logoblog

Wedang Uwuh Minuman khas Imogiri Yogyakarta


Wedang UwuhWedang uwuh , Apa sebenarnnya wedang uwuh itu ?? Mungkin bagi yang sudah mengenal minuman khas ini tidak asing lagi dengan yang dinamakan wedang uwuh. Wedang uwuh adalah  minuman asli Yogyakarta terutama berasal dari daerah Imogiri, Bantul, merupakan minuman yang diracik dari campuran dari serutan kayu secang, jahe, daun pala, daun kayu manis, ranting cengkeh, cengkeh, daun cengkeh. Dalam bahasa Jawanya, wedang artinya minuman sedangkan uwuh artinya sampah. Jika dirangkaikan menjadi minuman sampah. Maksud minuman sampah adalah minuman yang terdiri dari campuran beberapa bahan. Wedang uwuh ini biasa dijual di dekat makam raja-raja di Imogiri, Bantul dan dijual dalam kemasan plastik.
Wedang uwuh merupakan kuliner asli Imogiri Bantul, Yogyakarta, Indonesia yang harus dilestarikan. Selain rasanya yang unik, minuman wedang uwuh inipunpun tidak memiliki efek samping sehingga aman dikonsumsi untuk siapa saja dan mengandung banyak khasiat antara lain sebagai aroma terapi, mengatasi capek, memulihkan stamina dan anti oksidan yang tinggi.
Minuman ini sangat cocok untuk dihidangkan dalam keadaan hangat. Namun untuk yang berbentuk sirup dinikmati dinginpun  terasa enak dan segar. Sebagai pengganti gula pasir, wedang uwuh menggunakan gula batu sebagai pemanisnya.  Saat salah satu admin kami pusat pengetahuan mencicipi minuman ini,  sensasi rasa ketika minum wedang uwuh adalah pedas, hangat, wangi dan berbagai sensasi lain yang unik karena minuman ini merupakan perpaduan dari beberapa rempah-rempah. Setelah di minum, ternyata membuat badan menjadi lebih hangat dan segar.
Bahan-bahan terdapat dalam minuman ini ternyata kaya akan antioksidan dan memberikan efek tenang setelah meminumnya. Beberapa komponen dalam secang, cengkeh, pala, dan jahe diduga memiliki aktivitas antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa penangkal radikal bebas sehingga mampu menghambat penuaan atau kerusakan sel pada tubuh.
Radikal bebas adalah senyawa yang sangat reaktif yang berasal dari dalam tubuh sebagai hasil metabolisme dari lingkungan luar. Sumbernya seperti polusi dari kendaraan bermotor, industri, asap rokok, mesin foto copy, AC dan makanan yang tidak sehat.

Selain faktor dari luar, radikal bebas bisa juga bersumber dari internal, seperti proses alami respirasi dan fungsi metabolisme yang buruk. Radikal bebas sendiri sebetulnya memiliki arti yang penting bagi kesehatan dan fungsi tubuh yang normal, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Bila jumlahnya berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker dan jantung koroner.
Wedang uwuh dapat dijadikan usaha yang cukup menjanjikan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Dengan segmentasi pasar yang jelas dan pemasaran yang efektif bisnis wedang uwuh dapat semakin berkembang. Cintai minuman Indonesia wedang uwuh, rasakan nikmat dan hangatnya.

Kaya Antioksidan , Dr Michael dari Herbacure menilai, berbagai kandungan bahan dalam wedang uwuh jika diuraikan satu per satu memang memiliki manfaat beragam. Manfaat itu terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah. 
 
Anda dapat membuat wedang uwuh dengan menyiapkan beberapa bahan seperti:
1.    Jahe, kayu secang, daun kayu manis, daun cengkih, daun pala, dan cengkih.
2.    Gula Batu
3.    Air panas
Cara Pembuatan :
1.    Masukkan bahan-bahan tersebut dalam air panas.
2.    Aduk hingga menghasilkan warna merah.
3.    Diamkan selama 3 menit.
4.    Setelah 3 menit masukkan gula batu kedalam cangkir.
5.    Wedang uwuh siap untuk dinikmati. Jika anda menginginkan wedang uwuh bebas ampas, Anda dapat menyaringnya terlebih dahulu.

Penasaran ingin menikmati sajian wedang uwuh? Anda bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahannya pun tidak sulit didapat. Hampir setiap kios bahan jamu di pasar tradisional menjual bahan-bahan tersebut. Sebagian besar bahan, seperti kayu manis, jahe, kayu secang, gula batu, dan cengkih juga tersedia di pasar swalayan.

Atau jika Anda berminat bisa menghubungi Admin Kami :


www.eyuana.com
Tita Dian Puspitasari

Nama Admin   : Tita Dian Puspitasari
Facebook         : facebook.com/tita.subiyakto
Kontak Email   : tita@eyuana.com  
Status Admin   : 
Marketing serta pengurusan iklan
-  Pengusaha minuman Tradisional Wedang
-  Menyediakan makanan dan oleh2 khas Yogyakarta
Peta Lokasi      : 
Imogiri ~ Yogyakarta (Area Makam Raja-Raja)
   





Bisa Pesan Langsung, Harga Bisa Menyesuaikan.... !!!

Maaf admin mbak tita sudah tidak berjualan lagi.... tapi bagi yang masih penasaran mencoba minuman ini masih bisa anda dapatkan di daerah makam raja-raja imogiri, bantul, Yogyakarta.

Minum wedang uwuh yang asli hanya bisa anda temukan di imogiri Bantul. Karena awal minuman ini berasal dari sini, dahulu minuman ini sering di gunakan untuk jamuan para raja dan hanya di konsumsi oleh abdi dalem keraton saja. Dengan seiringnya perkembangan jaman sehingga minuman ini sekarang di jual bebas untuk umum.

Wisata Kuliner Lainya :

Makanan Unik Tiwul dan Gatot khas Gunungkidul

Artikel Tentang : Wedang Uwuh Minuman khas Imogiri Yogyakarta - Eyuana.Com

13 komentar

Mbak tita pesen minuman wedang uwuhnya dunk....??? Saya pesan 10. Harganya berapa ya??

Balas

aduh maaf mas tdak bisa klo 10,adanya paketan isi 12 atau 25..

harga bersahabat kok :))
nanti saya tambah bonus

Balas

kwakwa....kowe ngopo tho ndut2

Balas

awas kw ndut

Balas

Hehe... mosok admin koment pake anonim iq

Balas

salam kenal mbak, saya juga punya produk wedang uwuh mbak. heheheh... nitip dagangan wedang uwuh original (http://www.wedhanguwuh.com/p/wedang-uwuh-original.html) yah mbak. terima kasih

Balas

Iya makasih nurul... semoga tambah lancar aja ya usahanya. Salam kenal dari Pusat Pengetahuan dan Teknologi

Balas

Wedang Uwuh Angkringan Jogja

Minuman ramuan tradisional khas Yogyakarta terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan Wedang Uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.



Varian Produk Wedang Uwuh Angkringan Jogja

1. Rempah / Original
Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dengan penyajian diseduh ataupun direbus.
•Netto 40 gram untuk 1gls besar.
•Netto 65 gram untuk 5-6 gls besar

2. Instan
Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
•Netto 50 gram untuk 4gls.

3. Instan Ekstra Pedas (Rasa Lebih Pedas)
Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan rasa lebih pedas, cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
•Netto 50 gram, untuk 4gls

4. Celup
Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dikemas menjadi kantung celup (seperti teh celup) dengan penyajian diseduh.
•Kemasan tas isi 10 kantung, per kantung dapat untuk 3gls besar.


Profil Angkringan Jogja

Pusat produsen dan Pusat Grosir penjualan Wedang Uwuh bermerk dagang Angkringan Jogja minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari 100% rempah alami.
Produk " Wedang Uwuh " dikemas dengan Kemasan Plastik & Kantung Tas Kertas Klasik.


Pembelian & Pemesanan Produk

Sedia untuk pemesanan , penjualan produk, kerjasama Distributor, Agen, Reseller dan Grosir.


Kontak & SMS :
- +6281392977979 ( Telkomsel )
- +6285642335089 ( Indosat )
- +6281904131899 ( XL )
- +622747849189 ( Flexi )
- 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

BB PIN : 316454c4

Website :
http://www.angkringan-jogja.com
http://www.wedang-uwuh.com

Email :
angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

Facebook :
Angkringan Jogjakarta
Wedang Uwuh Angkringan Jogja

Alamat :
Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta 55783

Balas

Saya pribadi suka minuman dengan bahan jahe. Jahe dan kayu manis merupakan produk alami dan jelas sangat berkhasiat untuk badan kita.

Balas

Benar mas ridho... Memang banyak khasiat yg terdapat pada tempah2

Balas

Rasanya agak pedes nih, rempah-rempahnya banyak bgt (y)
Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.com

Terimakasih.. :)

Balas

Oke kapan2 bisa main ke bu mentik. Terimaksih informasinya. Tp ngomong2 harganya gmn nih?? ;-)

Balas

SUGENG RAWUH (WELCOME)
Tuliskan komentar anda di bawah ini :