logoblog

Pengenalan Perangkat Komputer Dasar


Sebelum mengenal lebih jauh tentang komputer, maka disini kita akan membahas perangkat dasar yang digunakan untuk komputer. Pembahasan ini bertujuan untuk pemula atau kalayak umum yang belum mengerti dan ingin belajar tentang komputerisasi. Mungkin sebagian besar orang sudah paham dan mengerti, walau begitu kita akan coba mengulas ulang satu persatu. Diantaranya adalah :
Keyboard
bentuk keyboard


Berfungsi sebagai alat input yang mengirimkan perintah untuk dieksekusi oleh processor. Keyboard ini berupa tombol-tombol persis seperti mesin tik pada jaman dahulu terdiri dari tombol huruf, angka dan tombol fungsi seperti ENTER, SHIFT, CTRL, INSERT dll. Saat ini terdapat 4 jenis keyboard yaitu serial keyboard, ps2 keyboard, usb keyboard dan wireless keyboard. Yang membedakan masing-masing keyboard tersebut adalah konektor nya terhadap cpu. Serial keyboard harus dihubungkan dengan serial port pada cpu, ps2 keyboard juga harus dihubungkan dengan port ps2 pada cpu begitu pula dengan usb keyboard harus dihubungkan dengan port usb dan wireless keyboard dihubungkan dengan gelombang wireless. Namun untuk jenis serial keyboard saat ini sudah jarang bahkan sudah sangat sulit ditemukan dan yang banyak beredar di pasaran adalah ps2 keyboard, usb keyboard dan wireless keyboard.

Mouse
gambar mouse


Berfungsi sebagai alat input yang mempunyai dua buah tombol yaitu klik kiri dan kanan serta satu buah scroll. Tombol kiri berfungsi untuk mengeksekusi perintah sedangkan tombol kanan untuk menampilkan menu tambahan dan scroll untuk menggulung layer keatas atau kebawah. Seperti keyboard Saat ini mouse juga terdiri 4 jenis mouse, yaitu serial, ps2, usb dan wireless mouse.

Joystick
joystick game


Berfungsi sebagai alat input untuk bermain game seperti halnya joystick pada playstation.

Monitor
monitor


Berfungsi sebagai alat output yang dapat menampilkan hasil kerja processor sehingga dapat terlihat oleh mata kita. Seiring dengan kemajuan teknologi monitor berkembang dari berbagai ukuran dan jenis seperti analog monitor, digital monitor sampai ke lcd monitor.

Printer
printer bagus

Berfungsi sebagai alat output yang dapat menampilkan hasil kerja processor berupa print out dengan media kertas untuk menampilkan hasilnya. Saat ini printer terdiri dari 3 jenis yaitu dotmetrik/printer pita, inkjet/printer tinta dan laserjet yang menggunakan teknologi seperti mesin fotocopy. Namun yang banyak beredar di pasaran adalah jenis inkjet karena

VGA
vga card

Adalah singkatan dari video grafic adapter yaitu sebuah alat untuk menampilkan gambar pada monitor, jika tidak ada vga monitor tidak akan dapat berfungsi. ada dua jenis vga yaitu vga onboard dan vga card. .Vga onboard adalah vga yang menyatu dengan motherboard (integrated) sehingga tidak dapat diganti atau dilepas kecuali dinonaktifkan melalui system bios. Sedangkan vga card adalah vga yang berupa card yang dapat ditancapkan kepada motherboard melalui slot dari motherboar, saat ini terdapat 3 jenis vga card yaitu vga card pci, agp dan pci express. Namun yang banyak beredar saat ini adalah vga card berjenis agp dan pci expres karena kecepatan dan resolusinya yang cukup tinggi. Vga card memiliki memory, dimana semakin besar memorinya semakin mahal harganya.

Sound card
sound card

Adalah hardware yang berfungsi agar computer kita dapat mengeluarankan suara (tentunya dengan bantuan speaker aktif). Sound card ada 2 jenis yaitu onboard dan tidak onboard. Sound card onboard menyatu (terintegrasi) dengan motherboard sedangkan yang bukan onboard berupa card yang dikoneksikan kepada slot pci atau isa, namun yang banyak beredar soundcard berjenis pci karena motherboard sekarang sudah tidak menyediakan slot isa lagi.

Processor
processor, Amd,Intel


Adalah otak dari sebuah system computer dimana semua perintah diolah oleh processor. Saat ini yang banyak beredar dipasaran adalah processor ber merk Intel dan Amd. Masing-masing merk tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Processor bermerk intel terkenal dengan ketahananya terhadap suhu panas, namun untuk processor intel ber gender dual core atau lebih dan memiliki clock berkecepatan tinggi ternyata juga tidak tahan terhadap panas, jadi tetap harus mempunyai system pendinginan yang baik agar kineja processor lebih baik.

Motherboard
Motherboard,mainboard



Adalah komponen inti dimana semua komponen pembentuk computer menancap pada motherboard termasuk processor. Setiap motherboard telah didesain oleh pembuatnya apakah untuk processor intel atau amd karena masing masing mempunyai soket yang berbeda, sebagai contoh processor intel Pentium 4 harus menggunakan motherboard bersoket jenis PPGA dan processor intel Pentium d/dual core harus menggunakan mother board bersoket jenis LGA.

Ram
Gambar RAM



Adalah singkatan dari Random Access Memory berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. Setelah kita melakukan perintah atau menjalankan sebuah aplikasi computer akan menyimpannya di dalam RAM, jadi ketika kita menjalankan perintah atau aplikasi serupa computer akan menggunakan informasi yang terdapat pada RAM terlebih dahulu sehingga prosesnya menjadi lebih cepat, semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat dan baik kinerja sebuah computer, isi dari RAM ini akan hilang ketika computer dimatikan. Untuk saat ini yang namyak beredar di pasaran adalah RAM dengan jenis SDRAM, DDR1, dan DDR2, DDR3.

CD/DVD Rom
dvd rom


Adalah perangkat komputer yang dapat membaca data dari CD/DVD. CD/DVD rom memiliki kecepatan membaca data yang berbeda beda biasanya mempunyai kecepatan dengan kelipatan sebagai berikut yaitu 4x, 8x, 16x, 32x, 48x dan 52x. selain CD/DVD rom ada pula perangkat yang serupa namun memiliki kemampuan selaim membaca data juga dapat menulis data pada kepingan CD/DVD, perangkat ini disebut sebagai CD/DVD Rom R/W, sehingga kita dapat menyimpan data pada kepingan CD/DVD layaknya sebuah Disket atau Flaskdisk.

Harddisk
Harddisk

Adalah perangkat computer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Semua data computer termasuk system operasinya (windows) tersimpan di dalam harddisk. Saat ini harddisk ada dua jenis yaitu SATA dan ATA, yang membedakan dari keduanya yaitu dari kabel datanya. Hardisk berjenis SATA menggunakan kabel SATA yang bentuknya lebih kecil dari kabel ATA biasanya berwarna merah. Sedangkan harddisk berjenis ATA menggunakan kabel ATA/IDE yang bentuknya lebih lebar dan lebih tipis disbanding kabel SATA biasanya berwarna putih atau kuning. Harddisk memiliki kapasitas penyimpanan, semakin besar kapasitas nya semakin mahal harganya.

LAN Card
wireless lan

Adalah perangkat computer yang berfungsi agar sebuah komputer dapat berhubungan dengan computer lainya dalam sebuah jaringan local. LAN sendiri singkatan dari Local Area Network, LAN Card sendiri ada yang onboard dan ada pula yang tidak.

USB
gambar USB


Adalah perangkat computer yang berfungsi sebagai perangkat serba guna, karena pada USB ini kita dapat menggunakan atau menancapkan berbagai perangkat komputer lainya seperti printer, mouse, keyboard, infra red, Bluetooth dan flasdisk atau bahkan HP kita juga dapat dihubungkan dengan computer melalui USB ini.

PSU
Power Supply

Singkatan dari Power supply yang berfungsi sebagai penyedia tegangan listrik bagi computer, PSU ada dua jenis yaitu PSU berjenis AT dan PSU berjenis ATX. PSU berjenis AT sudah sangat jarang sekali ditemukan, perbedaanya PSU AT harus dimatikan dengan tombol on/off secara manual sedangkan PSU ATX dapat dimatikan secara software dan mati secara otomatis. PSU mempunyai output yang berbeda-beda dengan satuan watt, semakin besar outputnya semakin baik kinerja sebuah komputer, untuk processor intel pentium 4 akan optimal dengan PSU ber output 500 watt.

Casing
casing komputer

Adalah tempat perangkat computer seperti motherboard, processor, RAM, Harddisk dll tersimpan. Orang-orang sering menyebutnya sebagai CPU (Central Processor Unit). Dalam keadaan kosong CPU ini disebut sebagai Casing. Casing pun ada dua jenis yaitu jenis AT dan ATX, yang membedakannya adalah tombol power dari keduanya. Casing AT mempunyai tombol power berbentuk saklar on/off dan menggunakan PSU AT sedangkan Casing ATX memiliki tombol power berbentuk switch yang bekerja hanya dengan system konsleting dan menggunakan PSU ATX.
Artikel Tentang : Pengenalan Perangkat Komputer Dasar - Eyuana.Com

6 komentar

mksh infony gan..sgt brmanfaat bwt ane yg gaptek N dtggu info slnjtny !

Balas

Untuk ram sendiri kebanyakan menggunakan DDR 2.

bagi yang ingin belajar mengenai komputer bisa dibaca di link berikut http://www.computer-course-center.com/belajar-komputer.html

Balas

Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

Balas

Bermanfaat Banget (y)... Makasih Ya :)

Balas

terima kasih sangat bermanfaat untuk di pelajari

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :