Trik Rahasia Operating System Windows 7

Windows 7 merupakan operating system yang banyak di sukai oleh pemakai kompeter sekarang ini, walaupun baru - baru ini microsoft telah mengeluarkan product terbarunya yaitu Windows 8 dengan tampilan metro (kotak-kotak). Jika anda sebelumnya masih menggunakan XP Service Pack akan merasakan canggung dan bingung jika beralih ke Operating System Windows 7. Karena tampilan di operating system ini agak berbeda dengan sebelumnya baik Vista maupun XP. Windows 7 keluaran dari microsoft ini merupakan perpaduan dari kedua operating system tersebut dan dominan dengan menu glasses atau transparannya. Anda akan merasakan menu taskbar baru yang cantik, dan merasakan enaknya menggunakan Libraries.

tema windows
Gambar Tampilan Windows 7 Ultimate

Tanpa di sadari dibalik keindahan menu dan fitur baru yang cantik ternyata tersimpan rahasia dan untuk membantu anda memaksimalkan operating system Windows 7 tersebut. . Sebenarnya banyak rahasia pada operating system ini tapi kali ini saya akan memberikan beberapa trik sederhana untuk anda agar dapat memaksimalkan kinerja dari system ini baik peningkatan kinerja produktivitas, maupun security. 


1. Pertolongan pertama troubleshooting 

Jika  windows 7 anda  error atau bermasalah, dan  tidak tahu penyebab nya, mungkin anda bisa coba, klik Control Panel > Find and fix problems (or 'Troubleshooting'). Disini ada beberapa panduan untuk mencari dan merestorasi error yang ada di windows 7 anda. disini juga bisa melihat settingan windows anda, dan juga membersihkan sistem ada dari file-file yang sudah tidak diperlukan.
2. Menampilkan Desktop Wallpaper secara bergantian   

Windows 7 mempunyai fitur baru pada desktopnya, sekarang anda menampilkan  puluhan atau bahkan ratusan wallpaper anda secara begantian yang dapat atur waktu jedanya. Caranya mudah yaitu klik kanan bagian kosong di desktop anda klik Personalise > Desktop Background. Kemudian tekan CTRL sambil memilih gambar wallpaper yang ingin anda tampilkan dan pilih waktu jeda tampil wallpaper anda mulai dari setiap 10 detik sampai 1 hari, dan juga ada pilihan Shuffle jika anda ingin menampilkan desktop wallpaper anda secara acak dan terakhir klik Save Changes.
 

3. Mengatur Icon System Tray
 
Anda bisa mengatur icon pada taskbar sesuai keinginan dan menjalankan instance yang baru (atau pindah ke yang sedang berjalan) dari sepuluh program pertama pada taskbar dengan menggunakan [Windows]+1, [Windows]+2, dan seterusnya. Hal menyenangkan lainnya adalah Anda juga bisa mengatur icon pada system tray. Atur ulang urutan mereka atau pindahkan ke luar/dalam tray. Pilih icon yang ingin selalu Anda lihat dan aplikasi mana yang ingin Anda ketahui notifikasinya.
 
4. Mengatur Tombol Power ( Shutdown / Restart )

Jika anda lebih sering restart komputer daripada shutdown, ubah default tombol power dari Shutdown ke Restart. Klik kanan Start, pilih Properties, dan set Power Button Action ke tindakan yang biasanya Anda lakukan.

5. Memasukkan Folder ke Favorites
 
Anda bisa memasukkan folder atau Libraries ke bagian Favorites Windows Explorer. Untuk melakukannya, buka folder pada WIndows Explorer, klik kanan Favorites, lalu pilih Add current location to Favorites. Sekarang, Anda bisa dengan cepat mengakses folder favorit semudah menyimpan file.

6.  Mengunci dengan Satu Kali Klik

Anda bisa mengunci komputer dengan menggunakan shortcut keyboard [Windows]+L. Berikut adalah cara lain untuk melakukannya dengan satu kali klik mouse. Klik kanan desktop, pilih New, Shortcut. Pada field Type the location of the item, masukkan rundll32.exe user32.dll,LockWorkstation. Klik Next, beri nama shortcut “QuickLock”, dan Finish.
JIka mau, Anda bisa memperindahnya dengan memberi icon gembok atau kunci. Klik kanan shortcut, pilih Properties, klik Change Icon, masukkan shell32.dll, dan pilih icon yang Anda inginkan. Seret shortcut dan tempelkan ke taskbar. Setelah itu, Anda bisa menghapus shortcut pada desktop.

7.  Menambahkan Video ke Menu Start

Windows 7 secara default tidak memasukkan link ke video pada menu Start. Untuk memasukkannya, klik kanan Start, pilih Properties, lalu klik Costumize. Pada bagian Videos di bawah, pilih Display as a link.

8.  Check Box pada Windows Explorer

Anda bisa memilih file yang berjauhan pada Windows Explorer dengan menggunakan [Ctrl]+Klik, tapi ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan check box. Pada Windows Explorer, klik Organize, dan kemudian klik Folder and search options. Pada tab View, di bagian Advanced settings, beri tanda centang Use check boxes to select items. Sekarang, Anda bisa lebih mudah memilih beberapa file hanya dengan menggunakan mouse.

 9. Atur Windows Search/Defender
 
Secara default, Windows mengindeks semua file pada Libraries, e-mail, dan file offline Anda. Anda bisa mengurangi waktu dan resource yang dihabiskan, dengan mengaturnya sesuai kebutuhan. Buka Control Panel, lalu pilih Indexing Options. Windows 7 menampilkan daftar lokasi yang diindeks. Klik Modify untuk memilih lokasi di mana Anda sering melakukan pencarian.
Anda juga bisa mematikan service Windows Search dan Windows Defender. Jika Anda tidak mencari file, gambar, dokumen, dan sebagainya dari Windows Explorer atau menggunakan program search/indexing lain, disable saja service Windows Search. Dan jika Anda menggunakan program antivirus pihak ketiga yang juga berfungsi sebagai anti-malware, disable service Windows Defender. Klik Start dan jalankan msconfig pada boks Search. Pada tab Service, hilangkan tanda centang pada service yang ingin di-disable.

10. Keyboard shortcut 

Alt+P = Menampilkan / menyembunyikan Explorer preview panel
Windows Logo+G = Menampilkan tool gadgets didepan window-window yang sedang tampil. 
Windows Logo+ (Tombol plus) = Zoom in 
Windows Logo+- (Tombol minus) = Zoom out 
Windows Logo+Up  = Maximise window 
Windows Logo+Down = Minimise window 
Windows Logo+Home = Minimise / maximize  semua window kecuali window yang sedang terbuka.

11. Copy atau Burning 

Sekarang windows 7 langsung mencopy file image iso anda ke CD atau DVD tanpa perlu menginstall software lain. Caranya tinggal klik 2 kali file iso nya, kemudian plih drive
DVD/CD writer anda yang sudah berisi CD/DVD kosong dan tinggal klik Burn.


12.  Proteksi data USB / Flashdisk

Windows 7 dapat memproteksi data yang ada di flashdisk anda dengan mengenkripsinya yang  menggunakan program yang bernama Microsoft's BitLocker technology caranya tinggal klik kanan USB drive (flashdisk)  anda kemudian klik Turn on BitLocker dan anda tinggal mengikuti instruki yang diberikan.

13. Hemat  Daya Baterai 

Jika anda pengguna laptop bisa berhemat caranya klik Start ketik “Power Options” tanpa tanda kutip kemudian klik plihan Power Options setelah itu klik Change Plan Settings for your current plan dan plih Change Advanced Settings. Disini anda dapat mengkonfigurasi dan mengoptimisasi pemakaian baterai laptop anda.

14. Informasi Baterai Laptop

Untuk menampilkan informasi mengenai konsumsi daya dari baterai anda. Caranya klik start ketik “cmd” tanpa tanda kutip, jika icon cmd sudah muncul klik kanan dan plilih Run as administrator kemudian ketik “powercfg -energy” tanpa tanda kutip dan tekan Enter. Windows 7 akan menscan sistem komputer anda dengan tujuan mencari cara untuk menghemat daya baterai anda. Kemudian windows 7 membuat file report HTML (web based) setelah itu windows akan memberitahu dimana file ini diletakkan biasanya di letakkan di folder \Windows\System32.


Artikel Tentang : Trik Rahasia Operating System Windows 7 - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

6 comments

.. ijin bookmark lagi kawan. he..86x ..

Balas

Wah thanks.. sharenya.. sungguh bermanfaat.
berikut saya share tutorial berupa video belajar website dan desain.
Kursus Komputer di Denpasar

Kursus Privat Komputer di Denpasar Bali

Balas

@nyoman : sama2 mas

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :