logoblog

Sensor Cahaya Untuk Motor Anda

Menanggapi pertanyaan dari pembaca tentang bagaimana cara membuat pencahayaan menggunakan sensor cahaya otomatis untuk di aplikasikan ke box motor. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membantu memberikan sebuah rangkaian yang pas dan hemat daya cocok bagi anda yang suka touring berpergian jauh dan tak lepas dari kendaraan karena mungkin sudah sebagian dari hobby.

Pada artikel sebelumnya tentang Membuat Sensor Lampu Otomatis Sederhana salah satu pembaca kami rhmdis@xxxx.com berinisiatif membuat sebuah lampu penerangan box secara otomatis menggunakan pencahayaan dari sinar matahari.Sebenarnya dalam membuat rangkaian ini tidak terlalu rumit dan harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Biaya sangat terjangkau serta komponen sangat mudah didapatkan di pasaran.

Bahan yang dibutuhkan antara lain :
3. Trimpot 100 K
4. Resistor ukuran 1k, 1k5, 10k
5. Dioda 1A  ( IN4001 )
6. Relay 12Volt 5 pin

Secara gamblang rangkaiannya sebagai berikut :

sensor cahaya motor
Perlu diperhatikan dalam pemasangan transistor dan relay jangan sampai terbalik. Khusus relay biasanya design pabrikan dari berbagai produsen merk berbeda - beda. Alangkah baiknya check dulu menggunakan multimeter atau jika dalam kemasan tersebut terdapat wiring diagram, harus anda perhatikan secara seksama antara pin untuk coil catudaya maupun pin NO (Normaly Open) dan NC (Normaly Close).

Di bawah ini merupakan contoh hasil gambar percobaan untuk rangkaian diatas :

sensor cahaya
Papan Percobaan Sensor Cahaya




Pada papan percobaan diatas sebagai bebannya menggunakan sebuah lampu led sebagai indikatornya. Jadi dalam pemasangan pada box anda nantinya jika anda bosan dengan tampilan lampu bolam biasa, dapat anda gantikan menggunakan lampu yang lainnya (warna-warni) penting nilai voltasenya sekitar 12Volt.


gambar lucu


 Terimakasih anda sudah berkunjung di mari, semoga kajian kali ini berguna untuk Anda...










Artikel Tentang : Sensor Cahaya Untuk Motor Anda - Eyuana.Com

2 komentar

Kunjungan balik gan :D

Balas

Cara pasang trimpotnya gi mna van?

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :