logoblog

Pengenalan Transistor Tipe NPN dan PNP

Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, pemotong (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau fungsi lainnya. Pada dasarnya transistor merupakan komponen aktif dengan arus, tegangan atau daya keluarannya dikendalikan oleh arus masukan. Didalam sistem komunikasi transistor digunakan sebagai penguat sinyal. Didalam untai elektronis komputer transistor digunakan untuk saklar elektronis laju tinggi.

Transistor adalah komponen yang sangat penting dalam dunia elektronik modern. Dalam rangkaian analog, transistor digunakan dalam amplifier (penguat). Rangkaian analog melingkupi pengeras suara, sumber listrik stabil, dan penguat sinyal radio. Dalam rangkaian-rangkaian digital, transistor digunakan sebagai saklar berkecepatan tinggi. Beberapa transistor juga dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai logic gate, memori, dan komponen-komponen lainnya.

Struktur Transistor

Transistor adalah komponen elektronika multitermal, memiliki 3 terminal, basis, kolektor, emitor. Secara harfiah, kata ‘Transistor’ berarti ‘Transfer resistor’, yaitu suatu komponen yang nilai resistansi antara terminalnya dapat diatur.

Ada dua jenis transistor yaitu PNP dan NPN seperti terlihat gambar dibawah ini :


Transistor NPN dan PNP



Sambungan (junction) transistor NPN dan PNP terlihat pada gambar dibawah ini :


Junction Transistor

Transistor PNP dan NPN mempunyai sifat yang saling berkebalikan walaupun sebenarnya prinsip kerja kedua jenis transistor adalah sama .Untuk transisitor PNP di perlukan arus dan tegangan yang berlawanan dengan transisitor NPN. Jika pada transistor NPN kolektornya lebih positif dari pada emitor, maka transisitor PNP emitornya lebih positif dari kaki kolektor.


By : Pusat Pengetahuan dan Teknologi ( Eyuana.Com )
Artikel Tentang : Pengenalan Transistor Tipe NPN dan PNP - Eyuana.Com

2 komentar

thanks , guna banget buat pelajar

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :