logoblog

Amplifier 5Watt dengan IC AN7147 ( Surround )

Rangkain Amplifier 5 Watt dengan Sisstem Surround dibawah ini layak dicoba , Jika kalian ingin merakit sebuah amplifier dengan daya kecil dan biaya yang relatif murah. Amplifier ini dapat di aplikasikan ke perangkat audio anda ataupun hanya sekedar pengen mencoba saja. Dibawah ini rangkaian Amplifiernya :

amplifier surround
Gambar Skema Amplifier Surround

 AN7147 bersama dengan beberapa komponen tambahan, dapat mewakili sistem suara surround sederhana tidak memerlukan opamps atau suplai tegangan negatif. Seperti ditunjukkan oleh  skema Rangkaian Amplifier Mini Dengan Sistem Surround, penguat stereo dasar diubah menjadi sistem suara surround dengan sebuah trik yang disebut ‘menambahkan umpan balik dari saluran berlawanan’. Ketika suara surround diperlukan, sinyal umpan balik negatif diberikan oleh C13 dan C12, R3, R4 diumpankan ke input dari penguat ‘lain’. Perbedaan fasa yang dihasilkan menyebabkan efek surround. Jika surround sound tidak diperlukan, efeknya dapat dinonaktifkan dengan menekan tombol saklar S1. Hal ini menyebabkan bistable dibangun sekitar IC2.A dan IC2.B untuk beralih dan mengemudi transistor T1 dan T2 sehingga sinyal tersebut di atas umpan balik negatif secara efektif didorong ke tanah. Sebuah efisiensi tinggi LED dan 3,3 kΩ seri resistor (R14) harus digunakan untuk memastikan output maksimum saat perangkat CMOS 4001 tidak terlampaui. Penguat tidak boleh dimuat dengan impedansi lebih kecil dari 3Ω. 


Untuk gambar fisik IC AN7147 :











Untuk data sheet dapat anda download disini 
Artikel Tentang : Amplifier 5Watt dengan IC AN7147 ( Surround ) - Eyuana.Com

5 komentar

gambare ora nggenah blas gaaan....

Balas

@Didi Supriadi: Gambar sudah diperbaiki dan saya lengkapi dengan link unduh data sheet jika anda berniat untuk membuat rangkaian seperti skema di atas.

Balas

Mas saya punya power amp pake ic an 7164 dari pertama beli kok suaranya ga bisa bening (kayak over gain gt) udah saya coba ganti semua elko tetep ga bs jernih suaranya. Merek kit nus mazda.. Mungkin
mas bisa bantu?

Balas

Kalo ingin menghasilkan kualitas suara yang bening dengan distorsi rendah gunakan LM1875. Baca postingan saya GAINCLONE LM 1875

Balas

mantap rangkaiannya, ane paling demen ampli dng ic keluarga AN, treblenya mantap, klo pengin lebih jernih bisa ditambahin rangkaian noise reduction.ada yg jual pcb nya gak ya rangkaian di atas?

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :