Balas

Widih mbak yun kok kaya belanja aja...hehe

Balas

Makasih mas nur udah di beri bocoran tips dan triknya..hehe :D
Mudah mudahan tidak salh pilih

Balas

Pepatah yang sangat bijak mas ibrahim.Terimakasih

Balas

@Admin : Usul nie jika diperbolehkan dan diperkenankan, sekali-sekali ada pertemuan antara Admin eyuana.com dengan pembaca. ya kopi darat gitu biar lebih akrab. selama ini mungkin hanya ketemu di dunia maya. ya ini sekedar Usulan (usulan bisa diterima dan bisa tidak) tho siapa tahu dari pertemuan bisa berlanjut ke dunia mencari rejeki yang barokah.....

Balas

Terimakasih atas usulannya mas nur... Sebenernya blog ini isinya hanya coret2an berbagi pengalaman & pengetahuan saja kok tidak lebih. Tapi saya ikut senang apabila ada pembaca yg sangat merespon tulisan saya dan rekan2 penulis lainya untuk kemajuan ke depannya. Thanks mas nur :)

Balas

siapapun mau yang seperti itu kan mas heehee

Balas

Cocok ini gan buat Ane yang masih single belum nikah hahaha, Ane lagi cari cari aja nih gan, siapa tahu ketemu jodoh lewat blogger hahaha

Balas

kalau kelamaan pilihnya diambil orang je... :)

Balas

Wah bagus tuh mas klo dptnya sesama blogger.hehe... Saya juga msh bujang br nyari2 yg cocok dulu + pas dihati mas

Balas

Kalo saya yg penting setia dunia akherat aja pak :D

Balas

Masak sih mbak yun ;-)

Balas

thanks tips nya ya mbak...
sangat bermanfaat untuk kedepan nya mbak...

sekalian numpang promo ya mbak...
www.1628casino.com memberikan bonus DP 100% (syarat dan ketentuan tertentu)
info lebih lanjut hubungi CS kami via LIVE CHAT 24jam full

Balas

Blog walking aja makasih...nice post

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :