Mengurangi Bau Tak Sedap Dalam Rumah

Rumah terkadang bisa menimbulkan bau yang kurang sedap. Baik itu dari asap masakan, cucian piring atau sampah organik yang belum dibuang. Anda bisa menggunakan pengharum ruangan yang banyak tersedia di toko-toko. Tapi efeknya hanya sementara dan wewangian sintetis bisa saja mengandung bahan kimia yang berbahaya jika terhirup. Jika ingin rumah selalu bebas bau, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan, seperti dilansir She Knows.

1. Gunakan Lemon
Kebanyakan bau tidak sedap yang tercium di rumah berasal dari proses memasak di dapur, seperti ikan, daging atau bawang. Anda bisa menghilangkan bau kompor dan asap masakan dengan memotong satu buah lemon menjadi dua dan merebusnya dalam panci berisi sedikit air selama beberapa menit. Uap yang dihasilkan akan menebarkan aroma lemon dan membantu menetralisir bau yang mengganggu.

2. Netralisir Bahan Kain
Bahan kain yang digunakan pada furnitur, tirai jendela dan karpet rentan terkena partikulat, residu, debu maupun cairan yang tertumpah dan menimbulkan bau kurang sedap. Cara yang tepat untuk mencegah bau merasuk ke dalam rumah adalah dengan meminimalisir masuknya partikel-partikel kecil maupun debu dari luar. Biasakan selalu melepas sepatu sebelum masuk ke rumah atau berjalan di karpet. Bersihkan karpet dan sofa dengan vacuum cleaner secara rutin, setiap hari.

3. Maksimalkan Sirkulasi Udara
Jika cuaca sedang bagus, Anda bisa membuka pintu dan jendela sesekali waktu untuk mengganti udara yang lembab di dalam rumah dengan udara segar dari luar. Tapi jika sirkulasi udara kurang bagus di lingkungan rumah, bisa menyalakan kipas angin untuk mengundang udara baru masuk ke dalam rumah. Bila menggunakan filter udara (misalnya hexos fan), bersihkan secara berkala, minimal sebulan sekali agar bisa berfungsi secara maksimal.

4. Tekan Noda, Jangan Mengusapnya
Jika menumpahkan sesuatu ke atas bahan (furnitur atau karpet), serap cairan dengan cara menekan dan menepuk area yang terkena menggunakan handuk kecil atau kertas tisu. Tekan-tekan handuk di area yang bernoda dengan tangan atau kaki. Jangan pernah menggosok atau mengusapnya, karena hanya akan membuat cairan air atau minyak yang tumpah lebih menyerap ke dalam bahan, membuatnya lembab dan akhirnya menimbulkan bau.

5. Cuka
Banyak pengharum ruangan tersedia di supermarket, tapi ada cara alami untuk mengusir bau tidak sedap di rumah. Salah satunya dengan bahan dapur, yaitu cuka yang dikenal efektif dalam menetralisir bau. Tuangkan cuka ke dalam baskom atau panci berukuran sedang, taruh dan diamkan di tengah-tengah ruangan yang berbau selama 24 jam. Mungkin awalnya akan tercium bau kecut dari cuka, tapi setelah 24 jam bau yang ingin Anda singkirkan akan hilang.

Sumber : http://wolipop.detik.com
Artikel Tentang : Mengurangi Bau Tak Sedap Dalam Rumah - Eyuana.Com
Jika suka kasih jempolnya ya

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :